Animasi 3D Hoala dan Koala, Secercah Harapan Dunia Lagu Anak Indonesia

Puluhan tahun berlalu sejak Ibu mengajari saya bernyanyi lagu “Pelangi-Pelangi” dan “Topi Saya Bundar”.  Sekarang, saya pun melakukan hal serupa kepada DuoNaj—kedua anak saya—mengajari keduanya lagu-lagu lama yang tak lekang oleh zaman.

Saya bersyukur baik Najwa maupun Najib, keduanya sangat senang diajak mendengarkan lagu, kemudian belajar menirukan liriknya. Sayangnya, selama sepuluh tahun terakhir ini, sepertinya lagu anak Indonesia tidak mengalami perkembangan yang berarti. Bahkan cenderung memprihatinkan.

Saya ingat betul, saat Najwa lahir kemudian mulai senang diajak bernyanyi. Saya dan suami sering menyanyikan “Bintang Kecil”, “Pelangi-Pelangi”, dan lagu berjudul “Sayang Semua”. Begitu pun 5 tahun berikutnya, ketika Najib lahir ke dunia sebagai anak kedua. Judul lagu yang kami nyanyikan tidak jauh berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Bisa dibilang, judul lagu pada generasi DuoNaj merupakan lagu warisan dari generasi Ayah, Ibu, bahkan kakek neneknya.

Nostalgia Lagu Anak Indonesia pada Zaman Dahulu Kala

Lagu anak-anak pada zaman dahulu kala memang sangat mudah dikenang. Barisan lirik dengan kata-kata yang sederhana dan mudah diingat menjadikan lagu anak pada zaman itu terasa dekat dengan keseharian mereka.

Selain itu, lagu-lagu tersebut juga menggambarkan keseharian dan pengalaman anak. Lagu-lagu tersebut meskipun sederhana namun syarat pendidikan, serta mampu memantik rasa ingin tahu anak terhadap berbagai hal yang ada di sekitarnya.

Misalnya saja lagu “Bintang Kecil” yang tanpa kita sadari sering kali memicu rasa ingin tahu tentang, seberapa jauh jarak bumi dengan langit tempat bintang kecil berkelap-kelip berada? Atau, lagu “Sayang Semuanya” yang selalu mengingatkan kita bahwa keluarga adalah orang yang paling disayang, dan menyayangi kita.

Pak Kasur, Bu Kasur, Ibu Soed dan A.T. Mahmud memang paling piawai merangkai kalimat-kalimat sederhana hingga menjadi sebuah lagu yang asyik sekaligus bermakna. Sayangnya, pada masa kini, perkembangan musik anak bisa dibilang sangat tertinggal. Bahkan tak sedikit yang menganggap Indonesia sedang krisis lagu anak-anak.

Perkembangan Lagu Anak Indonesia pada Masa Kini

Animasi lagu anak Indonesia
Animasi 3D Hoala dan Koala menyajikan video lagu yang dekat dengan keseharian anak

 Harus diakui bahwa perkembangan lagu anak pada masa kini memang tidak dapat dibandingkan dengan lagu-lagu anak pada zaman dahulu kala. Perkembangan informasi dan gaya hidup merupakan dua hal yang turut memengaruhi perkembangan lagu anak pada masa kini.

Pengaruh dunia digital dan gaya hidup mau tak mau membuat seorang anak tidak lagi berkutat dengan imajinasi tentang warna pelangi, atau seberapa jauh letak bintang di angkasa. Anak-anak pada masa kini dihadapkan pada permasalahan yang kian kompleks. Bahkan kerap kali tak berjarak dengan informasi yang semestinya tidak untuk dikonsumsi anak.

Lagu anak kian lesu karena industri musik juga tidak memberikan perhatian terhadap jenis lagu yang layak konsumsi bagi anak. Hari ini, kita hampir tidak dapat menemukan anak-anak yang menyanyikan lagu khusus untuk usia anak. Mereka senang, menikmati, bahkan menghapal lagu-lagu dengan lirik percintaan yang belum saatnya menjadi konsumsi anak.

Hoala dan Koala Hadir Menjawab Keresahan Atas Lesunya Dunia Lagu Anak

Hoala dan Koala sebuah harapan baru di dunia Lagu Anak Indonesia

 

Sebagai orang tua, kadang-kadang saya pun merasa resah dengan perkembangan dunia lagu anak Indonesia, yang seolah tidak memiliki harapan.

Hal serupa ternyata dirasakan oleh Rendyadi Amnar selaku CEO dari PT Amnar Awandi Kazoku. Pada akhir tahun 2020 yang lalu, Rendyadi menciptakan karakter musikal yang dinamai Hoala dan  Koala. Kedua karakter ini divisualisasikan dalam bentuk animasi 3D. Keduanya juga diberikan karakter seperti anak zaman now pada umumnya yang hidup dalam “gempuran” duia digital.

Diceritakan bahwa Hoala dan Koala adalah sepasang sahabat yang gemar menyanyi, sehingga bukan tidak mungkin bahwa keduanya akan terus menyanyikan lagu-lagu baru. Sedangkan pemilihan karakter 3D diharapkan bisa menjadikan kedua tokohnya tidak khawatir harus bertumbuh menjadi manusia dewasa.

Musikalitas Hoala dan Koala

Nah, kalau ngomongin kualitas musik dalam aplikasi Hoala & Koala, rasa-rasanya kita tidak perlu ragu lagi, karena Hoala dan Koala benar-benar serius dalam proses produksinya.

Penggarapan Hoala dan Koala melibatkan banyak musisi dalam pembuatan aransemen musik-musiknya. Dan uniknya, Hoala & Koala juga menggunakan berbagai jenis alat musik yang tidak lazim digunakan dalam aransemen lagu anak pada umumnya.

Misalnya, penggunaan saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung.

Selain penggunaan instrument yang sangat variatif, Hoala dan Koala juga menggunakan aransemen dari berbagai genre musik. Seperti, jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik. Jadi, enggak hanya genre children pop saja yang digunakan.

Kehadiran Hoala dan Koala diharapkan dapat membuktikan bahwa lagu untuk usia anak anak tidak terbatas pada aransemen children pop dan penggunaan instrumen sederhana.  Hoala& Koala juga diharapkan dapat membangkitkan dunia musik di masa kini dan mendatang, serta memba wa lagu anak naik ke level yang lebih tinggi.

Review Hoala & Koala

Kualitas animasi 3D Hoala dan Koala rapi an menarik untuk dilihat
Kualitas animasi 3D Hoala dan Koala sederhana namun dikemas apik dan menarik untuk anak

Nah, karena kedua anak saya—terutama Najib— sangat suka diajak bernyanyi, kami pun mulai mengikuti Hoala Koala di channel Youtube lagu dan animasi anak.

Setelah kami perhatikan, rata-rata durasi film animasi musikalnya tidak terlalu panjang, yaitu antara 2 hingga 3 menit saja, sehingga sangat cocok untuk anak karena tidak membuat bosan.

Selain itu, kualitas animasi Hoala dan Koala meskipun sederhana namun tampil apik dan berwarna-warni sehingga sangat menyenangkan bagi anak-anak.

Salah satu judul yang saat ini sedang dan sangat disukai anak saya adalah animasi musikal yang berjudul “Cuci Tangan”. Liriknya pendek sehingga mudah diingat anak. Selain itu aransemen musiknya ceria, sehingga sangat menyenangkan. Begitu pun dengan kualitas vokal yang jernih dan jelas sehingga mudah ditirukan.

Penutup

Mendengarkan musik dan bernyanyi merupakan salah satu stimulus penting untuk perkembangan otak anak. Selain itu, mendengarkan musik dan bernyanyi juga berperan dalam melatih kognitif, melatih kecerdasan musikal, memantik daya imajinasi anak, meningkatkan kepercayaan diri, serta dapat meningkatkan perbendaharaan kosakata anak.

Hoala dan Koala sangat memahami itu semua, sehingga menghadirkan sebuah aplikasi  syarat hiburan sekaligus sarana edukasi untuk anak. Hingga saat ini, Hoala dan Koala telah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak Indonesia. Semua nya dapat dinikmati melalui Youtube,Spotify, dan iTunes.

Nah, sekarang jadi enggak worry lagi nih, dengan perkembangan dunia lagu anak Indonesia.  Karena Hoala dan Koala hadir ibarat angin segar di tengah lesunya dunia musik anak. Hoala & Koala juga hadir sebagai salah satu sarana entertain sekaligus edukasi bagi anak-anak Indonesia.

Tunggu apalagi? Yuk, segera ikuti channel Youtube dan sosial media Hoala Koala. Dan bersenang-senang dengan beragam lagu anak dengan musik berkualitas yang layak diperdengarkan anak-anak kita.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

35 thoughts on “Animasi 3D Hoala dan Koala, Secercah Harapan Dunia Lagu Anak Indonesia”

  1. Dulu lagu anak-anak banyak banget baru-baru lagi. Sekarang nggak ada lagi. Sedih deh. Semoga Hoala Koala bisa jadi sarana anak-anak menikmati lagu yang sesuai dengan usianya ya

    Reply
  2. Putra saya Fahmi anteng banget lho melihat yutub Hoala Koala ini. Animasi karakter bagi anak memang sangat menyenangkan ya …

    Reply
  3. Hoala Koala ini bener-bener jawaban atas kebutuhan lagu anak ya. Dikemas dengan desain animasi yang cakep banget dan nggak kalah dengan produksi luar negeri, anak jadi teredukasi zecafa menyenangkan ya kak. Aku rekomendasikan ke sepupu yg pada punya anak kecil deh

    Reply
  4. Bener mbak, daku pun bingung mau nyari lagu yang memang khusus anak-anak buat ponakan daku.

    Namun artikel mbak Damar jadi rekomendasi buat daku nih karena ada Hoala dan Koala, biar anak-anak bisa mendengar lagu² yang memang sesuai dengan usianya

    Reply
  5. Bagus nih Hoala Koala untuk memenuhi kebutuhan musik anak Indonesia. Dengan menggunakan aneka alat musik juga genre musik yang bermacam-macam dengan animasi yg apik

    Reply
  6. Harus dengerin lagunya di Youtube dulu nih baru bisa komen 🙂
    Lagu anak-anak memang sempat “parrrrah” beberapa tahun terakhir ya. Waktu anak-anakku kecil sih pas Tasya lagi ngetop sebagai penyanyi cilik. Jadi, nggak jadul-jadul amat lah lagunya 😀 Bagus banget kalau sekarang ada lagi anak-anak yang ramah anak.

    Reply
  7. akhirnya ada yang memang cocok untuk anak anak sekarang belajar menyanyi. Apalagi dengan animasi yang menarik. Pasti anak anak senang banget ya kak. Happy deh

    Reply
  8. Anakq juga seneng banget nonton Hoala & Koala ini mbak, channelnya bagus sih jadi aq juga tenang kalo dia lagi nonton sambil ikutan nyanyi

    Reply
  9. Keren nih Hoala Koala, mengajari anak mengenal lagu Indonesia
    luar biasa aku sangat mendukung, aku kenalkan ke ponakan2 aku ah. Makasih mba rekomnya

    Reply
  10. Di masa pandemi seperti ini anak-anak lebih seing terpapar gadget. Dengan adanya tayangan lagu anak Indonesia yang edukatif, mamak nggak perlu khawatir lagi ini sih ya. Hehe

    Reply
  11. Aku jadi ingat, dulu ada acara di TVRI panggung gembira anak-anak. Acaranya lagu anak-anak semua. Kalo sekarang udah gak ada lagi acara serupa. Untung ada channel Hoala Koala ini, yaa. Insyaallah, mau ajak ponakan mampir di channel-nya nanti.

    Reply
  12. Anakku pasti senang sekali jika diberikan tontonan ini
    Semoga bisa jadi lebih beragam dan bertambah wawasannya serta tumbuh kembang jadi lebih baik

    Reply
  13. Baru denger nih ada Hoala & Koala. Never stumbled upon any of their videos di Youtube.
    Anak saya yang tengah juga suuuka banget nyanyi. Nanti saya carikan videonya. Terimakasih rekomendasinya, Mbak.

    Reply
  14. duh jadi nostalgia nih, aku inget banget lagu anak terakhir yang aku denger itu yang liriknya “kebelet pipis kebelet pipis papah” hahaa..

    keren banget deh sekarang ada Hoala Koala gini, jadi penasaran juga sama lagu-lagunya apalagi aransemenya kayanya modern banget.

    Reply
  15. Saya setuju sih kalau Indonesia disebut krisis lagu anak. Ngeliat di banyak kenyataan, sekarang anak-anak nyanyi lagu dewasa dengan goyangan menirukan Black Pink nonton di Youtube.

    Thanks Mbak. Untuk orang tua yang memiliki anak kecil kayak kami, informasinya ini sangat bermanfaat Mbak.

    Reply
  16. Alhamdulillah ada Hoala Koala, Channel musik yang bagus buat keluarga, cocok untuk anak-anak mendengar lagu sesuai usia, sekaligus buat belajar bernyanyi. Aku udah liat channelnya. Kualitas gambar dan animasinya bagus, tampilannya benar-benar cocok untuk anak. Semoga jadi pilihan favorit banyak keluarga di Indonesia.

    Reply
  17. Kehadiran Hoala dan Koala saat ini tentu bikin happy anak2 dan orang tua. Kasihan banget ya kids kurang mendapatkan perhatian lagu2 khusus anak yang berkualitas di zaman now. Untung ada Hoala dan Koala ini 😀 Mau negok Youtube nya ah, kepengen denger 45 lagu anak Indonesia.

    Reply
  18. Aku udah agak lama dengar channel ini tapi terus terang belum mampir. Ternyata aransemen musiknya digarap dengan baik ya mbak.
    Bagus deh kalau anak2 sekarang memiliki lagu2 bermutu seperti zaman dahulu, jd gak ada ceritanya lagi anak2 nyanyi lagu dewasa di lomba2 karaoke haha harapannya gtu
    Abisnya suka miris dulu pas ada acara limba nyanyi anak2 yang dinyanyikan lagu cinta2an huhu
    TFS infonya

    Reply
  19. Saya sudah liat nih youtubenya. Lagunya legendaris bangeeeet. Di Indonesia sekarang sedikit yang bisa menciptakan lagu anak legendaris begini. Simple liriknya tapi maknanya dalam. Ma kasih banget nih sama Hola untuk tetap mengangkat lagu-lagu anak legend.

    Reply
  20. Sudah banyak ya, Hoala dan Koala telah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak Indonesia
    Gampang pula dinikmatinya, bisa melalui Youtube,Spotify, dan iTunes. Senang sekali akhirnya ada satu solusi buat lagu anak Indonesia

    Reply
  21. Ketika anak-anak saya masih kecil, saya sering ngenalin pakai lagu anak zaman dulu. Abisnya gak ada lagu anak yang baru. Menarik juga Hoala Koala mau menjawab keresahan ini. Biar semakin banyak juga lagu anak di Indonesia

    Reply
  22. Langsung ingat penyanyi kecil favoritku dulu seperti Adi Bing Slamet, Chicha Koeswoyo dll.
    Hahaha, pasti banyak yang kepo, “Itu siapa ya?”
    Monggo browsing…

    Zaman 80-an, lirik lagu anak Indonesia erat dengan kehidupan sehari-hari dan gampang dicerna.
    Saat tampil di TV pun mereka natural tanpa polesan make up atau tampilan make up natural.

    Syukurlah sudah ada hoala koala yang bisa mengisi kekosongan lagu anak Indonesia!

    Reply
  23. Hoala dan Koala ya, mudah diingat nih namanya. Langsung kushare ke adekku supaya ponakanku bisa nonton juga. Hobi banget dia nonton lagu-lagu anak di youtube.

    Reply
  24. Keren banget nih channelnya anak-anak bisa punya channel lagu kekinian untuk mereka ya jadi nggak dengar lagu anak jadul atau lagu orang dewasa lagi, mana sekarang ada animasi di video musiknya jadi lebih menarik untuk anak-anak

    Reply
  25. Film-film untuk anak Indonesia menurut saya memang masih kurang. Setuju banget dan tentunya mendukung dengan adanya Hoala Koala. Jadi bisa referensi untuk tontonan anak-anak. Dan anak-anak bisa bersenang-senang ikutan bernyai bareng Hoala Koala. Seru juga nih.

    Reply
  26. Senang sekali ada wadah yang tepat untuk lagu anak-anak seperti jaman dahulu kala. Suka miris kalau anak-anak lebih hafal lagu-lagu dewasa bila dibandingkan lagu untuk usianya. Pasti anak-anak suka dengan adanya visualisasi seperti Hoala Koala ini ya..

    Reply
  27. iya lagu anak2 makin lesu… jaman anaku kecil denger lagunya yaa gitu deh lagu lama yg diulang sama lagu baru yg ga banyak unsur edukasinya.
    untung ada hoala koala yaa, aku kasi tau temen yang punya anak kecil ah. makasi infonya mba 🙂

    Reply
  28. Banyak sekali manfaat yanf didapat ketika anak-anak diberi stimulasi yang tepat.
    Mendengarkan lagu anak di Hoala Koala juga menjadi inspirasi dan sarana bagi para orangtua agar anak bisa belajar mengenai nilai, karakter dan musik, tentunya.

    Reply
  29. Hoala dan Koala keren ya bisa bikin anak-anak Indonesia punya pilihan lagu-lagu anak yang seusia mereka dan lirik lagunya aman sesuai dengan usia anak

    Reply
  30. Ohhh genre musik yang digunakan beragam ya, nggak hanya children pop
    Orang tua tertutama ibu-ibu hepi dong dengan adanya musik dari Hoala dan Koala ini ya. Anak-anak juga tentu bakal senang menyanyikan lagu sesuai usianya

    Reply
  31. Aku juga suka nontonnya. Pas mama nya yang nyanyi kadang ikutan juga. Pesan lagunya sederhana tapi realistis juga dalam kehidupan kita. Mana suara juga keren yah

    Reply
  32. wah iya, sekarang anak anakku setiap hari mendengar lagu lagu anak di Hoala dan Koala mbak
    lagunya enak didengar, animasinya bagus

    Reply
  33. Asyik nih banyak channel yang memang cocok untuk anak-anak. Mengajarkan sikap dan moral itu penting sih. terutama mendengarkan lagu-lagu yang sesuai dengan usia mereka.

    Reply
  34. Bagus nih mbak. Aku jadi ga inget anak tetangga ku kalau siang karaokean lagunya lagu orang dewasa. Anak tetanggaku itu seumuran anakku Miqdad.

    Reply
  35. Bener juga ya kalau dipikir-pikir makin sedikit lagu anak-anak yang diproduksi akhir-akhir ini. Anak-anak makin terpapar dengan lagu orang dewasa yang syairnya aja enggak cocok banget untuk mereka. Alhamdulillah ada Hoala dan Koala yang bisa menjadi contoh bagaimana menyajikan lagu yang tepat untuk anak-anak kita.

    Reply

Leave a Comment