Uncategorized

Ayam Kecap Tabur Paprika Ala Keluarga DuoNaj

Foto: Damaraisyah 2017
Memasak makanan favorit keluarga sebagai hidangan makansahur selalu saya lakukan untuk menjaga selera makan yang mulaimenurun setelah pertengahan bulan ramadan. Ya, sudah seperti kebiasaan, setiapramadan telah melewati hari ke-15, selera makan kami saat sahur akan menurundrastis. Terlebih suami saya yang sehari-hari memang sangat tahan lapar.Sehingga puasa tanpa makan besar saat sahur bukan menjadi halangan baginya.
Untuk itu, saya berusaha mengakali menu makan sahur denganmenyajikan hidangan yang fresh dan menjadi favorit keluarga. Biasanya jenismasakan yang saya buat yang simple saja, namun saya pastikan baru dimasak satujam sebelum saya membangunkan suami untuk makan sahur bersama.
Salah satu hidangan favorit itu adalah Ayam Kecap. Tidak seperti Ayam Kecap pada umumnya, irisanpaprika yang melengkapi bawang bombai dan jahe dalam masakan, selalu berhasilmenarik perhatian dari meja makan. Untuk itu saya selalu memasukkannya sebagaisalah satu menu yang tak boleh ditinggalkan selama puasa. Dan kami pun menyebutnya dengan Ayam Kecap Tabur Paprika ala Keluarga DuoNaj.
Memasaknya cepat dan rasanya selalu berhasil membuat kamimenjilat sisa bumbu yang masih menempel di sendok atau jari-jari tangan. Bahan dan bumbu pelengkapnyapun sangat minimalis. Nggak percaya, kan? Nih, saya bagi resep dan caramengolahnya untuk teman-teman..
Resep Ayam Kecap Tabur Paprika Ala Keluarga DuoNaj

Bahan dasar 

Ayam potong  So Good kemasan 1 kg isi 10 potong. Saya pakai setengahnya.
Bahan pelengkap
Paprika merah ¼ biji, buang bijinya kemudian potong memanjang.
Paprika kuning ¼ biji, buang bijinya kemudian potong memanjang.
Daun bawang 3 helai, potong menyilang agak panjang.
Bumbu-bumbu
½ suing bawang bombai, iris tipis setengah lingkaran
3 siung bawang putih, geprek lalu dicacah
1 ruas jahe, iris tipis memanjang seperti korek api
Merica secukupnya
Garam secukupnya
Kecap manis
Saus tiram sesuai selera
Cara mengolah
  1. Cuci bersih ayam potong yang akan dimasak, kemudiantiriskan. 
  2. Balurkan merica dan garam pada seluruh permukaan ayam,kemudian diamkan di dalam kulkas. Untuk mempercepat waktu, biasanya sayamelakukan tahap ini pada malam hari sebelum tidur. Sehingga menjelang makansahur ayam sudah siap diolah. 
  3. Setelah 5-10 menit, goreng sebentar ayam potong dalamminyak panas. Tidak perlu terlalu lama, hanya setngah matang atau ayam sedikitkering di bagian luar. Kurang lebih 5 menit dengan api besar. Angkat kemudiantiriskan. 
  4. Tumis bawang bombai hingga layu, masukkan bawang putihcacah dan jahe. Tumis kembali hingga aromanya tercium sebelum ditambahkan ayamyang sudah digoreng setengah matang. 
  5. Tambahkan garam dan saus tiram ke dalam wajan sesuaiselera. 
  6. Tambahkan sedikit air untuk melunakkan ayam. Sedikit saja, karena kita tidak sedang membuatayam berkuah. 
  7. Setelah air menyusut, masukkan kecap manis kemudian adukhingga merata. 
  8. Jangan lupa cicipi sebelum mengakhiri seluruh prosesmemasak. Jika sudah oke, maka langsung saja tambahkan paprika merah dan kuningsebagai pelengkap. Aduk sebentar, dan diakhiri dengan potongan daun bawanguntuk memberikan warna segar dalam makanan.
Jika ayam potong sudah dimarinade sebelumnya (dibalurimerica dan garam, kemudian didiamkan), maka hanya butuh 15 sampai 20 menit untuk mengolah makananini. Tapi jangan lupa gunakan api besar saat menggoreng ayam. Juga saat bumbusudah ditumis dan dimasukkan ayam ke dalamnya. Dengan menyetel kompor pada apibesar, maka pematangan ayam lebih cepat, namun tidak akan membuat ayam menjadilembek atau keempukan.
Selain itu,  kuncisukses dari masakan ini adalah pemilihan jenis ayam yang harus segar dandagingnya tebal. Dengan begitu rasa yang dihasilkan juga maksimal. Tak lupapemilihan jenis kecap harus yang tepat. Pilihlah kecap manis yang berwarnahitam kental sehingga cita rasa Ayam Kecap yang dihasilkan lebih nendang.
Ayam Kecap semakin mantap jika disandingkan dengan sambalbawang mentah dan sayur kukus setengah matang favorit keluarga saya. Tentu sajadengan nasi putih pulen dan hangat yang membuat makan sahur menjadi lebihbersemangat.
Foto : Damaraisyah 2017
Selama bulan puasa, saya usahakan untuk menyimpan stok bahanmakanan seperti sayur dan buah dalam kulkas. Begitu pun halnya dengan bahan untuk lauk seperti ikandan ayam. Mau tahu kenapa? Karena BukNaj bisa lemes kalau tiap hari ke pasar samaduo krucil saat puasa. Belum lagi jika mereka lari ke sana kemari saat saya memilih sayur atau bahan lainnya. Bisa berabe ibu bayik teriak-teriak. Hehehe …
Untuk itu, pemilihan jenis bahannya harus cermat. Misalnyadalam memilih ayam, saya usahakan selalu yang segar. Atau menggunakan ayam potongkemasan yang memiliki standart penyimpanan tinggi dengan metode terkini. 
Ayam Potong So Good terpilih menjadi salah satu “penghuni” dikulkas karena kualitasnya memang sudah saya buktikan. Selainpengemasan dan proses pembekuan yang optimal, ayamnya sangat bersih sehingga tak perlu mencuci terlalu lama.
Dalam satu kemasan berukuran 1 kg, terdapat kurang lebih 10 potongan ayam yang biasa saya olah menjadi beberapa jenis masakan. Untukkeluarga kecil seperti kami, hal ini sangat efisien karena tidak perlu beberapakali berbelanja. Harganya pun relatif terjangkau.
Nah, itu tadi resep favorit keluarga saya. Mengolahnyacepat, rasanya nikmat dan yang pasti sukses menggugah selera. Teman-teman bisa melihat aneka resep kreasi Ayam Potong SO GOOD di sini ya. Atau jika ingin berkreasi dengan SO GOOD siap makan, resepnya pun banyak tersedia di sini. Happy cooking, Ladies!

2 thoughts on “Ayam Kecap Tabur Paprika Ala Keluarga DuoNaj”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *