Begini Cara Mengatasi Rasa Takut Bawa Motor, Jadi Berani!

Ada banyak cara menghilangkan rasa takut bawa motor dengan mudah, bagi kamu yang baru saja belajar motor. Umumnya rasa takut atau panik bisa didapatkan dari sebuah depresi atau karena memiliki fobia. Hal ini tentunya bisa dialami oleh siapa saja, terutama bagi seorang wanita.

Biasanya rasa takut tersebut timbul karena terlalu memikirkan hal-hal buruk ketika sedang berkemudi, sehingga muncul rasa khawatir.

Mengendarai sepeda motor sebenarnya bukanlah hal yang sulit namun rasa panik yang berlebih terkadang membuat seseorang merasa lebih sulit untuk bisa belajar motor.

Cara Mengatasi Rasa Takut Berkendara Motor

Panic attack yang sering muncul pada seseorang yang mengalami trauma atau rasa takut yang berlebihan akan membuatnya berpikiran buruk. Salah satunya adalah berkeringat dingin, jantung berdebar, serta merasa  gugup ketika mengendarai motor, berikut ini adalah tips agar berani belajar motor tanpa merasa panik.

  1. Ketahui Penyebab Rasa Takut

Cari tahu penyebab dari rasa takut Anda lebih dulu sebelum mencoba mengatasi rasa takut tersebut. Hal ini karena rasa takut dapat disebabkan oleh khawatir,  trauma dan sebagainya yang mungkin pernah Anda alami. Sebagai contoh mungkin saja Anda pernah mengalami kecelakaan motor atau hal lainnya.

  1. Percaya Diri

Jika sudah mengetahui penyebab utama dari rasa takut pada diri sendiri, selanjutnya adalah mulai berani dan percaya diri. Belajarlah terus dengan berhati-hati, dengan begitu perlahan rasa takut dalam diri akan hilang sedikit demi sedikit. Percaya diri sendiri merupakan cara terbaik untuk terapi rasa takut.

  1. Gunakan Safety Ridding

Menggunakan alat pengaman saat sedang berkendara adalah hal yang sangat penting untuk keselamatan diri sendiri. Adanya safety ridding dapat membantu melindungi diri jika terjadi hal buruk dalam berkendara. Selain itu kamu juga perlu memperbanyak pengalaman berkendara agar lebih berani.

  1. Lakukan Evaluasi Setelah Belajar Berkendara

Jika kamu sudah merasa bisa mengendarai sepeda motor dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah mengevaluasi kemampuan  berkendara. Dengan begitu kamu akan lebih paham apa saja yang harus lebih dipelajari untuk bisa berkendara tanpa ada rasa khawatir.

Nah, tadi itulah 4 tips ataupun cara yang bisa Anda coba agar jadi berani ketika belajar naik motor.

Pastikan ketika Anda memcoba berbagai tips di atas, ada orang dewasa dan ekspert yang mengawasi dan mendampingi.

Beberapa manfaat naik motor

Manfaat bisa naik motor

Berikut adalah beberapat manfaat naik motor yang bisa kamu dapatkan :

  • Meringankan beban orang lain

Pertama, dengan bisa mengendarai motor sendiri, kamu berpeluang meringankan beban orang lain. Entah keluarga, pasangan, atau teman, untuk antar jemput, misal ke tempat kerja atau ke sekolah. Ini tidak berlaku apabila rumah Anda dekat dengan tempat kerja, cukup jalan kaki saja kalau itu.

  • Mudah ke mana saja.

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu peroleh ketika sudah bisa naik motor adalah, kamu bisa dengan mudah ke mana saja, tentu sepanjang arah ke tempat tersebut bisa dijangkau dengan naik motor.

  • Mudah mengangkut barang

Dengan mengendarai sepeda motor sendiri, kamu juga bakalan lebih mudah mengangkut barang, tentu barang-barang sederhana, seperti belanjaan dari warung, galon, tabung gas dan lainnya.

  • Bisa mencari uang

Sekarang, motor bukan hanya kendaraan pribadi yang berfungsi untuk keperluan komsumtif saja, namun sepeda motor juga bisa digunakan untuk mencari uang. Caranya, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai driver GoJek, ShopeeFood, Grab atau platform ride sharing. Dengan mendapatkan order dari berbagai platform tersebut, Anda bisa mendaptkan uang.

  • Hemat waktu

Apabila kamu bisa mengendarai motor sendiri, maka akan lebih hemat waktu ketika akan menuju suatu tempat karena tidak perlu menunggu bis, taksi, atau kereta.

Nah itu tadi beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika kamu berhasil lancar mengendarai sepeda motor, tentu ini bisa dilakukan ketika kamu berhasil mengatasi rasa takut ketika belajar mengendarai motor. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment