LIFESTYLE

Peluang Bisnis Kuliner Online Makin Laris dengan Daftar GoPay

Daftar GoPay

Bisnis kuliner online makin diminati seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat di masa pandemi Covid-19. Enggak punya bahan masakan, pesan GoFood. Sibuk work from home, lagi-lagi pesan makanan secara online. Takut belanja karena muncul cluster pasar? Sungguh saya merasa terbantu dengan adanya pebisnis kuliner online. Setidaknya itu yang terjadi dalam keluarga kami. Sampai-sampai, suami saya yang sebelumnya tidak mengaktifkan virtual wallet akhirnya tergoda juga untuk daftar GoPay seiring meningkatnya transaksi pembelian makanan secara online di rumah.

Bagi pebisnis kuliner, peluang ini seharusnya direspon cepat dengan mengikuti sistem penjualan yang sekarang sedang diminati. Pebisnis kuliner harus berani mengalihkan penjualannya dengan sistem online agar tetap eksis di mata konsumen.

Sebagai contoh saja, sekarang saya cenderung memilih memesan menu seafood di lapak kuliner yang menyediakan penjualan online, alih-alih di lapak langganan kami yang hanya menerapkan penjualan offline.

Memang awalnya sempat merasa ada yang “kurang” saat mencicipi kuliner yang berasal bukan dari lapak langganan. Tetapi, toh, pada akhirnya lidah terbiasa juga. Jadi sebagai konsumen saya berpikir alangkah baiknya jika lapak kuliner langganan kami juga beralih ke sistem penjualan online.

Memang bukan hal mudah untuk beralih ke sistem penjualan baru. Terlebih bagi pebisnis kuliner yang selama ini berjaya dengan mengandalkan cara-cara lama. Berikut beberapa tips yang berhasil saya kumpulkan dari salah satu lapak bisnis kuliner online yang kini makin laris dengan transaksi online.

Tips Mengalihkan Penjualan Bisnis Kuliner dengan Transaksi Online

tips agar bisnis kuliner online makin laris

 

1. Promosi melalui media sosial

Promosi melalui media social merupakan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan omzet bisnis kuliner. Selain gratis dan mudah digunakan, angka pengguna media sosial sangat tinggi sehingga peluang pembelian juga makin besar.

Namun perhatikan mengenai jenis media sosial yang digunakan. Misalnya penggunaan Instagram yang menonjolkan gambar sehingga sangat cocok untuk media promosi bisnis kuliner. Pebisnis bisa memanfaatkan akun official bisnis, akun pribadi, bahkan meminta endorse dari Instagrammer dengan jumlah follower besar.

2. Mendaftar pada platform penjualan digital yang mudah digunakan.

Mendaftar pada platform penjualan digital memungkinkan keterjangkauan pemasaran lebih luas. Misalnya jika tergabung sebagai merchant GoFood, maka secara otomatis layanan bisnis kita dapat diakses oleh seluruh pengguna aplikasi GoJek. Selain itu, pastikan platform digital yang dipilih mudah dioperasionalkan oleh konsumen dari berbagai kalangan.

3. Pertahankan kualitas makanan.

Kualitas makanan merupakan satu hal yang lumayan tricky untuk bisnis kuliner online. Pebisnis harus memiliki cara khusus agar makanan yang disajikan terjaga kesegarannya baik dari kualitas rasa maupun tampilan.

4. Cara mengemas

Pengemasan makanan perlu mendapatkan perhatian khusus mengingat faktor higienitas menjadi salah satu hal penting semenjak pandemi Covid-19. Gunakan kemasan yang bersih, menarik secara estetika dan sebisa mungkin aman untuk makanan.

Daftar GoPay

5. Metode pembayaran yang mudah.

Tentu sedikit merepotkan jika konsumen harus mentransfer sejumlah uang untuk membeli sebungkus mie goreng atau beberapa gelas kopi kekinian. Nah, virtual wallet bisa menjadi solusinya, misalnya dengan daftar merchant GoPay yang sudah terpercaya dan menawarkan banyak keuntungan untuk pengusaha rekanan.

Sedangkan dari sisi konsumen, virtual wallet lebih praktis untuk transaksi online kebutuhan sehari-hari dengan nominal yang tidak terlalu besar. Registrasinya pun mudah. Misalnya cara daftar GoPay yang sangat sederhana karena setiap pengguna aplikasi GoJek secara otomatis ter-install fitur GoPay di smartphone-nya. Selanjutnya konsumen hanya perlu mengisi saldo dan verifikasi akun. Cepat, mudah dan praktis!

6. Tawarkan promo dan diskon pada hari-hari tertentu.

Promo dan diskon harga pada hari-hari tertentu perlu dilakukan untuk menjaga omzet penjualan. Misalnya saat weekend di mana orang-orang cenderung malas memasak, maka tawarkan promo dalam paket-paket khusus.

kemudahan-daftar-merchant-gopay

7. Gratis ongkir sangat diminati.

Selain promo dan diskon harga, gratis ongkir merupakan salah satu penawaran yang sangat diminati konsumen. Salah satunya konsumen seperti saya yang pada akhirnya memutuskan daftar GoPay karena tergiur dengan banyaknya promo gratis ongkir dari berbagai merchant.

8. Bekerja sama dengan Food Blogger atau Food Vlogger.

Food blogger atau food vlogger biasanya memiliki follower setia yang selalu menantikan rekomendasi tempat-tempat kuliner yang mereka kunjungi. Nah, sesekali boleh dong, bekerja sama dengan food blogger atau vlogger untuk mencicipi produk kuliner kalian. Siapa tau nih, follower-nya juga jadi penasaran.

9. Menampilkan review dari konsumen.

Sebagai konsumen, salah satu yang menjadi pertimbangan dalam memilih kuliner online adalah review dari konsumen. Jadi, selalu tampilkan review untuk bisnis kuliner kalian. Dan alangkah baiknya jika terdapat feed back dari review-review tersebut.

Baca juga: Peluang Bisnis dari Hobi

Manfaat Beralih ke Penjualan Online dengan Daftar GoPay

Cara daftar GoPay

Mungkin sebagian orang masih berpikir apa sih manfaatnya beralih ke sistem penjualan online? Kenapa harus repot-repot daftar Gopay? Apa manfaatnya?

  • Jangkauan pemasaran.

Dari segi jangkauan pemasaran saja sudah jelas sistem penjualan online menjangkau lebih luas dan lebih banyak calon konsumen. Apalagi jika bisnis kalian terdaftar dalam merchant GoFood, di mana untuk saat ini pengguna GoPay telah mencapai jutaan orang di seluruh wilayah Indonesia dan rata-rata merupakan pengguna aktif. Jadi, dengan beralih ke sistem penjualan online akan memungkinkan jumlah transaksi lebih besar.

  • Efisien dan praktis

Penjualan online sangat disukai karena praktis dan mendukung social distancing. Sebuah kenormalan baru yang sepertinya menjadi gaya hidup masyarakat kita. Transaksi online sangat efisien, mengurangi kemacetan dan praktis karena bisa dilakukan di mana saja.

  • Mendukung gaya hidup cashless

Dengan daftar GoPay pembeli tidak perlu mengeluarkan dompet dan menyiapkan cash money untuk membayar. Sedangkan pihak penjual tidak perlu repot menyiapkan uang kembalian. Semua transaksi cukup dilakukan melalui  smartphone saja.

  • Kemudahan publikasi

Setelah daftar merchant GoPay secara otomatis bisnis kuliner kalian akan mendapatkan slot promosi di fitur GoFood dan berbagai promosi dalam media sosial GoPay.

Daftar merchant GoPay

  • Tidak perlu membangun sistem delivery

Dengan menjadi salah satu merchant GoPay artinya kalian tidak perlu repot membangun sistem delivery food. GoPay yang terintegrasi dengan GoFood dan GoJek memiliki ratusan ribu mitra driver yang siap mengantarkan produk bisnis kuliner kalian langsung ke depan pintu rumah konsumen.

Kesimpulannya, beralih ke sistem penjualan online merupakan salah satu cara untuk mendongkrak popularitas dan omzet bisnis kuliner karena menunjang gaya hidup masa kini. Apalagi ditambah segala manfaat dan kemudahan promosi yang ditawarkan setelah daftar GoPay. Yakin, nggak pengin ambil kesempatan ini?

 

 

63 thoughts on “Peluang Bisnis Kuliner Online Makin Laris dengan Daftar GoPay”

  1. Emang udah saatnya ya mbak skrg pada beralih ke online. Apalagi penjual makanan selain praktis untuk pembayaran jadinya bisa lebih gencar promo via online karena terdaftar di GoFood

  2. Dengan ada Gofood, saya bisa dengan leluasa belanja makanan tanpa harus keluar rumah. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Bayarnya pakai gopay, makanan disangkutin di pagar. Jadi membuat minim interaksi langsung.

    1. Betul, sangat mendukung physical Distancing. Itulah kenapa sangat disarankan memakai GoPay utuk pembayaran.

  3. Bisnis makanan online kala pandemi gini emang pas banget ya mbak… Disekitar kita saja banyak banget yang jualan makanan dadakan, semua jadi untung sih, ya ekonomi jalan, ya lebih aman karena meminimalisir keluar rumah.

    Apalagi nih yang sudah merambah masuk ke gofood. Makin mudah dan makin terbuka peluang untuk lebih maju lagi deh

    1. Betul Prinsipnya GoPay ini menguntungkan kedua belah pihak. Penjual diuntungkan dari segi pemasaran dan sistem delivery. Sedangkan pembeli jelas untung dari berbagai promo dan gratis ongkir.

  4. win win solution buat pengusaha kuliner dan go food sebagai penyedia jasa marketing dan distribusinya yaa
    eh buat konsumen juga sih jd lebih mudah dan simpel buat mendapatkan makanan yang diingkannya. hanya di ujung jari

  5. Sekarang para pedagang, termasuk makanan, memang harus semakin bisa beradaptasi dengan dunia digital. Bekerjasama dengan pihak ketiga seperti Gopay bisa sangat membantu

  6. setuju banget ka apalagi saat pandemi begini ya, peluang berusaha bisnis makanan sangat besar. bergabung berjualan secara online mempermudah usaha kita berkembang karena saat ini semuanya serba online ya ka termasuk pembayarannya juga ya semua serba e-cash dan gojek pastinya dengan gopaynya. banyak promosinya pula ya ka

  7. Saya juga pakai Go-pay kak. Selain banyak diskon dan promo dia juga praktif banget. Jadi efektif dan efisien karena cashless

    1. Sejak bisnis kuliner online makin booming saya jarang makan di luar. Sesekali aja kalau pas ada urusan keluar atau hari spesial,

  8. Jadi inget banget pas tinggal di kos Surabaya nemenin suami kuliah 2 bulan, ada warung yang udah make gopay. Enak banget daftar tinggal scan, apalagi makanannya murah ditambah diskon gopay tambah irit deh hehe. Pokoknya sama2 untung jadinya pedagang ama pembeli

  9. betul ya , usaha kuliner rumahan bakal sukses ya apalagi sekarang dipermudah dalam hal pengiriman

    1. Iya, betul. Karena sangat terbantu dari segi pemasaran dan delivery. Bayangin saja kalau membangun pemasaran sendiri.

  10. Dengan hadirnya aplikasi canggih seperti Gopay, dapat membantu pelaku usaha salah satunya dibidang kuliner.

    Tinggal buka aplikasi Gopay,pilih fitur yang ada dan menu kuliner apa yang disukai. Pesanan siap dianter kerumah, gimana gak praktis coba.
    apalagi sebagai istri,kadang aku juga gak sempet masak, Gopay pilihan yang tepat tuk memesan makanan.

    1. Betul, Mbak. Saya kalau pas gak sempat ya langsung GoFood aja bayarnya GoPay karena banyak diskon. Jadi praktis dan hemat juga

  11. Pokoknya GoPay itu membantu banget menghidupkan bisnis kecil di berbagai daerah. Warung ayam geprek di sebelah rumah saya yang cuma warung kecil, itu bisa ramai pelanggan karena order via GoFood.

  12. Iya Damar sekarang pedagang harus lebih gencar promosi online ya biar jangkauan promosi lebih luas termasuk promo di media sosial dan juga daftar jadi merchant

  13. Beculll, sekarang udah dimudahkan bayar pakai e-wallet. Makanya sekarang aku lebih sering isi dompet digitalku. Gopay salah satunya karena transaksi dg gopay tuh banyak untungnya.

  14. Bener banget, sekarang usaha apa-apa harus bisa online. Ini warung makan dekat rumah yang jualan hanya pagi hari saja, juga sudah online

  15. Nomor delapan ngedukung banget. Soalnya dah ngalamin ngikutin IG kulinernya koko buncit tu, apa yang dia review pasti pengen tak datengin dan icipin juga. Wakakak

  16. Kak damar, asyik banget ya kalo bisa daftar go food ini. Aku juga kepengen nih daftar jadi mitra go food biar bisa punya restoran rumahan

  17. Sejak ada gopay, sebagian hidup perbelanjaan beralih ke sini, terutama di masa-masa pandemi ini.
    Tip yang disharing di sini, semoga dibaca para pebisnis kuliner, karena mantul tipnya.

  18. Aku dikelilingi sama temen-temen yang profesinya jual makanan.
    Keren banget deeh….dari skill promote sampai kerjasama dengan beberapa tempat usaha untuk menitipkan barang dagangan.
    Sekarang bisa dengan mudah kerjasama dengan Gojek juga yaa…Pasti profit makin naik niih..
    Aku infoin ke temen-temenku, haturnuhun.

  19. Bener nih, kalo punya bisnis makanan emang paling tepat kalo daftar gopay, apalagi di masa pandemic seperti ini. Banyak nih yang pesan makanan via gojek. Daan diskon serta gratis ongkir benar” menggiurkan hehe

  20. Wah tertarik banget nih pengen buka usaha frozen food dan didaftarin ke GO-JEK. Beberapa bulan lalu diajak seorang kawan kerjasama soalnya

  21. Jaman sekarang semuanya serba cashhless ya mbak. Bahkan di saat new normal semua pembayaran diharapkan menggunakan cashless. Gopay sebagai salah satu solusinya. Aku sih setuju-setuju aja selama memberikan manfaat bagi kita semua

  22. intinya kesempatan bagus harus diambil ya. apalagi sudah bagus pelayanan aplikasinya. tinggal action. saya suka bagian kerjasama dengan food blogger. bisa diajakin makan gratis. hehe

  23. Makin canggih aja nihh Gopay ya.. bikin yang mau usaha kuliner jd bersemangat krn ada support system aplikasi seperti Gopay yang lengkap bangeed

  24. Gojek ini penyelamatku banget mba. Aku sering orderin GoFood untuk ibu mertua di luar kota. Kadang juga orderin belanjaan dari minimarket, soalnya orang rumah udah sepuh-sepuh gak ada yg disuruh. Jadi babang ojolnya is my angel . Bayarya langsung pake GoPay.. josh tenan pokokmen

  25. Memang benar Mbak, bisnis kuliner sekarang makin maju ya? perlu cepar direspon juga agar kebutuhan konsumen selalu ada.

  26. Menurut saya go food ini objektif karena ada review dari konsumennya. Terlepas dari review karena sentimen lho ya. hehehe. Karena sebaiknya konsumen bisa bijak dalam memberikan review. Dan kita bisa memilih dimanapun tempat yang kita mau order go food.

  27. Banyak sekali hikmah dari peristiwa yang terjadi ini ya, Mbak. Salah satunya membuat bisnis kuliner online bergeliat.

    Transaksi online ini tentu lebih aman dibandingkan transaksi offline ya. Apalagi di masa menuju new normal ini.

  28. beneran mbak, sekarang jualan makanan pun lebih menjanjikan dengan sistem online. memang sesuai kebutuhan zaman sih ya, manusia masa kini lebih suka hal-hal praktis dan cepat.

  29. Saya mendukung sekali dengan adanya aplikasi gopay, gofood. Apalagi semenjak ada pandemi ini hampir semua rumah makan diwajibkan pembelinya utk take away pesanan makanan mereka..mau tidak mau pengusaha kuliner harus memutar otak agar jualan mereka tetap laris manis.

  30. Bener banget Mbak, sekarang hampir semua bisnis beralih ke online, menurutku bisnis makanan seperti ini juga menjanjikan banget apalagi dengan adanya PSBB seperti ini ditambah persaingan bisnis kuliner juga sekarang makin ketat ya, hampir di setiap sudut pasti ada deh kafe atau tempat makan baru.

  31. Win win solution pedagang kuliner menggunakan gopay. Pedagang diuntungkan dalam distribusi dan kemudahan, pembeli pun dapat kenyamanan saat bertransaksi. Apalagi saat pandemi begini.

  32. gegara pandemi, aku sekarang jadi pelanggan pengguna gopay juga mbak. Habisnya mo belanja ke pasar takut, mamang sayur di awal-awal pandemi gak jualan, jadilah beli makanan via gofood akhirnya jadi terbiasa menggunakan gopay deh

  33. Memang sekarang jualan online enaknya jadi mitra Gofood, ya, Mbak. Sistem udah jelas dan promosi lebih luas. Bisa pakai pembayaran online yang lebih praktis

  34. Aku salah satu pengguna setia gopay selama pandemi berlangsung saat ini mbak, beli secara online lebih nyaman dan cepat selama kuota gopay masih banyak dan uang di rekening masih ada

  35. Aku emang nggak punya usaha kuliner, tapi aku lihat memang Go Food ini membantu sekali warung-warung kecil untuk memperluas jangkauan pemasarannya. Jadi yang beli nggak cuma orang-orang itu aja.

  36. saat ini bisnis kuliner via online emang lagi manjur, apalagi pandemi begini biar tetap jaga jarak.
    pelaku bisnis juga udah pada berinovasi, mengganti kemasan menjadi lebih higienis is a must, biar pelanggan juga tetap aman. Syukurnya sekarang udah ada Gopay ya yang bisa memfasilitasi 🙂

  37. Teknik pemasaran di era digital ini bikin asik untuk pelaku usaha ya, apalagi didukung pula dengan transaksi pembayaran non tunai

  38. waaah go food ini bener-bener menjadi mitra UMKM atau pun usaha kecil lainnya ya kak
    memudahkan bgt untuk yang baru mulai usaha dan yang belum punya tempat usaha bisa dari rumahan gitu

  39. Gojek gopay dan semua layanan atau fiturnya aski berdampak besar ke bisnis2 kuliner yang sebelumnya anyep sih mbak.. Skrg penjualan pada meningkat gtu yaaa

  40. Iya, aku juga lebih nyaman melakukan trnsaksi elektronik, sebagai bagian dari cashless society
    jadi kalau ada merchant pake gopay ya seneng banget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *