Uncategorized

7 Destinasi Wisata Alam di Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Wisata alam di Jakarta

Satu hal yang mungkin Teman-teman pikir akan sulit ditemukan di Jakarta adalah berwisata dengan nuansa alam.  Iya atau iyes? Dulu sebelum memutuskan hijrah ke Jakarta, saya pun memikirkan hal serupa. Rasanya berat untuk memasuki Jakarta yang identik dengan gedung bertingkat dan mall-mall besar. Apalagi saya yang berasal dari Magetan sudah terbiasa dengan sawah dan gunung yang bisa setiap hari saya nikmati dari depan rumah saja. Hmm, apa iya saya bakalan betah tinggal di Jakarta?

Tapi itu dulu, sekitar 5 tahun yang lalu. Setelah akhirnya resmi menjadi warga DKI, ternyata saya sangat betah tinggal di kota ini. Selain fasilitas umum yang lumayan lengkap dan mudah diakses siapa saja, ternyata Jakarta pun sangat memahami kebutuhan warganya untuk berekreasi dengan konsep alam.

Sesuai dengan definisi wisata alam yang saya peroleh dari wikipedia. Wisata alam adalah bentuk kegiatan rekreasi dan pariwisata dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam, baik yang masih alami maupun yang telah mengalami proses budidaya. Wisata alam bertujuan memberikan kesempatan pada wisatawan untuk memperoleh kesegaran baik jasmani maupun rohani, memperoleh pengetahuan dan pengalaman serta menumbuhkan inspirasi dan cinta.  
Di Jakarta, beberapa taman kota telah direnovasi dengan sedemikian rupa sehingga mampu mengakomodir kebutuhan warga untuk sekedar melepas lelah atau rekreasi murah meriah dengan keluarga. Tak hanya itu, beberapa obyek wisata alam pun siap memanjakan wisatawan baik dari dalam maupun luar wilayah Jakarta, bahkan tak sedikit yang datang dari luar negeri.
Berikut adalah 7 destinasi wisata alam di Jakarta yang patut Teman-teman coba bersama sahabat atau keluarga.
1.  Hutan Mangrove PIK

Wisata Alam di Jakarta
Hutan Mangrove PIK (jelajahalam.net)
Terletak di wilayak Pantai Indah Kapuk (PIK) yang terkenal dengan deretan perumahan mewah, Hutan Mangrove ibarat kekayaan alam yang tersimpan di balik deretan beton dan bata. Hutan Mangrove ini sebenarnya berada dalam kawasan Taman Wisata Alam Angke Kapuk yang dikelola secara resmi oleh Pemprov Jakarta.
Selain sebagai wilayah konservasi, Hutan Mangrove yang merupakan destinasi ekowisata menyediakan fasilitas rekreasi yang dapat dinikmati pengunjungnya. Seperti perahu dayung yang dapat disewa untuk mengelilingi wilayah danau, lahan berkemah di  hutan bakau, atau penginapan dengan konsep rumah rumah kayu yang dibangun di atas air.
Teman-teman yang hobi ber-swa foto pun tak perlu khawatir kekurangan spot instagramable. Karena wilayah Hutan Mangrove dikelilingi pepohonan rindang yang sangat cantik untuk dijadikan background swafoto kalian.
2. Allianz Ecopark

Wisata Alam di Jakarta
Allianz Ecopark (tribunnews.com)
Sering berkunjung ke wilayah Ancol? Nah, lain kali Teman-teman harus mampir ke lokasi Allianz Ecopark. Taman yang merupakan hasil kerjasama dengan Allianz ini menyediakan lahan terbuka hijau dengan luas sekitar 30 hingga 35 hektar.
Lahan yang dulunya merupakan Padang Golf Jaya Ancol ini kini telah disulap menjadi taman rekreasi keluarga dengan konsep ramah lingkungan dan terbagi dalam beberapa zona. Selain bersepeda atau melakukan olahraga lari, Teman-teman bisa bermain kano, outbound, memanah juga mencicipi kulinernya.
Selain itu Allianz Ecopark sangat cocok untuk berwisata dengan anak. Karena di area Rumah Lebah, Rumah Energi dan Fauna Land, mereka tidak hanya berwisata tapi sekaligus mendapatkan edukasi untuk lebih mengenal lingkungan.
3. Setu Babakan
Wisata Alam di Jakarta
Setu Babakan (Jejakpiknik.com)

Jika Teman-teman ingin melihat secara langsung Jakarta dalam balutan budaya Betawi yang kental.  Maka Setu Babakan adalah destinasi yang paling tepat. 

Pusat pelestarian budaya Jakarta asli yang berlokasi di daerah Jagakarsa ini menampilkan keunikan Betawi asli.  Baik berupa kuliner maupun seni dan kebudayaannya. Selain itu kalian bisa mengelilingi Danau Setu Babakan dengan perahu angsa untuk dapat merasakan semilir angin yang sedikit basah karena uap air dari danau. 
4. Kepulauan Seribu

Wisata Alam di Jakarta
Kepulauan Seribu (Yukpiknik.com)
Nah, kalau ngomongin soal wisata alam di Jakarta, maka Kepulauan Seribu jangan sampai ketinggalan. Kepulauan yang dinobatkan sebagai destinasi wisata bahari terbaik di jakarta ini terdiri dari belasan pulau kecil dalam satu gugusan kepulauan. Beberapa pulau memang belum dijadikan destinasi wisata, tapi tak sedikit juga yang telah menjadi “pulau wisata”.
Pulau seperti Pulau Bidadari dan Pulau Putri adalah 2 pulau yang sudah terkenal dan memiliki fasilitas wisata yang lebih lengkap dibanding pulau-pulau lainnya. Maka dari itu Teman-teman perlu menyiapakan bujet sedikit lebih besar jika ingin singgah di sana. Sedangkan yang memilih wisata ekonomis, maka Pulau Tidung dan Pulau Pramuka merupakan pilihan yang tepat.
5. Taman Suropati

Wisata Alam di Jakarta
Taman Suropati
Bagi yang berencana menghabiskan akhir pekan di luar rumah bersama keluarga. Maka Taman Suropati bisa menjadi pilihan. Taman yang terletak di kawasan elite di daerah Menteng, Taman Suropati sangat bersih, asri dan tertata dengan apik. Saat siang atau sore suasana di taman ini tetap sejuk dan asri, cocok untuk sekedar ngobrol santai atau bercengkerama dengan keluarga.
Teman-teman yang tergabung dalam komunitas juga bisa memanfaatkan Taman Suropati sebagai tempat untuk gathering. Karena selain bersih, tempatnya juga cukup luas, indah dengan hiasan patung dan air mancur di bagian tengah taman. Jika sedang beruntung, Teman-teman bisa menikmati hiburan musik gratis dari seniman yang sengaja datang untuk berlatih atau sekedar menghibur pengunjung taman.
6. Taman Cattleya
Wisata Alam di Jakarta
Taman Cattleya (IG @febrianbaik)
Siapa sangka tak jauh dari Mall Taman Anggrek yang megah di kawasan Jakarta Barat tersebut, bersembunyi taman cantik yang bernama Taman Cattleya. Berada di daerah padat dan tak pernah sepi dari hiruk pikuk aktivitas perekonomian di daerah Slipi, Taman Cattleya ibarat “surga” yang menawarkan pepohonan rindang dengan semilir udara segar yang begitu melenakan.
Di saping itu Taman Cattleya juga menyediakan fasilitas olahraga dengan  beberapa alat pendukung yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk memulihkan stamina dan kebugaran akibat hari-hari yang padat dan penuh tekanan.
7. Pantai Festival

Wisata Alam di Jakarta
Pantai Festival, Ancol.
Pantai Festival Ancol adalah destinasi andalah saya dan keluarga jika merindukan suasana laut dengan air asinnya. Kami biasa mengajak anak-anak untuk sekedar bermain pasir atau berenang di bagian pinggir pantai.
Berlatarkan bangunan pencakar langit di wilayah Jakarta Utara, Pantai Festival tak kehilangan suasana tenang dengan semilir anginnya. Jika tak berminat bermain air, maka Teman-teman bisa mencicipi kuliner, bersepeda di pinggir area pantai, atau sekedar berjalan-jalan untuk me-refresh suasana.
Hmm, ternyata banyak juga ya destinasi wisata alam di wilayah Jakarta. Padahal, ini baru sebagian saja, beberapa tempat lain bahkan belum sempat saya kunjungi bersama keluarga. Nampaknya harus semakin sering jalan-jalan di dalam kota, nih. Selain lebih ekonomis, kapan lagi  mau mengenali potensi alam daerah  kita sendiri? Teman-teman setuju, kan?

10 thoughts on “7 Destinasi Wisata Alam di Wilayah Jakarta dan Sekitarnya”

  1. Langsung aku catat, Mbak Damar. Buat referensi kalo pindah Jakarta ( lagi ), In sya'a Allah ^^Cuman sampai sekarang yang masih mengganjal di pikiranku, kalo ke Taman Suropati itu parkirnya dimana ya ? Belum pernah kesana soalnya. Takut ntar kalo salah parkir , kendaraannya ditilang. Kalo liat di TV kan petugasnya serem

  2. Ecopark saya pernah masuk pas dulu belum jadi banget. Itu aja udah keren dan adem banget. Kemarin pingin ke sana lagi nggak sempet. Taman Catleyya saya baru tau. Nggak jauh dari Taman Anggrek ya. Setu Babakan juga enak sih, sekalian wiskul Betawi.

  3. Sudah pernah ke Pulau Pari, kepulauan seribuasik nih tempatnya, tapi belum pernah sama keluarga.Kalau hutan mangrove…klo ndak punyakendaraan pribadi, naik apa ya. Jauh banget kalau taksi onlen*anak kos:h

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *