BEAUTY LIFESTYLE MOMMIES WORLD

Beauty Class Indonesian Female Bloggers bareng Lakme Makeup Indonesia dan Mint & Mingle

Jakarta blackout! Pemadaman listrik secara mendadak dan serentak hampir melumpuhkan mobilitas Ibukota. Selain penumpukan penumpang di stasiun—akibat commuter line yang berhenti beroperasi—sambungan internet pun menghilang yang mengakibatkan aplikasi pemesanan transportasi online eror, tak dapat diakses pelanggan.

Aku termasuk salah satu penumpang commuter line yang sempat berharap keajaiban terjadi. Tapi setelah petugas menginformasikan bahwa pemadaman listrik terjadi di seluruh Jabodetabek—bahkan hingga beberapa daerah di sekitarnya—maka aku pun bergerak untuk membatalkan perjalanan dengan kereta. Berjalan keluar stasiun untuk kemudian memberhentikan angkot, setelah berulang kali gagal memesan transportasi online.

Ya, meskipun moda transportasi andalanku lumpuh total, aku enggak menyerah untuk menuju 626 By Po Lim yang berlokasi di daerah Melawai. Acara beauty class IFB dan Lakme Makeup serta support penuh dari Mint & Mingle ini merupakan kelas kecantikan pertama yang akan kuikuti. Sayang dong, kalau menyerah begitu saja.

Sampai akhirnya, tepat pukul 14 lebih 15 menit aku sampai di cafe mungil bergaya rumahan ini. Di sana sudah berkumpul teman-teman bloger yang selama ini hanya kukenal melalui media sosialnya. Salah satunya Kak Uli Hape—Si Kombur Mamak yang femes itu, Madam Yonna—SFX Makeup Artist—yang sudah terlibat dalam berbagai proyek  perfilm-an nasional, dan belasan bloger lain yang sudah lebih dulu berkecimpung di dunia kecantikan.

Beauty workshoip dengan IFB dan Lakme Makeup

Sekilas tentang Indonesian Female Bloggers

Oke, karena beauty workshop ini merupakan event pertamaku bersama Indonesian Female Bloggers. jadi rasanya kurang afdol kalau enggak cerita dulu tentang Indonesian Female Bloggers itu sendiri.

Jujur, ya, aku tuh merasa bersyukur banget karena terpilih sebagai salah satu bloger yang beruntung. Aku yakin acara ini tuh, pasti banyak peminatnya. Sedangkan aku tuh benar-benar newbie di dunia kecantikan.

Selain itu, event ini tuh benar-benar FREE. Bayangin saja, berapa kocek yang harus kita keluarkan untuk ikut event sejenis di luaran? Aku yakin sekian lembar ratusan ribu bakalan melayang. Di situ aku semakin bersyukur dan benar-benar enggak mau melewatkannya.

Nah, Indonesian Female Bloggers atau IFB ini merupakan salah satu komunitas bloger perempuan yang aware dengan peningkatan skill untuk membernya. Dengan tagline “Empowering Each Other”, komunitas bloger yang didirikan oleh Yonna Kairupan pada April 2016 ini berusaha memberikan “ruang” interaksi untuk berbagi ilmu dan keterampilan baru bagi member-membernya yang berasal dari berbagai niche blog.

Jadi, berkomunitas dalam IFB itu enggak sekedar untuk “lempar” link BW, ya. Tapi member IFB diharapkan bisa saling sharing ilmu dan pengalaman yang pastinya bermanfaat untuk member yang lain.

Apa Itu Mint & Mingle?

Oh ya, selain Indonesia Female Bloggers dan Lakme Makeup Indonesia Indonesia, event beauty class IFB dan Lakme Makeup kemarin juga didukung oleh Mint & Mingle.

Seperti halnya aku yang baru tahu apa itu Mint & Mingle. Sebagian teman juga mungkin belum familiar, kan?

Jadi, ya, Mint & Mingle itu merupakan Educative Event Planner, sebuah event planner yang rutin mengadakan pelatihan keterampilan untuk dewasa dan anak-anak. Mint & Mingle yang didirikan oleh dua perempuan kece—Novi dan Alfa—ini tidak hanya memfasilitasi event kecantikan seperti yang kemarin digelar bersama IFB, loh. Tapi ada juga pelatihan Doodle Art, Digital Drawing, Pelatihan Membuat Aneka Pasta, dan beberapa jenis pelatihan keterampilan yang semuanya dikemas secara fun dan atraktif.

Menurut pengalaman dari Madam Yonna, yang kebetulanputri bungsunya mengikuti workshop bersama Mint & Mingle. Meskipun konsep pelatihannya dibuat fun dan santai, tapi peserta enggak perlu khawatir dengan kualitas pelatihan yang diberikan, karena Mint & Mingle bisa menjamin mereka mendatangkan tenaga pengajar yang profesional dan kompeten di bidangnya.

Karena aku termasuk orang dengan kadar ke-kepo-an tinggi. Langsung dong, aku meluncur ke akun instagram @mintxmingle. Nah, setelah melihat-lihat dokumentasi kegiatannya, kayaknya aku pun bakalan tertarik kalau Mint & Mingle membuat satu event yang kebetulan sesuai dengan passion-ku, misalnya craft atau fotografi.

Baca juga: 33 Ide Hobi untuk Ibu Rumah Tangga

Beauty Class IFB dan Lakme Makeup Indonesia

Beauty workshop IFB dan Lakme makeup

Well, well, well, setelah ngobrol ngalor-ngidul, plus mendengarkan sharing bergizi dari Mayo dan duo kece dari Mint & Mingle, saat yang dinanti-nanti pun akhirnya datang juga. Yeay!!

Seluruh peserta beauty class sore itu pun segera memakai apron makeup dan headband untuk menghindari ceceran kosmetik pada baju dan jilbabnya. Itu artinya, acara inti akan segera dimulai.

Tema tata rias yang kami praktikan kali itu memang bukan makeup sehari-hari, meskipun tetap bertema natural looks.

Selain pengaplikasian primer sebagai base makeup yang terbukti ampuh menutup pori-pori wajah, menghaluskan dan menahan keringat, kami juga mencoba CC Cream dari Lakme yang hasilnya sangatttt natural dan ringan di wajah.

Baca juga: 5 Langkah Makeup Natural Anti Ribet untuk IBur Rumah Tangga

Trainer kami menganjurkan pemakaian CC Cream ini untuk tata rias sehari-hari, seperti ketika keluar untuk berbelanja atau antar jemput anak. Tapi, karena sore itu kami penasaran dan ingin mencoba seluruh produk dari Lakme Makeup, jadinya kami tetap mengaplikasikan foundation setelah CC Cream-nya.

Nah, untuk complexion foundation-nya juga luar biasa cakep. Apalagi aku memilih warna yang bisa dibilang sangat sesuai dengan under tone kulit wajahku, yaitu shade deep. Meskipun sebenarnya warna kulitku masih masuk untuk shade medium, ternyata dengan shade yang lebih tua pun hasilnya tetap bagus. Nggak kumut-kumut tapi malah terlihat lebih tan.

Beauty workshop IFB dan Lakme Makeup

Menurutku, nih, dari seluruh produk Lakme Makeup Indonesia yang kami coba pada sore itu, beberapa produk yang sangat bisa dijagokan meliputi

  • Primernya
  • CC cream
  • Foundation
  • Blush/shading
  • Lipstik

Tapi, bukan berarti produk dekoratifnya kurang oke, ya. Malahan aku merasa semuanya pas dengan tone kulit wajahku. Baik warna eye shadow, blush-on juga pensil alis dan eye liner-nya. Untuk maskaranya pun aku sampai beli karena menurutku hasilnya bagus dan kebetulan saja maskara di rumah lagi habis. Jadi kalau aku bilang sih, Lakme Makeup Indonesia memang recommended banget.

Bukan cuma karena hasil akhirnya ya oke punya, tapi complexion dan ketahanannya juga nggak kalah cetar.

Bayangkan saja, sore itu kami ber-makeup di ruangan tanpa AC. Dan teman-teman pasti tahu, dong, gimana panasnya Jakarta? Nah, complexion LAKME ini benar-benar stay for a long time dan nggak mbleber sama sekali. Bahkan setelah dipakai jalan kaki kemudian makan nasi padang yang nota bene pasti banjir keringat. Begitu pun setelah naik ojek dari Melawai sampai Duren Sawit. Hasilnya masih oke dan nggak cemong-cemong.

Tips Kecantikan untuk Pemula

Beauty workshop dengan IFB dan Lakme Makeup

Pada event beauty class IFB dan Lakme Makeup  sore itu, selain belajar dendon, newbie seperti aku ini sangat beruntung karena mendapatkan berbagai macam tips seputar kecantikan dan pengaplikasian makeup wajah.

Nah, biar ilmunya nggak berhenti di aku saja, di postingan ini sekalian aku cantumkan tips dan triknya, ya.

  1. Sebelum mengaplikasikan makeup, pastikan kulit wajah bersih dan sudah diaplikasikan pelembab.
  2. Cara membersihkan wajah dengan micellar water yang tepat adalah dengan mengusapnya perlahan dari arah bawah ke atas, bukan sebaliknya.
  3. Micellar water bukan produk cleansing wajah melainkan produk untuk mengangkat sisa makeup. Itu sebabnya kandungan di dalamnya dominan minyak.
  4. Pengaplikasian toner perlu dilakukan setelah membersihkan wajah dengan tujuan untuk mengembalikan pH dan menutup pori-pori wajah. Sedangan toner wajah sendiri dianjurkan untuk disimpan di dalam lemari pendingin.
  5. Pengaplikasian pelembab, primer, CC cream dan foundation dianjurkan mengikuti arah tumbuhnya rambut wajah yang biasanya ke arah bawah.
  6. Usahakan membeli foundation yang sesuai dengan under tone kulit. Jika under tone kulit cenderung warm, maka pilih warna-warna medium atau deep agar berkesan natural.
  7. Saat membeli foundation, usahakan untuk mencoba dengan mengoleskannya pada bagian wajah yang mendekati leher. Tunggu antara 10 hingga 15 menit untuk melihat perubahan warna setelah oksidasi produk.
  8. Pengaplikasian loose powder atau compact powder berfungsi untuk mengunci makeup. Dalam pengaplikasiannya dianjurkan menggunakan brush untuk hasil lebih ringan dan natural.
  9. Saat membingkai alis dianjurkan untuk mengikuti arah tumbuhnya rambut alis. Bingkai, kemudian isi tipis-tipis. Terakhir rapikan bagian tepi alis dengan concealer atau foundation.
  10. Lipstik warna keorange-orange-an bisa menggantikan fungsi concealer untuk menutup dark circle di area sekitar mata. Hasilnya pun lebih ringan sehingga cocok untuk makeup sehari-hari.

Baca juga: Basic Skincare untuk Pemula

Beauty workshop IFB dan Lakme makeup

Tentang LAKME Makeup Indonesia

Oh ya, rupanya banyak teman di timeline aku yang belum familiar dengan Lakme Makeup. Beberapa teman bertanya, “Apakah ini produk lokal atau impor?” Ada juga yang malahan baru sekali ini mendengar nama brand-nya.

Baiklah, sekedar tambahan info saja ya. Jadi LAKME Makeup merupakan brand kosmetik yang sebenarnya sudah lumayan lama. Brand ini berasal dari India dan sudah ada sejak tahun 1952. Nah, memang baru-baru ini saja Lakme Makeup masuk ke pasar Indonesia.

Menurut penilaianku nih, brand ini mengusung konsep glamor—terlihat dari packaging-nya. Tapi aku lumayan surprise karena seri nude-nya cucok banget sama kulit perempuan Indonesia. Sehingga tetap oke untuk dipakai sebagai tata rias sehari-hari.

Oh ya, produk Lakme Makeup Indoensia sendiri bisa dibeli di beberapa drug store, official web Lakme Makeup Indonesia dan tentu saja olshop kosmetik yang terpercaya.

Baca juga: 5 Permasalahan Kulit Perempuan Usia 30-an

Mini Review Goodie Bag Beauty Class IFB dan Lakme Makeup

Yang nggak kalah seru dan sangat ditunggu-tunggu dari event beauty class IFB dan Lakme Makeup kemarin tentu saja goodie bag-nya. Yeay!! Dan kami pun mendapatkan satu paket manis goodie bag yang berisi 4 buah Lakme Classic Reinvent Mini Matte Lip Crayon. Empat biji lho, duh lumayan banget, kan?

Nantinya untuk review lengkap produk ini bakalan aku buat di postingan lainnya. Tapi, kali ini aku kasih bocorannya dulu, ya.

Jadi Lakme Classic Reinvent Mini Matte Lip Crayon ini hadir dengan packaging baru dari varian lip crayon Lakme. Dengan berat hanya sekitar 2 gram, lipstik ini sangat imut dan cocok sebagai salah satu penghuni hand bag teman-teman.

Untuk warnanya sendiri cenderung pastel, nude dengan 4 varian warna. Yaitu Mauvey, Taffy, Peachy dan Fiery. Warna-warnanya sih lebih mengarah ke pink dan peach, hanya saja ada varian tua dan muda.

Untuk klaimnya sendiri matte finish, intense color dan silky smooth texture. Sedangkan untuk ketahanan dan kenyamanannya sendiri, tunggu postingan selanjutnya di blog ini, ya.

Overall, aku happyyy banget dan merasa event beauty class IFB dan Lakme Makeup kemarin sebagai the real me-time. Selain mendapatkan ilmu dan keterampilan baru, sharing pengalaman dan cekikikan bareng teman-teman yang punya passion sejenis merupakan hiburan yang nggak bisa dibeli di mana pun. Sangat menyenangkan dan memotivasi untuk tidak berhenti menulis.

Thank you Indonesian Female Bloggers, Lakme Makeup Indonesia and Mint & Mingle for the amazing moment!

 

22 thoughts on “Beauty Class Indonesian Female Bloggers bareng Lakme Makeup Indonesia dan Mint & Mingle”

  1. Iya nih mbak Damar amazing banget hasil make upnya glamor.
    Produk dari India, warnanya masuk banget sm kita yang sawo matang. Enggak sia-sia perjuangannya datang ke acara yang banyak ilmunya ya mbk, apalagi enggak cm bahas kecantikan pula. Aku kapan ya jadi kepincut masuk ke kelas tata rias? *tutup muka, hihihi….

  2. Whaa tips make up untuk pemulanya bermanfaat sekaliii. Aku kadang bingung urutan pengaplikasian make antara moisturizer, foundation, dan CC cream. Thanx skrg jadi tau kudu gmn.

  3. Wahhh keren banget nihh komunitasnyaaa bisa memberikan wadah dan tempat untuk berkarya dan mencari pengalaman, relasi, informasi yang bisa dibagikan dan diceritakan di tempat lain. Bagus sih, kapan lagi yakan bisa dapat event atau acara seperti ini dan plus nya gratis lagi.. Produknya baru nih, ak juga baru denger kalo ada yang seperti ini, kok bisa tau mas? Oiyadonggg tau lah liat dari punya doi yang jugaaa gak ketinggalan kalo urusan gini mah, sampe bingung liat nya haha

  4. Wahh seneng banget mbak ya bisa terpilih ikutan beauty workshopnya, apalagi sponsornya sama Lakme. Kalau liat postingan beauty product Lakme bagus reviewnya wehehehe. Pen dah punya salahsatu produk Lakmenya hehheee
    Penasaran sama Unboxing produk Lakme nya, Mbak hehehhee
    TFS ya Mba

  5. Kenapa aku baca artikel ini di saat foundie dan CC Cream-ku mau habis..kan jadi tergoda kucobaLakme Makeup Indonesia.
    Seneng makin banyak brand lokal yang keren bangets
    Apalagi terbukti enggak mblobor dan awet kek Lakme ini.
    Dan..itu lip crayonnya duh bikin mupeng saja

  6. Seru banget acaranya, nyesel deh gak daftra, eh tapi pas itu aku ada rencana ma keluarga hehe, sblum heboh listrik padam. oooo Mint and Mingle itu semacam Eo gtu ya mbak?
    Pantes acaranya bisa seseru itu. Jd skrng makin memantabkan diri jd biuty blogger kah? xixixi

  7. baca2 di IG teman2 tentang event ini, wiiih seru abis! pas pemadaman listrik, panas2an tapi nalah hasil polesan Lakme Makeup Indonesia di wajah makin oke

  8. aaah … iri sama isi goodie bag-nya! Meski Jakarta blackout, kakak-kakak cantik IFB tetap semangat ikutan beauty class yaa. Hasilnya oke lho, mbak. Natural and fresh!

  9. Tips ini berguna juga buat newbie cem aku, Mbak! Alisku kalo ngikutin arah tumbuhnya rambut malah bentuknya aneh, hahaha! Jadi, sekarang aku potong di tengah jalan alisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *