HEALTHY LIFE LIFESTYLE PARENTING

Rahasia Menumbuhkan Anak Tinggi, Tangguh, Tanggap dengan Dukungan Nutrisi Indomilk Susu Bubuk

Indomilk susu bubuk untuk anak usia 5 hingga 12 tahun

Di balik situasi prihatin akibat pandemi Corona di Indonesia, tahun 2020 ini rasanya saya sangat bersyukur karena Najwa dan Najib menunjukkan tumbuh kembang yang menggembirakan. Tubuh keduanya terlihat semakin kuat dan sehat. Saya pun semakin tertantang untuk menyediakan asupan bernutrisi bagi keduanya. Salah satunya dengan menyediakan Indomilk Susu Bubuk untuk mendukung keduanya tumbuh Tinggi, Tangguh, Tanggap sehingga siap menghadapi segala perubahan.

Saya juga tidak menyangka, selama kurang lebih tujuh bulan terisolasi di dalam rumah, anak-anak justru tidak pernah sakit. Biasanya kalau tidak flu, ya, demam. Paling sering sih, rewel akibat kelelahan di sekolah. Namun, belakangan anak-anak semakin terampil dan sehat. Selera makannya pun sangat menggembirakan. Sampai-sampai, berat badan Najib naik 5 kilo, sedangkan Najwa hampir 6 kilo. Pokoknya sekarang tubuh keduanya keras saat dipegang.

Yang juga tidak kalah menggembirakan adalah pertambahan tinggi badan keduanya. Si Najib yang berusia 6 tahun tinggi badannya sudah mencapai 125 cm. Sedangkan Najwa, bulan ini saya ukur lagi dan sudah mencapai 146 cm. Itu artinya tinggi badan Najwa hanya terpaut 7 cm dengan saya. Wah, sebentar lagi sudah seperti kakak-beradik saja kalau jalan berdua, haha.

Memang wajar jika kedua anak saya tinggi. Lha wong bapaknya saja 183 cm, meskipun Ibunya hanya 1,5 meter. Kata dokter anak langganan kami, secara genetik kedua anak saya memiliki kemungkinan mewarisi tinggi badan bapaknya. Tetapi, apakah betul hanya faktor genetik yang memengaruhi tinggi badan anak?

Faktor yang Memengaruhi Tinggi Badan Anak

Rahasia menumbuhkan anak tinggi, tangguh, tanggap

  • Faktor genetik

Dikutip dari situs Halodoc, terdapat dua pendapat mengenai pengaruh faktor genetik dan tinggi badan anak. Pendapat pertama berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Tuffs yang melaporkan bahwa 60 hingga 80 persen tinggi badan anak dipengaruhi oleh faktor genetik, yaitu keturunan orangtua. Sisanya antara 20 hingga 40 persesn dipengaruhi oleh faktor lingkungan.

Sedangkan studi lain yang dilakukan oleh Dubois et al pada tahun 2012 menyebutkan bahwa faktor lingkungan hanya memengaruhi tinggi badan anak pada 2 tahun pertama kehidupannya. Selanjutnya, faktor genetik yang berperan banyak.

  • Asupan Nutrisi

Selain faktor genetik, ternyata tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang diberikan orangtua.  Variasi nutrisi dalam makanan seperti protein, lemak, vitamin, kalsium dan mineral terbukti dapat memperkuat dan mengoptimalkan pertumbuhan tulang anak. Variasi nutrisi tersebut bisa diperoleh melalui aneka bahan pangan seperti sayur, buah, aneka protein nabati dan hewani dalam lauk, karbohidrat dalam makanan pokok dan susu bubuk untuk anak.

Manfaat Susu Bubuk untuk Anak

Manfaat susu bubuk untuk anak

Nah, jika berbicara tentang susu bubuk untuk anak, sekarang ini kedua anak saya sedang mengonsumsi Indomilk Susu Bubuk yang memiliki kandungan Optinutri dalam setiap takarannya. Kandungan Optinutri dalam Indomilk susu bubuk terdiri dari Omega 3, sumber protein dan kalsium. Ketiganya memiliki manfaat masing-masing seperti dalam uraian berikut ini:

  • Manfaat kalsium

Kandungan kalsium dalam susu memiliki peran penting dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang serta gigi. Konsumsi kalsium dalam jumlah cukup merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung anak tumbuh TINGGI. Selain itu, kalsium juga bermanfaat dalam meningkatkan kecerdasan anak, meningkatkan imunitas tubuh serta menjaga sistem kardiovaskuler.

Untuk anak-anak usia sekolah atau se-usia kedua anak saya yaitu 5 hingga 12 tahun, maka kebutuhan kalsium per hari berkisar antara 1.000-1.300 miligram per hari.

  • Manfaat Protein

Protein memiliki peran penting dalam proses pertumbuhan anak. Baik pembentukan kulit, rambut, kuku, serta memastikan setiap sel dalam tubuh anak menerima pasokan oksigen yang menjadi salah satu syarat untuk tumbuh.

Selain itu protein berfungsi sebagai sumber energi, memproduksi zat besi yang dibutuhkan tubuh, serta memperbaiki jaringan dalam tubuh.

Protein terdiri dari bahan penyusun yang disebut asam amino. Ada 20 asam amino yang dibutuhkan manusia. Sembilan di antaranya termasuk dalam kategori protein essensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, asupan sumber protein perlu dimasukkan dalam konsumsi sehari-hari. Selain dari lauk dan biji-bijian, sumber protein untuk anak juga dapat diperoleh dari manfaat susu bubuk.

Kecukupan asupan protein dalam tubuh dapat membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta mendukung anak-anak tumbuh TANGGUH dalam menghadapi berbagai tantangan.

  • Manfaat Omega 3

Omega 3 disebut sebagai salah satu bahan super dengan beragam manfaat bagi tubuh. Bagi anak-anak, Omega 3 membantu perkembangan fisik, menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kecerdasan sehingga anak tumbuh lebih TANGGAP saat menyerap pengetahuan baru.

Selain itu, Omega 3 juga memiliki sejumlah zat yang dapat membantu menjaga koordinasi tangan dan mata, meningkatkan kreativitas pada anak serta menjaga kesehatan mental anak.

Indomilk Susu Bubuk untuk Usia Berapa?

Susu bubuk untuk anak mendukung tumbuh kembang anak usia sekolah

Mungkin Teman-teman penasaran ya, kira-kira Indomilk susu bubuk untuk usia berapa?

Jawabannya untuk usia 5-12 tahun atau usia prasekolah (5 tahun) hingga usia praremaja (12 tahun). Pada usia ini seluruh aspek tumbuh kembang dalam diri anak, baik dari segi fisik, motorik, bahasa serta sosio-emosional memang sedang berkembang dengan sangat cepat. Untuk itu orangtua perlu memberikan asupan dengan komponen nutrisi yang variatif dan seimbang. Termasuk memberikan susu bubuk untuk anak sebagai asupan harian.

Kemasan dan Varian Rasa Indomilk Susu Bubuk

Indomilk Susu Bubuk tersedia dalam kemasan kotak 800 gram, 400 gram, 37 gram serta 27 gram. Untuk harga produknya sendiri berkisar antara Rp35.000,00 hingga Rp40.000,00 untuk kemasan 400 gr. Sedangkan untuk kemasan kotak 800 gram berada pada kisaran harga antara Rp65.000,00 hingga Rp70.000,00.

Untuk pilihan rasanya sendiri bisa disesuaikan dengan selera anak karena Indomilk Optinutri memiliki varian Susu Bubuk Rasa Coklat, Susu Bubuk Full Cream Plain dan Susu Bubuk Full Cream Instan juga tanpa rasa.

Aturan Penyajian dan Penyimpanan

cara penyajian Indomilk susu bubuk rasa coklat

Cara penyajiannya juga sangat mudah. Bahkan Najwa sering membuat Susu Bubuk Rasa Coklat untuk dirinya sendiri dan juga adiknya. Yang pertama siapkan air hangat segelas atau kurang lebih 180 ml, kemudian tambahkan 4 sendok Indomilk Susu Bubuk Rasa Coklat ke dalamnya. Aduk sebentar dan segelas susu coklat hangat siap dinikmati.

Untuk penyimpanan produk bisa digunakan toples plastik kedap udara atau toples kaca dan usahakan produk tidak terpapar sinar matahri secara langsung. Hindari menyimpan kemasan susu yang sudah dibuka dalam lemari pendingin karena dikhawatirkan dapat merusak nutrisi di dalamnya.

Kesimpulannya, untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak tidak bisa hanya mengandalkan faktor genetis atau keturunan saja. Orangtua perlu memerhatikan jumlah dan jenis asupan nutrisi harian sehingga anak tumbuh tinggi, tangguh, tanggap serta siap menghadapi tantangan di masa depan.

 

 

 

79 thoughts on “Rahasia Menumbuhkan Anak Tinggi, Tangguh, Tanggap dengan Dukungan Nutrisi Indomilk Susu Bubuk”

  1. Indomilk ini enak banget. Anak-anak di rumah juga suka. Anak-anak lebih suka rasa cokelat dan emang bundanya sukanya beliin yang ini. Kadang kami gunakan juga untuk taburan milk bread 😀

    1. PAda dasarnya anakku doyan semua. Tapi kali ini kami sengaja pilih yang coklat, biar ganti-ganti rasa.

  2. Ada kebanggan tersendiri kalau anak anak tumbuh tinggi tangguh dan tanggap ya. Apalagi susu bubuk indomilk cokelat ini rasanya enak.

    Bukan … Bukan saya yang konsumsi tapi adik saya.

    1. Karena kadang asupan nutrisi dari makanan gak seimbang. Misal kebanyaka karbohidrat tapi kurang protein. Nah, di sini susu bisa melengkapi.

  3. Sama nih mbak sama kakakku. Suaminya tinggi, tapi mbakku ya nggak tinggi juga. Eh anaknya tinggi ikutan bapake. Nggak cuma itu, dia juga minum susu kayak indomilk salahsatunya. Tapi bukan yang bubuk sii. Coba deh nanti bisa kurekomen kakak aku untuk ponakanku konsumsi Indomilk bubuk usia 5-12 tahun. Karena emang anaknya masih usia 7 tahun hehee.
    Nggak cuma faktor genetik, Asupan nutrisi, anak-anak milenial sekarang memang lebih mudah pertumbuhannya ya.

  4. Memang betul Mba Damar, kita tidak bisa hanya mengandalkan faktor genetik untuk menjadikan tumbuh kembang anak kita baik, bisa cepat tinggi dan kuat, tetapi faktor dari luar seperti makanan juga mempengaruhi tumbuh kembangnya. Jadi jangan pernah diabaikan apalagi di masa-masa pertumbuhannya

    1. Betul Mbak. Meskipun anak masih kecil bukan berarti asupannya minimalis, justru malah harus optimal.

  5. Wah kok pas banget aku sama istri emang lagi mencemaskan pertumbuhan si bungsu yang kayanya kurang optimal. Mungkin bisa coba Indomilk bubuk ini ya biar cepat tinggi. Nutrisinya lengkap, ada Omega 3 pula. Makasih infonya ya, jadi baru tahu aku. Moga-moga dah ada di minimarket sini.

  6. Alhamdulillah ya Mbak, pandemik, di rumah aja, anak-anak tumbuh sehat dan berisi. Anak bungsuku juga gitu. Tapi sulung bertambah tinggi aja, nih. Badannya masih kurus. Mungkin menurun dari ibunya, hahaha …

    Kandungan Optinutri dalam Indomilk susu bubuk memang dibutuhkan banget sama anak-anak kita yang sedang dalam tahap pertumbuhan ini. Makanya, jangan sampai ada yang terlewat. Kalau anak-anak di rumah kusediakan yang full cream. Rasanya udah gurih jadi mereka nggak tergoda pakai gula, deh.

    1. Iya yang full cream juga enak banget. Anak-anak biasanya suka gonta-ganti. Bulan ini jatahnya coklat. Bulan depan full cream.

  7. Anakku juga susu bubuk Indomilk mba… Selain harganya yg lebih merakyat, rasanya juga enak sekali. Ini penting sih karena anak harus bisa menikmati minum susunya. Kalau enak kan jadi lebih rajin minumnya.
    Oh ya, selamat untuk tumbuh kembang anak2 nya mba… pasti senang melihat anak selalu sehat, Aktif, dan makin pintar.

    1. Iya Mbak. Kadang suka amazing aja lihat anak-anak lha kok udah gede-gede. erasaan baru kemarin digendong-gendong.

      1. Iya, meski aku sih lebih sering minum yg uht…
        Tapi kyknya rasanya sama ya, rasa cokelatnya enak bgt

  8. Pada masa tumbuh kembang anak, susu formula memang paling bagus ya, Mbak Damar. Selain bernutrisi tinggi dan cocok bagi anak-anak, juga aman. Varian rasanya bisa disesuaikan selera anak.
    Anak-anak tidak hanya tinggi, tapi juga tanggap dan tangguh.

    1. Iya Pak, perlu banget untuk mendidik anak-anak tangguh dan tanggap. Apalagi di jaman sekarang di mana tantangan makin besar.

  9. Wah kalo indomilk sih udah jaminan mutu banget ya mba. Dari kita kecil sampe skrg punya anak kecil, idolanya ya susu indomilk. Anakku pengen tinggi, slalu deh diingetin kalau mau cepet tinggi ayok minum susu indomilknya

    1. Iya bener. Pokok memang harus banyak konsumsi kalsium dan protein kalau mau tumbuh tinggi. DItambah olahraga juga bisa.

  10. Biarpun udah jauuuuh banget diatas 12 tahun, saya suka juga lho minum indomilk susu bubuk ini.
    Rasanya enak.

    Jadi penasaran, kalau buat orang dewasa kayak saya ini, kandungan nutrisi indomilk bisa terserap maksimal nggak ya?

    1. Nah itu, perlu diuji cobakan. Kalau yang saya baca dari sumber lain sih, memang optimalnya untuk anak.

  11. Aku tuh concern banget anak-anak, terutama anak perempuan hrs punya tulang yg kuat dan padat. Soalnya mereka nanti hamil, melahirkan, rawan osteoporosis. Temenku hamil, trus ompong/giginya tanggal, kalsiumnya diserap janin. Sedih aja…
    Pembentukkan tulang kuat emang sih dari sejak janin smp remaja aja. Pas deh susu Indomilk.

    1. Betul. AKk juga ngalamin sendiri tangan sering linu krn kurang kalsium. Habis lahiran anak kedua malah terasa makin ngilunya.

  12. Alhamdulillah Najwa dan Najib sehat dan tumbuh kembangnya sangat baik ya, Mbak..
    Setuju jika untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak tidak bisa hanya mengandalkan faktor keturunan tapi juga perlu memerhatikan asupan nutrisi sehingga anak tumbuh tinggi, tangguh, tanggap nanti.

    1. Yup. Emang sih bapaknya dah tinggi. Tapi kalau gak didukung sama nutrsisi dari makanan ya nggak bisa maksimal.

  13. Kalo saya lebih suka varian Indomilk full cream. Rasanya cocok di lidah sih. Produk Indomilk memang sudah dari dulu dipakai oleh masyarakat, karena memang bagus kualitasnya

  14. Menyimpan susu yang sudah dibuka dalam kulkas malah nggak boleh ya, Mbak. Kirain sih malah bisa menjaga biar kandungannya tetap bagus.

    New info banget buat yuni nih.

    1. Dulu, saya juga suka simpan di kulkas. Ternyata itu malah kurang tepat Mbak. Mending di suhu normal dan kering.

  15. Ternyata banyak juga pengaruh buat tumbuh kembang anak, Anakku juga selalu minum susu setiap hari:D

    1. Iya Mas, asupan susu sangat membantu tumbuh kembang anak. Ya kali aja pas kurang dari makanan pokok jadi bisa terbantu dari susu.

  16. Jangankan anak2, aku pun sebagai orang dewasa suka minum Indomilk bubuk cokelat ini hehehe 🙂 Rasanya enak, memenuhi nilai kandungan gizi yang diperlukan tubuh. Rutin mengonsumsi susu ternyata baimbanget agar pertumbuhan dan perkembangan anak2 kita berkualitas 😀

  17. Sama Mbak, selama 7 bulan ini kami sekeluarga termasuk anak malah nggak terkena sakit sama sekali. Sehat walafiat. Biasanya adaaa saja, seperti flu yang hampir setiap bulan kena. Apalagi anak saya sering tertular temannya di sekolah dan di penitipan.

    1. Mungkin karena di rumah terus malah jadi nggak kena debu, polusi dan kawan-kawannya ya Mbak. Jadi imun terjaga.

  18. Aku punya gen tinggi tapi dulu memang nutrisinya kurang. Gak doyan susu. Sekarang agak nyesel sih. Andai dulu minum Indomilk Susu Bubuk. Mungkin agak tinggian dikit. Sekarang sama Keponakan ya ngasih tahu dia kalau susu itu penting

    1. AKu juga ada gen tinggi dari ibuku. Tapi ya qadarullah, di keluargaku cuma aku aja yang mungil.

  19. Nah senangnya Najwa dan Najib punya bunda yang sangat peduli dengan kesehatan anak anak! Semoga tambah tinggi sehat dan pintar yaaaa

  20. Suami saya mau banget nih anaknya tumbuh tinggi meski dari dianya sendiri gak terlalu tinggi gitu hehe makanya meski sudah lepas ASI si Kakak tetap diwajibkan konsumsi susu. Tapi karena usianya masih di bawah 5 tahun jadi belum bisa saya kenalkan dengan susu bubuk dari indomilk ini

  21. Indomilk ini selalu jadi pilihan bunda buat nyenengin anaknyaa.

    Selain rasanya enak, nutrisinya pun lengkap.

    Proteinnya baik buat tumbuh kembang anak. Ponakannku juga sukak mbaaakk

  22. Kalau anakku ndak pernah minum susu bubuk. Minumnya susu cair, susu kotak, indomilk juga sukanya. Soalnya ndak mau rempong nyeduhnya. Hehe.

    1. Betul sekali. APalagi yang lebih membahagiakan selain anak-anak tumbuh sehat dan kuat, ya Bund.

  23. Mbak Damar, saya dengan Dewi paksu tinggi lebih dari lelaki pada umumnya. Nah, bagus banget ya susu indomilk salah satunya mendukung mengoptimalkan tinggi badan anak. Aura dan Niya pun suka susu Indomilk, bundanya makin senang karena kandungan Optinutri nya membuat mereka lebih Tinggi, Tangguh dan Tanggap:)

  24. Aih senang bener ekspresinya yang lagi minum susu bubuk Indomilk coklat. Kalau favorit anak saya di rumah tuh varian Full Cream.

  25. Wowwww.. Mantab sekali naiknya hihi.. Coba anakku kayak gitu, seneng bangett!! hanya saja dia kebanyakan geraknya haha. Saya juga mengkonsumsi susu Indomilk mbak, anak anak suka rebutan :)). Iya.. meski maknya pendek, anaknya bisa menjulang tinggi ya mbak,., ^^

    1. Iya, Mbak. DUlu saya juga deg-degan khawatir anak-anak ngikut ibunya. Ya sebenarnya gpp juga sih, wong saya juga baik-baik saja. Tapi alangkah baiknya kalau bisa memperbaiki keturunan, hehe.

  26. Asyiknya kalau anak-anak sudah bisa bikin susu sendiri, Mbak. Tantangannya ” hanya” bagaimana caranya supaya mereka gak kebablasan hihi.

    1. Betul, apalagi si Najwa sudah mulai menunjukkan tanda-tanda pubertas. Harus dikontrol betul agar tidak kebablasan.

  27. Seandainya aku diberikan susu bubuk Indomilk dari kecil, hehehe..
    Soalnya aku dulu paling gak mau minum susu. Tapi ibuku rutin bikin… Eh…pas uda punya anak, malah anakku suka…jadi kita minum susu bareng, sesuai dengan kebutuhan gizi masing-masing.

    1. Ada zat-zat mikro dari makanan yang ternyata belum terpenuhi, maka dengan minum susu diharapkan zat-zat tersebut bisa melengkapi pertumbuhan sang buah hati agar tetap optimal.

  28. Alhamdulillah kafa kemaren juga habis beli dan suka banget susu coklatnya 🙂 besok musti beli lagi deh

  29. Susu indomilk coklat adalah salah satu susu kesukaan saya sejak kecil. Semakin kesini nutrisinya juga semakin dilengkapi. Mama saya adalah barisan yang mewajibkan minum susu untuk anak-anaknya. Susu bubuk indomilk sudah menjadi pilihan mama saya sejak dahulu. Semoga bisa memberikan manfaat untuk anak-anak Indonesia lainnya.

  30. Yup Mbak Damar… selain faktor genetik, asupan nutrisi juga amat sangat menentukan tinggi badan anak ya. Minum Indomilk susu bubuk bagus sekali untuk membantu anak tinggi, tangguh dan tanggap ya

  31. Alhamdulillah, turut senang karena Najwa dan Najib tumbuh sehat dan kuat. Selain faktor genetik, nutrisi memang mempengaruhi juga tumbuh kembang anak

  32. sama dong kaya anak sulungku kemarin nyobain susu bubuk indomilk tapi rasa plain mbak aisyah..dibikin pancake jg doyan hehe

  33. Dibalik sukses dan kehebatan anak, ada nutrisi keren bersama nya. Dan sang ibulah yang berperan karena

  34. Memang jika nutrisi seuai peruntukannya lebih optimal hasilnya. Seperti susu bubuk Indomilk ini yang dikhususkan bagi usia 5-12 tahun. Membantu anak tumbuh tinggi, tangguh dan tanggap,

  35. Seneng deh mbak lihat foto anak anak minum susu bikin sendiri, jadi inget masa kecil anak anak.. ih kangen deh sama suasananya

  36. selengkap itu ya kandungan yang ada di susu Indomilk bubuk, aku pun masih minum susu ini mbak, wkwkwk
    soalnya rasanya enak, manisnya pas, nggak eneg, nggak perlu tambahan gula juga 🙂

  37. Percayakan sama indomilk saja ya kak tinggi dan tumbuh kembang anak. Hihihi minuman faforite sejak zaman kecil nih

  38. eh sama mbak. anak2ku juga sehat selama pandemi ini. Sungguh hal yg sangat amat harus aku syukuri. Sebab sebelumnya anak keduaku tu langganan RS huhuhu.

    Kalau susu, indomilk jg doyan bangeeet mereka. Tapi lebih suka yg uht drpd bubuk sih.

  39. Iya nih, selama di rumah anak-anak makin tinggi dan naik berat badannya hihi susu indomilk memang enak dan sehat ya..

  40. Anakku juga suka minum susu Indomilk, apalagi yg rasa coklat. Dia bilang, manisnya pas. Kalo diingat-ingat ternyata aku juga minum susu Indomilk saat sekolah dulu. Kualitasnya memang sudah terbukti, ya.

  41. ada yg rasa coklat, anak saya pasti suka nih. tapi nunggu usianya 5 th dulu biar bs minum indomilk bubuk ini ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *