Fleksibel dan Aplikatif, Begini Cara Meningkatkan Personal Branding dengan Kursus Online Gratis QuBisa

Personal branding kamu itu sudah cocok dengan tulisan-tulisan di blog dan buku kamu, Bund. Mulai sekarang fokus saja dengan tema pengasuhan, gaya hidup sebagai momwriter, dan hobi sebagai perempuan produktif. Jangan diubah-ubah lagi, dan enggak usah ikut-ikutan jadi pengamat politik dadakan. Pokoknya terus menulis dari sudut pandangmu sebagai perempuan, seorang ibu yang menginginkan dunia yang lebih ramah untuk anak-anaknya.

Nasihat tersebut keluar dari mulut suami saya sekitar satu bulan yang lalu. Saat itu, saya memang sedang galau, dan ingin mengikuti beberapa kursus online gratis untuk meningkatkan kemampuan di dunia kepenulisan.

Kegalauan tersebut tentunya bukan tanpa alasan karena saya sedang berada pada titik jenuh. Saya sempat mengambil jeda beberapa lama dari media sosial dan blog. Bahkan saya mundur dari beberapa proyek menulis di beberapa tempat.

Saya merasa lelah dan tidak berkembang, alias begitu-begitu saja. Saya pikir, saya butuh meningkatkan keterampilan dengan mengikuti kursus menulis dan blogging yang dapat saya ikuti melalui aplikasi belajar online. Namun kemudian, nasihat dari suami seolah menyadarkan saya bahwa ada hal yang tidak kalah penting dibandingkan meningkatkan kemampuan itu sendiri. Membangun personal branding, saya rasa itulah yang paling saya butuhkan untuk saat ini.

Mengapa Penulis Perlu Membangun Personal Branding?

Seperti yang kita ketahui, terdapat ribuan bahkan mungkin ratusan ribu penulis di Indonesia. Dalam kategori khusus, yaitu penulis di platform blog, jumlah bloger perempuan juga tak kalah banyak. Begitu pula jumlah blogger yang berstatus ibu, dan memiliki ketertarikan di dunia pengasuhan, saya yakin jumlahnya juga tidak kurang dari ribuan.

Di antara ribuan tulisan yang setiap hari dapat ditemukan dalam mesin pencarian, saya perlu menjadi berbeda. Saya butuh sesuatu yang ‘unik’ sebagai salah satu cara meningkatkan personal branding sebagai momwriter. Saya butuh ciri khas yang membuat pembaca mengetahui keberadaan saya.

Keunikan tersebut dapat berupa sudut pandang dalam tulisan, atau jenis konten pengasuhan yang ‘segar’, yang berani keluar dari pakem-pakem pengasuhan lintasgenerasi.

Selain itu, keunikan tersebut bisa juga berupa apa yang saya citrakan melalui keseharian saya sebagai momwriter. Bagaimana saya berinteraksi dengan anak-anak. Bagaimana saya menyikapi dunia pengasuhan di masa sekarang. Dan bagaimana saya menjalani keseharian sebagai seorang istri sekaligus perempuan mandiri.

Menemukan nilai diri. Itulah hal terpenting yang perlu saya lakukan sebelum membangun personal branding.

Pengalaman Belajar Personal Branding dengan Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Aplikasi belajar online QuBisa cocok untuk meningkatkan kemampuan upskilling dan reskilling

 

Saya pun mulai mencari tempat belajar mengenai cara meningkatkan personal branding yang dapat diikuti secara online. Pencarian saya tersebut berujung pada kursus online gratis bertema “Personal Branding (Pencitraan Diri)” melalui aplikasi siap kerja QuBisa.

Kursus personal branding dalam aplikasi QuBisa ini dibawakan oleh instruktur Bayu Setiaji yang merupakan Chief of Learning Development Solution PT. GML Performance Consulting. Dalam kursus yang berdurasi 55 menit ini, Coach Bayu Setiaji membagi materi kursus melalui reading material yang berbentuk file PDF, juga modul dalam bentuk video.

Materi personal branding dari bayu Setiaji instruktur aplikasi belajar online QuBisa

 

Menurut Coach Bayu Setiaji, “Personal branding adalah bagaimana cara Anda bisa mengatur persepsi orang lain terhadap diri Anda. Anda memberi tahu kepada orang lain apa yang Anda yakini.”

Banyak dari kita yang mengeluhkan tidak memiliki personal branding, atau kesulitan membangun personal branding. Faktanya, kita memiliki brand kita sendiri, baik yang disadari maupun tidak.

Personal branding dapat terbentuk melalui 4 tahapan, yaitu:

  • Pengalaman hidup.
  • Sudut pandang dan tindakan.
  • Cara orang lain melihat diri kita.
  • Hingga terbentuklah brand pada diri kita.

Coach Bayu Setiaji juga mengingatkan bahwa jauh lebih penting untuk menumbuhkan potensi terbaik yang ada dalam diri kita dibandingkan berusaha menjadi yang terbaik.

Dalam hal ini saya sangat setuju karena sering kali kita terjebak dalam keinginan untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal, sehingga tidak menyadari ada potensi dalam diri ini yang menanti untuk ditumbuhkan, dan menjadi nilai lebih dari diri sendiri.

Cara Menumbuhkan Potensi Diri

Untuk menumbuhkan potensi diri kita dapat memulainya dengan memetakan diri untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari dalam diri.

Kita dapat melakukannya dengan menuliskan 5 kelebihan diri, seperti: disiplin,  tidak mudah menyerah, dan mampu memotivasi diri sendiri. Selain itu kita juga harus bersikap legowo dengan mengakui 5 kelemahan dalam diri, seperti: emosional, terburu-buru dalam mengambil keputusan, juga kurang teliti.

Pembagian 4 Area dalam Diri Manusia Menurut Teori Johari Window

 

Belajar online dengan QuBisa cara belajar efektif dan gratis

Selain materi tentang menumbuhkan potensi diri, Coach Bayu Setiaji juga memperkenalkan saya dengan Teori Johari Window yaitu suatu teknik yang dicetuskan oleh Joseph Luft dan Harry Ingham pada sekitar tahun 1955. Teori ini menjelaskan tentang bagaimana seseorang bisa memahami dirinya dan tim melalui komunikasi terbuka untuk saling meningkatkan kesadaran dan pemahaman satu sama lain.

Teori Johari Window membagi diri seseorang dalam 4 area, yaitu:

  1. Area Terbuka: informasi yang kita ketahui, dan orang lain juga mengetahuinya.
  2. Area buta: informasi yang tidak kita ketahui, namun diketahui orang lain.
  3. Area tertutup: informasi yang sengaja kita tutup[i dari orang lain.
  4. Area gelap: informasi yang tidak kita ketahui, dan juga tidak diketahui orang lain.

Area gelap merupakan potensi terdalam yang jarang dimunculkan, sehingga untuk mengetahuinya kita perlu mengikuti asessment atau tes psikologi.

Dalam membangun personal branding, area terbuka merupakan area utama yang harus diperluas karena dapat memperbaiki hubungan dengan orang lain.

Tips Memperluas Area Terbuka dalam Diri Setiap Orang

Nah, bagaimanakah cara memperluas area terbuka dalam diri seseorang? Berikut poin penting yang saya ringkas dari penjelasan instruktur kursus online gratis melalui apliksi siap kerja QuBisa:

  1. Lebih banyak mendengar
  2. Mau mendengarkan masukan dari orang lain.
  3. Berpikir positif.
  4. Mengakui kekurangan diri dan berusaha memperbaikinya.
  5. Meningkatkan rasa percaya diri.
  6. Membangun relationship dengan banyak tipe orang.
  7. Menyesuaikan dengan gaya dan tipe masing-masing orang.

5 Langkah Mempertahankan Personal Branding

Langkah-langkah mempertahankan personal branding dalam materi kursus online gratis QuBisa

Setelah mampu menumbuhkan potensi dalam diri, kemudian dapat membangun personal branding, maka setiap orang juga perlu mengetahui bagaimana cara mempertahankan personal branding yang sudah dibangun melalui proses yang tidak mudah, juga tidak sebentar.

Sebelum menutup sesi kursus selama hampir satu jam melalui aplikasi belajar online QuBisa, Coach Bayu Setiaji juga membagikan 5 langkah untuk mempertahankan personal branding.

  • Pertama, tetapkan tujuan yang ingin diraih.
  • Kedua, komunikasikan nilai positif dalam diri kepada orang lain.
  • Ketiga, tunjukkan sikap yang dapat memengaruhi orang lain.
  • Keempat, tentukan hasrat terhadap bidang yang digeluti.
  • Kelima, ketahui dan pertahankan 6 kata yang dapat mewakili diri kita di mata orang lain.

Kursus online gratis bersama aplikasi siap kerja QuBisa dan Coach Bayu Setiaji meskipun singkat namun sangat fleksibel dan aplikatif. Materi mengenai cara meningkatkan personal branding juga ringan, dan disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami orang awam.

Selain itu, materi kursus di aplikasi belajar online QuBisa dapat diulang kapan saja, dan di mana saja saat saya butuh mencerahkan diri. Menurut saya belajar melalui aplikasi QuBisa merupakan solusi cara belajar efektif yang cocok bagi kita-kita yang memiliki keterbatasan waktu.

Mengapa Memilih Aplikasi Belajar Online QuBisa?

Alasan belajar personal branding dengan aplikasi siap kerja QuBisa

Meningkatkan kemampuan secara personal ataupun yang berkaitan dengan tuntutan pekerjaan merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. Pada umumnya kita memerlukan upskilling dan reskilling yang dapat meningkatkan nilai jual diri, baik di masa kini maupun masa yang akan datang.

Meningkatkan upskilling dan reskilling perlu dilakukan untuk memperbaiki kulitas diri dan pekerjaan. Meskipun status saya pekerja rumahan, namun saya tidak akan menolak setiap kesempatan untuk meningkatkan kemampuan upskilling dan reskilling yang berkaitan dengan pengembangan diri dan profesi yang saya geluti.

Sebagai ibu rumah tangga, saya juga merasa butuh untuk melakukan ‘investasi leher ke atas’ karena menyadari bahwa belajar adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas diri. Saya memilih aplikasi belajar online QuBisa karena belajar gak ribet. Selain itu kursus online gratis di Qubisa benar-benar nol biaya, namun dapat diakses seumur hidup.

Mengusung tagline “Aku bisa, Kamu bisa”, QuBisa menawarkan cara belajar efektif yang terstruktur dan menjamin belajar gak ribet, serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta kesibukan masing-masing pengguna. Berikut beberapa alasan mengapa saya memilih kursus online gratis melalui aplikasi siap kerja QuBisa:

  1. Kursus gratis berbasis video.
  2. Akses tanpa batas ke seluruh materi kursus online QuBisa.
  3. Belajar gak ribet, fleksibel dan materi sangat aplikatif.
  4. Kelas beragam dengan lebih dari 100+ instruktur berpengalaman, 100+ webinar berkualitas, dan 500+ kursus terbaik dengan tema kekinian.
  5. Cara belajar efektif dan terstruktur sehingga memudahkan pengguna.
  6. Bersertifikat.
  7. Akses kursus online gratis seumur hidup, baik dari website maupun aplikasi QuBisa.
  8. Peluang mengumpulkan poin yang dapat ditukar dengan hadiah atau reward khusus.
  9. Meningkatkan kesempatan upskilling dan reskilling bagi pengguna apapun latar belakang pendidikannya.

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui cara meningkatkan personal branding seperti saya, atau meningkatkan keterampilan diri secara spesifik,  maka jangan ragu-ragu untuk meningkatkan kemampuan dengan upgrade ilmu melalui aplikasi siap kerja QuBisa. Tidak sedikit yang sudah merasakan manfaat belajar mengembangkan diri, personal branding, upgrade ilmu, coaching, juga mentoring dengan cara belajar efektif di kelas kursus online gratis dengan aplikasi QuBisa. Nah, jangan lupa download aplikasi QuBisa melalui App Store atau Play Store

Bagi kalian yang suka menulis seperti saya, jangan lupa ikuti juga lomba blog QuBisa yang berlangsung hingga Desember 2021 nanti. Hadiahnya oke punya, loh! Ilmunya juga aplikatif. Selain itu belajar gak ribet, akses seumur hidup, dan masih masih banyak keuntungan menggunakan aplikasi siap kerja QuBisa.

Jadi, tunggu apalagi? Segera ceritakan pengalaman kursus online gratis kalian bersama aplikasi belajar online QuBisa.

 

Referensi: qubisa.com

 

 

 

 

48 thoughts on “Fleksibel dan Aplikatif, Begini Cara Meningkatkan Personal Branding dengan Kursus Online Gratis QuBisa”

  1. Bener mba Damar, kadang saya juga merasa lelah, capek, jenuh gitu saat-saat ngeblog, nulis tanpa jeda. Pengen istirahat sejenak dengan upgrade skill. penulis juga butuh personal branding. Ya untung ada kursus online gratis yang bisa diikuti lewat aplikasi QuBisa.

    Reply
  2. Anakku yang masih kuliah wajib baca ini. Sebagai persiapan dalam menghadapi dunia kerja nantinya. Dengan Qubisa semua mudah dilakukan

    Reply
    • Betul juga ya. Banyak bloger parenting. Kita perlu punya personal branding lebih khas agar tampil beda.

      Reply
  3. Bener banget, Mbak, sekian tahun menulis rasanya jenuh dan lelah juga meskipun itu hobi (aku menulis di media cetak mulai 1995, btw, baru kemudian beralih ke blog). Untungnya sekarang banyak kursus2 online. Aku suka ikut yang di QuBisa, buat refreshing. Senang aja rasanya kalau menemukan sesuatu yang baru dan bermanfaat. Jadi bahan diskusi juga sama anak-anakku (yang sulung udah kuliah).

    Reply
  4. Aku juga kemarin sempet ikutan kursus public speakingnya kak, alhamdulillah dapat gratis di QuBisa. kalau di luaran udah dipastiin biayanya berjuta juta ituu. Banyak juga short course yg ada di QuBisa, super komplit yak

    Reply
  5. Jangan lelah buat terus belajar, karena untuk mendukung pekerjaan meningkatkan skill itu penting. Banyak insight dari para narasumber yang kompeten di bidangnya. Cuss ah lanjut belajar bareng QuBisa

    Reply
  6. Saya pun sudah belajar tentang cara meningkatkan personal branding dari Pak Bayu di aplikasi siap kerja QuBisa. Saat belum paham saya bisa mengulang nonton sampai paham. Dan itu bisa dilakukan di aplikasi ini karena materinya bisa terbuka selamanya. Nggak kenal kata expired.

    Reply
  7. Aku juga sudah mencoba Qubisa, sangat membantu untuk meningkatkan skills dengan beragam kursus yang ada disana. Asyiknya lagi banyak kelas gratis dengan materi yang keren banget untuk membuka wawasan

    Reply
  8. Bener mbak, saya ngerasa gini-gini aja selama ngeblog. Ngerasa belom ada perkembangan dari segi tulisan padahal udah 4 tahunan ngeblog. Download QuBisa ah, siapa tau ada kursus menulis gratis.

    Reply
  9. sebenarnya saya juga nggak begitu suka dengan dunia perpolitikan yg penuh dengan ‘kegemasan’. Beberapa orang pernah protes mana nih perempuan2 Indonesia yang melek dengan dunia perpolitikan? kalau mau branding menjadi perempuan yg melek perpolitikan di negara ini juga perlu waspada..

    Reply
  10. Setiap orang kayaknya pernah ngalamin stuck ya mba. Akupun juga hahaha. Maunya fokus ke dunia parenting, tapi nyatanya meleber ke fiksi dan sempet ketagihan di sana. Sempet cinta mati sama blogging, sekarang lagi mendua sama nulis yang lain. Tapi emang mungkin begitu prosesnya supaya kita terus berkembang dan mengeksplorasi sisi lain dalam diri kita. Wes sik penting kita enjoy dan happy ya mba.. apapun jenis tulisannya, keep inspiring!

    Reply
  11. Aku tersindir nih. Beberapa kali ganti branding. Pernah jadi parenting blogger, lalu pas anak udah gede aku pindah haluan jadi travel blogger dan happy. Eh pandemi dan punya anak lagi, pindah lagi nulis parenting. Wkkka. Skrg pingin balik sesuai background pendidikan ku di farmasi. Doain ya kak. Mau cek Pelatihan di Qubisa

    Reply
  12. Aku salah satu pengguna yang merasakan manfaat mengikuti kursus online gratis QuBisa. Pilihan kelas siap kerja membantu banget dalam upgrade kemampuan. Walau sudah bekerja, buat aku upskilling dan reskilling itu penting dan harus dilakukan secara berkala.

    Reply
  13. Keren QuBisa memberikan pelatihan atau kursus gratis, bahkan kalo kita rajin nontonin e-course yang ada dan ngumpulin poin bisa dapet duit yaa. Dengan QuBisa, pasti bisa eaa~

    Reply
  14. Jauh lebih penting untuk menumbuhkan potensi terbaik yang ada dalam diri kita dibandingkan berusaha menjadi yang terbaik. Noted. Kok rasanya jadi adem yaa… Artinya, saya setujuuu…

    Trus baru tau nih ada aplikasi yang ngajakin belajar secara gratis. Wih, keren amat. Penasaran jadinya…

    Personal branding sih iyes. Ini fokus ke kemampuan kita yang membuat kita dikenal dan kita nya sendiri nyaman dengan itu. Sip lah.

    Reply
  15. Personal branding itu penting banget ya bun. Dan gak instant

    Untungnya kebantu dengan kursus online dari Qubisa. Dengan begitu, branding bisa dilakukan dengan tepat

    Reply
  16. Komplit banget ya aplikasi qubisa ini. Banyak pelatihan online yang bisa kita ikuti. Mengembangkan kemampuan menjadi lebih mudah

    Reply
  17. Jadi makin penasaran nih dengan Aplikasi QuBisa. Pengen nyoba juga nih buat upgrade soft skill. Tentunya sangat membantu sekali ya aplikasi ini buat belajar dari rumah apalagi bisa diakses gratis dan seumur hidup. Menarik deh.

    Reply
  18. Setiap hari kruntelan sama urusan pekerjaan kantor, kadang bikin jenuh. Kepengen melakukan sesuatu yang lain yang bisa kita kerjakan dengan hepi karena hobi dan menghasilkan cuan. Makanya, ibu pekerja pun harus terus meningkatkan ilmu dan skill juga nih lewat pelatihan online begini. Kadang ya, merasa stuck gitu. Nanti kalau ketemu ahlinya, baru deh sadar kalau ada bagian tertentu yang ilmunya harus diupgrade. Thanks ada Qubisa!

    Reply
  19. Saya termasuk yang masih kesulitan membranding diri nih mak. Sepertinya perlu banget insyal aplikasi ini. Waw..ada lomba blognya juga. Thankyou mak…

    Reply
  20. Aku juga beberapa waktu lalu sempat berhenti ngeblog sekitar 2 mingguan karena merasa stagnan dan mulai terbelit sama angka2, jadi ngeblognya nggak happy. Saat udah jeda dan kangen berceloteh lagi di blog, baru deh balik dengan semangat yang terbarukan, hehe.

    Reply
  21. Wah, sama juga nih mbak aku juga sempet ngalamin masa jenuh dan berasa stuck alias gitu-gitu aja
    kayaknya harus coba kencengin lagi nih personal brandingnya,
    Penasaran pengen cobain pake aplikasi Qubisa apa lagi sekarang lagi susah ke mana-mana, jadi kursus online udah paling cocok yaaah

    Reply
  22. Kesempatan dan media untuk belajar sekarang makin terbuka dan banyak pilihan yaa
    Yg penting mau atau tidak.
    Qubisa bs jadi salah satu solusinya

    Reply
  23. Aku sepakat dengan fakta bahwa sebetulnya kita ini memiliki brand kita sendiri, baik yang disadari maupun tidak. Bukan soal sok PD dengan citra yang kita anggap punya kita adalah ITU tapi karena memang kita sadar selama ini dari sisi pengalaman dan tindakan kita memang fokus pada suatu hal.

    Informasi kursus online gratis QuBisa nya cukup jelas, terima kasih sudah berbagi ya Damar.

    Reply
  24. Duuh bagus banget ini mbak ulasannya,
    aku save ya nanti aku baca baca lagi, setuju dengan kalimat dari Coach Bayu Setiaji “bahwa jauh lebih penting untuk menumbuhkan potensi terbaik yang ada dalam diri kita dibandingkan berusaha menjadi yang terbaik”

    Saat ini saya rasanya terjebak ingin melakukan banyak hal yang … separuhnya bukan “aku banget” semoga ini nanti bisa menjadi pengingat!

    Reply
  25. Personal branding itu memang penting, tapi aku masih belum pede nih sama personal branding hehe.. Apa harus ikutan pelatihan juga ya. Asik dong mak, bisa perkuat branding sebagai penulis, jadi tambah kuat brandingnya abis ikutan pelatihan.

    Reply
  26. Menarik ini, investasi leher ke atas perlu apalagi terkait branding diri. QuBisa bisa jadi solusinya, apalagi gratis pula. Kalau kita mencari sisi positif dari diri kita lalu upgrade kemampuan menambah ilmu dan wawasan akan lebih siap menghadapi tantangan yang ada.

    Reply
  27. Personal branding semakin perlu di masa seperti sekarang. Aku baru tahu di aplikasi QuBisa ini bisa belajar kursus dengan bantuan video video yang pastinya bisa menambah ilmu dan keahlian kita ya mba

    Reply
  28. Di jaman sekarang itu personal branding penting banget. Dan jaman sekarang kita bisa belajar online di QuBisa dengan fleksibel. Waktunya kapan aja dan di mana aja.

    Reply
  29. Sudah lama saya tertarik dengan aplikasi Qubisa ini. Saya tertarik dengan public speakingnya deh. Kalau soal branding diri saya masih harus kerja keras nih, mau dibranding apa. Maunya sih dibranding sebagai penulis tetapi karya masih minim, hihihi.

    Reply
  30. Sama banget nih, lagi ngerasa stagnan, ngeblog gini-gini aja…
    Pencerahan tentang personal brandingnya mencerahkan sekali… Jadi tertarik juga ingin ngintip kelas-kelas di qubisa…

    Reply
  31. Makin asyik ya belajar personal branding ada kursus begini di Qubisa, soalnya dulu meraba2 nyari ilmunya.

    Reply
  32. Membangun personal branding itu emang penting banget, Mak. Wah, aku juga mau ah download dan instal QuBisa… thanks for sharingnya ya Mak…

    Reply
  33. Waaaw terima kasih lengkap banget catatan kelas online di Qubisa. Aku mikir nih 6 kata apa yang represent diriku untuk dikuatkan jadi personal branding. Kalau Mbak Ais, gimana?
    Eh trus berarti tahan godaan pilih job yah?

    Reply
  34. Menarik mbak, QuBisa ini. Kursus yang ditawarkan beragam dan banyak yang free. Cocok untuk yang belajar pengembangan diri.

    Reply
  35. Branding diri dari tulisan emang bikin orang jadi inget oh si A yang sok nulis lucu atau si B suka nulis parenting sayangnya aku belum kheseus banget branding diri krn tulisannya campur sari hehhe..keren deh Qubisa ada kursus pengembangan dirinya yah mba jadi pengen coba ikutan

    Reply
  36. Sekarang makin mudah ya mbak belajar personal branding karena ada Qubisa dilakukan dengan online. Personal branding penting agar kita paham betapa besar potensi yang kita miliki dalam diri kita dan bisa berdampak positif pada berbagai aktivitas kehidupan

    Reply
  37. Seru ya di QuBisa
    Apa saja ada untuk optimalkan kemampuan diri
    Hanya saja seringnya jadwal saya bentrok dengan pelatihan
    Makanya ini saya mau lihat lagi siapa tahu ada pelatihan public speaking yang pas

    Reply
  38. Aku jadi pengen ikutan kelas kursus online personal branding Qubisa nih mbak. Sebab belum khatam juga nih saya dengan pelajaran personal branding. Kayaknya baca aja gak cukup kudu beneran ikut kelasnya. makasih infonya ya mbak

    Reply
  39. Qubisa dulu belum ada aplikasinya ya mba. Skrng sudah merambah ada aplikasinya juga. ASyik banget kalau lagi gabut saya bisa ikut webinar gratis pengembangan diri

    Reply
  40. Personal branding ini penting sekali ya mbak. Kayaknya saya juga harus ikut kursus online di QuBisa deh karena hingga saat ini saya belum bisa menentukan personal branding saya.
    Beberapa waktu lalu saya juga sudah mencoba kursus gratis di QuBisa, materinya bagus-bagus ya. Ada beberapa kelas berbayar yang sudah saya incar, hehe

    Reply
  41. Jauh lebih penting untuk menumbuhkan potensi terbaik yang ada dalam diri kita dibandingkan berusaha menjadi yang terbaik.
    Sepakat sama Couchnya niih…

    Reply
  42. Wah ada lombanya yaaa
    Aku belum pernah belajar di QuBisa nih padahal udah bbrp kali denger.
    Jd pengen juga nih upgrade skill dengan belajar di QuBisa. Belajar Personal branding juga ok banget supaya kita punya keunikan yaa.
    Jd ini kita download dulu berarti ya mbak aplikasinya?
    Thx infonya ya

    Reply
  43. Sekarang ini membangun personal branding gak begitu sulit ya Mbak. Tersedia aneka platform yang bisa kita gunakan untuk menyebarkan tentang siapa kita dan apa yang kita kerjakan. Membangunnya untuk jadi personal branding yang bisa mendatangkan penghasilan juga gak susah. Menurut saya, kuncinya sudah ada, konsiten, terus belajar dan memberi manfaat bagi orang lain. Apa lagi sekarang bisa belajar tentang personal branding dari aplikasi Qubisa, wah terbantu banget pastinya Mbak Damar

    Reply
  44. Penulis sangat butuh personal branding. Bayangkan, jumlah penulis di Indonesia sekarang sebanyak apaaaa? Hehehe. Makanya peningkatan skill ini bener banget dan kita bisa mendapatkannya dari mana saja, salah satunya dari Qubisa ini.

    Reply

Leave a Comment