Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak yang Aktif Berolahraga

Satu tahun terakhir ini, bisa dibilang kedua anak saya sangat aktif berolahraga. Sejak awal 2023 yang lalu, Najib telah terdaftar sebagai atlet binaan di salah satu sekolah futsal. Berbagai turnamen dan pertandingan persahabatan pun telah diikutinya, baik di dalam maupun luar Jakarta.

Sedangkan Najwa anak kedua saya, pada pertengahan 2023 yang lalu juga memutuskan untuk bergabung dengan salah satu klub renang tertua di Jakarta Timur. Sebenarnya, berenang bukanlah hal baru bagi Najwa karena ia telah belajar sejak berusia lima tahun. Hanya saja, selama ini Najwa hanya belajar dengan guru privat.

Akhirnya, ia pun memutuskan untuk mendaftar klub dengan harapan mendapat bimbingan yang lebih intensif dan sistematis. Di samping itu, bergabung dengan klub semakin juga memperluas jejaring pertemanan, menambah informasi, dan tentunya membuka peluang berprestasi melalui jalur non akademik.

Tahun 2024, Tahunnya Uji Nyali dalam Kompetisi

Awal tahun 2024 ini menjadi awal dimulainya kesibukan baru bagi kedua anak-anak kami. Najib terpilih untuk mengikuti LIGA AAFI Jakarta yang akan digelar selama dua bulan pada Mei hingga Juni 2024 nanti. Sebagai bentuk persiapan, porsi latihan pun dinaikkan. Jika biasanya ia berlatih 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Sekarang ini ia berlatih hingga 5 kali dalam seminggu.

Lain Najib lain pula tantangan untuk Najwa. Pada April 2024 nanti ia terpilih mengikuti seleksi O2SN untuk cabang olahraga renang. Ia pun harus mengikuti setidaknya 6 nomor pertandingan yang dilombakan. Jika biasanya Najwa berlatih 2 kali dalam seminggu dengan durasi masing-masing 1 jam, sekarang ia harus menambah 1 kali latihan lagi pada hari Minggu. Durasi waktu latihan pun ditambah hingga 2 jam per sesi. Sehingga, dalam sepekan  Najwa harus berlatih antara 6 hingga 8 jam jam ditambah latihan fisik rutin setiap hari.

Peluang Adalah Kesempatan yang Bertemu Kemampuan

Sebagai orangtua, kami mendorong anak-anak untuk tidak menyia-nyiakan peluang yang mereka dapatkan. Kami selalu bilang bahwa peluang dan kesempatan tak selalu datang dua kali. Ketika peluang itu datang, maka sayang rasanya jika tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Kami juga selalu bilang, bahwa untuk mengambil peluang mereka perlu memiliki kemampuan. Kemampuan tersebut dapat diupayakan dengan usaha dan doa. Usaha semaksimal mungkin dengan cara giat dan disiplin berlatih yang diiringi dengan doa untuk memudahkan segalanya.

Cara Mencukupi  Kebutuhan Nutrisi Anak yang Aktif Berolahraga

Kebutuhan nutrisi anak yang aktif berolahraga

Salah satu upaya untuk mendukung kemampuan anak dalam berlatih adalah dengan menjaga kecukupan nutrisi yang dapat mendukung pertumbuhan, perkembangan, dan performa fisik mereka. Penting bagi orangtua untuk memastikan anak-anak mereka mendapatkan makanan yang seimbang dan bergizi agar mereka dapat mencapai potensi olahraga secara optimal.

Beberapa cara yang kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak-anak yang aktif berolahraga sehingga mereka dapat berlatih dengan optimal, di antaranya:

1. Pemenuhan kebutuhan energi

Anak-anak yang aktif berolahraga memerlukan lebih banyak energi untuk mendukung aktivitas fisik mereka. Ini termasuk asupan karbohidrat yang memadai untuk menyediakan energi cepat, serta lemak dan protein untuk energi jangka panjang dan pemulihan.

Karbohidrat adalah sumber utama energi untuk tubuh. Memilih karbohidrat kompleks seperti roti gandum dan nasi merah dapat memberikan energi yang bertahan lebih lama dibandingkan karbohidrat sederhana seperti gula dan produk olahan tepung putih

2. Mencukupi asupan protein

Manfaat protein untuk anak yang berolahraga

Kecukupan protein penting untuk memperbaiki dan membangun jaringan otot yang rusak selama latihan. Anak-anak yang terlibat dalam olahraga intensif atau latihan beban mungkin memerlukan lebih banyak protein dari anak-anak yang tidak aktif secara fisik. Konsumsi telur rebus, kacang-kacangan, dan protein dari sayuran sangat baik untuk membantu membangun jaringan otot anak.

3. Menjaga kebutuhan cairan tubuh anak

Kehilangan cairan dapat terjadi saat berolahraga, terutama dalam kondisi panas atau intensitas tinggi. Penting bagi anak-anak untuk minum cukup air sebelum, selama, dan setelah berolahraga untuk menjaga tubuh mereka tetap terhidrasi dengan baik.

Pilihan jenis minuman yang dikonsumsi juga penting untuk kebutuhan hidrasi tubuh yang tepat. Hindari minuman kemasan yang tinggi kandungan gula, pengawet, perasa dan pewarna buatan. Air putih, jus buah, dan susu segar merupakan jenis minuman yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan tubuh anak.

4, Mencukupi kebutuhan serat

kandungan serat dalam jus buah

Buah dan sayuran kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan mendukung pemulihan otot. Anak-anak harus diberi makanan yang beragam, termasuk buah-buahan dan sayuran untuk memastikan asupan nutrisi yang optimal.

5. Memenuhi asupan untuk pemulihan

Setelah berolahraga, tubuh membutuhkan nutrisi untuk memulihkan otot yang rusak dan mengisi kembali energi yang hilang. Memberikan makanan ringan atau minuman dengan rasio protein dan karbohidrat yang tepat setelah latihan dapat membantu mempercepat proses pemulihan.

Nah, jika dirasa perlu, orang tua dapat berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter anak untuk mendapatkan saran tentang kebutuhan nutrisi spesifik anak mereka, terutama jika anak terlibat dalam olahraga yang intensif atau memiliki kebutuhan nutrisi khusus.

Tips Mengenalkan Berbagai Macam Nutrisi pada Anak

Cara mengenalkan anak pada berbagai jenis nutrisi

Mengonsumsi berbagai jenis nutrisi juga baik untuk pencegahan penyakit, seperti pilek atau flu. Dalam banyak kasus, perkembangan penyakit ini terjadi sebagai akibat dari sistem kekebalan tubuh yang melemah. Mencukupi tubuh tubuh dengan berbagai jenis vitamin, mineral, dan antioksidan yang diperlukan dapat mempertahankan sistem kekebalan tubuh anak-anak dan orang dewasa.

Agar anak-anak dapat menerima berbagai asupan nutrisi yang kita berikan, orangtua perlu mengenalkan kepada mereka mengenai berbagai macam nutrisi dan manfaatnya untuk tubuh. Berikut beberapa cara yang kami lakukan untuk membantu kedua anak kami mengenali berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh mereka.

Pendidikan berbasis pengalaman

Biasakan untuk melibatkan anak dalam memilih dan memasak makanan sehat. Berbicaralah tentang manfaat setiap jenis makanan yang mereka pilih dan jelaskan bagaimana nutrisi tersebut membantu tubuh. Ajak anak berbelanja, mengunjungi kebun juga peternakan untuk melihat langsung wujud asli dari beragam bahan pangan sehat seperti sayuran, ayam, telur, juga buah.

Menjadi model perilaku sehat

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka. Oleh karena itu, tunjukkan kepada mereka bahwa kita juga menghargai makanan sehat. Dan merasa penting untuk mengonsumsi nutrisi yang seimbang.

Bermain peran

Ketika anak-anak berusia lebih mudah dibandingkan sekarang, kami menggunakan  permainan atau aktivitas peran untuk mengajarkan anak tentang makanan sehat. Misalnya, bermain “Jual Beli Buah dan Sayur” di mana mereka bisa berpura-pura menjadi penjual atau pembeli, dan orangtua dapat menjelaskan manfaat kesehatan dari masing-masing buah dan sayuran. Cara ini telah kami lakukan sejak si kecil berusia batita dan mereka terus mengingatnya hingga sekarang.

Kaitkan dengan aktivitas yang disukai anak

Orangtua dapat menjelaskan pentingnya nutrisi dengan mengaitkannya secara langsung pada aktivitas yang disukai anak. Misalnya, pada Najwa yang gemar berenang sejak kecil, kami selalu menjelaskan betapa pentingnya protein dalam memperbaiki otot-ototnya setelah berenang. Begitu pun pada Najib yang gemar bermain futsal. Cara ini terbukti sangat efektif dan membuat anak-anak ketagihan untuk mengonsumsi pilihan makanan sehat.

Ajak anak berdiskusi

Diskusikan dengan anak-anak tentang apa yang mereka makan sehari-hari dan mengapa makanan tersebut penting bagi kesehatan mereka. Biarkan mereka menyampaikan pendapat mereka dan bertanya tentang makanan-makanan tertentu. Jangan lupa berikan pujian saat anak memilih makanan sehat dan berbicara tentang nutrisi. Dorong mereka untuk terus belajar dan menjelajahi dunia makanan sehat.

Menciptakan lingkungan yang mendukung

Pastikan bahwa makanan sehat selalu tersedia di rumah dan dalam jangkauan anak-anak. Hindari memiliki makanan kurang sehat yang mudah diakses, dan buatlah makanan sehat menjadi pilihan yang menarik.

Mengenalkan Berbagai Nutrisi pada Anak dengan Alat Bantu Visual

Media visual untuk mengenalkan anak pada berbagai nutrisi

Selain melalui pendekatan sehari-hari, penelitian menunjukkan bahwa anak-anak sangat senang belajar melalui media visual, baik berupa buku gambar, poster, video, juga permainan interaktif. Media ini menyediakan banyak gambar dan video interaktif yang mengilustrasikan berbagai jenis makanan dan manfaatnya. Orangtua dapat mengunjungi situs Culinary Schools yang menyediakan beragam video dan permainan interaktif sebagai media pembelajaran.

Culinary Schools menyediakan beragam informasi terkait nutrisi, resep makanan sehat untuk anak, informasi mengenai keamanan makanan, menu diet sehat, juga berbagai perangkat visual berupa video, kuis, permainan interaktif untuk membantu anak memahami konsep nutrisi dengan cara menyenangkan. Seluruh informasi dan media visual dalam Culinary Schools  dapat diakses secara online, tanpa perlu mengunduh aplikasi tertentu, juga tak perlu mengunduhnya.

Culinary Schools Online Nutrition Games for Kids

Bagi kami dan anak-anak, bagian paling seru dari situs culinaryschools.org tentu saja online nutrition games for kids. Terdapat beragam jenis video dan permanan interaktif yang terbagi dalam 4 kategori, yaitu: Food Educational Games, Serving Eaters, Other Fun Food-Theme Games, dan kategori Brain Games yang mengajak anak bermain logika.

Belasan permaian interaktif Culinary Schools telah kami coba bersama anak-anak, selain membantu mereka untuk memahami konsep nutrisi, anak-anak juga terlatih untuk memahami teks dalam bahasa Inggris.

Veggie Friends

Permainan pertama yang kami coba bersama Najib dan langsung disukainya adalah Veggie Friends. Permainan dari kategori Food Educational Games ini menyajikan video yang mengulas nama dan berbagai bentuk sayuran. Veggie Friends juga memberikan informasi mengenai kandungan nutrisi dan manfaat dari setiap jenis sayuran bagi tubuh manusia. Pada sesi permainan interaktif, Veggie Friends menyajikan tantangan melengkapi gambar yang terdiri dari bagian-bagian sayuran yang dikemas dalam animasi yang lucu dan menggemaskan.

Molly of Denali Veggiezilla

Game online tentang menanam sayuran

Molly of Denali Veggiezilla merupakan permainan dalam kategori Food Educational Games dalam sub kategori Farm, Animals Farming. Dalam Molly and Denali Veggiezilla, anak-anak akan diajak untuk membantu Molly berkebun. Mereka akan mendapatkan instruksi tentang cara menumbuhkan tanaman, memenuhi kebutuhan tanaman seperti air dan pupuk, juga membasmi hama tanaman.

Secara visual permainan ini sangat menarik karena anak-anak akan melihat proses pertumbuhan sayur mulai dari biji hingga menjadi sayuran siap panen. Molly of Denali Veggiezilla menggunakan narasi bahasa Inggris yang sangat jelas dan mudah dipahami sehingga sangat efektif untuk melatih keterampilan berbahasa anak.

Bento Box

Game menyusun bento box

Masih dari kategori Food Educational Games, kali ini saya akan mengulas tentang permainan Bento Box yang merupakan salah satu permainan pada sub kategori Cooking and Kitchen Work.

Bento Box merupakan permainan di mana pemain harus menarik item yang hilang ke dalam kotak bento untuk menyelesaikan makan siangnya. Untuk memenangkan permainan, pemain harus menyelesaikan 10 menu kotak makan siang yang berbeda.

Permainan ini sangat mengasyikkan karena  menyajikan beragam variasi makan sehat dalam kotak bekal yang dihias dengan menarik. Bagi orangtua, Bento Box juga bisa menjadi inspirasi untuk menyajikan bekal makan siang dengan menu variatif, full nutrisi dengan tampilan cantik.

Healthy Salad Maker

Game online cara membuat salad

Ingin si kecil tergiur dengan nikmatnya sayuran segar berwarna cerah? Permainan Healthy Salad Maker bisa menjadi solusinya. Dalam permainan ini, pemain akan diajak untuk memotong bahan-bahan pembuat salad yang lezat, kemudian menggabungkannya.

Sayuran sehat berwarna cerah dan segar. Sedangkan sayuran kotor memiliki warna gelap dan tidak menggugah selera. Melalui permainan ini anak-anak akan mengenal beragam jenis sayuran mentah yang dapat dikombinasikan menjadi semangkuk salad lezat. Anak juga akan belajar kecepatan dan ketepatan dalam memilih dan memotong sayuran sesuai instruksi yang diberikan.

Merge Salad

Permainan dari kategori Merge Games ini sangat sederhana namun mengasyikkan dan berhasil membuat air liur kami menetes karena visual salad yang segar dan yummy.

Merge Salad Game adalah permainan sederhana di mana pemain bertugas menyiapkan bahan salad dengan menempatkan bahan yang identik pada 3 ubin yang berdekatan, baik dalam satu kolom ataupun baris. Setelah 3 jenis bahan tersebut berhasil dikumpulkan, maka ketiganya harus diurutkan lagi dalam satu baris atau kolom untuk menyelesaikan satu resep salad. Terdapat 10 jenis salad untuk dibuat. Pemain harus mengerjakan setiap resep dengan cepat karena waktu sangat terbatas.

Selain beberapa jenis permainan di atas, masih ada banyak sub kategori permainan yang bisa dieksplor lebih dalam sehingga menemukan permainan dan video online yang sesuai dengan usia dan tingkat pemahaman anak. Jadi bagi para orangtua yang ingin mengenalkan beragam jenis bahan pangan dan nutrisi kepada anak dengan cara menyenangkan, langsung saja kunjungi culinaryschools.org dan temukan beragam info nutrisi sekaligus permainan mengasyikkan di sana.

Penutup

Anak-anak yang gemar berolahraga perlu mendapatkan asupan nutrisi yang tepat dalam jumlah cukup agar dapat mengoptimalkan kesehatan mereka, mendukung performa berolahraga, juga pertumbuhan serta perkembangannya. Dengan pendekatan beragam dan konsisten yang dilakukan orangtua, anak-anak akan dapat memahami pentingnya kecukupan nutrisi bagi tubuhnya, dan membentuk kebiasaan makan yang sehat sejak usia dini.

Untuk mendapatkan beragam informasi mengenai kebutuhan nutrisi anak, menu makan sehat, pemahaman tentang keamanan produk makanan, jangan lupa kunjungi Culinary Schools yang memiliki beragam media pembelajaran berbasis video online dan permainan interaktif yang pasti disukai anak-anak.

 

3 thoughts on “Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak yang Aktif Berolahraga”

  1. Sukses selalu untuk Najib dan Najwa, wah keduanya menggeluti olahraga dengan serius.
    Tentunya memang orang tua mesti memperhatikan asupan nutrisinya ya, dan penting memberikan pemahaman pada anak-anak bahwa apa yang mereka makan itu bukanlah apa yang disenangi, tapi apa yang dibutuhkan oleh tubuh mereka.

    Reply
  2. Anakku nih masih ada sayur yang gak dia suka, tapi alhamdulillah masih suka makan sayur dan buah. Ini seru banget ya ada games khusus yang bisa dimainkan si kecil, hitung-hitung sekalian ngabuburit jugakan.

    Reply
  3. Wow, serunya Culinary Schools ini banyak video pembelajaran dan permainan interaktif yang pasti disukai anak-anak. Ibu dan anak bisa sharing bersama nih, makin menguatkan bonding, ngobrolin nutrisi, makanan sehat dll dengan cara menyenangkan. Lucu banget games salad-nya, gemesin ya. Anak-anak jadi makin suka makan sayuran nih, juga buah-buahan.

    Reply

Leave a Comment