GADGET LIFESTYLE REVIEW

OPPO F11 Pro – Camera Phone Andalan untuk Fotografi Minim Cahaya

Lighting atau pencahayaan merupakan satu komponen penting dalam teknik fotografi.  Tanpa adanya cahaya bisa dibilang fotografi akan hambar atau hampa karena foto hasil bidikan pasti kurang cemerlang, apalagi memikat.

Berada dalam ruangan minim cahaya, suasana malam atau cuaca yang sedang kurang bersahabat dengan dunia fotografi—misalnya mendung—seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi orang-orang yang gemar mengabadikan setiap momen dalam hidupnya melalui foto.  Lebih-lebih jika kita termasuk satu di antara jutaan orang yang mengandalkan kamera smartphone karena alasan kepraktisan. Tantangan ini terasa semakin besar mengingat kualitas pencahayaan dalam kamera smartphone kalah jauh jika dibandingkan dengan piranti fotografi yang lebih besar. Misalnya saja DSLR atau Mirorrless.

OPPO F11 Pro
Hasil foto dengan fitur Ultra Night Mode

Tapi itu dulu, sebelum OPPO meluncurkan seri F11 Pro dan mengubah brand image yang selama ini terkenal handal untuk selfie alias Selfie Expert. OPPO F11 Pro rupanya tak main-main dengan image barunya yaitu Potrait Master. Dari segi kualitas, hasil foto dari kamera smartphone yang satu ini benar-benar lebih jernih, tajam dengan pencahayaan yang sangat cukup.

Beberapa waktu lalu aku pun mencoba membuktikannya dengan mengabadikan beberapa gambar dalam momen-momen minim pencahayaan. Beberapa foto kuambil dalam salah satu indoor room dengan pencahayaan remang-remang. Sedangkan beberapa bidikan lain kuambil di area outdoor namun dalam kondisi mendung menjelang hujan pada sore hari. Hasilnya pun sangat mengagumkan, bahkan jauh di luar ekspektasiku sebelumnya.

OPPO F11 Pro
Desain gradasinya sangat cantik. Elegan minimalis.

OPPO F11 Pro Unggulkan Kamera

OPPO F11 Pro dibekali kamera belakang dengan resolusi ganda yaitu 48MP+5MP, lensa 6P dengan aperture f/1.79 yang memungkinkan tangkapan cahaya lebih banyak. Kamera 48MP-nya sendiri benar-benar menghasilkan gambar yang jernih, apalagi ketika ditambahkan setting Ultra Night Mode dan Color Mapping. Di samping itu kemampuan kamera AI juga telah ditingkatkan sehingga mampu mengidentifikasi berbagai jenis pemandangan.

Misalnya seperti ini, ketika kita membidik tanaman, maka kamera akan memunculkan identifikasi “green plants”. Selanjutnya, baik tingkat ketajaman maupun detil dari obyek foto pun akan menyesuaikan jenis pemandangan yang berhasil diidentifikasi.

OPPO F11 Pro
Selfie mode dengan colour contrast

Bagaimana dengan kamera depannya?

Bukan OPPO kalau tidak memiliki kamera depan yang selalu fantastis. Untuk seri OPPO F11 Pro sendiri kamera dibuat sangat modern dan bergaya dengan desain Rising Camera, atau kalau aku suka lebih suka menyebutnya Pop-up. Iya, Pop-up karena kamera depan muncul secara otomatis begitu fitur selfie kita aktifkan.

Soal hasil tak perlu diragukan lagi, dong! Sebagai smartphone  dari generasi Selfie Expert, OPPO F11 Pro tetap tak kehilangan kemampuannya dalam memberikan tampilan wajah terbaik. Didukung kamera 16MP dan AI Beauty yang mampu mengidentifikasi wajah dengan fitur peningkatan secara otomatis sesuai kebutuhan atau keinginan penggunanya.

Misalnya, jika kita ingin tampilan dagu terlihat ebih lancip, maka kita tinggal aktifkan fitur AI Beauty kemudian pilih fitur peningkatan seperti “pertajam dagu”. Atau beberapa pilihan lain sesuai kebutuhan. Ingat! Sesuai kebutuhan saja, ya, karena yang berlebihan itu tidak baik untuk “kesehatan mata”, haha.

OPPO F11 Pro
Tampilan kamera depan OPPO F11 Pro yang tersembunyi di badan smartphone

Desain dan Build Quality

Untuk desain dan built quality OPPO F11 Pro ini menurutku sangat modern dan orisinil karena nggak mirip smartphone yang lain. Terbuat dari frame logam dengan bagian belakang kaca—yang kalau dipegang terlihat mewah dan berkelas.

Desain warnanya sendiri gradasi tiga warna dengan tampilan sangat cantik. OPPO F11 Pro hadir dalam 2 warna pilihan yaitu Thunder Black dan Aurora Green. Tampilannya terkesan unik dan menarik ,tapi tetap elegan minimalis.

Layarnya sendiri benar-benar penuh (full screen) tanpa notch karena kamera depannya sudah tersembunyi di badan smartphone. Dengan dimensi 6.53-inchi dengan rasio 19.5:9 dan beresolusi FHD+, dijamin konsumen bakal puas membidik obyek yang diinginkan.

OPPO F11 Pro
Jakarta malam dalam bidikan OPPO F11 Pro

 

OPPO F11 Pro

“Dalaman” OPPO F11 Pro

Meskipun unggul di fitur kamera, bukan berarti “dalaman” smartphone ini asal-asalan, ya. Enggak banget karena seri OPPO F11 Pro ini bahkan memiliki kapasitas RAM hingga 6GB sehingga sangat memenuhi kebutuhan konsumen, seperti memutar video beresolusi HD atau bermain game. Hanya saja, untuk game berkapasitas besar performanya masih standart, tapi cukuplah untuk memenuhi hasrat gamer dalam diri kalian.

Untuk baterainya sendiri 4.000 mAh yang artinya kapasitasnya cukup besar juga. Sedangkan konsumsi daya didesain rendah sehingga baterai pun lebih tahan lama.

OPPO F11 Pro
Sangat bagus untuk memotret detil obyek

Berdasarkan pengalamanku sendiri, dengan penggunaan normal OPPO F11 Pro ini bisa bertahan hingga kurang lebih 11 jam. Sedangkan untuk pengisian dayanya sendiri juga ditunjang dengan teknologi flash charging sehingga durasinya lebih cepat. Sekali lagi masih berdasarkan pengalamanku, untuk pengisian selama kurang lebih 60 menit baterai telah terisi hingga 80%.

Dukungan VOOC 3.O Flash Charge disebut-sebut sebagai penyebab durasi pengisian lebih singkat—kurang lebih 20 menit lebih cepat dibanding pengisian pada smartphone yang didukung VOOC Flash Charge.

OPPO F11 Pro

OPPO F11 Pro
Detil warna sangat cantik dan jernih

Hyper Boost Performa

Buat teman-teman yang sudah merasakan pengalaman dengan OPPO seri sebelumnya, maka kalian akan langsung merasakan perbedaan responsivitas pada seri F11 Pro ini. Bahkan kecepatannya dalam membuka aplikasi meningkat hingga 31% dibandingkan seri-seri sebelumnya.

Di samping itu, OPPO F11 Pro juga diklaim memiliki sistem untuk meningkatkan performa game popular. Tentu ini kabar baik untuk para gamer karena mereka bisa merasakan pengalaman bermain game yang berbeda.

OPPO F11 Pro
Efek bokehnya natural berbentuk bulat-bulat halus

 

OPPO F11 Pro
Tetep PD meskipun muka kucel habis olahraga dengan OPPO F11 Pro

Mengapa Memilih OPPO F11 Pro?

Berbagai keunggulan dan perbaikan performa OPPO F11 Pro harusnya menjadi alasan penting bagi calon konsumen untuk memboyong camera phone yang satu ini sebagai teman fotografi.

Namun jika ingin lebih detil dengan keunggulannya, berikut beberapa alasan mengapa OPPO F11 Pro recommended untuk menggantikan smartphone lama di rumah.

  1. Hasil foto jernih dan cukup cahaya. Detil gambar juga sangat jelas, efek bokeh halus dan natural.
  2. Memori besar sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen, bahkan untuk bermain game.
  3. Desain dan built quality bagus ditambah kamera depan tersembunyi yang membuat tampilannya benar-benar full screen.
  4. Kapasitas baterai besar dan tidak butuh waktu lama untuk mengisi daya karena teknologi fast charging.
  5. Harga standart untuk low light camera phone.

Dengan 5 keunggulan di atas aku rasa teman-teman tak perlu mencari alasan lagi mengapa harus memilih OPPO F11 Pro. Jadi segera miliki smartphone yang satu ini, dan rasakan pengalaman fantastis memotret dalam kondisi minim cahaya.

Untuk informasi lebih lanjut, teman-teman bisa langsung meluncur ke website resmi OPPO saja ya. Ada di link berikut ini https://www.oppo.com/id/smartphone-f11-pro/

Jadi, apakah teman-teman sudah siap merasakan pengalaman baru dengan low light camera phone yang satu ini? Harus dong!

Oppo F11 Pro
Fitur Panorama

33 thoughts on “OPPO F11 Pro – Camera Phone Andalan untuk Fotografi Minim Cahaya”

  1. Betul banget. Saya juga penggemar Oppo dan tetap setia menggunakan Oppo untuk kepentingan phography praktis. Setelah menggunakan Oppo F11 Pro ini, kamera analog saya nyaris (sudah) tidak pernah digunakan lagi. Terimakasih Oppo

  2. Aku seneng lho motret dengan suasana malam hari. Cucok nih ya menjadikan Oppo F11 pro sebagai andalan. Udah pernah nyobain pake punya teman, pas dipake untuk selfie, yawlaaaa…. buening banget. Jadi gemaazzz deh sama kemampuan fotografinya.

  3. Foto panorama yang terakhir keren sangats..juga bunga-bunga, dek Najib, happy couple-nya dan semuwaa..memang OPPO selalu unggul di urusan kamera. Tapi ku baru nyadar kalau di hal lainnya di juga ga bisa diremehkan. Keren OPPO F 11 Pro!

  4. Keren nih. Aku pernah punya OPPO yg murah A37 itu tanpa keluhan sama sekali. Sekarang dipakai anakku. Moga2 bisa punya F11 Pro ini ya. Aamiin.

  5. Oppo F11 Pro ini tuh emang racun banget deh ya mbak, aku soalnya naksir berat tapi belum beli-beli. Pernah nyobain punya kak Aie waktu acara dan kebetulan pas bulan puasa kemarin, kita foto dengan minim cahaya gitu. Masya Allah jadinya bagus banget itu foto. Terus juga lihat beberapa review teman-teman yang foto city scape dimalam juga kece, semakin parah nih racunnya menusuk kalbu.

  6. Whaa makin mantul oppo f11 pro ditanganmu mbak. Udah yang motret pinter dan hapenya juga emang keren. Btw untuk memori internal berapa GBkah?

  7. Nah, ini nih ya bisa jadi alternatif pilihan. Soalnya suka bete kalau foto kegiatan anak saat malam hari di ruangan suka gak jelas dan hasilnya gak maksimal. Berarti mesti nih cobain OPPO F 11 Pro (sambil nabung dulu, hihiw)

  8. Keren semuwaaa…sa’ detail²nya. Ituuu…ada fitur watermark dikasih nama yah? Asyik dong…engga usah edit lagi…Duh…brp harganya?…

  9. Aku kalau ada kebutuhan review produk hanya bisa foto malam hari karena siangnya mesti kerja, dan dulu juga ada blogger baik hati kasih masukan agar aku bisa memperbaiki fotografinya yang gelap wkwkwk…

    jadi pengen beli deh OPPO ini semoga kekumpul nih atau bisa dapat hadiah dari suami wkwk

  10. Oppo memang tidak diragukan lagi nih. Saya juga pengguna OPPO mbak, dan memang hasilnya keren. Tapi setelah baca review ini, saya makin mupeng untuk nabung kekepin F11. Hahahha

  11. Gak ragu-ragu deh kalau hasil foto yang dihasilkan Oppo nih keren sangat. Beberapa kali mengunjungi launching Oppo selalu dibuat ternganga dengan hasil jepretannya. Dan lagi selalu berinovasi tiada henti nih oppo ya. Btw, bokehnya maksimal Maak!

  12. Keren banget kak hp oppo ini apalagi cameranya ini bisa banget buat yang suka foto2 atau buat konten menarik ini

  13. Sering sebel ya kalau potrat-potret malam hari trus hasilnya jelek dan blur. Mau pake flash malah ntar hasilnya berpendar terlalu terang. Paling oke kalau pake smartphone yang kemampuan kameranya udah yahud kayak F11 pro ini .Mupeng euy pengin punya jugaaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *