Nia Ramadhani Tak Ragu Ukir Prestasi Usai Lepas dari Narkoba

Nia Ramadhani, jika mendengar nama artis yang satu ini, seketika ingatan saya kembali pada sinetron “Bawang Merah Bawang Putih”. Sinetron yang pernah tayang di stasiun TV Nasional belasan tahun silam. Nia Ramadhani yang kala itu memerankan tokoh Bawang Merah menurut saya berhasil menciptakan karakter tokohnya. Hingga pemirsa seperti saya seolah tak bisa lupa dengan kelihaian Nia Ramadhani dalam memainkan perannya.

Menjadi Bagian Keluarga Bakrie

Muda, cantik, bertalenta. Karier Nia Ramadhani terus meroket dan menjadi salah satu artis yang kemunculannya di layar kaca selalu dinantikan. Kebahagiaan Nia pun seolah tak berhenti sampai di situ. Pada usia yang masih cukup muda, Nia dipersunting Ardhi Bakrie dan menjadi bagian dari keluarga terpandang di Indonesia.

Sebagai seorang ibu, bisa dibilang Nia Ramadhani layak mendapat predikat Hot Mommy. Menjadi ibu pada usia muda tak menjadikannya canggung dalam mengasuh ketiga anaknya. Dalam berbagai kesempatan, Nia terlihat hangat, dan pandai membangun bonding dengan Mikhayla, Magika, juga Mainaka.

Tekanan Hidup dan Jerat Narkoba

Kerap tampil bahagia bersama keluarga dan teman-temannya, siapa sangka Nia Ramadhani menyimpan duka dalam dirinya. Pada 7 Juli 2021 yang lalu, Nia Ramadhani dan suami ditangkap lantaran terbukti menyalahgunakan narkotika jenis sabu-sabu.

Nia Ramadhani mengaku menggunakan sabu-sabu sejak  April 2021. Hal tersebut ia lakukan untuk melampiaskan kesediahnnya yang mendalam sejak kepergian sang ayah pada 2014. Pada tahun 2021, Nia merasakan tekanan hidup akibat tuntutan untuk selalu tampil sempurna pada dirinya, juga duka atas kepergian ayah yang belum dapat diatasinya. Kombinasi keduanya membuat Nia tergoda untuk menjajal narkoba, kemudian menjadikannya pelarian untuk mengatasi tekanan yang dirasakannya.

Nia Ramadhani kemudian diputus bersalah dan menjalani hukuman rehabilitasi selama 8 bulan. Usai menjalani masa rehabilitasi,  ia tak mau terpuruk karena kesalahannya. Nia dan suami segera bangkit dan menjalani kehidupan dengan cara baru yang dipilihnya.

Tak Ragu Mengukir Prestasi Usai Jalani Rehabilitasi

Pada 29 Maret 2022, Nia Ramadhani dinyatakan selesai menjalani rehabilitasi. Sekembalinya Nia dan suami pada keluarga dan masyarakat, mereka pun tak menunggu lama untuk segera bangkit dari keterpurukan.

Nia Ramadhani kemudian diketahui aktif berolahraga selepas masa rehabilitasi. Nia kerap bermain golf dan tennis. Ia juga rutin berlatih lari di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan. Dalam olaharag lari, sang suami adalh suporter utama yang selalu menyemangatinya.

Beberapa event lomba lari yang telah diikuti Nia Ramadhani seperti:

  • Onepride Fun Run 5K (16 Juli 2022)
  • Jelajah Timur Run For Equality (18 September 2022)
  • Jakarta Marathon 22, Half Marathon (HM) 21K(16 Oktober 2022)

Bagi orang-orang yang tersandung masalah seperti dirinya, Nia berpesan agar tabah dan san sabar dalam menjalaninya. Ia juga berpesan agar siapapun yang berhasil lepas dari jeratan narkoba untuk segera bangkit dari keterpurukan yang pernah dialaminya. “Pokoknya jangan sampai merasa kalo setelah kita kena masalah itu kita harus terpuruk dan harus malu, enggak sama sekali. Kita adalah orang-orang yang dipilih sama Tuhan,” begitu ujarnya.

Jerat Narkoba di Kalangan Artis Indonesia

Nia Ramadhani bukan satu-satunya artis Indonesia yang terjerat narkoba. Beberapa tokoh dan public figure pernah tersandung masalah serupa. Setelah melalui serangkaian program rehabiltasi dan lepas dari jerat narkoba, tak sedikit dari mereka yang segera bangkit dan produktif berkarya.

Sebut saja aktor Dwi Sasono. Suami penyanyi legendaris Widi B3 ini juga sempat membuat geger karena terjerat narkoba. Siapa sangka kehidupan Dwi yang terlihat tenang, damai, dan memiliki hubungan yang hangat dengan anak istrinya juga sempat tergoda barang haram ini.

Tak berbeda jauh dengan Nia Ramadhani, kini Dwi Sasono mengaku menyesal karena menggunakan narkoba untuk ketenangan yang semu. Begitu juga dengan Anji Drive, Roger Danuarta, keduanya terlihat makin produktif  berkarya setelah bangkit dari jeratan narkoba.

Penutup

Dari Nia Ramadhani dan artis Indonesia yang berhasil lepas dari jerat narkoba kita bisa belajar bahwa siapapun punya kesempatan untuk bangkit dan lepas dari keterpurukan. Untuk melakukannya tentu perlu kemauan kuat dalam diri seseorang. Selain itu perlu juga dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat.

Kini, Nia Ramadhani terlihat jauh lebih segar dan sehat dengan gaya hidup yang dipilihnya. Ibu tiga anak ini juga sedang mempersiapkan sebuah buku yang mengulas perjalanan hidupnya. Jangan lupa, nantikan #CeritaAde yang akan di-launching dalam waktu dekat.

 

Leave a Comment