PARENTING

Tumbuh Kembang Anak Usia 5 Tahun (bagian 2)- Kemampuan Fisik dan Bahasa

Kemampuan fisik dan bahasa pada anak usia 5 tahun

Melanjutkan postingan tentang tumbuh kembang anak usia 5 tahun, kali ini aku akan mengulas tentang kemampuan fisik dan bahasa pada anak usia 5 tahun. Kebetulan, aku lumayan dekat dengan teman-teman sekolah Najib yang usianya kurang lebih sama dengannya—5 tahun. Jadi, untuk dua postingan bersambung ini aku sangat beruntung karena dapat melakukan riset sederhana. Baik melalui pengamatan langsung, juga melakukan interview ringan dengan orangtuanya.

Kebetulan lagi sebagian besar teman Najib ini sudah kukenal sejak usia mereka masih 4 tahun, atau saat masih di kelas playgroup. Dan, meskipun bukan orangtuanya, aku pun melihat perkembangan yang cukup menggembirakan pada anak-anak ini. Selain fisiknya yang semakin besar dan kuat, kemampuan bahasanya pun sangat menggembirakan. Bahkan seorang anak yang sempat terindikasi speech delay telah menunjukkan perkembangan yang lumayan pesat. Kemampuan berbicara dan berbahasanya semakin baik meskipun beberapa kata masih belum jelas. Namun, hal ini tentu saja sangat menggembirakan.

Rata-rata,  anak pada usia 5 tahun memang berkembang pesat dibanding usia-usia sebelumnya. Tidak hanya motoriknya saja yang semakin terampil dan cekatan, kemampuan bersosialisasi pun mulai terbentuk, bahkan mereka mulai pandai bergaul.

Nah, setelah sebelumya saya mengulas tentang dua perkembangan yang meliputi kemampuan motorik dan sosial emosi, kali ini akan akan melanjutkan dengan perkembangan kemampuan fisik dan bahasa pada anak usia 5 tahun.

Perkembangan Fisik

Kemampuan fisik dan bahasa pada anak usia 5 tahun

Mencapai usia 5 tahun, kondisi fisik pada sebagian besar anak terlihat lebih kuat, lebih besar dan lebih tinggi. Di samping itu, kelima indra dan anggota tubuh pun mengalami peningkatan keterampilan dalam menjalankan fungsinya. Di antaranya:

  • Penglihatan semakin tajam
  • Pada beberapa anak mulai tumbuh gigi permanen yang pertama
  • Fungsi dan koordinasi antar anggota tubuh meningkat
  • Mulai bisa menjaga keseimbangan tubuh
  • Berani berayun, mampu melompat, memanjat, meloncat-loncat termasuk dengan satu kaki. Sebagian anak bahkan mampu melakukan rolling ke depan.
  • Mulai mengembangkan keterampilan jari dengan berpakaian dan melepaskan baju sendiri
  • Terampil memakai kaos kaki dan sepatu sendiri.
  • Semakin mahir dalam menggunakan toilet
  • Terampil menggenggam dan memegang

Tips mengembangkan kemampuan fisik pada anak usia 5 tahun:

  1. Perbanyak aktivitas outdoor. Ajak anak bersepeda, berlari, bermain jungkat-jungkit dan ayunan.
  2. Ajarkan cara memakai sepatu dan pakaian yang tepat
  3. Berikan contoh cara menggosok gigi yang benar
  4. Ajak anak berolahraga atau daftarkan anak pada kelas berolahraga seperti kelas renang.
  5. Berikan waktu istirahat yang cukup dan durasi tidur antara 8 hingga 10 jam setiap harinya.
  6. Penuhi asupan gizi dengan bahan makanan beragam

 Kemampuan Bahasa pada Anak Usia 5 Tahun

Kemampuan fisik dan bahasa pada anak usia 5 tahun

Di samping kondisi fisik yang semakin kuat dan kencang, tumbuh kembang anak usia 5 tahun juga ditandai dengan perkembangan bahasanya yang semakin menggemaskan. Mereka mulai banyak berbicara, suka bercerita, dan menguasai hampir 2.000 kata.

Anak usia 5 tahun sangat senang bertanya, mulai ingin tahu detil suatu hal. Ia sangat penasaran dan tidak akan berhenti bertanya jika belum mendapatkan jawaban yang diinginkannya.

Kemampuan berbahasa anak usia 5 tahun

  • Paham dan mulai bisa menjawab pertanyaan yang melibatkan kata, “Mengapa?”
  • Memiliki rasa takut dan dapat mengungkapkan ketakutannya dengan kata-kata.
  • Mulai memahami cerita secara utuh. Runtut dari awal, tengah hingga akhir cerita.
  • Pertanyaannya semakin beragam dengan tingkat kesulitan yang terus bertambah
  • Mampu memahami kalimat perintah yang lebih kompleks.
  • Mampu menggunakan kata “Aku”, “Kamu”, “Dia” dan “Mereka” dengan tepat.
  • Menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain.

Untuk mendorong kemampuan bahasa Si Kecil, orangtua bisa melakukan beberapa cara, seperti:

  1. Memancing anak untuk menceritakan kegiatan sehari-hari yang dilakukannya.
  2. Ajak Si Kecil retelling story pada saat reading time
  3. Ajak Si Kecil bernyanyi dan menciptakan lagu-lagu sederhana.
  4. Usahakan rutin membacakan buku cerita atau story telling. Untuk sesi membaca buku sendiri orangtua bisa mengaplikasikan metode read aloud yang terbukti sangat bagus untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak.

Tumbuh kembang anak usia 5 tahun ini memang benar-benar menakjubkan sekaligus bikin gemas karena terkadang juga menjengkelkan. Kemampuan fisik anak yang semakin kuat seringkali membuatnya tidak ingin dibantu. Tentu ini sangat baik untuk melatih kemandiriannya, meskipun dalam situasi tertentu bisa membuat orangtua geregetan.

Di samping itu, seiring meningkatnya kemampuan berbahasa, maka kemampuannya untuk menyerap dan mengingat kosakata baru juga semakin banyak. Hal ini seringkali menimbulkan kekhawatiran orangtua jika Si Kecil mendengar kata-kata yang bernada negatif. Tentu tidak mudah membuat anak berada dalam lingkungan yang steril dari hal-hal demikian. Untuk itu peran oranbtua semakin besar untuk memberikan pemahaman tentang mana yang boleh ditiru dan mana yang tidak.

Kesimpulannya, tumbuh kembang anak yang meliputi aspek motorik, sosial emosi, kemampuan fisik dan bahasa cenderung berkembang pesat saat usianya mencapai 5 tahun. Tentunya hal ini tidak terjadi begitu saja, karena di samping fase tumbuh kembang yang bersifat alamiah, diperlukan simulasi yang tepat, serta asupan gizi yang cukup dan beragam.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *