Uncategorized

Lakukan 7 Hal Ini agar Nyaman Berkereta Api Ekonomi dengan si Kecil

tips nyaman berkereta api ekonomi
Bepergian dengan moda transportasi darat, khususnya kereta api sepertinya sudah menjadi primadona baru di masyarakat kita. Terlebih bagi mereka yang rutin melakukan perjalanan di sepanjang wilayah kepulauan Jawa yang telah difasilitasi dengan jalur kereta api ke berbagai kota. Selain cepat, tepat waktu, nyaman dan bersih. Dari segi harga, tiket kereta api sangat variatif dan bisa menyesuaikan dengan bujet masing-masing. 
Kalau kebetulan sedang banyak rezeki, bolehlah sesekali merasakan kenyamanan bangku empuk kelas eksekutif. Tapi kereta ekonomi pun enggak kalah pamor, loh, meskipun tarif yang ditawarkan jauh di bawah kelas bisnis atau eksekutif. Selain bersih dan cukup nyaman, waktu tempuhnya pun tak beda jauh dengan kelas kereta lainnya. Kalau enggak salah hanya terpaut  satu jam saja.
Saya pribadi tipe yang gemar berkereta ekonomi. Selain tentu saja sangat menghemat bujet, suasana kereta yang cenderung merakyat membuat saya enggak gampang bosan. Karena biasanya antar penumpang bisa dengan mudah berkenalan dan berbagi cerita. 
Tapi tentu saja ada hal-hal yang perlu Teman-teman perhatikan sebelum memilih kereta kelas ekonomi. Terlebih jika Teman-teman bepergian  dengan anak-anak atau balita, seperti yang selalu saya alami. Tau sendirilah ya, anak-anak biasanya lebih mudah rewel kalau ada sesuatu yang membuat mereka tidak nyaman. Nah, oleh sebab itu ada baiknya Teman-teman perhatikan 7 hal berikut, agar si kecil nyaman di dalam gerbong kereta ekonomi.
Ingin tahu manfaat traveling dengan anak? Baca di sini ya

7 Tips Agar si Kecil Nyaman di Kereta Ekonomi 

 

 

1. Pesan tiket sejak jauh hari
Pembelian tiket ekonomi bisa dibilang sedikit menantang. Setidaknya itu yang berulang kali saya alami. Karena jumlah peminat yang sangat tinggi, tiket kereta jenis ini bisa dengan cepat habis. Bahkan untuk libur hari-hari besar agama atau liburan akhir tahun, H-90 pun bisa jadi sudah ludes terjual.
Untuk hari-hari biasa hindari membeli tiket kereta untuk jadwal keberangkatan weekend, karena dijamin susah juga. Hari Selasa hingga Kamis adalah jadwal yang paling longgar untuk membeli tiket kereta ekonomi. 
Keuntungan membeli tiket sejak jauh hari, selain bisa dipastikan ketersediaannya, teman-teman pun bisa memilih gerbong dan nomor kursi yang diinginkan. Pengalaman saya pribadi yang sering bepergian dengan anak dan batita. Nomor kursi yang mendekati ujung depan atau belakang gerbong adalah pilihan yang tepat karena dekat dengan toilet.
2. Datang ke stasiun lebih awal
tips nyaman berkereta api ekonomi
Bepergian dengan anak jangan disamakan seperti orang dewasa, ya. Karena ada kalanya mereka rewel atau mogok beraktivitas. Apalagi Teman-teman juga butuh waktu untuk melewati antrian pemeriksaan identitas oleh petugas. Jadi, better jika kalian datang lebih awal, maksimal 45 menit sebelumnya jadwal keberangkatan.
Selain itu, dengan datang lebih awal Teman-teman enggak perlu berdesakan ketika masuk ke dalam gerbong kereta. Juga lebih leluasa mengatur barang bawaan ke dalam bagasi atas. Pengalaman saya, sih. Penumpang kereta ekonomi cenderung banyak barang bawaannya. Jadi siap-siap saja enggak kebagian bagasi kalau datang terlalu mepet dengan jadwal keberangkatan.
3. Bawa selimut dan bantal
Enggak seperti kereta eksekutif yang difasilitasi bantal dan selimut gratis. Di kereta ekonomi penumpang bisa menyewa bantal pada petugas jika menginginkan. Biayanya sekitar 7000 saja, sedangkan untuk selimut memang tidak disediakan. Sebenarnya enggak mahal, sih. Hanya saja suka enggak kebagian juga kalau penumpangnya lagi banyak yang sewa.
Menurut saya bantal ini penting banget untuk membuat anak-anak lebih nyaman. Karena sandaran bangku kereta ekonomi  biasanya sangat tegak, sehingga perlu bantal untuk menyangga bagian leher agar tidak mudah lelah.
Sedangkan selimut, barang ini wajib juga untuk Teman-teman yang bepergian dengan anak dan balita. Mengapa? Karena pendingin di kereta ekonomi biasanya bukan AC sentral, tapi AC satuan yang biasa digunakan di rumah-rumah. Halah, bingung saya mendefinisikannya. Intinya dalam satu gerbong itu kalau enggak salah ada 8 unit AC yang menurut saya dinginnya jadi kurang soft karena jarak AC yang terlalu dekat dengan penumpang.

Tips nyaman berkereta api ekonomi
Kalau kereta eksekutif ada fasilitas bantal dan selimut gratis seperti ini
4. Bawa bekal makanan dan minuman
Meskipun pihak kereta api sudah menyediakan makanan dan minuman di bagian restorasi. tapi enggak ada salahnya tetap membawa makanan dan minuman kesukaan si kecil. Terlebih jika mereka terbiasa dengan makanan atau minuman jenis khusus, misalnya bubur atau biskuit. Karena jenis makanan di kereta biasanya sangat terbatas. Seperti Nasi Goreng, Nasi Ayam, Mie instan. 
Jajanan dan minumannya pun kurang variatif kalau untuk anak-anak. So, bawa bekal sendiri adalah cara paling mudah dan tepat jika ingin si kecil senang tanpa lapar.
5. Bawa buku atau mainan
Buku cerita atau mainan adalah jurus jitu untuk mengatasi kejenuhan akibat perjalanan yang panjang. Sambil menunggu si kecil terlelap, Teman-teman bisa membacakan buku cerita kesukaannya atau melakukan permainan seder