BEAUTY LIFESTYLE TIPS

Manfaat Kandungan Acid dalam Skincare Wajah

Manfaat acid untuk wajah

Ciwi-ciwi pemakai skincare pasti mulai akrab sama yang namanya Glycolic Acid, Hyaluronic Acid dan Salycil Acid yang sangat terkenal itu. Serta berbagai varian senyawa acid untuk wajah lainnya. Ya, karena skincare dengan kandungan senyawa asam memang semakin banyak jenisnya dan sangat diminati karena efek positif yang dirasakan konsumen. Tapi, ngomong-ngomong Teman-teman tahu enggak apa saja manfaat acid untuk wajah? Apa saja jenis-jenisnya? Dan, apa yang perlu diperhatikan jika berniat menggunakan skincare dengan kandungan berbagai senyawa acid tersebut?

Perkenalanku dengan senyawa acid untuk wajah dimulai ketika menggunakan Gold Water Essence dari Safi skincare. Essence dari varian Safi Age Defy ini menggunakan Hyaluronic Acid (HA) sebagai hero ingredients untuk produk yang diklaimnya memberikan manfaat melembabkan wajah, mengurangi garis-garis halus tanda penuaan dan kerutan. Jadi, bisa dibilang Hyaluronic Acid ini efektif untuk perawatan anti-aging.

Hyaluronic Acid sendiri sebenarnya merupakan satu substansi alami dalam tubuh manusia yang banyak ditemukan di area mata, persendian dan kulit. Dalam perkembangannya, teknologi kecantikan memanfaatkannya sebagai salah satu unsur dalam skincare wajah. Melalui berbagai penelitian di laboratorium, maka dibuatlah senyawa versi buatan dengan nama sama untuk dimasukkan dalam berbagai produk kecantikan.

Jenis dan Manfaat Acid untuk Wajah

Selain Hyaluronic Acid, Teman-teman pasti sudah tidak asing dengan berbagai senyawa asam yang terkandung dalam skincare yang kalian gunakan. Sebut saja Salycil Acid, yang sangat terkenal itu. Atau, Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang belakangan booming dalam berbagai serum wajah.

Nah, berikut beberapa jenis dan manfaat acid untuk wajah yang bisa kita jumpai dalam berbagai varian skincare.

1. Salycil Acid

Salicyl Acid seringkali direkomendasikan untuk pemilik kulit berjerawat. Manfaat acid wajah yang satu ini sudah terkenal sejak lama, bahkan salah satu sumber bacaan menyebutkan bahwa Salicyl Acid sudah digunakan sejak 2000 tahun yang lalu. Salicyl Acid termasuk dalam golongan Beta Hydroxy Acid (BHA) yang terbuat dari ekstrak pohon willow.

Salicyl Acid sangat disukai karena kemampuannya dalam mengobati jerawat-–masalah kulit yang hampir dialami oleh semua orang. Di samping itu Salicyl Acid juga memiliki manfaat mengurangi produksi sebum wajah, membantu mengeksfoliasi lapisan sel kulit mati dan bekerja sebagai deep cleanser agent.

Namun, meskipun memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah, bukan berarti kita bisa menggunakannya secara berlebihan, karena penggunaan Salicyl Acid secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Di samping itu, ibu hamil dan menyusui sebaiknya menunda pemakaian produk dengan kandungan Salicyl Acid karena efek negatif yang mungkin dapat mempengaruhi bayi atau janin.

Manfaat Acid untuk wajah

2. Glycolic Acid

Glycolic Acid merupakan salah satu acid wajah yang sedang naik daun dan banyak digunakan dalam produk skincare. Glycolic Acid atau asam glikolat terbuat dari tebu dan terbukti ampuh digunakan untuk mengeksfoliasi sel kulit mati di wajah. Di samping itu, acid wajah ini termasuk dalam golongan Alpha Hydroxy Acid (AHA) ini memiliki molekul paling kecil dibandingnkan senyawa AHA lainnya sehingga lebih mudah meresap masuk ke dalam lapisan kulit wajah.

Selain memiliki kemampuan eksfoliasi, Glycolic Acid juga bekerja memperbaiki tampilan kulit wajah dalam beberapa cara, yaitu:

  • Memperbaiki tekstur kulit wajah.
  • Meningkatkan keremajaan kulit.
  • Melembabkan kulit wajah.
  • Membantu meratakan warna kulit.
  • Membantu menyamarkan berkas noda jerawat.
  • Membantu mencegah timbulnya jerawat.

Sesuai manfaatnya, meskipun bekerja sebagai eksfoliator, namun Glycolic Acid tidak menyebabkan kulit menjadi kering tetapi jusru sebaliknya, lembut dan moist.

Baca juga: Toner Lokal dengan Kandungan AHA

MAnfaat acid untuk wajah

3. Lactic Acid

Selain Glycolic Acid, Lactic Acid merupakan salah satu asam dari golongan AHA yang banyak digunakan dalam skincare wajah. Manfaat acid untuk wajah dalam senyawa asam yang terbuat dari ekstrak susu ini tidak jauh berbeda dari asam sebelumnya, yaitu Glycolic Acid. Hanya saja Lactic Acid memiliki kemampuan melembabkan kulit yang lebih baik, mampu merangsang produksi kolagen, menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah. Di samping itu, dengan pemakaian secara teratur Lactic Acid mampu mencerahkan warna kulit.

Susu sendiri merupakan salah satu bahan perawatan wajah yang sudah digunakan sejak bertahun-tahun silam. Bahkan Sang Ratu mesir pun mengandalkannya untuk menjaga kecantikan kulitnya. Namun seiring berkembangnya teknologi kecantikan, Lactid Acid yang sekarang beredar di pasaran dibuat dari senyawa sintetis namun memiliki manfaat yang sama dengan bahan aslinya.

Menurut para pakar, Lactic Acid cenderung bisa digunakan untuk semua jenis kulit dan jarang menimbulkan iritasi. Lactic Acid sendiri sering dijumpai dalam produk pembersih, lotion dan eksfoliator.

4. Mandelic Acid

Terdengar asing namun Mandelic Acid merupakan salah satu senyawa asam yang aman digunakan dalam produk perawatan kulit wajah. Mandelic Acid termasuk dalam golongan AHA namun dengan molekul yang sedikit lebih besar  sehingga lebih sulit untuk menembus lapisan kulit.

Struktur molekul Mandelic Acid yang tidak sekecil Glycolic Acid inilah yang menjadikannya aman dan  direkomendasikan bagi pemilik wajah sensitif. Manfaat acid untuk wajah yang berbahan dasar ekstrak almond pahit ini di antaranya mencegah pertumbuhan jerawat baru, mengobati kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan memudarkan pigmentasi.

Manfaat acid untuk wajah
Gambar milik: Female Daily

5. Kojic Acid

Kojic Acid biasanya bekerja sebagai produk pemutih wajah alias whitening. Kojic Acid terbuat dari fermentasi beras yang biasa digunakan dalam sake Jepang. Manfaat acid untuk wajah dalam Kojic Acid sangat populer dalam produk perawatan kulit Asia karena kemampuannya sebagai anti aging dan mampu menurunkan hiperpigmentasi serta meratakan warna kulit.

Menurut beberapa sumber, kandungan asam dalam Kojic Acid termasuk keras dan dapat menimbulkan iritasi jika kondisi kulit tidak kuat. Hanya saja, Kojic Acid bekerja sangat efektif untuk mencerahkan warna kulit, sehingga sering disebut sebagai whitening product.

6. Azelaic Acid

Azelaic Acid merupakan salah satu produk andalan dalam perawatan wajah berjerawat. Jadi jangan heran jika kalian sering melihat bahan yang satu ini diresepkan dalam krim racikan dokter. Manfaat acid untuk wajah dalam Azelaic Acid seringkali membuat pori-pori terlihat jelas, namun efektif mematikan bakteri dan mengurangi peradangan.

Jarang ditemukan efek samping dalam Azelaic Acid, namun pada pemilik kulit sensitif, Azelaic Acid dapat menyebabkan kulit memerah dan mengelupas. Bahkan pada kulit yang memiliki sensitivitas tinggi iritasi yang ditimbulkan hampir menyerupai sengatan serangga.

Manfaat acid untuk wajah

7. Ascorbic Acid

Asam Ascorbic ibarat The Sister of Vitamin C karena memiliki bentuk vitamin C yang dapat larut dalam air. Ascorbic memiliki manfaat acid untuk wajah khususnya sebagai anti-aging. Sering digunakan sebagai pengganti hidrokuinon untuk mengobati melasma kulit. Namun karena kandungannya sangat tidak stabil maka asam ini biasanya tersedia dalam bentuk Magnesium Ascorbyl Phospate dan Tetra-Isopalmitoyl Ascorbic Acid yang cenderung lebih stabil.

Di samping 7 macam jenis dan manfaat acid untuk wajah yang sudah disebutkan, sepertinya perlu juga nih mengetahui pengelompokan acid wajah berdasarkan permasalahan kulit.

Berikut pengelompokkan manfaat acid untuk wajah berdasarkan kebutuhan dan  masalah kulit yang umum dialami perempuan.

Rekomendasi Penggunaan Acid Wajah sesuai Kebutuhan Kulit

  • Kulit berjerawat: Salicyl Acid, Azelaic Acid, Glycolic Acid, Lacyic Acid, Mandelic Acid.

  • Kulit dewasa: Glycolic Acid, Lacitc Acid, Ascorbic Acid.

  • Kulit dengan masalah hiperpigmentasi: Kojic Acid, Azelaic Acid, Glucolyc Acid, Lacyic Acid, Ascorbic Acid

4 Hal yang perlu Diperhatikan saat Menggunakan Acid Wajah

Manfaat acid untuk wajah
Gambar milik: Harper Bazaar
  1. Pengaplikasian skincare dengan kandungan acid cenderung meningkatkan sensitivitas kulit. Untuk itu selalu gunakan sunscreen dengan angka SPF 30 ke atas.
  2. Selalu lakukan patch test sebelum menggunakan skincare dengan kandungan acid ke seluruh wajah.
  3. Semakin tinggi konsentrasi asam maka semakin besar pula kemungkinan iritasi yang ditimbulkan. Jadi, usahakan selalu memulai dengan konsentrasi kecil kemudian bertahap hingga konsentrasi yang lebih besar.
  4. Hindari menggunakan skincare kandungan senyawa asam dengan mengikuti beberapa rekomendasi yang berhasil dilansir dari Healthline berikut ini:
  • Jangan gunakan Salicyl Acid bersamaan dengan produk yang memiliki kandungan asam jenis lain.

  • Hindari menggunakan Salicyl Acid dengan niacinamide (Vitamin B).

  • Usahakan tidak memakai Glycolic Acid atau Lactic Acid bersamaan dengan Ascorbic Acid (Vitamin C) karena manfaat Vitamin C dalam produk akan menghilang.

  • Hindari menggunakan AHA dengan produk yang mengandung retinol.

Ternyata banyak sekali jenis-jenis dan manfaat acid untuk wajah yang selama ini sudah kita gunakan. Semoga dengan membaca artikel ini Teman-teman semakin terbantu untuk mengenali kebutuhan acid untuk kulit wajahnya. Lebih paham dengan khasiat dari setiap jenis asam yang ada dalam skincare yang rutin digunakan. Dan yang terpenting, semoga tips penggunaannya bermanfaat sehingga mendapatkan hasil terbaik.

 

 

10 thoughts on “Manfaat Kandungan Acid dalam Skincare Wajah”

  1. Kojic Acid ini apa yang bikin wajah jadi kemerahan ya mbak?, biasanya kalo produk whitening itu jadi muka kayak memar gt gak sih, ya berdasarkan pengamatan rang orang aja sih hehe. Trus yang kutahu Salicyl Acid biasanya ada di bedak gatal kayak Cal*dine gt, seingetku sih 😀
    Btw, Selalu suka kalo mba Damar nulis konten beauty, soalnya selalu detail, jadi orang yang buta ttg perlenongan jadi ngeh lan mudeng 😀

  2. Yuni nggak perhatian sih sama kandungan kalau lagi pake skinker. Tapi emang acid-acid ini nggak asing deh. Beberapa skinker yang yuni pake kayaknya juga ada kandungan acid-acidnya. Hehehe

  3. Wah…aku tadinya engga care. Baca ini jadi belajar, banyak banget acid-acid. Dan ternyata ada yg engga boleh dipakai bersamaan, apalagi buat kulit sensitive.

  4. Banyak juga jenis acid yang biasa digunakan untuk perawatan wajah ya, Mbak.
    Memang harus hati-hati dalam penggunannya, jangan sampai menggunakannya bersamaan.
    Seperti penggunaan Salicyl Acid bersamaan dengan produk yang memiliki kandungan asam jenis lain. Bisa merusak kulit ya…

  5. Wah, jadi pengetahuan baru nih buat saya. Ttg macam2 acid dan manfaatnya bagi wajah. Selama ni tahunya acid semacam makanan gitu hehe. Asam amino maksudnya.

  6. Wow mbak, aku gak kepikiran untuk cari informasi tentang acyd ini loh. kayaknya memang harus tahu ya agar manfaatnya lebih bisa diterima wajah dengan baik

  7. Wah infonya detil banget mba. Jadi tahu lebih jelas tentang jenis acid dan manfaatnya . Makasih tips2nya yg keren ya mba. Tapi aku kudu baca berulang2 biar paham .

  8. Wah, baru tahu ini informasinya mba’. Saya jadi lebih paham dengan khasiat dari setiap jenis asam yang ada dalam skincare yang rutin yang akan digunakan sehari-hari. Terimakasih mba’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *