LIFESTYLE MOMMIES WORLD

33 Ide Hobi untuk Ibu Rumah Tangga dan Mengapa Kita Harus Memiliki Salah Satunya

Basket! Itu jawabanku jika teman-teman bertanya tentang hobiku di masa remaja. Oh andai saja kalian percaya, dengan tinggi badan yang hanya 154 cm ini aku sangat rajin berlatih 2 kali dalam seminggu di akhir pekan. Bahkan tak jarang aku mengikuti pertandingan meskipun kadang posisiku hanya menjadi pemain cadangan.

Tapi, tak mengapa jika kalian tetap tak percaya. Karena kemudian hobi itu memang terlupakan begitu saja saat aku duduk di bangku kuliah. Berganti hobi demi hobi lain yang sama sekali nggak ada hubungannya dengan basket atau olahraga lainnya.

Melewati hari-hari di bangku kuliah, aku merasa hampir eggak memiliki kesenangan khusus pada suatu kegiatan. Hidupku monoton antara kuliah, jualan camilan dan arubaito alias kerja sampingan. Kalaupun ada waktu luang biasanya aku memilih nongkrong, atau meng-handle event dengan teman-teman.

Iya, saat kuliah aku sempat membuat EO kecil-kecilan. “Himawari Inc.” begitu kami menamainya. Belakangan, aku mulai menyadari bahwa kreativitas, keterampilan dan kemampuan untuk survive mulai terasah melalui EO yang kami buat ini. Enggak sekedar tentang bagaimana mewujudkan satu acara dengan bujet pas-pasan. Tapi juga membuat sesuatu yang benar-benar dari nol. Termasuk di dalamnya menggali dana dan meyakinkan orang.

Aku kurang paham apakah yang kulakukan saat itu termasuk hobi. Yang pasti, aku melakukan hal yang menyenangkan dan sangat kusukai. Sekaligus bisa menjadi pengalihan dari jenuhnya kehidupan yang berkutat antara hiragana, katakana dan kanji, hahaha, balada jurusan Jepang.

Hobi Baru setelah Menjadi Ibu

 

manfaat hobi untuk ibu rumah tangga
Rok tutu dan headband hasil nge-craft

Selepas menikah, aku berpikir hidupku cukup lengkap sebagai perempuan. Apalagi selang sebulan setelah pernikahan aku langsung mengandung anak pertama. Itu artinya, aku akan segera memiliki kesibukan baru bersama bayi mungilku.

Masih butuhkah memiliki hobi? Tentu saja aku berpikir “Enggak perlu”, karena merawat si kecil tentu akan menjadi hobi baruku.

Oh ya, hobi yang kumaksud di sini sifatnya aktivitas di luar kebiasaan sehari-hari, ya. Misalkan membaca, menulis diary atau mendengarkan radio. Ketiganya sudah bukan hobi lagi bagiku, tapi kebutuhan. Andaikan kurang satu saja, rasanya pasti ada yang kurang. Ibarat makan tapi lupa nggak pakai kerupuk dan sambal tomat, nyam…nyam.

Nah, balik lagi tentang hobi saat telah menjadi ibu rumah tangga.

Ternyata, merawat bayi sambil bekerja kantoran tak seindah yang kubayangkan. Apalagi saat itu aku masih menjalani pernikahan beda kota. Di mana suami tidak mungkin pulang setiap minggu. Sebulan sekali pun terkadang batal karena urusan pekerjaan.

Dalam situasi yang sering kesepian itu aku mulai membuka-buka tutorial crafting. Berawal dari membuat rok tutu untuk ulang tahun Najwa, kemudian headband dan aneka dekorasi untuk ultahnya. Aku pun mulai kecanduan nge-craft. Kemudian blog dan toko craft online pun menjadi sasaran hobi baruku ini.

Aku merasakan ada gairah baru dalam hidupku. Gairah dan keinginan untuk mempelajari hal baru. Maka kesenangan baru ini pun berlanjut ketika aku resmi “dirumahkan”. Dengan status ibu rumah tangga, kuputuskan membeli 1 unit mesin jahit portable merk Singer.

Manfaat hobi untuk ibu rumah tangga
Dress sederhana hasil belajar menjahit

Selain mukena, beberapa dress sederhana berhasil kubuat untuk Najwa. Ada yang masih dipakai hingga sekarang. Ada juga yang kemudian diwariskan pada sepupu-sepupunya karena kekecilan.

Sayangnya, saat itu melakukan hobi benar-benar hanya untuk refreshing saja. Enggak ada keinginan atau strategi agar hobi yang kutekuni menjadi ladang penghasilan. Tapi, di balik kegiatan yang sepertinya hanya bersenang-senang dan buang-buang uang untuk membeli bahan-bahan craft. Sebenarnya aku benar-benar merasakan manfaat hobi untuk ibu rumah tangga sepertiku.

Manfaat Hobi untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga dan menyediakan sendiri segala keperluan anak dan suami memang suatu hal yang luar biasa bagiku. Seringkali aku melupakan diriku sendiri, Melupakan sisi humanis dalam diri yang ingin diajak bersenang-senang. Bukan berarti merawat anak dan suami tidak menyenangkan, tapi sebagai individu, setiap orang pasti memiliki satu kebutuhan untuk menyenangkan dirinya sendiri.

Nah, di situlah manfaat hobi untuk ibu rumah tangga. Tapi nggak hanya itu, satu di antara poin-poin berikut mungkin juga teman-teman rasakan.

Sudah siap?Yuk, langsung saja.

1. Memiliki hobi menyebabkan otak terus terstimulasi

Bukan berarti pekerjaan rumah tangga tidak menstimulus otak kita, ya. Bukannn! Bukan banget.

Baik mengasuh anak maupun mengurus seluruh pekerjaan rumah tangga semuanya butuh ilmu. Setiap hari para ibu berpikir bagaimana agar kehidupan rumah tangganya bahagia. Aman, tentram dan cukup sandang pangan. Semua itu butuh kreativitas dan manajemen waktu. Dan itu semua bisa dipastikan sangat menstimulus otak.

Tapi, bandingkan dengan jika kita memiliki hobi menyanyi atau menjahit. Bukankah otak kita akan mendapatkan stimulus baru? Ilmu baru yang sangat me-refresh suasana hati dan pikiran. Secara tidak sadar kita pun akan tergerak untuk belajar lebih banyak. Menggali info lebih dalam, serta men-challenge diri untuk menghasilkan karya.

Memang tidak selalu mudah. Tapi tantangan demi tantangan inilah yang membuat otak lebih segar dan terasa selalu muda.

2. Hobi memberikan identitas lain bagi seorang ibu rumah tangga

Setelah menjadi ibu rumah tangga,mau tak mau ada identitas yang harus kita tinggalkan. Ini bukanlah suatu hal yang menyedihkan, karena setiap pilihan mengandung konsekuensi bukan?

Nah, menekuni hobi bisa memberikan identitas baru bagi kita. Hal ini juga yang dialami beberapa tan dengan profesi ibu rumah tangga.

Misalnya karena menekuni hobi membuat kue, seorang teman kini lebih dikenal sebagai pembuat kue spesialis ultah. Bahkan baru-baru ini ia meluncurkan brand kue dengan nama anaknya.

Pengalaman serupa juga terjadi padaku. Semenjak konsisten menulis di blog, beberapa teman juga mulai mengenali identitasku sebagai bloger atau narablog.

Hm.. sebenarnya hanya suatu hal yang sangat sederhana. Tapi lumayan membuat bahagia, bukan?

 

Manfaat hobi untuk ibu rumah tangga
Hobi ngeblog mau tak mau membuatku harus terus menggali informasi, mengasah keterampilan menulis.

Tanpa Sadar, Manfaat Hobi untuk Ibu Rumah Tangga Bisa Berimbas pada Keluarga

3. Saat melakukan hobi, ibu mengajarkan hal baru pada anak

Ketika kecil dulu, aku selalu tertarik saat melihat ibu menyulam atau menjahit. Melihat hal itu Ibu pun berinisiatif untuk mengajarkan kami, anak-anak perempuannya untuk melakukan hal sejenis. Kami pun mulai belajar sulam-menyulam dan jahit-menjahit sederhana. Hingga kini, dua keterampilan tersebut masih sering kami pergunakan dan terbukti sangat bermanfaat.

Nah, hal seperti yang pernah dilakukan Ibu di masa kecilku kini sedang kulakukan pada DuoNaj. Selain mengajak mereka menulis cerita, aku pun tak ragu mengajak keduanya memegang gunting, kertas dan kain perca untuk membuat kerajinan.

Apakah mereka harus memiliki hobi yang sama dengan kita? Tentu tidak. Tapi, apa salahnya jika mereka memiliki keterampilan yang kelak bisa membantunya?

4. Bersenang-senang dengan hobi seolah mengisi satu ruang kosong dalam diri ibu.

Manfaat hobi untuk ibu rumah tangga ternyata tak sekedar memberikan kesenangan. Tapi hal sesederhana menjahit atau menulis ternyata mampu mengisi satu ruang kosong dalam diri.

Sebenarnya hal ini tidak terjadi pada ibu rumah tangga saja.Tapi bagi siapapun yang berkesempatan melakukan satu kesenangan pribadi, pasti bisa merasakan kepuasan yang mungkin tak bisa dilihat orang lain.

Rasa puas yang kemudian mengalirkan energi bahagia pada diri sendiri. Efeknya, tentu saja akan memengaruhi pada cara seorang ibu mengurus keluarganya.

5. Menekuni hobi bisa menjadi satu sumber penghasilan

Orang bilang pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Benarkah?

Iya, kenyataannya memang begitu. Pelukis, pengrajin, designer, fotografer hanyalah sedikit profesi yang lahir dari hobi. Masih ada puluhan profesi dan sumber penghasilan yang terlahir dari hobi.

Jadi, siapa yang bisa menolak jika suatu ketika hal yang berwujud passion ini berubah menjadi salah satu sumber penghasilan?

Kalau aku tentu dengan tangan terbuka menyambutnya.

33 Ide Hobi untuk Ibu Rumah Tangga

Nah, setelah mengetahui 5 manfaat hobi untuk ibu rumah tangga, mungkin kita mulai menerka-nerka. “Kira-kira hobiku apa, ya? Mungkin 33 ide hobi ini bisa membantu teman-teman.

Hobi yang Berkaitan dengan Olah Tubuh

1. Menari

2. Capoeira

3. Lari

4. Aerobic

5. Yoga

6. Pilates

Hobi yang Berkaitan dengan Seni Artistik

1. Scrapbook

2. Melukis

3. Menggambar

4.Lettering

5. Mewarnai

6. Ikebana/merangkai bunga

Hobi yang Berkaitan dengan Dapur

1. Mencoba aneka resep baru

2. Dekorasi kue

3. Baking

4. Memahat buah

5. Berkreasi dengan bento

Hobi yang berkaitan dengan Musik

1. Memainkan alat musik

2. Menulis lagu

3. Menyanyi

Hobi yang berkaitan dengan Dunia Kepenulisan

1. Menulis cerpen/novel

2. Menulis Puisi/sajak

3. Membuat jurnal

Hobi yang Berkaitan dengan Kegiatan Outdoor

1. Camping

2. Hiking

3. Berkebun

4. Berenang

5.  Memancing

6. Traveling

Hobi yang Berkaitan dengan Teknologi

1. Graphic Design

2. Blogging

3. Fotografi

Hobi Berkaitan dengan D.I.Y

1. Menjahit

2. Kesenian origami

3. Merajut

4. Menyulam

5. Quilting

Dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi nggak perlu galau ya,segera tentukan mana yang menjadi hobi kita.Tekuni dan rsakan manfaat hobi untuk ibu rumah tangga seperti yang sekarang sudah kurasakan.

Tulisan lain dengan tema hobi bisa teman-teman baca di www.ayoberkisah.com . Sebuah blog yang ditulis oleh  Qoty Intan Zuhnida, momblogger yang sangat concern dengan tumbuh kembang dua orang buah hatinya.

 

13 thoughts on “33 Ide Hobi untuk Ibu Rumah Tangga dan Mengapa Kita Harus Memiliki Salah Satunya”

  1. Hobi kalau ditekuni seringkali malah jadi ladang penghasilan yah. Makanya anak² sih aku arahkan untuk punya hobi. Anak cowo hobinya koleksi action figure. Hmm…engga ngerti sih aku bagusnya di mana. Mahal pula. Ternyata dia jual-beli dan jual jasa ngecat si action figur tsb…

  2. Sebagai seorang dengan kecerdasan intrapersonal tentu aku memilih menulis sebagai hobi. Daaan aku baru nyadar saat berusia 30 tahunan. Qiqiqi, tapi tak apalah asah terus kemampuan.

  3. Setelah jadi ibu, saya menekuni hobi ngulik DIY media pembelajaran anak, dan lagi seneng nulis cernak. Ngisi Me time dengan melakukan hobi begini bisa membuat rasa percaya diri menjadi seorang ibu rumah tangga tetap stabil. Haha

  4. Hobi saya yang sejalan dengan anak-anak adalah jalan-jalan. Hahahaha seminggu aja di rumah terus tanpa jalan-jalan bakalan suntuk serumah. Hihihii
    Asik juga ya mbak. Hobinya bisa ditekuni dan menghasilkan it’s so cute

  5. wih mba damar ternyata jago jahit? saya enggak bisa banget di suruh jahit, wkwkwk. Liat polanya aja udah bingung, heu. kudu kursus dulu keknya baru bisa, heu. Kalau masalah hobi tentu aku milih di kepenulisan. Tapi kok enggak ada blogger mba? hehe.

  6. Hobiku dulu pas sekolah apa ya? Olah raga blas nggak ada yang bisa dan suka. Bikin capek menurutku saat itu. Aku hanya suka ngoleksi prangko dari SD. Hingga SMU masih rajin berburu prangko dan menjadi anggota filateli. Setelah menikah, vakum berfilatelinya. Jadi senang coba resep, bikin craft. Dan sulungku kalau ingin dapat jajan tambahan dia akan bikin craft lalu dijual ke temannya.

  7. Betul, menjadi ibu rumah tangga sebaiknya menekuni hobi. Saat memutuskan berhenti kerja dan hanya mengurus rumah, saya sempat dilanda kejenuhan. Dengan menekuni hobi hidup akan lebih berwarna.

  8. Sejak remaja saya sudah hobbi dengan menjahit, Sebenarnya bukan hobbi dari lahir sih, tetapi lebih karena tuntutan keadaan, cari tambahan uang jajan hehehe

  9. Pantesan mbak damara aisyah ini secantik, dulu pinter basket siih ehehe… sekarang ngajari mbak cantik najwa basket dong. Eh, sudah beralih ke blogging dan ngecraft yaa.
    Sama dong dengan gadis kecil saya. Namanya juga aisyah lho. Tangannya itu kayak ndak bisa diam. Sampai kepikiran mau mbelikan mesin jait. Tapi dia kan masih 12 tahun. Kok saya agak khawatir dia bisa terluka.mudah mudahan aisyah saya juga sekreatif mama cantik pemilik blog.ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *