BEAUTY TIPS WOMEN CORNER

5 Langkah Make-up Natural Anti Ribet untuk Ibu Rumah Tangga

Make-up natural anti ribet untuk IRT

Belakangan ini, selain mencoba-coba beberapa jenis skincare, aku pun mulai senang bermain-main dengan foundation dan teman-temannya. Iya, ini memang bukan yang pertama. Tapi bisa dibilang jedanya lumayan lama, dibanding terakhir kali aku bermain dengan koleksi perlengkapan dekorasi wajah yang tak seberapa. Selain itu, gaya ber-make-up masih tak banyak berubah, karena sepertinya aku terlanjur nyaman dengan make-up natural anti ribet untuk ibu rumah tangga.

Baca juga: Review Avoskin Miraculous Refining Toner- Exfoliate Toner dari Brand Lokal

Ketika Keinginan untuk Merawat Diri Tumbuh karena Semakin Menghargai Diri Sendiri

Sebagian pembaca mungkin membatin, apakah BukNaj sedang berusaha mengubah niche blog ini ke arah beauty? Wajar jika pertanyaan seperti itu terlintas di benak Teman-teman, karena memang dalam beberapa bulan terakhir ini aku rutin menulis satu atau postingan bertema kecantikan.

Tapi, sebenarnya enggak, kok. Damaraisyah.com akan tetap menyajikan tema parenting sebagai main topic di dalamnya. Tapi, sebagai perempuan dan lebih spesifik lagi berstatus ibu rumah tangga, aku merasa perlu untuk mendokumentasikan milestone kehidupanku. Gaya hidup, cerita tentang perempuan, tantangan menjadi IRT freelancer dan segala serba-serbinya menjadi hal yang sayang rasanya jika tidak dibagi dengan pembaca. Ya, siapa tahu bisa memberi manfaat, bahkan menginspirasi.

 

Urusan kecantikan sendiri sebenarnya tidak serta merta menjadi bagian dari perubahan gaya hidupku. Enggak. Aku juga masih sering kayak Upik Abu karena jangankan untuk merawat kecantikan, sekedar selonjoran saja aku harus pandai-pandai meluangkan waktu. Tapi, aku sedang merasa sampai pada satu fase penerimaan atas diri ini secara utuh. Mulai berdamai dengan kurang dan lebih dalam diriku. Lebih menghargai hidup dan terus belajar mencintai diri sendiri. Itu sebabnya aku pun mulai menyediakan waktu untuk merawat emosi dan fisikku.

Harus kuakui, merawat diri merupakan moodbooster yang lumayan ampuh untuk mengobati rasa lelah menghadapi rutinitas sehari-hari. Setelah berjibaku dengan deretan pekerjaan rumah tangga yang tak ada habisnya. Ditambah lagi deadline menulis yang meskipun membuat bahagia tapi tak jarang memunculkan rasa tertekan. Sekedar membersihkan wajah, memakai skincare dan bermain-main dengan aneka peralatan kecantikan terbukti mampu menjadi penawar lelah sekaligus hiburan murah meriah. Bahkan, jika ditekuni bisa juga menjadi hobi yang lumayan asyik.

Make-up Natural Anti Ribet untuk Ibu Rumah Tangga

Nah, dengan hobi baruku ini pun aku tidak lantas menajdi pecandu kosmetik. Mungkin belum. Tapi semoga saja tidak. Karena kenyataannya aku pun masih jarang mengaplikasikannya. Paling-paling saat diajak suami keluar atau ke resepsi pernikahan saja. Itu pun suami selalu mensyaratkan make-up natural dan tidak boleh terlalu ribet yang ujung-ujungnya kelamaan.

Itu sebabnya aku pun hanya memanfaatkan 5 item kosmetik andalan. Kalaupun ada yang keenam atau ketujuh, sifatnya hanya kalau sempat saja. Nah, apa dan bagaimana aku mengaplikasikannya? Yuk, langsung saja pada step by step di bawah ini ya.

Baca juga: Perbedaan Eksfoliasi Fisik dan Eksfoliasi Kimia

Langkah-langkah Make-up Natural Anti Ribet untuk Ibu Rumah Tangga

1. Pastikan kulit wajah sudah memakai serum atau pelembab dan sunscreen sebelum pengaplikasian foundation wajah. Pilih foundation dengan shade paling dekat dengan tone kulit kita. Seperti biasa aku memakai foundation dari Maybelline Fit Me Matte +Poreless Foundation nomor 228 yang sangat natural dan sesuai untuk tone kulit wajahku. Aplikasikan secukupnya dan baurkan dengan kuas atau spons basah sampai benar-benar rata.

 

2. Karena aku punya masalah mata panda, maka concealer jadi produk wajib untuk mencerahkan bagian bawah mata. Bisa juga sebagai highlight di bagian dahi dan bagian tengah hidung. Baurkan hingga warnanya menyatu dengan foundation di bawahnya. Untuk concealer-nya sendiri aku masih bertahan dengan Maybelline Fit Me Concealer no 15 shade fair.

3. Selajutnya bingkai alis atau tebalkan secukupnya saja. Untuk urusan alis ini aku terbilang masih  kesulitan. Jadi alih-alih membingkai, aku memilih menebalkan secukupnya saja. Pensil alisnya sendiri aku memakai Emina Agent of Brow.

Baca juga:  Basic Skincare untuk Pemula

4. Aplikasikan lipstik sebagai pewarna bibir, perona mata sekaligus pipi. See, 1 item bisa punya 3 manfaat sekaligus. Sangat ringkas dan anti ribet. Untuk lipstiknya sendiri aku memakai Mineral Botanica Vivid Matte Lipstick no 125. Lipstik favorit yang masih terus kupakai meskipun sudah patah akibat rasa ingin tahu DuoNaj. Sedangkan untuk pilihannya aku memilih pink nude untuk memberikan kesan segar yang natural.

5. Terakhir setting seluruh make-up dengan bedak tabur atau bedak padat untuk mengurangi kilap wajah. Untuk bedaknya aku memakai  Make Over Power Stay Matte Powder Foundation dengan pilihan shade natural beige.

 

Dengan 5 langkah sederhana dan 5 item kosmetik di atas, rasanya mudah sekali mengaplikasikan gaya make-up natural anti ribet untuk ibu rumah tangga. Jika kebetulan ada waktu dan memiliki item keenam dan ketujuh, maka maskara dan eye liner menjadi pilihanku. Hasilnya memang terlihat lebih ekspresif di bagian mata. Tapi untuk kedua item terakhir ini memang tidak terlalu wajib, kecuali sedang tidak tergesa-gesa.

Baca juga: 7 Tips Sederhana agar Seimbang Menjalankan Peran sebagai Perempuan Berumah Tangga

Ternyata bermain-main dengan kosmetik betul-betul seru dan membahagiakan. Melihat diri sendiri tampil lebih segar dengan sedikit riasan wajah, rasanya capek dan pegal setelah berjibaku dengan tumpukan pekerjaan rumah tangga langsung hilang. Jadi, bisa banget nih, kalau kesenangan kecil ini dinaikkan satu level menjadi hobi, meskipun tetap dengan gaya natural.

Nah, Teman-teman ada yang hobi bermain-main dengan kosmetik, nggak? Kalau kalian sendiri lebih suka gaya ber-make-up seperti apa dan seberapa sering mengaplikasikannya? Yuk, share di kolom komen, ya.

Postingan ini dibuat untuk menanggapi artikel trigger PAS Collab Blogger bertema hobi. Untuk membaca artikel bertema sejenis, teman-teman bisa ke postingan Mbak Meirida, Seorang lifestyle blogger yang aktif menulis di www.meirida.my.id

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

36 thoughts on “5 Langkah Make-up Natural Anti Ribet untuk Ibu Rumah Tangga”

  1. Kalau hobi sih enggak. Suamiku malah seneng kalau aku tanpa make up mbak. Katanya kalau bau bedak mau muntah. Entah itu alasan atau gimana aku ga tahu. Hehehe…tapi yang jelas aku suka dengan perempuan yang bersih dan rawat diri. Meski ga sering pakai make up setidaknya skincare harian tetep wajib. Biar sehat dan fresh syukur2 bisa tambah awet muda.wkwkwkw

  2. Ayune BukNaj niiii. Pinternya apply ini itu. Aku menyimak lho step²nya. Aku udh umur segini blm berani pakai foundation dan bedak, soale pori² besar. Ternyata sama yah…lipstik suka aku pakai sbg eyeshadow juga…hehe…

  3. Tertarik sama 3 in one nya lipstik.. hehe selama ini saya jarang banget, hampir nggak pernah malah pakai blush on dan lain2.. cuma bedak dan lipstik doang, hihi simple apa irit ini ya? #tutupmuka

  4. Wah BukNaj makin kinclong euy! Makin pinter mainan dekorasi mukak heheh… keren mba! Tak dongakno bisa jadi beauty blogger jugak. Nek aku termasuk ribet urusan dandan. Utk acara kondangan atau yg formal-formal gitu butuh waktu 1 jam hahaha. Kecuali utk acara casual bisa 15-20 menit doang. Ngomong2 itu lipennya emang ajib, keren diliatnya pas banget di wajahmu mba.

  5. Wow, jadinya syantik gitu, yak.
    Setuju saya bahwa mempercantik diri adalah salah satu cara menghargai diri sendiri dan pada sebagian perempuan, itu ampuh untuk men-trigger PD plus membuat rileks.
    Matur nuwun infonya untuk saya yg cuma kenal moisturizer, foundation, compact powder, dan lipstick aja untuk urusan make-up. Hihi..
    Kalau skin care agak saya banyakin termasuk eksfoliator yg dulu BukNaj review itu lho: dari Safi. Saya pake itu sekarang 🙂

  6. Wahh, komplit itu, Mbak. Aku mah, pake bedak kalo kondangan aja. Kalo hari-hari pake lipstik dan body serum aja. Btw,lipstik-ku juga berfungsi 3 in 1 gitu. Biar irit hehehe..

  7. Pengen ikut buat artikel tentang rias wajah, sayangnya kulit wajahku sensitif, eh sekarang mata pun bermasalah, cukup bedak & lipstik saja. by the way tx ya untuk tipsnya, oke banget… yang lagi suka make up sekarang anak gadisku… bisa buat dia, tx

  8. Hasilnya cantik, Mbak. Kebetulan banget aku lagi cari-cari kombinasi makeup yg natural, ternyata Maybeline juga bisa utk natural ya. Selama ini aku pikir Maybeline itu produknya glamor n menor. Wakaka. Izin contek a, Mbak.

  9. Bener mba, merawat diri itu hak semua wanita, mau cuman di rumah weekend tetep dandan ya terserah sih ya, kan kl istri cantik suami juga hepi 😀 suka bingung deh kl ada yg bilang cewe ngga usah dandan, ntar kl ngga merawat diri, suaminya malah bosen.. serba salaah hahahahah #panjang 😀 Maskara aku jg maybeline yg itu dan sangat cetar! Aku suka bikin bulmat tambah panjang ngga bleber pas abis wudhu

  10. Wah makin cantik alami, say, aku juga senang make up rasanya me time banget, juga udah mulai merawat muka dengan skinker semoga Istiqomah hihi makasih ya artikelnya, alisku bagus..

  11. yap kalau dulu saya mikirnya pakai make up itu biar terlihat cantik dan bisa gaet jodoh *eh
    sekarang sejak jd ibu, pemikiran saya tentang make up berubah. Betul kak, untuk hargai dirii sendiri. kalau liat diri ini cantik, jadi hepi dan selalu senyum jadinya

  12. Uhuuyyy jadi emak biuty blogger skrng xixixi.
    Aku jg suka make up yg gak ribet, kyknya andalanku malah cuma lipstick dan bedak wkwk. Aku gak tahan lama2 dandan tapi suka kagum sama yang dandannya lengkap tapi tetep keliatan kyk simple gtu, mbuh piye ya caranya haha

  13. aku baru ngeh kalau sekarang pake perona pipi dulu ya baru pake bedak. Soalnya aku masih pake bedak dulu baru pake blas on gitu, kekunoan banget kan yak, hahahaha.

    Tapi aku emang gak mengikuti tren makeup seh. Baru setahun terakhir juga pake skincare. Soalnya kalau pake makeup lagi takut waktunya gak keburu, telat ngantor, hahaha

  14. Hahaha bener nih, skincare dan make up itu salah satu cara kita untuk menghargai diri sendiri. Tapi dirimu udah cakep sih, jadi tanpa eyeliner dan maskara gitu jga udah kece. Kalau aku mah, kliatan kuyu bgt kalau nggak ada maskara atau eyeliner, atau keduanya. hehehe

  15. Aku entah males pakai foundie gitu langsunh bedak biasane. Dandanku cuma buat event doanh, sehari2 malah nggak hikz

    Tapi yg penting pakai eyeliner xD
    Mulai senin dandan ah natural biar tambah caem natural

  16. Aku juga sedang mulai belajar make up mba, terutama pakai Foundation yang ternyata ngurangin minyak berlebij di wajahku dibandingkan hanya pakai pelemban doang. Selain untuk penampilan agar terlebih lebih enak dipandang tentunya kita memang harus memberikan apresiasi pada diri sendiri.

  17. Setuju mb… Merawat diri adakah me time yang paling haqiqi… Tapi aku lebih memilih perawatan muka seperti facial dibanding bermain make up. Karena keterampilan tanganku untuk hal ini minim sekali.. Tapi baca ini kok jadi pengen nyoba belajar make up yaa…

  18. Sama kayak mba April…

    Aku sudah kadung jatuh cinta sama make up lipstik dan bedak, bahahaha.

    Namun untuk skincare harian, hukumnya wajib ^^
    Apalagi cuci muka sebelum tidur, meski lelah tingkat dewa, tetap kudu dijabanin.

  19. Cantik Mak. Aku juga sukanya make up natural. Nggak pede kalau terlalu tebel. Nggak betah juga kalau dandan lama-lama. Pengennya dandan cepat dan langsung kelihatan cantik. Maunya. Noted nih. Buat referensi dandan.

  20. samaaaa mba, akupun sukanya natural. ga prnh mau, dan ga bisa juga dandan yg sampe menor gitu :D. yg ada aku ngerasa ga PD. Buatku lbh ptg rutin skin care drpd make up an. boleh make up, toh aku kalo ke kantor jg wajib make up. tp yg natural aja. biar cepet jg, dan supaya kulit ga berat nerima gempuran segala macam alat make up 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *