BEAUTY REVIEW REVIEW SKINCARE

Avoskin Ultra Brightening Cream (New Formula)

Review Avoskin Ultra Brightening Cream setelah 30 hari pemakaian

Rasa penasaranku pada skincare dengan kandungan retinol terbayar sudah setelah mencoba Avoskin Ultra Brightening Cream (new formula). Sebenarnya Avoskin sudah memasarkan produk ini sejak tahun 2018, namun pada tahun 2020 ini Avoskin Ultra Brightening Cream hadir dalam formula baru yaitu dengan menambahkan Alpha Arbutin sebagai salah satu star ingredients-nya.

Sebelumnya Avoskin juga telah memasarkan produk dengan kandungan retinol berupa toner dan ampoule. Namun, jujur saja saya belum berani mencoba karena biasanya kandungan produk dalam bentuk ampoule atau serum lebih terkonsentrasi dibandingkan dalam bentuk krim. Sedangkan retinol sendiri memang salah satu bahan yang umumnya tidak digunakan oleh skincare beginner dan hanya direkomendasikan pada usia tertentu.

Mengusung tagline “Fragrance Free and Sensitive Skin Friendly”, kandungan retinol dalam Avoskin Ultra Brightening Cream ini sangat kecil yaitu sekitar 0,3% saja. Selain itu, krim ini juga mengandung Chamomile Extract yang dipercaya mampu memberikan sensasi tenang pada kulit. Kedua alasan itulah yang akhirnya membuatku yakin untuk segera mencoba krim anti aging ini.

Nah, tak perlu berlama-lama lagi, berikut kandungan serta manfaat dari ketiga bahan utama Avoskin Ultra Brightening Cream.

Kandungan Utama Avoskin Ultra Brightening Cream

Kandungan dalam Avoskin Ultra Brightening Cream

  • Alpha Arbutin

Alpha arbutin atau 4-hydroxypheyl α-glucopyranoside merupakan zat turunan dari hydroquinone. Alpha arbutin atau yang biasa ditulis α-abutin adalah versi sintetik dari hydroquinone.

Bahan-bahan pembentuk alpha arbutin terbuat dari berbagai jenis tanaman dan buah-buahan seperti blueberry, cranberry, kulit buah pir serta gandum.

Arbutin sediri terbagi menjadi 2, yaitu alpha dan beta arbutin. Mengutip dari situs Halodoc, alpha arbutin terbukti memiliki kandungan yang lebih stabil dan efektif terhadap kulit jika dibandingkan dengan beta arbutin. Selain itu, alpha arbutin juga lebih mudah larut dalam air sehingga manfaatnya lebih cepat terserap dalam kulit.

Manfaat Alpha Arbutin untuk kulit wajah meliputi:

  1. mencerahkan wajah tanpa menyebabkan iritasi.
  2. mengurangi flek atau hiperpigmentasi.
  3. memudarkan noda bekas jerawat.

Kandungan alpha arbutin dalam Avoskin Ultra Brightening Cream sendiri hanya sekitar 0,3% sehingga sangat aman untuk digunakan pada kulit wajah. Bahkan bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

  • Retinol

Retinol merupakan senyawa turunan dari Vitamin A. Retinol bermanfaat untuk membantu merangsang sel-sel kulit mati, meningkatkan produksi kolagen dalam kulit serta mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

Produk dengan kandungan retinol dianjurkan untuk digunakan setelah usia 30 tahun, atau menginjak usia 30 tahun sebagai bentuk pencegahan.

Kandungan retinol dalam Avoskin Ultra Brightening Cream sendiri berupa 0,05% Actosome Retinol yang memiliki triple protection system. Actosome retinol dianggap paling stabil di antara jenis retinol lainnya. Selain itu, actosome retinol juga bekerja 15% lebih efektif, tidak menimbulkan efek kering pada kulit, serta 20% lebih cepat meresap ke dalam epidermis kulit.

Kemasan Avoksin Ultra Brightening Cream

Fakta Tentang Retinol

  1. Bagi sebagian orang, retinol dianggap produk yang bersifat ” keras” sehingga berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit. Namun faktanya, retinol bersifat “worse-before-better”, yang artinya kulit akan tampak kering dan kemerahan sebelum beradaptasi dalam jangka waktu tertentu.
  2. Pemakaian retinol dalam jumlah banyak dengan tujuan untuk mendapatkan hasil dalam waktu singkat bukanlah tindakan tepat, karena faktanya kulit justru menjadi semakin kering dan kemerahan. Jumlah yang dianjurkan hanya seujung jari untuk pengaplikasian ke seluruh wajah.
  3. Penggunaan produk dengan kandungan retinol tidak disarankan untuk ibu hamil karena dapat mengganggu perkembangan janin. Sedangkan mengenai penggunaan retinol pada ibu menyusui masih terjadi perbedaan pendapat antara boleh atau tidak. Jadi sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.
  4. Retinol juga tidak dianjurkan untuk orang yang sedang dalam masa pengobatan dan belum tentu bereaksi baik terhadap vitamin A.
  5. Skincare dengan kandungan retinol dianjurkan untuk dipakai pada malam hari saja dan selalu gunakan sunscreen pada pagi harinya.

Manfaat Retinol pada Kulit Wajah

  1. meningkatkan produksi kolagen.
  2. menghentikan pigmentasi.
  3. membersihkan pori-pori.
  4. sebagai antioksidan.
  5. membantu regenerasi kulit.
  • Chamomile

Chamomile merupakan salah satu jenis bunga yang banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan kulit. Chamomile dipercaya mampu mengurangi peradangan kulit, menyembuhkan jerawat dan anti bakteri. Selain itu, bunga chamomile juga dipercaya mampu melembabkan kulit dan melembabkan wajah.

Klaim Produk Retinol Krim dari Avoskin

Dengan 3 kandungan utama serta berbagai bahan pendukung lainnya, Avoskin Ultra Brightening Cream di-klaim mampu melakukan 3 hal pada kulit wajah, yaitu:

  1. Membantu menyamarkan noda hitam, mengatasi kulit kusam dan meratakan warna kulit.
  2. Mengandung Vitamin E dan retinol yang berfungsi menunda munculnya penuaan dini.
  3. Membantu menjaga kelembaban kulit.

Kemasan

Avoskin Ultra Brightening Cream digunakan malam hari

Avoskin Ultra Brightening Cream diwadahi dalam jar mungil dari material glass tebal berwarna putih bening. Sedangkan untuk tutupnya berwarna silver dan berbahan plastik tebal, ditambah penutup produk di bagian dalamnya.

Pada bagian jar-nya terdapat logo resmi dari PETA dan logo Not Tested on Animal. Oh ya, untuk PAO-nya hanya 6 bulan saja, jadi buruan dihabisin, ya.

Untuk kemasan luarnya sendiri berwarna coklat keunguan mirip dengan kemasan kardus Avoskin Miraculous Refining Toner. Sedangkan keterangan produk, cara pakai, ingredients list, semua tertera pada kemasan kardusnya.

Oh ya, untuk volume produk sekitar 10 gram dengan harga Rp169.000,00.

Tekstur Avoskin Ultra Brightening Cream

Tekstur Avoskin Ultra Brightening Cream

Untuk tekstur krimnya sendiri lumayan thick dan tidak terlalu mudah diratakan. Biasanya saya ambil krimnya sedikit demi sedikit sambil diratakan ke seluruh wajah. Jadi pemakaiannya benar-benar tipis.

Nah, meskipun krim ini teksturnya lumayan thick tapi retinol krim ini sama sekali nggak lengket di wajah. Selain itu produk ini benar-benar fragrance free, jadi buat kalian yang sensitif dengan bau-bauan dijamin nggak akan menemukan masalah tersebut pada krim retinol keluaran Avoskin ini.

Cara Pemakaian

Cara pakai Avoskin Ultra Brightening Cream

Cara pemakaian krim retinol dari Avoskin ini sama saja dengan pemakaian krim wajah pada umumnya. Namun perhatikan beberapa hal berikut agar tidak terjadi reaksi yang tidak diinginkan pada kulit, yaitu:

  1. Pastikan kondisi kulit bersih.
  2. Gunakan Avoskin Ultra Brightening Cream hanya pada malam hari.
  3. Hindari menggunakan produk lain yang memiliki kandungan acid wajah.
  4. Gunakan secukupnya yaitu kurang lebih seujung jari. Oleskan secara tipis namun merata pada kulit wajah.
  5. Usahakan selalu memakai sunscreen pada keesokan harinya.

Kesan setelah Menggunakan Avoskin Ultra Brightening Cream selama 30 Hari

Perubahan kondisi kulit setelah pemakaian krim retinol Avoskin
Before-after pemakaian Avoskin Ultra Brightening Cream (pipi kanan)

Sampai postingan ini publish, saya sudah menggunakan Avoskin Ultra Brightening Cream selama kurang lebih 30 hari. Hasilnya, kulit wajah terasa lebih lembab dan halus, bekas jerawat mulai memudar meskipun belum 100% hilang, sedangkan warna kulit terlihat sedikit lebih cerah dibanding sebelumnya.

Perubahan warna kulit setelah pemakaian krim retinol Avoskin
Bekas jerawat di pipi kiri semakin menipis, kulit juga terasa makin halus.

Harus saya akui produk ini lumayan positif di kulit saya. Tidak ada reaksi negatif  sejak pemakaian pertama kali. Bahkan kulit saya tidak sempat mengalami kemerahan atau perih. Kalau menurut saya sih, produk ini aman buat kalian yang baru pertama kali mencoba skincare dengan kandungan retinol.

Plus Minus Produk

Untuk kelebihan produknya sendiri meliputi:

  1. produk travel friendly karena kemasannya mungil jadi bisa masuk pouch kosmetik.
  2. lumayan membantu mencerahkan wajah jika digunakan secara rutin.
  3. tekstur krimnya nggak lengket di wajah dan nggak bikin gerah.
  4. nggak ada reaksi negatif pada kulit.
  5. efektif memudarkan noda bekas jerawat.

Sedangkan menurut pendapatku pribadi, kekurangannya terletak pada harganya yang lumayan pricey dengan volume produk yang hanya 10 gram. Tetapi, jika dilihat dari segi kandungannya sih, tetap worth to buy.

Kesimpulan

Avoskin membantu mencerahkan warna kulit

Avoskin Ultra Brightening Cream cocok untuk kita-kita yang ingin mencoba skincare dengan kandungan retinol. Produk ini efektif menyamarkan noda hitam atau bekas jerawat di wajah. Tidak membuat kulit kering dan tidak menimbulkan reaksi negatif pada kulit. Fragrance free dan aman untuk kulit sensitif. Kemasannya travel friendly dengan harga yang worth it untuk skincare dengan kandungan retinol.

Nah, gimana nih, teman-teman sudah mencoba krim retinol keluaran brand lokal yang berpusat di Jogja ini? Share dong, kesan-kesannya.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *