BEAUTY TIPS WOMEN CORNER

Ragu untuk Ber-makeup karena Warna Kulit Gelap? Ikuti 8 Tips Berikut Agar Kulit Gelapmu Semakin Memesona!

Beauty workshop IFB dan Lakme Makeup

Siapa yang sedang hobi mengulik tips makeup untuk kulit warna gelap? Cung! Yang tunjuk jadi berarti samaan sama aku.

Beberapa waktu yang lalu aku memang sering bernostalgia dengan kenangan masa kecil yang kurang mengenakkan. Iya, akhir-akhir ini aku memang sering membuka-buka album foto masa kecilku. Dalam ratusan lembar foto yang tertata rapi tersebut, jika diperhatikan dengan seksama, lembar demi lembar, tahun demi tahun, tak ada satu foto pun yang memperlihatkan warna kulitku yang sedikit lebih terang.

Semuanya gelap dan berwarna sawo matang. Bahkan di beberapa lembar foto, saat aku masih duduk di bangku SMP hingga SMA, warna kulitku justru terlihat lebih gelap, karena saat itu aku aktif berkegiatan basket dan marching band.

Meskipun sadar bahwa warna kulit gelap ini sudah bawaan lahir. Tapi, aku juga sempat merasa minder loh, apalagi kalau sedang bersama saudara atau teman-temanku.Wah, kalau diingat-ingat prosesnya lumayan lama sampai akhirnya aku bisa percaya diri dengan warna kulitku ini.

Dulu, jangankan untuk ber-makeup, memakai lipstik dan bedak pun aku nggak berani karena takut warnanya tidak sesuai dengan warna kulitku, yang ujung-ujungnya terlihat norak. Menurutku, lipstik dan kawan-kawannya hanya akan menonjolkan kekurangan pada diriku, yang kini justru kusadari sebagai keunikanku.

Ya, warna kulit, bentuk mata, hidung dan segala hal yang ada pada diri seseorang adalah keunikan yang membuatnya berbeda satu dengan yang lainnya.

Tips Makeup Kulit Warna Gelap

Makeup untuk kulit warna gelap

Nah, belakangan ini, selain memberikanĀ  perhatian dengan kondisi kulit yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, aku pun tertarik untuk bermain-main dengan kosmetik, khususnya yang berkaitan dengan tips makeup warna kulit gelap.

Alasannya simple saja, karena ternyata ada saat-saat tertentu di mana aku butuh untuk menggunakannya.

Aku pun mulai mempelajari tips dan trik agar kosmetik yang kugunakan terlihat natural, sesuai dengan warna kulitku yang gelap, dan bisa menonjolkan keunikan pada wajahku. Apa sajakah tips tersebut?

Yuk, langsung saja kita bahas satu per satu, agar teman-teman yang memiliki warna kulit gelap sepertiku bisa mendapatkan hasil riasan yang sama sekali tidak terihat norak.

1. Pastikan kulit dalam kondisi bersih dan lembab

Pertama dan yang perlu kita pastikan sebelum menggunakan makeup adalah kondisi kulit yang bersih dan lembab. Selain membersihkan wajah dengan facial wash atau cleansing lotion secara rutin, pastikan teman-teman rajin melakukan tahapan hidrasi wajah.

Jangan lupa bahwa kondisi kulit yang bersih dan lembab merupakan “kanvas” yang paling sempurna untuk mengaplikasikan foundation dan teman-temannya. Jadi jangan pernah menyepelekan kondisi kulit lantaran kalian ingin menutupnya dengan kosmetik.

2. Pemilihan warna foundation menjadi kunci keberhasilan makeup.

Makeup untuk kulit warna gelap

Tidak jarang kita melihat hasil riasan wajah yang terkesan seperti topeng alias tidak natural. Bisa jadi, hal tersebut disebabkan karena pemilihan warna foundation yang tidak sesuai dengan warna asli kulitnya.

Bagi perempuan dengan kebutuhan makeup warna kulit gelap seperti kita, maka jangan sekali-kali mencoba warna foundation yang lebih terang dari warna kulit. Jika tidak bisa mendapatkan yang sama persis, usahakan yang mendekati tone kulit atau setingkat lebih gelap.

Nah, untuk menentukan warna foundation yang sesuai, teman-teman bia mencoba di bagian leher, atau bagian wajah yang paling mendekati leher.

Untuk pengaplikasiannya sendiri pastikan tidak berlebihan dan dibaurkan secara merata hingga leher dan seluruh sudut wajah. Blending merupakan salah satu bagian paling penting yang nantinya menentukan hasil riasan kalian terlihat natural atau sebaliknya.

3. Lip matte warna orange untuk menyamarkan dark circles.

Makeup untuk kulit warna gelap

Alih-alih concealer, teman-teman bisa menggunakan lip matte warna orange untuk menyamarkan dark circles di area kantung mata.

Penggunaan lip matte warna orange dianggap lebih natural karena perbedaan warna yang tidak terlalu signifikan dengan kondisi kulit di bawahnya. Warna orange juga dianggap lebih mudah menyatu sehingga warna kulit area bawah mata tidak terlalu kontras dengan bagian lainnya.

4. Aplikasikan bedak untuk meng-cover foundation.

Penggunaan bedak sangat membantu memberikan tampilan natural dan tidak berminyak. Bagi pemilik warna kulit gelap, maka bedak transluent yang berwarna transparan lebih mudah menyatu dengan warna kulit dan tidak terlihat berlebihan.

Di samping itu, bedak transluent dapat memberikan tampilan glowing saat tertimpa cahaya sehingga memberikan kesan segar pada pemakainya.

Untuk jenis bedak yang digunakan bisa disesuaikan dengan jenis kulitnya ya. Jika jenis kulit berminyak, maka bedak tabur merupakan pilihan yang tepat.

5. Bingkai alis dengan pensil alis warna gelap.

Makeup untuk kulit warna gelap

Untuk mempertegas karakter wajah, maka gunakan pensil alis dengan wara gelap seperti hitam atau coklat tua. Kedua warna ini sangat cocok untuk pemilik warna kulit gelap. Atau, jika ingin memberikan kesan yang lebih natural, teman-teman bisa menggunakan dua warna sekaligus. Misalnya hitam untuk bingkai alis sedangkan coklat tua untuk bagian dalamnya.

Nah, untuk pengaplikasinnya sendiri tidak perlu terlalu tebal, namun juga jangan terlalu tipis. Jangan sampai porsi alis justru mendominasi wajah.

Selain itu, pastikan menggambar alis searah dengan arah tumbuhnya rambut alis.

6. Gunakan eye shadow dan blush-on berwarna hangat

Makeup untuk kulit warna gelap

Eye shadow dan blush-on merupakan piranti yang bertugas memberikan rona pada wajah. Untuk pemilihan warna eye shadow sendiri hindari warna-warna “mentah” karena hanya memberikan kesan pucat dan tidak bisa menyatu dengan kulit berwarna gelap.

Pilihan warna seperti coklat, terracota, gold, silver dengan aksen gelap di bagian sudut luar mata merupakan pilihan yang tepat karena memberi kesan hidup pada warna kulit kita.

Makeup untuk kulit warna gelap

Sedangkan untuk blush-on kurang lebih sama. Warna-warna hangat seperti mauve, terracota, warm peach, plum dan dark rose dapat memberikan rona wajah yang natural.

7. Pilih warna lipstik sesuai warna kulit wajah.

Makeup untuk kulit warna gelap

Dusty pink, peach brown, maroon, merah, coral dan burgundy cocok untuk warna kulit gelap. Hindari menggunakan lipstik berwarna terang seperti soft pink, peach muda, atau fuschia muda karena dapat mengurangi tampilan makeup secara keseluruhan.

Sedangkan jika menginginkan lipstik dengan warna nude, maka pastikan mengenali undertone warna kulit gelap kalian. Apakah cool atau warm sehingga tidak salah memilih lipstik yang berakhir pada tampilan wajah pucat.

8. Tambahkan shimmer untuk kesan glowing.

Makeup untuk kulit warna gelap

Shimmer merupakan piranti paripurna dalam keseluruhan tips makeup warna kulit gelap. Shimmer bertugas memberikan kesan glowing pada wajah. Untuk pemilihan warnanya sendiri usahakan yang cenderung ke arah bronze atau gold. Sedangkan pengapliksiannya bisa dibagian cuping hidung, tulang pipi danĀ  di bawah tulang alis.

Terlihat ribet dan banyak aturan, tetapi sebenarnya tidak, asalkan sudah dijadikan kebiasaan. Oleh sebab itu, awali dengan mengoleksi kosmetik yang sesuai dengan kebutuhan warna kulit gelap. Di samping itu, sesuaikan kebutuhan kosmetik dengan aktivitas sehari-hari.

Nah, setelah mengetahui tips dan triknya, dijamin hasil riasan kalian akan terlihat natural tanpa kesan berlebihan. Dengan pengaplikasian dan pemilihan warna-warna yang tepat, kulit warna gelap kalian pun akan terlihat semakin glowing memesona. Siapa coba yang bisa menolak?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *