Cara Asyik Mengasah Kemampuan Otak Anak dengan Fitur ZenCore dari Zenius

Memasuki tahun kedua Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), saya dan suami mulai memanfaatkan fitur ZenCore dari Zenius untuk menambah variasi belajar bagi DuoNaj, khususnya bagi Najwa yang berada di kelas lima.

Sebelumnya, kami hanya fokus mengambil peran menggantikan peran guru di sekolah. Kami berkomitmen untuk mendampingi, menjelaskan materi, melatih soal dari buku-buku pelajarannya. Kami mengarahkan anak-anak untuk belajar secara spesifik berdasarkan mata pelajaran yang ada di sekolah. Sampai-sampai,  kami lupa ada hal yang tidak kalah penting yaitu melatih soft skill dan kemampuan dasar yang terbukti dapat meningkatkan kemampuan otak mereka.

Alasan Memilih Fitur ZenCore untuk Mengasah Kemampuan Dasar Anak

Kami sadar masih jauh dari optimal untuk mengasah keterampilan fundamental anak karena terlalu fokus pada penguasaan ilmu-ilmu spesifik. Sejauh ini, anak-anak belajar di sekolah dengan dipaparkan pada model pembelajaran standar yang menyamaratakan materi dan pelatihan untuk seluruh siswa.

Padahal, kemampuan setiap anak tidak sama. Sebagai contoh saja, anak saya Najwa dan Najib, meskipun sama-sama berasal dari rahim saya, tetapi keduanya memiliki pemahaman kemampuan dasar yang berbeda. Najwa lebih mudah menyerap pengetahuan bahasa, sedangkan Najib sangat cepat menangkap pengetahuan numerasi.

Hal inilah yang kemudian menyadarkan kami bahwa penerimaan fundamental anak tidak dapat dipukul rata. Anak-anak perlu dibiasakan untuk mengasah kemampuan otaknya hingga pada taraf optimal. Kami pun memutuskan #mulaidarimanaaja untuk mendukung kecakapan fundamental mereka. Kemudian download aplikasi Zenius untuk mendukung memaksimalkan potensi otaknya.

Apa itu fitur ZenCore dari Zenius?

Daya ingat makin kuat karena udah latihan di fitur ZenCore yang tersedia di aplikasi Zenius

ZenCore adalah fitur berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang diyakini mampu meningkatkan kemampuan pengetahuan umum bagi penggunanya.

Terdapat tiga kemampuan pengetahuan dasar, yaitu matematika, logika verbal, dan bahasa Inggris. Harus kita akui penguasaan terhadap tiga kemampuan dasar ini sangat menunjang kebutuhan anak. Baik pada masa sekarang, ataupun nanti ketika tiba saatnya anak-anak harus terjun di dunia kerja dan lingkungan profesional.

Selain mengimplementasikan teknologi artificial intelligence (AI), Fitur ZenCore dari Zenius juga menggunakan teknologi machine learning yang bekerja dengan cara mempelajari kemampuan masing-masing pengguna berdasarkan jawaban yang dibubuhkan dari pertanyaan yang ada dalam fitur CorePractice.

Fitur CorePractice itu apa, ya?

CorePractice sendiri adalah tempat latihan yang disediakan oleh ZenCore. Di dalam CorePractice terdapat ratusan ribu pertanyaan dari tiga pengetahuan dasar yang saya sebutkan tadi.

Selain itu, pengguna afitur ZenCore dari aplikasi Zenius juga dapat mengakses CoreInsight untuk mempelajari topik-topik baru yang dapat menambah wawasan. Di dalam fitur CoreInsight, anak-anak dapat menambah pengetahuan tentang filsafat, basic science dan big history. Pengetahuan-pengetahuan ini sangat berguna untuk menambah wawasan anak dan memberikan kesempatan pada mereka untuk memiliki sudut pandang yang baru.

Berdasarkan jawaban yang dibubuhkan, sistem dalam aplikasi Zenius secara otomatis akan merekam dan menentukan tingkat kemampuan dasar pengguna, baik orang dewasa maupun anak-anak. Aplikasi Zenius menggunakan penghitungan algoritma yang dirancang seakurat mungkin sehingga akurasi jawaban dapat menentukan kenaikan level anak dalam papan skor ZenCore.

Hal yang Disukai dari ZenCore

Download aplikasi Zenius yang memiliki Fitur ZenCore dengan teknologi artificial intelligence

Ada beberapa hal yang membuat DuoNaj sangat betah berlama-lama membuka fitur ZenCore dari Zenius. Beberapa di antaranya:

  1. Fitur  Zencore dari aplikasi Zenius berbasis gaming sehingga anak-anak tidak merasa seperti sedang belajar. Tanpa sadar mereka mendapatkan banyak wawasan baru dan melatih kemampuan berpikir selayaknya bermain game.
  2. Skema peringkat dan scoring memacu sikap kompetitif pada anak. Di antara DuoNaj,  Najwalah yang merasa tertantang karena ia sudah memahami apa itu kompetisi. Ia pun sangat antusias mengajak teman-temannya untuk download aplikasi Zenius sehingga bisa berkompetisi untuk hal-hal yang positif.
  3. Personalisasi soal dan materi yang disesuaikan dengan kemampuan anak memberikan kenyamanan karena mereka tidak merasa tertinggal.
  4. Evaluasi soal yang mendalam dan mudah dipahami.
  5. Banyak pengetahuan baru yang mendorong anak-anak untuk memiliki sudut pandang baru tentang suatu persoalan.

Sedangkan bagi saya pribadi, keberadaan fitur ZenCore dari aplikasi Zenius sangat membantu menjaga variasi pengasuhan selama pandemi, di mana jadwal screen time DuoNaj meningkat tajam karena tidak dapat berkegiatan di luar rumah. Keberadaan fitur ZenCore membantu anak-anak saya mendapatkan konten yang edukatif sekaligus entertaining.

Selain itu, saya senang sekali karena fitur ZenCore dari aplikasi Zenius ini gratis dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat, di mana saja, kapan saja dan bisa #mulaidarimanaaja. Ya, fitur ZenCore yang ada di aplikasi Zenius bisa meningkatkan kemampuan otak siapapun, baik yang sudah memiliki kecakapan pengetahuan fundamental maupun yang baru memulai. Semua soal dan materi secara otomatis disesuaikan dengan kebutuhan setiap pengguna.

Bagaimana cara menggunakan fitur ZenCore dari Zenius?

Download aplikasi Zenius yang dapat digunakan di sistem android dan iOS

Untuk menggunakan fitur ZenCore dari aplikasi Zenius, kita hanya perlu melakukan beberapa langkah seperti:

  1. Download aplikasi Zenius melalui Play Store atau APP Store.
  2. Buka Zenius App kemudian daftar atau log in dengan akun sosial media atau email.
  3. Lakukan verifikasi nomor handphone dengan mengirim permintaan kode OTP.
  4. Masukkan koe OTP yang telah dikirimkan ke nomor handphone.
  5. Cari fitur Zencore di kolom “Cari Fitur Lainnya”

Verifikasi nomor handphone sangat diperlukan untuk bisa mengakses video pembelajaran. Jadi pastikan nomor handphone kalian masih aktif dan dapat menerima kode OTP.

Fitur ZenCore yang Paling jadi Andalan

Fitur ZenCore dari aplikasi Zenius dapat memaksimalkan kemampuan otak anak

Sampai hari ini fitur ZenCore yang masih menjadi andalan kami adalah CorePractice, khususnya latihan matematika.

Ya, Najwa memang belum optimal dalam numerasi sehingga kami terus mendukungnya untuk menemukan cara belajar yang paling menyenangkan. Dengan sistem pembelajaran berbasis gaming seperti ini Najwa jadi lebih santai saat belajar, tidak merasa kaku dan tertekan. Namun juga tertantang untuk menjawab pertanyaan lagi dan lagi sehingga levelnya terus meningkat.

Sebagai orang tua, saya berharap semoga dengan menggunakan fitur ZenCore dari Zenius ini, Najwa dapat mengembangkan keterampilan dasar seperti numerasi, logika bahasa atau literasi, dan bahasa Inggris. Tiga kemampuan ini sepertinya sudah tidak dapat dihindari lagi dan perlu berkembang dalam diri setiap anak sebagai bekal menghadapi masa depan.

Saya juga berharap agar Najwa dapat mengembangkan kecerdasannya tanpa perlu merasa khawatir tertinggal dengan teman-temannya, karena fitur Zencore telah memfasilitasinya dengan pertanyaan yang sudah disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing anak.

Nah, bagaimana dengan kalian? Sudah download aplikasi Zenius dan mencoba fitur ZenCore yang keren itu?

 

 

 

 

 

 

36 thoughts on “Cara Asyik Mengasah Kemampuan Otak Anak dengan Fitur ZenCore dari Zenius”

  1. Wah seru banget ya.. Belajar jadi bisa kapan aja dan di mana aja dibantu oleh zencorenya zenius. Sangat memudahkan orangtua yang kebanyakan “riweuh” semenjak PJJ diberlakukan ya, hehehe..

    Reply
  2. Boleh salfok dulu dengan si kakak, ya 😀
    Udah gede, manis, mirip ibunya. Bener gak, nih?

    Info yang menarik dan patut dicoba, nih. Saya belum tahu beginian karena kondisi; si sulung di pondok dan si adek masih TK. Eh, tapi bisa juga untuk orang dewasa juga kan ini. Saya penasaran dengan yang Bahasa Inggrisnya.

    Mungkin kalo si sulung dikasih tau ini, dia pun akan tertarik bagian literasi dan bahasa. Dia gak terlalu suka matematika namun kalo fitur di Zenius ini asyik, ya bakalan tertarik juga.

    Salah satu cara menyenangkan belajar dalam kondisi pandemi begini memang via aplikasi edukatif-entertaining macam ini, ya. Sip.

    Reply
  3. Wah, aku kok malah baru tahu ya, ada aplikasi ini. Biasanya pakai aplikasi pembelajaran yang lain. Kalau melihat dari pengalaman mbak Damar menggunakan aplikasi ini, rasanya anak bungsuku perlu juga, nih mencoba belajar pakai zenius dan mencoba fitur zencore-nya.

    Reply
  4. Semakin banyak kemudahan dalam belajar saat ini. Apalagi dengan sistem online, siswa menjadi dapat belajar kapan saja dan di mana saja.

    Reply
  5. Mau gak mau selama PJJ kita juga harus bisa berperan sebagai guru ya gak cuma mendampingi juga menelaskan materi pelajaran sekolah apalagi buat anaknya yang masih SD belum bisa mandiri belajar sendiri.
    Nah ini yang banyak dilupakan orang ya melatih soft skill untuk meningkatkan kemmapuan otak. Aku jadi mau ikutan latih kemampuan otak lewat fitur ZenCore dari Zenius.

    Reply
  6. Wah, ajaib sekali aplikasinya. Karena ada bagian personalisasi disesuaikan kemampuan anak. Nah, ini dia yg diperlukan orang tua. Sebab memang kemampuan anak berbeda2, tidak dapat disamakan.

    Reply
  7. menarik mbak, situasi belajar anak-anak jadi nggak membosankan kalau kayak gini. serasa ada yang menemani belajarnya dan dibuat dengan metode yangmenarik
    aku belum pernah pake mbak, mungkin bisa aku rekomendasikan ke temen aku

    Reply
  8. segera download aku mbak,, tertarik nih sama fiturnya, apalagi ada basic skill yang emang harus diasah lagi yaa.

    Reply
  9. Suka banget dengan inovasi teknologi di dunia pendidikan saat ini.
    Anak-anak jadi lebih enjoy waktu belajar bareng zenius

    Reply
  10. seru ya mbak
    mainin ZenCore bareng anak seperti ini
    bisa mengasah kemampuan otak anak juga
    bermain sambil belajar emang seru

    Reply
  11. allhamdulilah dengan zencore ini jadi tertolong dalam pembelajaran dan skil ya mba Damar.
    Semoga makin mudah dek Najwa, dalam memahami pembelajaran

    Reply
  12. Mengerjakan soal-soal di fitur ZenCore ini memang seru dan cukup menantang, ya. Mengerjakan soal dalam batas waktu tertentu dan ada sistem level-levelnya. Jadi seperti main game.

    Reply
  13. Benar banget sih ini kalau anak-anak perlu dibiasakan untuk mengasah kemampuan otaknya hingga pada taraf optimal. Apalagi masih usia dini atau SD jadi masih bisa di “bentuk” ehhh apaan. wkwkw
    Anyway, Zenius ini aplikasi yang ok juga, apalagi di fitur zencore-nya buat upgrade skill dan kwonledge setiap orang ya.

    Reply
  14. Aku belum punya aplikasi ini mba. Kayane emang joss ya untuk nemenin anak-anak belajar. Nek buat kelas I SD gimana ya? Is that really help parents untuk ngawal anak belajar? Nek disuruh belajar sendiri kira-kira bisa nggak ya? Atau harus pendampingan ortu ya? Kan asik nek anak bisa lebih banyak belajar mandiri, ortunya bisa selonjoran bentar hahaha.. dasar Simbok!

    Reply
  15. Menarik sekali ya Fitur ZenCore yang ada di aplikasi Zenius ini apalagi dikemas dalam tampilanv gaming pastinya bikin anak jadi senang dan nggak bosan belajar lewat fitur ini ya

    Reply
  16. Aku juga dah nyobain zencore niiihhh. Seru bangeeet berasa ikutan cerdas cermat online yaaa.. bisa push rank pulaaa.. weheheh

    Reply
  17. Jauh sebelum adanya pandemi, Zenius sudah mewarnai pembelajaran online. Sekarang fiturnya makin beragam ya dan inovasinya pasti makin membuat anak betah belajar.

    Reply
  18. ZenCore fitur Zenius yg paling andalan ya. Fiturnya berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang diyakini mampu meningkatkan kemampuan pengetahuan umum bagi penggunanya. Keren ihhh…

    Reply
  19. 3 Kemampuan dasar yang ada pada ZenCore itu bisa juga berarti untuk peningkatan kemampuan berpikir dan daya ingat ya. Setahu aku, 3 kemampuan dasar itu pula yang banyak dijadikan materi test atau ujian saat mau melamar kerja atau ikut test sertifikasi tertentu

    Reply
  20. Asik banget Zencore bisa dicobain untuk mengasah fundamental skill anak. Matematik, logika verbal dan bahasa inggris memang tiga pengetahuan dasar yang penting dikuasai generasi sekarang.

    Fitur-fitur zencore dari zenius keren banget ya. Pake teknologi machine learning dan AI pula. Selamat mencoba dan jadi jenius dengan zenius Kak Najwa.

    Reply
  21. saya memutuskan untuk download Zenius juga karena ada ZenCore mbak..biar anak bisa belajar yang lain juga. Tidak hanya materi pelajaran saja. Karena modelnya seperti permainan, anak jadi betah

    Reply
  22. Wah menarik ya banyak aplikasi belajar online seperti Zencore ini..pastinya membantu anak usia sekolah palagi yang sedang PJJ ya mbak

    Reply
  23. Wah bagus banget aplikasi zencore dari zenius sangat cocok untuk kemampuan mengasah otak anak dan orang tua, saya yakin sangat bagus banget ini untuk kedepannya dan mencerdaskan bangsa Indonesia

    Reply
  24. Setuju banget kalau ada aplikasi super bagus macam begini. Bikin anak-anak produktif untuk menambah ilmu, hanya dari HP.

    Reply
  25. Sekarang banyak aplikasi belajar online untuk anak ya kak. Jadi pengguna disuguhkan pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan termasuk ZenCore ini. Kemampuan belajar anak pun akan lebih maksimal dengan pendukung yang tepat seperti Zencore.

    Reply
  26. Fitur ZenCore dari Zenius ini emang menjawab banyak kebutuhan orang untuk meningkatkan skill yang enggak mereka pelajari di sekolah ya. Dan lebih asyik lagi, disediakan juga pembahasan. Jadi tahu deh alasan mengapa jawabannya begitu.

    Reply
  27. Zencore ini seperti air di tengah padang pasir ya mbak. Ketika orang tua udah jenuh dan anak juga sudah mulai ga ada semangat belajar, bisa jadi dengan zencore anak menjadi bersemangat kembali.

    Reply
  28. Anakku juga nyobain nih ZenCore, seru ya mak kaya cerdas cermat online. Serunya lagi biar ngundang temen dan push rank bareng yaaaa.. hihi

    Reply
  29. Nahini… platform belajar yang berbasis gaming gini emang bikin anak-anak gak ngerasa kalo lagi belajar yak.. . Jadi tanpa sadar mereka mendapatkan banyak wawasan baru dan melatih kemampuan berpikir kayak main game aja.

    Reply
  30. Mbak Damar, aku seneng banget baca penjelasanmu tentang ZenCore. Kemarin2 aku udah baca sih, tapi masih agak bingung karena kurang spesifik bahasannya. Tulisan mbak di sini lengkap dan mudah dimengerti. Jadi di sini ZenCore membantu anak-anak kita mendapatkan konten yang edukatif sekaligus entertaining, ya. Menariknya lagi, ternyata fitur ZenCore ini GRATIS! Aku pengen anakku yang cewek download app nya di HP nya. Makasih banyak ulasannya ya mbak Damar. Sangat berguna.

    Reply
  31. Mbak Damar …. nyaris salah fokus saya, melihat kemiripannya dengan buah hatinya ^_^

    Btw matematika, logika verbal, dan bahasa Inggris itu kemampuan fundamental yang dilatih dengan ZenCore ini ya …. semoga buah hatinya makin cemerlang yaa.

    Reply
  32. Aku udah nyoba beberapa kali aplikasi sensor dan keren banget sih mulai dari level yang paling bawah soalnya gampang cuman karena diwaktuin jadi ngerasa seru pas banget buat anak-anak nih belajar sambil seru-seruan. Jadi mereka nggak terbebani.

    Reply
  33. Mas Sabda CS ini memang the best yah, aku juga suka banget pake zencore dari zenius. Jadi ikutan push rank sama latihan soal tiap hari haha

    Reply

Leave a Comment