Butuh Ketelatenan, Berikut 5 Cara Merawat Rambut Rusak Agar Kembali Sehat

Rambut indah, subur, dan lembut adalah salah satu hal yang didambakan setiap wanita. Namun, sayangnya kerusakan pada rambut sering kali melanda. Entah masalah rambut bercabang, berketombe, rontok, patah, kering, kusam juga terlalu berminyak.

Berbagai permasalahan rambut tersebut dapat dialami wanita dari berbagai usia, begitu pun yang berhijab atau tidak. Secara umum, terdapat beberapa cara merawat rambut rusak yang dapat dilakukan sebagai kebiasaan sehari-hari, seperti dalam ulasan berikut ini:

5 Cara Merawat Rambut Rusak

1. Konsumsi Makanan Sehat

Banyak yang mengatakan bahwa kesehatan rambut juga hadir dari dalam. Asupan gizi dan vitamin yang baik dapat menjadi kunci revitalisasi rambut. Bahan makanan seperti sayur, buah, dan makanan organik hendaknya menjadi pilihan kita.

Pada suatu studi di Int J.Mol Sci 2020, dikatakan bahwa kandungan Flavonoids menjadi kunci dalam menghindari rambut rontok. Zat tersebut juga menstimulasi pertumbuhan rambut baru. Beberapa rekomendasi makanan seperti salmon, telur, wortel, alpukat, dan tiram adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi.

Baca juga: Perawatan Rambut pada Perempuan Berhijab

2. Gunakan Minyak Bahan Alami Untuk Perawatan Rambut

Kita dapat mengaplikasikan minyak almond dan minyak kelapa. Cara tersebut juga setara dengan tulisan popbela yang menyarankan penggunaan minyak zaitun, kunyit, dan lidah buaya.

Suatu studi di tahun 2010 oleh Zoe D Draelos juga menekankan kebutuhan minyak alami untuk perawatan rambut. Studi tersebut juga menegaskan bahwa memilih sampo juga harus dilakukan dengan tepat.

Saya sendiri sering menggunakan liday buaya, minyak zaitun atau kemiri secara bergantian untuk melakukan perawtan alami di rumah. Lidah buaya terbukti efektif membantu menyuburkan rambut, sedangkan minyak zaitun untuk mengurangi rambut kering dan patah. Kemiri bakar yang dihaluskan kemudian diambil minyaknya sangat membantu merawat rambut menjadi hitam dan bercahaya.

3. Kurangi Penggunaan Cat Rambut dan Bleach

Salah satu masalah yang sering terjadi terkadang karena ulah pemilik rambut sendiri. Seperti bleaching dan cat rambut yang berlebihan. Dikutip dari Healthline.com, ternyata masalah ini dapat diatasi dengan pemilihan shampo dan conditioner. Selain itu, perawatan juga dapat berupa perlindungan rambut dari kerusakan berlanjut. Sebuah data dari Spring-8 juga menyarankan penggunaan air tajin beras saat mencuci rambut.

Baca juga: Cara Merawat Rambut Diwarnai

4. Batasi Penggunaan Mesin Catok

Mesin yang mampu mengeluarkan suhu panas ini berpotensi merusak rambut dan membuatnya kering. Untuk itu, kurangi penggunaan atau gunakan panas rendah. Untuk memperbaiki kerusakan kita bisa mengaplikasikan minyak kelapa pada kulit kepala.

Baca juga: Cara Memotong Rambut Sendiri di Rumah

5. Gunakan Produk Perawatan Rambut

Kita juga dapat menggunakan masker berbahan alami, seperti masker alpukat yang memiliki kandungan vitamin E. Alpukat juga penuh vitamin C dan fatty acids yang bisa didapat dengan dikonsumsi..

Cara merawat rambut rusak agar kembali sehat juga dapat dilakukan dengan pemberian perawatan berbahan keratin. Bahan perawatan ini mampu memperbaiki kerusakan pada rambut dengan memberi nutrisi rambut yang hilang. Biasanya, kandungan ini bisa ditemukan di banyak produk hair treatment pasaran.

Itulah beberapa cara untuk perawatan rambut yang bisa dicoba. Pada dasarnya, beberapa bahan alami untuk mengatasi rambut rontok yang sering digunakan adalah minyak zaitun, minyak kelapa, dan almond bisa memberi nutrisi pada rambut. Agar lebih maksimal, kita bisa mengikuti Program 12 Hari Hair Power yang dirancang khusus untuk membantu menutrisi rambut dari dalam agar tetap sehat dan lembut sepanjang hari.

Yuk, jaga kesehatan rambut dari sekarang, dengan menerapkan beberapa cara merawat rambut rusak seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Selamat mencoba!

Leave a Comment