Merayakan Setiap Napas di Tahun 2021

Bernafas mungkin terdengar tidak istimewa karena setiap yang hidup pasti melakukannya.

Bernafas mungkin juga tak terlihat mengagumkan karena setiap yang hidup sudah biasa melakukannya.

Sejak sebuah janin keluar dalam wujud bayi dari rahim perempuan, hingga hari-hari ketika si bayi menjelma menjadi manusia dewasa, setiap yang hidup sering lupa bahwa hanya napas yang membuatnya masih pantas berada di dunia.

Bernafas seolah tak menjadi soalan hingga pada 2020 yang lalu pandemi menyadarkan kita tentang nikmat dalam setiap tarikan napas.

Bahwa napas adalah nikmat terakhir kala tak ada lagi yang tersisa dalam kehidupan.

Selama tahun 2021 ini, satu hal yang paling saya syukuri adalah setiap tarikan dan hembusan napas yang memungkinkan setiap kejadian dapat saya lewati. Tentu banyak duka, namun Tuhan tak lupa menghadiahkan banyak suka pada tahun yang penuh perjuangan ini.

Tahun 2021 bisa dibilang tidak istimewa. Namun menjadi istimewa karena kita dapat melaluinya dalam tekanan yang datang silih berganti.

Kesakitan, kematian, kehilangan, kekurangan, semua tekanan ini ini pada akhirnya dapat kita lewati karena kekuatan dalam setiap napas yang masih kita miliki.

Belajar dari Yang Pahit di Tahun 2021

Tahun 2021 ini bisa dibilang banyak yang terjadi di luar ekspektasi.

Saya sempat optimis tahun ini akan menjadi tahun pemulihan dari pandemi. Namun yang terjadi justru sebaliknya, apa yang harus saya lalui justru jauh lebih pahit dibanding ketika awal pandemi.

Bukan karena salah perhitungan, namun karena terlalu banyak kejutan yang tidak pernah terbayangkan. Tuhan selalu punya โ€˜cara asyikโ€™ untuk menguji. Namun hikmahnya justru membuat manusia makin futuristik karena tak mau kembali menelan pil pahit.

Tahun 2021 benar-benar memaksa saya untuk keluar dari kenyamanan. Mencoba hal-hal baru bukan sekedar karena penasaran, tapi lebih karena keadaan yang melecut untuk bergerak.

Jatuh bangun di tahun 2021 juga menyadarkan saya bahwa kualitas diri ini dapat dibentuk dan dilihat ketika dihimpit keadaan, dihajar dengan situasi yang tidak biasa.

Menyerah mungkin menjadi pilihan yang mudah, namun bertahan dan mencari jalan keluar adalah sebuah keberanian. Keputusan yang menentukan posisi kita di tahun-tahun berikutnya.

Bersyukur pada Yang Manis di Tahun 2021

Ada yang pahit, namun Tuhan selalu memiliki penawar bagi jiwa yang lara, raga yang sakit menjalani ujian.

Tuhanku, Allah adalah Yang Maha Baik, Yang Maha Asyik, dan Maha Memberi Kejutan.

Tahun di mana cobaan datang silih berganti adalah tahun ketika keluarga kami memperoleh kesempatan baru, menapaki hal baru yang selama ini hanya ada dalam mimpi, dalam doa yang bergetar dalam hati.

Satu per satu Allah tunjukkan jalan.

Satu per satu Allah tawarkan kemudahan.

Semua terasa lebih manis karena datang sedikit demi sedikit.

Imaji di Tahun Baru

Setiap berganti tahun saya selalu berimajinasi semua hal baik akan mendatangi kami.

Ya, imaji yang baik adalah perspektif dari doa. Namun apalah kuasa manusia jika Tuhan ingin memberikan kejutan? Kita hanya bisa menerima, dan menjalaninya dengan gembira. Meskipun ada kalanya terseok dan terjungkal dalam perjalanan.

Tahun baru selalu menawarkan harapan baru. Harapan untuk terus melaju, harapan untuk tak sekedar menjadi diriku yang terdahulu.

Tahun baru adalah kumpulan energi baru, yang akan kusambut tanpa ragu.

Di tahun 2022 nanti, semoga Allah panjangkan napasku. Berikan lebih banyak kesempatan bagi oksigen untuk mengisi paru-paru.

Tahun baru adalah tahun untuk memantapkan apa yang telah dimulai pada tahun sebelumnya.

Tahun baru tak pernah terpisah dari tahun sebelumnya. Berkelindan dengan semua hal yang kita mulai pada tahun-tahun terdahulu.

Menapak di tahun baru merupakan sebuah keberanian untuk melihat segala sesuatu yang tak pasti, namun menyimpan harapan.

Menjejak di tahun baru adalah sebuah keberanian untuk mengucap selamat tinggal pada kepahitan, merangkul kejutan baru yang sebagian darinya mungkin tidak kita inginkan.

 

Selamat Menyambut Tahun Baru 2022.

Mari rayakan setiap napas yang menjadikan hidup ini nikmat dengan segala rasa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

31 thoughts on “Merayakan Setiap Napas di Tahun 2021”

  1. Masya Allah.. Meski sebuah kata, tetapi sangat indah untuk diutarakan. Betapa kita harus menghargai setiap pemberian dariNya.
    Aamiin-aaminn untuk doa-doanya. Semoga Allah ijabahkan ya Mbak Damar, aku pun rasanya pengen berdoa yang sama.

    Reply
  2. Sepakat! Waktu anosmia itu baru ingat untuk bersyukur betapa bernafas merupakan rezeki terus menerus sejak lahir. Tabung oksigen Mahal sementara udara yang kita hirup selama ini gratisss!

    Btw, mbak Ais, apa nih Hal berkesan dalam dunia blogging di tahun ini? Trus buat 2022 rencana bikin gebrakan apa? Hihi … Asal jangan gebrak meja aja.

    Reply
  3. Bersyukur dan bersyukur ya mbak, di setiap helaan napas.
    Apalah kita ini manusia, bisanya “menuntut” “mengeluh” dan banyak maunya!

    Padahal saat berhitung, tak satu pun kita mampu bayar dan beli…
    semoga menapak tahun 2022 semakin indah ya

    Reply
  4. Emang manusiawi saat ada yang bikin gak nyaman rasanya tu nyesek yaa
    Aku jg tdnya berpikiran 2021 akan lbh baik dr 2020 saat awal pandemi, tapi manusia berencana Tuhan yang pegang kunci nasib hehehe
    Aku ikutan ah berimaji dan berharap tahun 2022 nanti segala hal2 buruk hilang dan yang baik2 datang menghampiri, kabar baik datang bertubi2 aamiin
    Semangaaatt!

    Reply
  5. Walau tahun ini masih pandemi, jujurly saya juga merasakan hal-hal yang manis. Semesta sungguh sangat baik, tidak membiarkan kita sendiri dan selalu mengabulkan doadoa baik kita.
    Amin amin untuk doa baik di tahun 2022, semoga Allah memanjangkan napas kita. Dengan hidup yang ada kita bisa berkarya dan bermanfaat bagi semua ya mbak.
    Semoga akan ada kejutan-kejutan terbaik yang akan datang di tahun 2022.

    Reply
  6. Semoga tahun 2022 nanti, pandemi benar-benar berakhir ya, Mak.. Aamiin aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin… 2 tahun belakangan, bisa bernafas dengan lega saja sudah merupakan rezeki yang tak terkira. Subhanallah.

    Reply
  7. Tahun 2021 memang tahun yang nano-nano ya mba. Aku paling deg-degan saat covid di Indonesia masuk gelombang kedua. Ah, semoga tahun 2022 nanti kondisi akan semakin membaik ya. aaamiiin…

    Reply
  8. tahun baru biasanya selalu ada harapan baru akan kehidupan yang lebih baik ya, mbak. bagi saya sendiri tahun 2021 juga memiliki banyak cerita baik itu yang manis ataupun yang sedikit asem. alhamdulillah sih nggak sampai pahit kisahnya. saya berharap tahun 2022 kondisi keuangan kami bisa lebih baik dari tahun kemarin

    Reply
  9. Semangat ya mbaa jangan menyerah, yakinlah Allah menguji setiap hamba-Nya sesuai kemampuan dan untuk menaikkan derajat kita. Semoga tahun 2022 cahaya kebahagiaan menanti ya

    Reply
  10. Alhamdulillah, semoga 2022 lebih baik, lebih sukses dan bersinar, senantiasa dilimpahi keberkahan dan kesehatan.

    Semangat menyambut tahun baru dengan energi baru, Mbak Aisyah!

    Reply
  11. Indahnyaa….kak Damar.
    Hal kecil yang jarang sekali diperhatikan manusia, karena sudah menjadi keseharian. Tapi aku pernah sesak napas, saat hamil dan saat melahirkan. Karena aku gak punya riwayat asma, aku pun merasa duniaku akan berakhir kalau napas ini hilang dariku…
    Saat itu aku takut sekali akan kematian.

    Dan apa yang bisa kita lakukan hingga kini?
    Seperti yang kak Damar katakan, “Bismillah, mari belajar bersyukur dengan setiap napas yang menjadikan hidup ini nikmat dengan segala rasa.”

    Reply
  12. Kalau buat aku, 2021 adalah tahun yang menguras emosi banget. Nggak tau kenapa Mak, tapi akhir tahun, tepatnya bulan Desember lalu, rasanya terlalu intense dan bikin mentally & physically draining. Biasanya aku suka memulai lembaran tahun baru dengan optimisme, tapi kali ini bisa berusaha melanjutkan kembali apa yang kemarin udah diusahakan aja rasanya lumayan banget.

    Tapi benar Mak, salah satu yang suka kita lupakan tuh nikmat nafas yang masih diberikan Allah. Semoga ini juga bisa jadi pengingat untuk saya yang sering dilanda ketakutan akan ketidakpastian masa depan. Bismillah, InsyaAllah 2022 kita bisa jadi pribadi yang lebih baik.

    Reply
  13. Kita sebagai manusia hanya bisa berencana dan hasilnya Tuhan yg menentukan ya mba.
    Semoga tahun 2022 ini pandemi udah benar2 usai, sehingga apa yg belum terlaksana di tahun sebelumnya bias direalisasikan pada tahun ini. Salam semangat juga utk 2022.

    Reply
  14. Bersyukur ya, kita bisa lewati tahun 2021 yang bikin was-was kemarin. Banyak hal yang telah dilalui. Tapi hari ini masih ada, dan bernapas tanpa bantuan oksigen saja udah bersyukur. Tetap semangat di tahun yang baru ini!

    Reply
  15. ada banyak banget pasti kenangan kita di 2021, dan tentunya 2022 ini kita berharap lebih baik dan diberikan kesehatan sama rejeki ya.

    Reply
  16. melepas tahun 2021 dengan berbagai warna-warninya, dan menyambut tahun 2022 dengan penuh semangat dan penuh harapan ya, happy new year

    Reply
  17. Aamiin, kita semua pasti punya harap dan doa serupa bisa lebih baik di tahun ini, pandemi cepet usai supaya kita bisa hidup normal lagi ya, dan terus bersyukur masih punya nikmat hidup dan bernafas dari Tuhan

    Reply
  18. Semangatciee selalu Kak Damar,
    Tetap positif dan berdoa, yang insyaAllah suasana dapat kembali kondusif ya seperti sedia kala, sehingga kehidupan dapat berjalan dengan normal

    Reply
  19. Tahun 2021ku pun menorehkan banyak cerita.
    Dan suka ddengan kata2 mba Damar..Tahun baru adalah kumpulan energi baru, yang akan kusambut tanpa ragu.. yes aku agree sekali ini ๐Ÿ™‚

    Reply
  20. Alhamdulillah ya semuanya sudah terlewati. Pastinya kita semakin bersyukur dengan kondisi saat ini. Berharap 2022 jadi lebih baik.

    Reply
  21. Aku termasuk yang benar-benar bersyukur karena tahun 2021 kemarin luar biasa menyenangkan. Sekarang tinggal berharaps smeoga kejutan di 2022 semakin indah dan sangat dibutuhkan

    Reply
  22. Kadang kita menganggap remeh atau tidak menyadari hal yang penting dan harus disyukuri. Bisa bernapas itu merupakan nikmat terbesar yang harus kita syukuri.
    Alhamdulillah bersyukur sekali dengan tahun lalu dan semoga tahun depan bisa lebih baik lagi. Aamiin.

    Reply
  23. Tahun 2022 saya juga banyak harapan. Tapi yang paling utama pengen bisa nyenengin ortu. Tapi sayang jauh dari tempat tinggal.. hiks..

    Reply
  24. Setuju sekali setiap tarikan dan hembusan napas adalah sesuatu berharga yg patut disyukuri dalam hidup ini. Apalagi klo inget harga oksigen gila2an pas covid lagi tinggi kmrn. Betapa Allah Maha baik kita masih bisa bernafas sampai hari ini

    Reply
  25. happy new year kak.. semoga kita bisa lebih menikmati setiap anugerah dan bisa selamat melewati semua tantangan yaa.. menjaga semangat itu perlu sebab kayaknya perjalanan pandemi juga masih panjang :’)

    Reply
  26. Semoga di tahun 2022 semakin berkah semakin sukses semakin sehat ya. Terutama dbisa dimudahkan menjalani kehidupan normal baru ini

    Reply
  27. Selamat tahun baru 2022 kak, semoga segala sesuatunya menjadi lebih baik di tahun 2022. Bener banget tidak istimewa memang di tahun 2021 ini, tapi sangat bermakna banget.

    Reply
  28. Masya Allah, adem banget mbak bacanya ๐Ÿ™‚ setiap tahun selalu jadi waktu tepat buat membuat harapan-harapan baru dari pelajaran yang lalu ya ๐Ÿ™‚ semoga kita jadi manusia lebih baik selalu.

    Reply
  29. Bisa hidup sehat dan berhasil selamat di tahun 2021 adalah mukjizat. Tahun lalu itu bener2 menguras emosiku. Apalagi abis positif COVID-19 dan sempat kesulitan mencari tabung gas oksigen kala itu. Bener2 nafas penting sekali bagi kehidupan.

    Namun kita harus menatap tahun ini dengan penuh optimisme. Tetap berusaha dan berdoa, agar masa depan bisa kita raih dengan sempurna. Selamat Tahun Baru 2022 untuk semua. Semoga Tuhan memberkati kita semua.

    Reply
  30. Kadang. Sesuatu yang sangat penting jadi lupa disyukuri ketika kita belum mendapat teguran dari Yang Maha Kuasa. Tapi untubgnya, segera diebri kesadaran dan memperbiaki diri

    Reply
  31. Alhamdulillah,
    Mengawali tahun baru dengan penuh rasa syukur dengan hal-hal sederhana. Semoga dengan tarikan napas ini, semua pahala terkumpul dan bisa meraih jannahNya.

    Reply

Leave a Comment