Uncategorized

Kreasi Menu Masakan Khas Ramadan dengan Bakso Kuah Instan So Good

Masakan Khas Ramadan dengan Bakso So Good

Ramadannya baru beberapa hari berlalu, tapi rasa rindu dengan suasana dan segala tradisinya mulai mendera, membuat tak sabar untuk bertemu kembali di tahun berikutnya. Ya, Ramadan memang spesial bagi saya dan keluarga. Tak hanya sebagai bulan yang mulia  dengan kesempatan beribadah yang berlebih dibandingkan bulan-bulan lainnya. Ramadan adalah bulan berkumpul dan bercengkerama dengan keluarga besar, yang bisa jadi susah dilakukan pada hari-hari biasa.

Tak ubahnya Ramadan pada tahun-tahun sebelumnya. Ramadan kali ini keluarga besar kami berkumpul di rumah Ibu di Magetan. Dua hari menjelang Idulfitri tiba, saya dan 3 saudara perempuan yang lain telah mendarat di rumah Ibu. Lengkap dengan “pasukan kecil” masing-masing.
Momen seperti ini tentu sangat langka. Mengingat pada hari-hari biasa lumayan susah untuk mencocokkan jadwal. Kalau musim libur sekolah, biasanya hanya para istri dan anak-anak yang bisa berkumpul karena bapak-bapak tetap bekerja. Jadi setahun sekali kami selalu sempatkan untuk pulang saat akhir Ramadan sekaligus menjemput Idulfitri bersama.
Uji Nyali Memasak untuk Keluarga Besar
Seperti biasa, acara kumpul-kumpul saat Ramadan kurang afdol kalau nggak ada acara buka bersama. Biasanya, Kakak dan Ibu saya yang memang jago masak akan meng-handle dapur dan segala urusan hajat perut. Tapi kali ini sedikit berbeda, pasalnya Ibu meminta kami memasak sesuai selera masing-masing.
Waduh, BukNaj langsung grogi karena hasil olahan tangannya harus dicicipi anggota keluarga lain. Berasa nggak pede aja karena biasanya hanya DuoNaj dan suami yang mencicipi. Apalagi mereka termasuk nggak rewel urusan makan, dan sangat memaklumi keahlian memasak BukNaj yang super duper minimalis.
Tapi bukan BukNaj dong, kalau langsung menyerah sebelum berperang. Akhirnya dengan diawali bismillah jadilah 2 jenis makanan berkuah ini sebagai Masakah Khas Ramadan ala BukNaj.

Berkreasi dengan Bakso Kuah Instan So Good

Pada dasarnya saya hanya memanfaatkan satu jenis bahan utama untuk 2 jenis makanan berkuah ini. Bahan tersebut adalah Bakso Kuah Instan So Good, dan kali ini saya sengaja hanya memilih bakso dengan varian daging ayam. Mengapa Bakso Ayam? Tujuannya agar aroma baksonya tidak terlalu kuat, sehingga cocok untuk hidangan membuka puasa yang cenderung lebih oke dengan yang ringan-ringan.
Untungnya rasa asli Bakso Ayam So Good sudah enak banget sih,  jadi gampang dipadu-padankan dengan bahan-bahan lainnya. Selain itu semua varian produk So Good siap masak diproduksi dengan metode memasak dalam temperatur tinggi, kurang lebih 170 `C selama 3 menit. Selanjutnya dibekukan secara langsung dengan metode  IQF technology yang menjamin produknya segar, enak dan kandungan nutrisinya terjaga dalam setiap produk.
Pokoknya kalau ngomongin produknya So Good ini nggak akan ada habisnya deh. Selain banyak variannya dan halal. Saya terlanjur cocok dengan produk olahan ini sebagai salah satu alternatif penyedia protein dalam kreasi menu keluarga.
Nah, biar nggak kelamaan langsung saja kita meluncur ke resep yang pertama ya.Baca juga : Kreasi Ayam Kecap dengan So Good Ayam Potong

Sapo Tahu Bakso Ayam So Good

Masakan Khas Ramadan dengan Bakso So Good
Bahan Utama Sapo tahu bakso Ayam So Good
Bahan utama
  1. Wortel secukupnya
  2. Brokoli 1 bonggol besar
  3. Jamur es atau jamur bunga, (saya kurang tahu nama yang sebenarnya. Pokoknya kalau di superarket dijual campur bahan-bahan kering. Warnanya putih kekuningan. Begitu diseduh air panas langsung mekar dan berwarna putih seperti bunga es.) Bahan ini bisa di-skip atau diganti jenis jamur lainnya.
  4. Daun bawang secukupnya.
  5. 1 bungkus Bakso Kuah Instan So Good varian ayam
  6. 1 bungkus kecil Tahu Sutra bentuk lonjong
Bumbu-bumbu
  1. Bawang bombai 1 siung
  2. Bawang putih 3 siung
  3. Merica bubuk 1 sendok teh
  4. Saus tiram secukupnya
  5. Minyak wijen jika suka
  6. Air kaldu
  7. Gula dan garam secukupnya
  8. Air larutan maizena setengah cangkir
Masakan Khas Ramadan dengan Bakso So Good
Bahan yang telah disiapkan
Cara memasak
  1. Kupas, potong dan cuci bersih semua jenis sayuran yang digunakan. Untuk Jamur Es rendam dulu dengan air panas, kemudian cuci dengan air bersih.
  2. Kupas, potong/geprek bawang bombai dan bawang putih. Sisihkan juga.
  3. Keluarkan Tahu Sutra dari dalam kemasannya. Potong langsung di atas penggorengan, kemudian goreng hingga matang dengan api besar. Sisihkan.
  4. Tumis bawang bombai hingga layu dan beraroma wangi. Masukkan bawang putih kemudian tumis sebentar.
  5. Masukkan semua jenis sayuran. Diawali dengan Wortel dan yang paling akhir adalah Jamur. Tambahkan air kaldu untuk membantu melunakkan.
  6. Bumbui dengan saus tiram, minyak wjen,  gula, garam dan bubuk merica.
  7. Setelah sayuran setengah masak, masukkan Bakso Ayam So Good dan Tahu Sutra yang telah digoreng.
  8. Tunggu hingga mendidih kemudian masukkan air larutan maizena untuk mengentalkan.
  9. Setelah cairan menyusut dan kental, maka matikan kompor dan masakan siap dihidangkan.
Masakan Khas Ramadan dengan Bakso So Good
Sapo Tahu Bakso Ayam So Good

Sapo Tahu Bakso Ayam ini segar, nggak pedas tapi gurih. Cocok sekali untuk anak-anak dan siapapun yang kurang suka pedas. Nah, kalau menurut teman-teman resep ini kurang “menyentak”, sok langsung lanjut resep kedua  saja.Baca juga: Resep Sate Nugget Saus Barbeque

Mie Kare Bakso Ayam

Untuk kreasi yang kedua khusus bagi mereka yang menyukai masakan pedas dan rasa kuah yang berempah. Cara mengolahnya sangat gampang. Bahkan jauh leih gampang dibanding masakan yang pertama. Lanjut, ya.

Masakan Khas Ramadan dengan Bakso So Good
Bahan Mie Kare Bakso Ayam untuk 1 porsi
Bahan utama (untuk 1 porsi)
  • Mie keriting 1/2 keping
  • Bakso Kuah Instan So Good varian ayam 1/2 bungkus
  • Taoge 1 genggam

Bumbu

  • Pasta Kare 3 sendok teh
  • Air kaldu 3 gelas 
  • Bumbu instan dalam kemasan So Good
  • Garam secukupnya

Bahan pelengkap

  • Bawang goreng
  • Cabai iris tipis
  • Daun bawang iris tipis

Cara memasak

  • Rebus mie keriting hingga matang, kemudian sisihkan.
  • Tumis bumbu pasta Kare, setelah harum tambahkan air kaldu. Tunggu hingga mendidih kemudian masukkan bakso ayam So Good.  
  • Tambahkan lagi garam dan bumbu instan So Good. Tunggu hingga mendidih kembali kemudian angkat.

Cara menyajikan

  • Atur mie keriting di dasar mangkok, kemudian tambahkan tauge di atasnya.
  • Siram mie keriting dan tauge dengan kuah Kare. Tambahkan beberapa butir bakso ayam di bagian atas.
  • Taburkan bawang goreng sebagai pelengkap. Kemudian cabai dan daun bawang sebagai garnis sekaligus penambah rasa pedas.
Masakan Khas Ramadan dengan Bakso So Good
Mie Kare Bakso Ayam So Good

    Kedua hidangan ini sangat mudah dimasak. Sama-sama berkuah sehingga segar dan cocok untuk disantap saat berbuka.  Untuk anak-anak dan Ibu saya yang sudah berusia lanjut, pilihannya tentu saja jatuh pada Sapo Tahu Bakso Ayam. Sedangkan kami yang masih suka “menantang lidah”,  maka Mie Kare Bakso Ayam yang jadi rebutan. Hm, kalau ngomongin acara kumpul-kumpul kayak gini rasanya BukNaj udah kepingin Ramadan lagi. Pengin masak bareng-bareng trus buka bersama lagi, hehehe. Ya, namanya juga bulan spesial, siapapun pasti selalu menanti dan merindukan. Apalagi dengan sederet Masakan Rumah Khas Ramadan yang tersaji di meja makan. Dijamin ngiler, lupa diet dan segala urusan timbangan badan, hahaha.

    Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Masakan Rumah Khas Ramadan ala So Good yang diselenggarakan So Good dan Blogger Perempuan Network

    37 thoughts on “Kreasi Menu Masakan Khas Ramadan dengan Bakso Kuah Instan So Good”

    1. Jam makan siang dan baca ini, lapar jadi makin terasa. Aku mau coba resep sapo tahu bakso ayam so good ini ahh mbak, kebetulan produk bakso so good selalu ada di kulkas buat bikin sop nemenin ceker ayam.

    2. Lengkapkapkap resepnya. Pernak-pernik temennya baso bikin hidangan tambah istimewa. Aku suka juga tuh jamur putih itu, kayak rok kriwilยฒ…

    3. Wah, kreasi masakan mbak Damar keren. Harus banyak belajar lagi, biar variasi masakan beragam. Kalau ada bakso So Good sepertinya lebih enak, hemat waktu, dan bisa dikreasikan lebih banyak. Terima kasih mbak sharingnya!

    4. Menggugah selera nihhJd pengen eksekusiCuma balso so good ngga merata di swalayan. Jadi susah nyari produk so good, ada di swalayan jauh dari rumah, next time klw ke sana mampir beli bakso so good

    5. Aku penggemar sapo tahu ๐Ÿ˜€ ah ya, bisa banget dikreasikan dengan bakso ikan. Nah, mi ayam itu favorit banget. Next time mau nyetok dah bakso ikan So Good. Selama ini penghuni tetap freezer itu So Good chicken nugget yang Dino. ๐Ÿ˜€

      1. Pasta kare bisa dibuat sendiri, Mbak. Habis diulek alus trus ditumis sampai benar2 matang. Kayak bikin bumbu merah gitu. Mie Kare ini favorit saya. Pokoknya udah cocok aja.

    6. Toss yuks! Wah, ada temen sesama pencinta bakso So Good juga nih hahahaha. Enak, lezat, sehat dan bergizi ya. Praktis banget masaknya ๐Ÿ™‚ Anak2ku doyan banget produk2 So Good.

    7. bakso kuahnya SO GOOD ini emang enak banget diapain aja ya. Makan langsung tinggal rebus aja bisa. Trus kalo diolah lagi jadi capcay atau tumisan lain juga enak. Baksonya gak keras, anakku juga suka

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *