BEAUTY LIFESTYLE TIPS WOMEN CORNER

7 Manfaat Sheet Mask dari Beberapa Varian yang Berbeda

Manfaat sheet mask

Selain kemasannya yang lucu, ketertarikanku pada sheet mask berawal dari kepraktisan dalam penggunaan yang ditawarkan. Iya, buatku yang termasuk malas melakukan perawatan, kepraktisan suatu produk merupakan nilai tambah yang membuatku dengan senang hati menjadikannya produk kesayangan. Di samping itu, manfaat sheet mask juga beragam dan membuatku semakin jatuh cinta. Begitu pula dengan varian produknya yang beragan, sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan setiap jenis kulit.

Sheet mask sendiri merupakan salah satu terobosan baru dalam dunia perawatan wajah. Sheet mask pertama kali diperkenalkan di Korea Selatan dan mulai menjadi trend perawatan baru di berbagai negara. Meskipun begitu, beberapa sumber menyebutkan bahwa sheet mask mengadaptasi ritual kecantikan Geisha di Jepang, di mana mereka memiliki kebiasaan merendam selembar kain katun dengan air mawar untuk kemudian digunakan sebagai kompres wajah.

Manfaat Sheet Mask

Awal mula dipasarkan dan mulai menggeser penggunaan masker tradisional, tak sedikit yang bertanya-tanya mengenai manfaat sheet mask.

Apakah sheet mask mampu memberikan efek kencang seperti halnya masker tradisional?

Atau, apakahsheet mask ini sebenarnya hanya satu ritual saja untuk memberikan efek relaksasi wajah seperti halnya ritual yang dilakukan para Geisha di masa lalu?

Ternyata, meskipun tahapan penggunaanya sangat sederhana, tetapi manfaat sheet mask lumayan menggiurkan. Hasil perawatannya pun terlihat dalam waktu singkat. Nah, di bawah ini sedikit ulasan mengenai beberap manfaat sheet mask, tentunya dari beberapa varian yang juga berbeda.

Manfaat sheet mask

1. Hydrating

Hydrating atau hidrasi merupakan salah satu langkah perawatan untuk menambah kadar air dalam wajah. Tujuan dari perawatan ini tentu saja untuk membuat kulit lebih lembab. Meskipun tidak selalu berakhir moist, kondisi kulit yang lembab cenderung tersamar dari garis halus wajah dan tampilan ketat akibat dehidrasi wajah.

Sheet mask sendiri meskipun berbentuk lembaran tipis tetapi mengandung cairan essence dalam jumlah cukup untuk menghidrasi wajah. Pada dasarnya sih, hampir semua varian sheet mask yang beredar di pasaran memiliki manfaat hydrating untuk wajah. Tetapi memang beberapa brand menawarkan varian khusus dengan bahan-bahan yang dipercaya memiliki manfaat hidrasi.

2. Moisturizing

Cara kerjanya hampir mirip dengan hidrasi wajah. Namun, manfaat sheet mask dalam memberikan efek moisturizing jauhlebih dalam. Selain melembabkan kulit, moisturizing sheet mask juga meningkatkan kadar minyak serta membuat kulit lebih moist saat dipegang.

Baik manfaat hydrating maupun moisturizing dari sheet mask pada dasarnya dibutuhkan oleh seluruh jenis kulit. Bahkan jika jenis kulit teman-teman berminyak pun, kalian tetap membutuhkan hidrasi wajah. Nah, penggunaan sheet mask dengan dua varian ini sangat membantu memberikan tampilan wajah segar dan juga sehat.

3. Nourishing

Khusus untuk teman-teman yang berjenis kulit kering, maka sheet mask dengan manfaat nourishing bekerja lebih maksimal dalam menghidrasi wajah. Nourishing lebih dari sekedar moisturizing apalagi hydrating. Nourishing bekerja jauh lebih dalam ke lapisan kulit wajah sehingga hasilnya pun lebih maksimal.

Berkaitan dengan sheet mask varian ini, aku juga pernah mencoba pada kulitku yang berjenis normal cenderung berminyak. Hasilnya memang kulit menjadi sangat moist, tetapi terlihat mengilap seperti dioles minyak. Menurutku sih, sheet mask varian ini kurang cocok untuk pemilik kulit wajah berminyak.

Manfaat sheet mask

4. Brightening

Jika biasanya mengandalkan masker bengkoang untuk mencerahkan wajah, maka manfaat brightening juga bisa didapatkan dari sheet mask. Beberapa brand menambahkan ekstrak lemon sebagai bahan pencerah dalam essence sheet mask-nya. Di samping memberi efek bight, sheet mask dari varian ini juga dipercaya mampu membantu memudarkan bekas noda.

5. Revitalizing

Sheet mask dengan manfaat revitalizing sangat cocok digunakan saat kondisi wajah sedang lelah. Sayangnya, varian ini biasanya dibandrol dengan harga lumayan tinggi, namun menurut keterangan beberapa teman memang sepadan dengan hasilnya.

Aku sendiri sempat mencoba menggunakan sheet mask dari kelas ekonomis yang klaimnya membantu merevitalisasi kulit wajah. Bagaimana dengan hasilnya? Tentu saja tidak terlihat memperbaiki kondisinya meskipun lumayan membantu memberikan efek segar pada wajah.

Manfaat sheet mask

6. Purifying

Manfaat sheet mask untuk varian purifying kurang lebih mendekati manfaat masker tradisional yang diklaim mampu mengangkat kotoran wajah. Sheet mask jenis ini cocok digunakan setelah aktivitas panjang di luar rumah, di mana wajah terpapar debu dan kotoran.

Meskipun begitu, hasilnya tentu tidak sebanding dengan masker biasa yang benar-benar mampu mengangkat kotoran hingga pori-pori wajah. Tapi jika teman-teman termasuk malas melakukan perawatan sepertiku, penggunaan purifying sheet mask secara rutin cukup membantu mencegah komedo dan jerawat.

7. Firming

Meskipun memiliki tekstur produk tidak pekat atau lengket seperti halnya masker biasa, pengencangan wajah merupakan salah satu manfaat sheet mask yang rasanya susah ditolak perempuan dewasa.

Iya, perempuan mana sih yang nggak pengin wajahnya kencang? Apalagi ketika elastisitasnya mulai berkurang, biasanya kulit wajah cenderung kendur bahkan mulai muncul lipatan.

Firming sheet mask mampu membantu mengurangi kendur pada wajah. Tapi tentunya perawatan dengan sheet mask dari varian ini harus dibarengi perawatan lain dan yang pasti dilakukan secara rutin.

Well, dari ketujuh manfaat sheet mask di atas, kira-kira mana nih, yang sudah teman-teman rasakan? Kalau aku sih tim moisturizing, kalau kalian?

25 thoughts on “7 Manfaat Sheet Mask dari Beberapa Varian yang Berbeda”

  1. Aku suka coba-coba berbagai sheet mask dengan jenisnya maunya sih satu sheet mask bisa mengatasi permasalahan kulit tapi gak ada ya. Yang penting rutin aja pakainya plus menggunakan skincare secara rutin juga

    1. betul. kalau manfaatnya berlapis kan makainya jd lebih rutin karena kerasa khasiatnya dan praktis. gak perlu gonta ganti masker

  2. Aku paling demen pakai sheet mask karena lebih praktis dan kalau diskon bisa jadi murcer. Nah, sejauh ini aku selalu pilih yang brightening sama hydrating saja belum pernah nyobain diluar itu sih.

  3. Bener, menggeser maskeran tradisional ya mba. Praktis bgt.. refresh klo abis maskeran. Kayak kenyal2 gituu. Kencang.. terasanya

  4. Aku belum pernah coba masker ini padahal hits banget, bingung kalau ke toko banyak banget pilihan merek dan kemasannya unyu semua

  5. Akuh tu juga sering banget pakai sheetmask dah jadi kayak kebutuhan pokok aku ini sheetmask karena emang enak kalau dipake itu

  6. Belum pernah nyoba sheet mask. Ternyata manfaatnya banyak banget ya Mbak Damar, untuk merawat kulit wajah. Secara umur sudah tidak muda lagi, jadi harus rajin merawat wajah biar tetap sehat. Sheet mask ini praktis juga penggunaannya, dan cocok untuk semua kulit. Jadi mupeng deh.

  7. Belum pernah nyoba pake sheet mask Mbak. Ternyata mafaatnya banyak sekali ya Mbak Damar untuk kesehatan kulit. Secara umur sudah tidak muda lagi, jadi harus rajin merawat kulit wajah biar tetap sehat. Cara pakainya juga mudah ya, lebih praktis, selain itu cocok untuk berbagai jenis kulit. Jadi mupeng deh.

  8. Yang pasti bikin muka jadi lebih kenyal sama mois mbak. Secara aku kulitnya cenderung normal kering. Andalan aku adalah aku pake innisfree mba nih hehe

  9. JAdi inget sheet mask innisfree yg belum aku pakai mbak. hiks.. dah lama ga gunain Sheet Mask
    Eh ternyata punya kelebihan masing-masing ya. Soalnya pakai yang hydrating gitu efeknya beneran kerasa setelah pemakaian, selain itu belum nyobain lagi heee

  10. Aih, saya termasuk yang kudet kali ya? Belum pernah pakai masker face sheet begini. Soalnya kadang suka takut enggak cocok. Maklum, kulitnya rada baperan, hehe. Tapi boleh juga kalau dicoba…

  11. Pake sheet mask emang praktis banget. Saya lebih mengambil manfaat hidrasinya. Terasa banget lembabnya kalau sudah dipakai.

  12. Aku yo lebih sukak sheet mask ketimbang jenis masker lainnya mba. Sik jelas yo kui mau praktis dan efeknya langsug brasaak. Aku tim 1-4 deh hahahaha. Secara kulitku ki super duper kering ..

  13. Aku belum pernah nyoba nih mbak sheetmask kayak gini. Kemasannya lucu banget yaa mbak ih gemes deh. Dan ternyata sheetmask banyak manfaatnya yaa dan makenya pun simpel. Jadi pengen nyoba deh

  14. Aku pemuja sheet mask kwwk.
    Paling praktis nih dipakainya. Kalau ngefeknya yang paling kurasa adalah hydrating dan moisturizing…Meski ada beberapa yang bisa ngefek brightening pas habis pakai.
    Dan setelah mencoba beberapa merk, aku jadi tahu yang mana yang bagus dan yang mana yang sepertinya cuma tisu dibasahi penyengar saja…:D

  15. Saya tuh belum pernah cobain sheet mask, Mbak..bener-bener jarang banget perawatan. Usia udah segini jadi pengen rajin-rajin nyobain ini itu. Salah satu yang pengen saya rasain biar kulit lebih kencang…mulai muncul lipatan itu fakta yang tak terbantahkan…*sambil ngitung lipatannya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *