HEALTHY LIFE LIFESTYLE

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

cara-meningkatkan-daya-tahan-tubuh

Salah satu penyebab mengapa mudah terserang peyakit adalah daya tahan tubuh yang lemah atau menurun. Oleh karena itu, kita perlu melakukan usaha untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tapi sayangnya tidak banyak orang yang mau menerapkannya. Padahal, cara-cara meningkatkan daya tahan tubuh ini tidak begitu sulit untuk diterapkan.

Sebab-Sebab Menurunnya Daya Tahan Tubuh

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara meningkatkan daya tahan tubuh, tentu sangat penting bagi kita untuk mengetahui sebab-sebab menurunnya daya tahan tubuh. Dengan mengetahui sebab-sebab menurunnya daya tahan tubuh, akan lebih mudah bagi kita untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Berikut beberapa sebab menurunnya daya tahan tubuh yang perlu diketahui:

1. Kurang tidur

Istirahat atau tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan, karena di saat itulah tubuh kita akan melakukan regenerasi sel. Jika dianalogikan, saat tidur tubuh kita seperti baterai smartphone yang sedang diisi ulang sehingga menjadi lebih tahan lama. Dari analogi tersebut, kalian tentu sudah tahu bahwa kurang tidur dapat berpengaruh pada daya tahan tubuh.

2. Merokok atau sering berkumpul dengan perokok

Dalam sebatang rokok, terkandung ratusan atau mungkin ribuan zat berbahaya. Zat-zat tersebut bukan hanya berbahaya bagi perokok aktif tapi juga bagi perokok pasif. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa perokok pasif memiliki risiko yang lebih tinggi dari pada perokok aktif. Oleh karena itu, sebisa mungkin berhentilah merokok dan jauhilah asap rokok.

Baca juga: Mempersiapkan Anak dengan New Normal

3. Stres atau depresi

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa kondisi psikis kita sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. oleh karena itu, tidak mengherankan jika stres atau depresi yang kita alami akan berdampak besar terhadap daya tahan tubuh. Singkatnya, semakin berat tekanan yang kita alami, semakin lemah daya tahan tubuh yang kita miliki.

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh

yoga-untuk-meningkatkan-daya-tahan-tubuh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai cara meningkatkan kekebalan tubuh. Cara-cara ini adalah cara yang mudah dilakukan, tapi butuh konsistensi untuk bisa mendapatkan hasilnya. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain;

1. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur

Kurangnya konsumsi sayur dan buah secara bertahap dapat membuat daya tahan tubuh menurun. Hal tersebut sangat mungkin terjadi akibat kurangnya serat, vitamin, serta mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sebagai contoh, jika kita kekurangan vitamin C, maka kita akan kekurangan zat antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Jika sudah begitu, dapat dipastikan jika tubuh kita akan lebih rentan terhadap virus dan bakteri.

2. Istirahat yang cukup

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kurang istirahat atau kurang tidur sangat berpengaruh pada daya tahan tubuh. Pengaruh yang dimaksud di sini tentu saja pengaruh negatif dimana daya tahan tubuh akan menurun. Kurangnya waktu tidur dapat berpengaruh besar karena tubuh tidak mempunyai waktu yang cukup untuk beregenerasi dan menghimpun energi.

3. Menjaga Kebersihan

Virus dan bakteri akan mudah berkembang di tempat-tempat yang kotor, termasuk bagian tubuh kita yang kotor oleh debu dan sebagainya. Contoh paling sederhana yang bisa kita ambil adalah kebiasaan cuci tangan sebelum makan. Apabila kita tidak mencuci tangan sebelum makan maka bakteri danvirus yang mungkin ada di telapak tangan kita akan berpindah pada makanan yang kita sentuh dan masuk ketubuh melalui makanan tersebut.

Masuknya virus dan bakteri melalui makanan dapat mempengaruhi daya tahan tubuh, bahkan menurunkannya. Oleh karena itu, tidak heran jika orang tua dan para ahli kesehatan selalu menekankan pentingnya cuci tangan dengan sabun sebelum makan. Tujuan cuci tangan dengan sabun tentu saja untuk membunuh virus dan bakteri yang menempel pada tangan kita.

Selain cuci tangan, mandi dua kali sehari juga sangat penting untuk mencegah timbulnya bakteri. Karena bakteri dapat menimbulkan bau tak sedap, dan apabila bakteri menumpuk pada kulit akan mengganggu sistem kekebalan tubuh secara perlahan. Itu sebabnya kita juga harus selalu menjaga kebersihan badan.

4. Rajin berolahraga

Olahraga secara teratur terbukti dapat meltaih otot jantung dan meningkatkan ketahan tubuh melawan flu dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus. Olahraga rutin yang mudah dilakukan adalah jogging di pagi hari, saat udara masih bersih dan sehat.

Baca juga: Melindungi Kesehatan Mental Ibu di Masa Pandemi Covid-19

5. Menghindari stres dan depresi

Kondisi psikis sangat berpengaruh pada kondisi tubuh secara keseluruhan sehingga ketahanan tubuh juga akan ikut terpengaruh. Ada banyak cara untuk membuat pikiran lebih rileks dan terhindar dari stres, beberapa di antaranya adalah meditasi, rekreasi, dan konsultasi. Konsultasi yang dimaksud di sini adalah mencoba mengonsultasikan masalah pada orang terdekat atau psikiater.

Dari uraian di atas, bisa kita simpulkan bahwa ada berbagai cara meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa kita lakukan. Akan tetapi, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kita perlu membiasakan diri untuk menerapkan pola hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *