BEAUTY LIFESTYLE TIPS

Cara Facial Wajah di Rumah selama Karantina Corona

Facial wajah di rumah

Siapa yang selama karantina corona sudah melakukan facial wajah di rumah?

Meskipun tidak rutin, pada hari biasa aku masih suka datang ke salon kecantikan di dekat rumah, untuk melakukan facial sekaligus totok wajah. Ya, itung-itung me-time-lah, toh enggak setiap minggu ini.

Biasanya aku juga tidak pergi sendiri saat ke salon, Najwa bakalan ikut untuk sekedar menemani—atau lebih tepatnya nggak mau ditinggal ibunya. Kadang-kadang ia minta creambath strawberry. “Yang murah aja, Buk, yang penting kepala dipijat-pijat terus capeknya hilang”, begitu katanya.

Berhubung sedang coronavirus quarantine seperti sekarang, enggak mungkin dong, perawatan di salon. Ngeri euy! Salonnya pun pada tutup karena sepi pelanggan.

Tetapi, karena kondisi kulit wajahku ini kombinasi dan cenderung berminyak, jadinya gampang banget muncul komedo juga jerawatan. Makanya urusan kebersihan wajah ini buatku super penting banget. Selain basic skincare yang biasa dilakukan saat pagi dan malam hari, sebulan sekali aku harus menyempatkan untuk melakukan perawatan ekstra, misalnya dengan facial dan totok wajah tadi. Jadi, selama dua bulan terakhir ini pun aku tetap facial, bedanya dilakukan sendiri dan cukup di rumah saja.

Mengapa Perlu Melakukan Facial Wajah?

Facial wajah di rumah

Facial wajah dilakukan tidak sekedar untuk membersihkan kulit wajah, namun juga untuk mengurangi keriput, membantu mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan garis-garis halus wajah. Facial wajah secara rutin memberikan hasil berupa kulit wajah yang bersih, terlihat lembut dan sehat.

Nah, bagaimana melakukannya dan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan? Berikut langkah-langkah facial wajah di rumah yang dijamin gampang dan murah meriah.

Perlengkapan Facial Wajah di Rumah

  • Cleansing lotion.
  • Face oil.
  • Scrub wajah.
  • Kapas atau tisu wajah.
  • Masker wajah.
  • Handuk wajah.
  • Handuk besar.
  • Baskom besar.
  • Timun atau kantung teh bekas
  • Air hangat.

Langkah-langkah Facial Wajah di Rumah

1. Oleskan cleansing lotion ke seluruh wujuh. Pijat lembut dengan gerakan memutar. Setelah dirasa cukup, bersihkan wajah dengan kapas atau tisu wajah.

2. Oleskan face oil. Jika tidak memiliki face oil, maka gunakan olive oil. Oleskan ke seluruh wajah sambil berikan pijatan ringan dengan gerakan menarik wajah ke arah atas atau memutar. Pijat wajah bertujuan untuk melancarkan peredaran darah, merelaksasi dan mengurangi mata lelah. Setelah dirasa cukup,kembali bersihkan sisa minyak di wajah dengan kapas, Tissue atau spons wajah. Usap perlahan dengan arah ke atas seperti halnya saat memijat.

Facial wajah di rumah

3. Berikutnya lakukan scrubbing atau eksfoliasi wajah. Oleskan scrub wajah secukupnya. Gosokkan secara lembut ke seluruh wajah, terutama daerah yang terasa kasar seperti bagian hidung dan dagu. Setelah dirasa cukup, bersihkan sisa scrub kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan wajah dengan handuk.

4. Langkah selanjutnya opsional saja, boleh ya atau tidak, yaitu penguapan wajah. Biasanya aku memakai air hangat yang dituang ke dalam baskom, kemudian memanfaatkan uap panas dari air untuk penguapan. Nah, biar uapnya nggak terbang ke mana-mana, jangan lupa tuh, kerukupan pakek handuk besar. Eh, apa ya istilahnya? Pokoknya kepala ditutup handuk besar hingga menutupi area baskom. Jadi uapnya mengalir ke wajah kita.

5. Setelah penguapan, biasanya aku mulai membersihkan komedo di area hidung dan dagu. Udah itu aja sih, caranya pun cuma pakek tissue yang digulung lancip menyerupai alat pemencet jerawat.

6. Langkah berikutnya bersihkan wajah dengan air hangat. Kalau di salon biasanya step ini memakai alkohol atau enggak minyak khusus untuk mengurangi iritasi wajah. Tapi karena facial wajah di rumah, ya pakai yang ada ada , yaitu air hangat.

Facial wajah di rumah

7. Selanjutnya oleskan masker secara merata ke seluruh wajah. Tunggu sampai masker kering selama kurang lebih 20 hingga 30 menit tergantung jenis maskernya. Nah, sambil menunggu masker kering, boleh juga nih kompres mata dengan irisan timun atau kantong teh bekas agar syaraf mata lebih rileks. Selanjutnya bersihkan masker dari wajah hingga benar-benar bersih.

Setelah seluruh langkah facial wajah dilakukan, jangan lupa untuk mengoleskan pelembab dan sunscreen wajah, sehingga tidak kering dan terlindungi dari sinar UV.

Baca juga: 5 Item Skincare Wajib Usia 30-an

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan saat Melakukan Facial Wajah di Rumah

Facial wajah di rumah

  1. Sebaiknya tidak memberikan tekanan
  2.  terlalu keras saat memijat wajah.
  3. Hindari menggosok terlalu keras saat mengeringkan wajah dengan handuk. Begitu pun saat melakukan scrubbing.
  4. Jika tida memiliki scrub wajah maka bisa digunakan ampas kopi, campuran gula putih dan madu atau bahan alami lainnya sebagai pengganti krim scrub.
  5. Tidak perlu terlalu lama saat menggunakan masker, cukup ikuti petunjuk pemakaian pada kemasannya.

Bagaimana, mudah sekali, bukan? Yuk, cobain langkah-langkah facial wajah di rumah seperti yang sudah kulakukan! Biarpun di rumah saja, wajah tetap kinclong dan bebas jerawat dong!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *