BLOGGING SPONSORED POST

Beberapa Hal Penting Sebelum Membuat Website dan Cara Memilih Hosting Berkualitas

Hal penting sebelum membuat website

Halo-hola, siapa di sini yang masih belum paham dengan yang namanya domain? Hayooo, ngaku, lho! Khusus buat teman-teman yang tertarik membuat website, penting banget nih, untuk paham dulu dengan yang namanya domain, apa itu hosting. Nah, biar kalian nggak kebolak-balik, kita pelajari bersama satu per satu, ya.

Domain merupakan sebuah nama untuk mengidentifikasikan server komputer pada jaringan komputer atau internet. Sehingga domain dapat diartikan sebagai alamat atau nama untuk sebuah website. Misalnya, nih,  facebook.com, instagram.com, dan masih banyak lagi nama domain lainnya.

Domain  dapat memudahkan user atau pengguna untuk mengingat dan melakukan akses ke server. Selain itu juga mempunyai beberapa level yaitu Top level domain (seperti .com, .org, .net, .gov), second level domain (meliputi SLD dan TLD), dan third level domain yang merupakan bagian dari SLD (.us.com, .br.com, .cn.com). Beberapa domain yang telah disebutkan di atas merupakan jenis komersial, namun ada juga yang gratis seperti cz.cc,co.cc yang cocok untuk digunakan bagi pemula yang ingin membuat website.

Bagaimana dengan domain murah? Ya jelas banyak. Tapi harus dipahami dulu, ternyata domain murah ini banyak kekuranagnnya juga, lho. Nah, lagi-lagi biar teman-teman nggak salah pilih, kita bahas dulu kekurangannya, ya.

Kekurangan Dari Domain Murah di Era Teknologi Saat Ini

 

Hal penting sebelum membuat website

 

Saat ini domain murah banyak ditawarkan oleh beberapa perusahan penyedia jasa domain terpercaya dengan harga yang relatif murah supaya pengguna tidak banyak mengeluarkan dana. Namun, perlu diingat bahwa murah dan dom mahal mempunyai kelebihan masing-masing. Domain murah memang dari segi harga cukup terjangkau, namun untuk kinerjanya masih menjaditanda tanya.

Berikut beberapa kelemahan dari domain berharga murah:

1. Spesifikasi server hosting yang sangat lambat

Kebanyakan promo dari domain murah menawarkan berbagai fasilitas termasuk juga kecepatan server yang sangat cepat, akan tetapi untuk mendapatkan kualitas server yang unggul terkadang tidak terdapat pada domain murah yang telah ditawarkan tersebut.

2. Belum tentu bisa untuk menginstall wp robot

WP robot merupakan plugin yang berfungsi untuk autoblogging. Penggunaan WP robot pada sebuah website untuk memposting konten atau artikel, video dari youtube, gambar, RSS dari situs lain, hingga translate secara otomatis. Penggunaan WP robot juga bisa diatur setiap jam, sesuai yang anda kehendaki tergantung dari pengaturannya. Pengguna seringkali melupakan atau tidak tahu akan pentingnya WP robot dalam sebuah website.

3. Maintenance sehingga website tidak dapat di akses

Maintenance yang terjadi pada web sering terjadi, tidak hanya dari faktor kesalahan dalam setting DNS, masalah koneksi internet, IP komputer terblokir firewall, terserang ARP spoofing atau virus, namun bisa juga terjadi akibat domain yang ditawarkan sudah kedaluarsa.

Oknum penjual yang menawarkan domain murah tidak jarang juga menawarkan promo menarik untuk menarik pembeli, padahal domain yang dijual tersebut sudah expired atau kedaluarsa dan terkadang malahan sudah memasuki masa deleted.

4. Umur jasa penyedia domain

Aku menyarankan untuk melihat umur jasa penyedia. Jika umur jasa masih baru atau belum lama maka jangan anda pilih. Ingat, telitilah sebelum teman-teman membeli domain meskipun perusahaan penyedia jasa domain dan hosting banyak menawarkan promo menarik yang cukup menggiurkan.

Baca juga: Catatan Mantan Karyawan-4 Cara Mengurangi Kesalahan SIstem Payroll

5. Cek masa berlaku domain dan hosting yang ditawarkan

Kalian juga harus mengecek kapan masa berlaku dari sebuah domain yang ditawarkan oleh provider. Pada umumnya masa berlakunya minimal 1 tahun dan nanti jika masa berlakunya habis, kalian bisa memperpanjangnya dengan membayar lagi.

Dalam membuat sebuah website, sebuah domain merupakan salah satu komponen paling penting. Namun sebuah domain dalam web tidak akan berjalan tanpa adanya sebuah hosting. Banyak yang menjual domain murah yang bertebaran di berbagai situs, namun ketika anda mencoba untuk mengaksesnya, malah terkadang gagal diakses.

Ini berarti kalian harus memperhatikan komponen lainnya yaitu hosting. Sedangkan hosting sendiri adalah tempat menyimpan data dari website supaya dapat diakses melalui internet. Hosting untuk pembuatan sebuah website sering dikenal dengan nama web hosting.

 

Cara Memilih Sebuah Hosting Yang Berkualitas Dengan Harga Terjangkau

 

Hal penting dalam membuat website

 

Sama seperti halnya dengan domain, hosting juga penting. Teman-teman harus teliti dalam memilih web hosting yang baik untuk website anda karena hosting akan menjadi rumah bagi website kalian.

Cara menentukan pilihan web hosting yang baik harus didasarkan pada kebutuhan dalam membuat web seperti konten yang akan dibuat, sasaran pengunjung web, platform untuk membuat web, jumlah Addon Domain dan Email Hosting serta backup data pada sebuah website. Sedangkan untuk memilih layanan hosting, yang perlu dipertimbangkan tidak hanya dari segi harga saja.

Baca Juga : Keuntungan Memilih Paket Hosting Unlimited

Hal yang perlu dipertimbangkan selain harga untuk menentukan layanan hosting berkualitas yang akan dipakai adalah sebagai berikut :

1. Performa Server

Performa server yang berkualitas adalah hal yang sangat penting untuk kelangsungan situs, karena jika kualitas server buruk, pengunjung akan kesulitan untuk mengakses situs kalian. Untuk mengetahuinya, teman-teman dapat memperhatikan lokasi server, spesifikasi servernya (kapasitas RAM, kecepatan prosesor, teknologi server, dan kecepatan internet).

2. Customer Support

Costumer support (CS) yang bagus harus tersedia selama 24 jam sehingga ketika  mengalami kesalahan teknis, mereka akan selalu siap untuk membantu kapanpun dibutuhkan. Pilihlah jasa yang memiliki tim CS yang handal dan ramah sehingga tidak akan mengecewakan teman-teman sebagai pelanggannya.

Baca juga: Alasan Menulis di Blog

3. Batas Transfer Data

Batas transfer data yang tinggi juga bisa menjadi bahan pertimbangan penting dalam memilih layanan web hosting. Pentingnya dalam melihat batas transfer data bertujuan untuk bisa menampung data yang dipublikasikan pada sebuah website yang akan dilihat oleh setiap pengunjung web.

4. Keamanan Sebuah Website

 

Hal penting sebelum membuat website

Perhatikan keamanan sebuah website. Untuk dapat mengamankan server dan data yang ada dalam web, sebaiknya kalian mengamati fitur yang diberikan web hosting yang terkait dengan keamanan karena kita semua mengetahui bahwa situs sangat rentan terhadap serangan hacker, malware, dan botnet. Jadi usahakan pada situs anda dipasang security seperti Bitninja Smart Security.

5. Review Pelanggan

Kalian juga perlu untuk melihat review dari para pelanggan yang sudah mencoba layanan dari penyedia jasa web hosting. Ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang objektif karena terkadang pengalaman dari orang lain akan memberikan informasi yang lebih akurat.

Itulah beberapa hal yang  bisa menjadi acuan anda sebelum membuat sebuah website yang berkualitas. IDwebhost sebagai penyedia jasa hosting dan domain yang terpercaya serta berpengalaman, juga akan secara berkala untuk membagikan berbagai artikel menarik mengenai pengembangan web dan bisnis terkini.

14 thoughts on “Beberapa Hal Penting Sebelum Membuat Website dan Cara Memilih Hosting Berkualitas”

  1. Waa bener ni mba, buanyak banget iklan web hosting yang harganya murmer tapi aku suka parno kejadian kayak gini. Baru pake udah problems. Mending pilih yang agak mahal dikit tapi kredibel.

  2. Review pelanggan. Ini penting banget bukan hanya saat memilih hosting. Bagaimana pun, yang namanya tipe marketing mouth to ears itu sangat bisa diandalkan. Saat orang pernah menggunakan suatu jasa dan merasa puas, dengan sendirinya klien tersebut ‘bersedia’ menjadi bagian tim marketing yang nggak dibayar.

  3. Nice info ini. Walaupun saya belum berniat bikin web, sih. Tapi infonya masih berkaitan dengan dunia blogging, nih. Terutama tentang pemilihan domain dan providernya. Jangan sembarang pilih dan asal murah, ya.

    Oia, kalau web berarti harus self hosting, yak? Ga bisa cuma beli domain saja spt blog, kan? *Belum paham ini.

  4. Untuk pembelian domain memang sebaiknya menggunakan nama domain sesuai keinginan kita, sehingga teregistrasi baru, dan terhindar dari mendapatkan domain expired.
    Dalam memilih tempat hosting, memang harus benar2 teliti. Namun adakalanya orang pun inginnya mendapatkan fasilitas terbaik tapi ambil paket termurah, yang sudah jelas fasilitasnya sangat terbatas. Padahal biasanya itu trik marketing yang ke depannya akan diarahkan untuk up grade paketnya.

  5. Aku juga termasuk yang mempertimbangkan review pelanggan yang sudah mencoba layanan dari penyedia jasa web hosting. Buat gambaran juga karena pengalaman orang lain itu objektif dan bisa jadi sesuai dengan kenyataan.

  6. Hihi…saya ngacung pertama nih mb klu ditanya, udah ngerti blm urusan domain, hosting dan printilannya. Makasi dgn membaca ulasan mb Damar rada terbuka dan paham ttg domain, hosting dan hal-hal terkait. Daging bnget infonya, mksh y mba…

  7. Saya pakai IDWebhost dan merasa puas dengan penyedia provider ini. Pertama kali pindah ke TLD kebetulan IDWebhost lagi promo jadi dapat harganya murah banget. Meski murah tapi gak murahan dan abal-abal.

  8. Makasih banyak tipsnya sangat membantu sekali. Gak pernah terpikir untuk melihat umur penyedia hosting. Hehe. Padahal sedikit banyak berpengaruh juga ya ternyata.

  9. Pernah tuh kepincut domain murah. Ternyata kapasitas hosting cuma 200Mb. Ya macet deh, baru 2 bulan udh penuh.
    Apalagi saya waktu itu belum ngerti bedanya domain dan hosting.
    Bukan teliti sebelum membeli ini mah…belajar dulu sebelum membeli…hehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *