Tips Belajar Gitar Secara Otodidak untuk Pemula

Siapa yang suka nonton channel Youtube Alip Ba Ta yang terkenal sebagai fingerstyle gitar berbakat dari Ponorogo, Jawa Timur ini? Kabarnya, Alip Ba Ta belajar gitar secara otodidak, loh!

Alip Ba Ta terkenal karena kepiawaiannya memainkan berbagai chord dengan fingerstyle gitar khas Alip yang tak dapat ditiru. Alip Ba Ta juga banyak mendapat apresiasi dari para pemusik dunia. Bahkan tidak sedikit yang membuat video reaksi untuk permainan gitarnya.

Dikutip dari laman Sindonews, seorang youtber bernama Shane Dawson juga sangat memuji permainan gitar Alip Menurutnya, permainan gitar Alip sangat rapi dan tak bercela. Shane juga berpendapat bahwa Alip dapat menginspirasi dan mendorong siapa saja untuk belajar alat musik serupa.

Bermain gitar itu keren, loh!

Sejak dulu, saat saya masih berstatus pelajar, seseorang yang dapat memainkan gitar selalu dianggap keren dan cukup populer di kalangan anak muda. Menurut sebagian besar anak muda pada masa itu, pemain gitar itu terlihat sendu dan menjiwai irama yang dihasilkan dari chord yang dimainkannya. Jari-jarinya juga terlihat lentik dan terampil saat memetik senar gitar.

Jadi enggak heran jika banyak pemain gitar yang menjadi idola di sekolah. Ibaratnya, derajat kekerenan seseorang itu langsung meningkat saat mereka menguasai berbagai kunci gitar. Kemudian memainkan berbagai chord lagu-lagu yang sedang populer di jamannya.

Belajar gitar secara otodidak? Why not!

Enggak dulu, enggak sekarang, saya rasa kalian juga setuju bahwa memainkan gitar merupakan sesuatu keterampilan yang diimpikan banyak orang. Apalagi semenjak kehadiran Alip Ba Ta yang orisinil namun memiliki kualits petikan gitar yang berkelas. Siapapun pasti berlomba-lomba untuk dapat memainkan alat instrumen sejenis.

Gitar sendiri juga merupakan salah satu alat musik yang tergolong murah dan mudah didapatkan. Untuk dapat memainkannya pun, tak sedikit yang rela menganggarkan dana untuk belajar melalui lembaga kursus.

Namun, kalian pun dapat mempelajarinya secara mandiri alias otodidak. Hal ini telah dibuktikan oleh suami saya sendiri, berkat keuletan dan ketelatenannya untuk terus berlatih dan mencoba, ia pun tak perlu merogoh kocek untuk dapat memainkan berbagai chord lagu kesukaannya.

Selain itu, jaman sekarang ini apa sih ya nggak bisa dipelajari secara otodidak karena segala hal bisa didapatkan melalui dunia digital? Nah, untuk menguasai kunci gitar pun kalian bisa mempelajarinya melalui berbagai unggahan di laman digital. Kemudian terapkan beberapa tips belajar gitar secara otodidak berikut ini.

Tips Belajar Main Gitar dari Para Profesional

Belajar memainkan kunci gitar dasar

1. Temukan posisi yang nyaman saat bermain gitar.

Menemukan posisi nyaman saat bermain gitar tidak bisa datang dalam sekali duduk, tetapi perlu terus dicoba.

  • Kalian bisa memulai dengan duduk di kursi dengan nyaman, kemudian tegakkan punggung dan bahu.
  • Letakkan gitar dekat dengan perut dan dada.
  • Pegang bagian leher gitar dengan tangan kiri, empat jari berada di bagian depan gitar, sedangkan ibu jari di belakang.
  • Tahan badan gitar dengan bantuan kaki kanan.
  • Cobalah untuk menekan-nekan senar gitar secara asal, mulai pelan hingga cepat untuk melatih keseimbangan.
  • Pada awlanya mungkin punggung akan terasa sakit karena belum terbiasa. Namun lakukan kebiasaan ini untuk mendapatkan posis yang paling nyaman.

2. Belajar cara menyetel gitar.

Untuk mendapatkan suara gitar yang nyaring tentunya tidak datang begitu saja. Apalagi jika gitar yang kalian gunakan untuk belajar gitar secara otodidak masih baru. Maka kalian perlu menyetel atau melakukan tunning agar mendapatkan suara petikan yang merdu.

Untuk pemula, belajar tunning senar gitar juga dapat meningkatkan kepekaan terhadap nada. Untuk melakukannya kalian perlu mengetahui nama-nama senar gitar dari atas hingga bawah. Yaitu dari yang paling tebal di urutan atas, sampai yang tipis di urutan bawah. Urutan senar gitar adalah sebagai berikut: E, A, D, G, B, dan E.

Kemudian mencoba menyesuaikan tuner atau putaran yang ada di kepala gitar. Jika ingin memainkan nada tinggi, maka kencangkan tuner. Sebaliknya jika ingin nada rendah maka longgarkan tuner sampai senar kendur.

3. Mengetahui kunci dasar gitar.

Jika sudah dapat menyetel tuning gitar, maka kalian dapat memulai belajar gitar secara otodidak dengan mempelajari kunci dasar gitar, seperti: A, B, D, Am, Bm, Dm, E, Em, C, dan G.

Perlu dipahami bahwa setiap kunci gitar memiliki cara tersendiri untuk dipetik dan dimainkan. Pengetahuan dasar seperti ini penting untuk dapat belajar main gitar secara otodidak. Kalau perlu, kalian bisa menyiapkan buku catatan khusus untuk kunci gitar dan chord lagu yang mudah.

4. Berlatih memainkan kunci gitar secara intensif.

Setelah mengetahui dan memiliki catatan kunci gitar, kini saatnya memainkan setiap kunci gitar secara bertahap.

  • Pertama, belajar menekan senar pada fret atau logam tegak lurus yang berada di leher gitar.¬† Pastikan kalian hanya merasakan getaran pada bagian jari yang menekan senar saja.
  • Mulai memainkan kunci dasar yang dirasa paling mudah. Misalnya kunci gitar A yang masih berada pada satu ruas.
  • Biasakan menggenjreng gitar dengan rasa, bukan asal-asalan agar menghasilkan nada yang merdu dan jernih.
  • Kuasai dulu satu kunci gitar sebelum melanjutkan pada kunci berikutnya.

5. Memainkan lagu dengan  chord mudah.

Jika jari kalian sudah terbiasa memainkan kunci dasar gitar. Kemudian sudah dapat berpindah-pindah kunci dengan mudah, maka kini saatnya mencoba satu lagu dengan chord yang mudah.

Tak perlu tergesa-gesa memainkan lagu favorit jika dirasa chord-nya terlalu rumit bagi pemula. Belajar gitar secara otodidak memang harus sabar dan dilakukan secara bertahap hingga sampai pada keterampilan yang diinginkan.

Yang tidak kalah penting dalam mempelajari chord dan kunci gitar secara otodidak adalah dengan menikmati setiap prosesnya. Percayalah, proses tidak akan pernah mengkhianati setiap usaha.

Nah, siapa nih yang mau jadi The Other Alip Ba Ta? Kalian pilih belajar gitar secara otodidak atau belajar dengan instruktur di lembaga kursus alat musik?

Leave a Comment