LIFESTYLE TIPS

Alternatif Ilustrasi Buku untuk Penulis dengan Shutterstock

Ilustrasi buku Shutterstock

Menurut teman-teman yang hobi membeli buku,  dan tentu saja membacanya.  Apa  sih, yang menarik dari sebuah buku selain nama pengarangnya? Kalau aku nih, ilustrasinya terutama pada bagian cover bukunya.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk buku anak saja, lho—yang biasanya memang menonjol dari sisi ilustrasinya. Tapi untuk buku bergenre dewasa pun, masih banyak kategori pembaca sepertiku, yang ketika berjalan di depan deretan ratusan buku bisa langsung terkesima pada satu buku hanya karena ilustrasi cover bukunya.

Dewi Lestari merupakan salah satu penulis yang tidak hanya kukagumi karena permainan kata dan kemampuan risetnya yang mendalam. Tapi proses pembuatan ilustrasi untuk cover bukunya sempat membuatku tercengang. “Wow, sampai segitunya!” Padahal hanya untuk  memilih dua gambar di bagian depan dan belakang.

Penulis lain yang menurutku unik dalam menyuguhkan ilustrasi untuk bukunya adalah Okky Madasari. Novelis yang eksis dengan novel bertema kritik sosial ini selalu menghadirkan ilustrasi natural dalam karya-karyanya. Tak hanya untuk novel bergenre dewasa, dalam dua novel anak terbarunya pun Okky bertahan dengan gaya ilustrasi serupa. Sangat naturalis!

 

Ilustrasi buku Shutterstock
Ilustrasi cover buku Okky Madasari yang dibuat dengan gaya natural. (Image by. damaraisyah.com)

Manfaat Ilustrasi Buku untuk Menarik Minat Baca

Secara terminologi, pengertian ilustrasi sendiri adalah gambar yang memiliki sifat dan fungsi untuk menerangkan suatu peristiwa. Sedangkan dalam bahasa Belanda, ilustrasi yang disebut ilustratie merupakan hiasan bergambar untuk memperjelas suatu hal.

Jika melihat dari dua pengertian ilustrasi di atas, maka sudah jelas, bahwa manfaat ilustrasi buku sudah tentu untuk menerangkan dan memperjelaskan suatu hal atau peristiwa yang ada dalam bahan bacaan.

Hal ini sekaligus menjadi satu poin penting yang perlu diketahui oleh penulis, bahwa ilustrasi buku berperan penting untuk menarik minat baca seseorang.

Di samping itu, ada beberapa manfaat ilustrasi buku yang juga tidak dapat dikesampingkan jika ingin prosentase  literasi di negara ini terus meningkat, Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  1. Ilustrasi membantu pembaca memahami isi dari sebuah bahan bacaan

Tidak semua pembaca memiliki tingkat pemahaman yang tinggi atau cepat terhadap hal yang dipaparkan dalam bentuk tulisan. Di sinilah ilutrasi buku mengambil peran penting dalam memberikan pemahaman atau penjelasan terhadap peristiwa, masalah atau situasi yang ingin disampaikan seorang penulis.

  1. Ilustrasi mampu mengekspresikan suasana hati karakter dalam bahan bacaan

Tidak hanya dalam bahan bacaan berbentuk komik atau majalah, buku bergenre novel pun butuh ilustrasi untuk mengekspresikan suasana hati atau karakter tokoh-tokohnya. Untuk genre novel sendiri memang biasanya hanya memasang ilustrasi di bagian cover. Namun ada juga yang menyelipkan 1 atau 2 ilustrasi di bagian tengah buku.

  1. Ilustrasi memberikan gambaran tentang isi buku

Seperti yang kusebutkan di bagian awal tadi, bahwa ada sebagian pembaca yang tertarik pada sebuah buku karena cover-nya. Bukan saja tentang pemilihan warnanya, tapi ilustrasi buku berperan penting karena bisa memberikan gambaran pada pembaca tentang petualangan yang akan mereka dapatkan di dalamnya.

Begitu pun keberadaan ilustrasi dalam bahan bacaan apapun. Manfaat ilustrasi buku  selalu tidak bisa dipisahkan dari gambaran singkat  sebuah bahan bacaan.

  1. Ilustrasi memberikan nilai tambah terhadap suatu bahan bacaan.

Tidak hanya puas disuguhi jalinan kata dalam sebuah cerita fiksi. Atau, berbagai informasi dalam buku nonfiksi yang dapat memperkaya pengetahuan pembaca. Manfaat ilustasi buku juga bisa dirasakan dari segi keindahan buku itu sendiri.

Benar memang, “Don’t judge the book by it’s cover“. Tapi apa salahnya jika nilai keindahan dalam sebuah buku bisa didapatkan sepaket dengan kualitas tulisannya?

 

Ilustrasi Buku Shutterstock Alternatif Memenuhi Kebutuhan Ilustrasi bagi Penulis

 

Ilustrasi buku Shutterstock
Contoh ilustrasi buku Shutterstock berlisensi yang bisa di-download menggunakan akun premium

 

Untuk itu perlu rasanya bagi penulis menyediakan sebagian waktunya khusus untuk memikirkan tentang ilustrasi dalam bukunya. Tak hanya tentang sisi keindahan, penulis harus paham betul bahwa manfaat ilustrasi buku memiliki kekuatan tersendiri untuk menghidupkan sebuah bacaan.

Namun memang bukan hal yang mudah untuk mendapatkan ilustrator yang sesuai dengan idealisme penulis. Untuk itu, banyak juga penulis yang memanfaatkan ilustrasi berbayar yang dijual secara online.

Misalnya ilustrasi Shutterstock yang sangat hits dan tersedia di AnekaPics.com. Pilihan gambarnya begitu beragam dan bisa disesuaikan dengan ilustrasi cover buku yang diinginkan oleh penulis.  Di samping itu AnekaPics.com juga menjamin  gambar yang dijualnya royalty free dengan standart license. Namun tidak menutup kemungkinan jika penulis memerlukan enhanched license untuk ilustrasi yang dibelinya.

 

Kelebihan Membeli Akun Premium Shutterstock di AnekaPics.com

 

Ilustrasi buku Shutterstock
Pemilihan ilustrasi yang tepat dan berkualitas memberi nilai lebih untuk sebuah buku (image by Shutterstock)

Untuk ukuran gambarnya sendiri, AnekaPics.com akan memberikan size terbesar dari ilustrasi yang disediakan oleh penyedia stock fotonya. Sedangkan untuk jenis file Ilustrasinya, penulis akan menerima file format JPEG khusus untuk ilustrasi yang berwujud foto. Sedangkan ilustrasi dalam bentuk vektor akan mendapatkan file EPS.

Proses pembeliannya juga sangat mudah dan cepat. Penulis cukup mengunjungi website AnekaPics.com untuk kemudian melihat-lihat dan memilih gambar yang diinginkan. Setelah menghubungi admin AnekaPics.com, maka pesanan bisa diproses dalam waktu 15 menit hingga 1 jam (tergantung jumlah antrian) hingga proses download ilustrasi Shutterstock yang diinginkan.

Keberadaan ilustrasi shutterstock sangat membantu para penulis untuk memberikan nilai lebih dalam karya yang dibuatnya. Tak hanya penulis, pecinta buku seperti aku pun merasa lebih puas ketika mendapati sebuah buku yang disertai ilustrasi memikat.

Keberadaan jasa penyedia jasa download ilustrasi Shutterstock semakin memudahkan kebutuhan purchasing ilustrasi buku. Jadi, teman-teman penulis tak perlu khawatir lagi, jika ingin memikat kami para pembaca kalian. Segera pilih ilustrasi buku yang sesuai dengan tulisan yang ada dalam folder draft kalian. Dan jangan lupa pastikan pilihan kalian memikat!

 

 

Referensi

1. http://www.artikelsiana.com/2017/09/pengertian-ilustrasi-fungsi-tujuan.html

2. www.AnekaPics.com

 

6 thoughts on “Alternatif Ilustrasi Buku untuk Penulis dengan Shutterstock”

  1. Aku termasuk yang perhatian sama cover buku. Alhasil satu waktu beli karena cover kerennya..dan zonk ternyata isinya enggak sekeren covernya kwkwk
    Dan..aku baru tahu tentang AnekaPics ini..membantu sekali buat para penulis bebikinan cover nih. Praktis dan ekonomis

  2. Aih bener banget. Buat mataku yang suka banget disajikan pemandangan indah, lucu, dan cantik, ilustrasi seringkali menjadi bagian awal ketertarikan untuk membeli buku. Ilustrasi di dalam buku juga menurutku efektif banget membantu pembaca semakin terdorong untuk membaca lebih lanjut. Atau, kalau untukku pribadi, ilustrasi di dalam buku bisa membunuh rasa jenuh karena terlalu lama melihat tulisan.

  3. Waah makasih infonya nih Mbak Damar, langsung kepoin AnekaPics.com. setuju banget deh memang ilustrasi itu mempengaruhi daya pikat para pembaca. Saya pun termasuk pembeli buku yang gampang terpikat dengan ilustrasi cover buku. hihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *