7 Jenis Perawatan Rutin Motor Matic, Jangan Lupa Ganti Oli Mesin!

Sejak menggunakan motor matic pada tahun 2008, saya termasuk pengendara yang rutin melakukan perawatan motor. Selain pemeriksaan rem, tekanan udara, tune up, juga penggantian oli gardan, saya juga rutin mengganti oli mesin secara berkala. Itu sebabnya saya hapal betul harga oli MPX2 di bengkel langganan saya.

Pada umumnya, urusan servis motor memang menjadi urusan kaum Adam. Tetapi, bagi saya yang sudah terbiasa melakukannya sejak berstatus jomblo, perawatan motor bukanlah hal yang aneh untuk dilakukan. Hingga hari ini, saya masih rutin melakukannya di sela-sela kesibukan sebagai istri dan ibu dua orang anak.

7 Perawatan Rutin untuk Motor Matic

Perawatan rutin sangat penting dilakukan untuk menjaga kinerja dan masa pakai motor matic. Dengan perawatan yang teratur, kita dapat memastikan kondisi motor tetap optimal dan memperkecil risiko kerusakan yang mungkin terjadi. Apa saja jenis perawatan rutin untuk motor matic? Berikut 7 jenis perawatan rutin yang dapat dijadwalkan secara berkala bersama teknisi motor kalian:

1. Ganti oli mesin secara teratur

Oli MPX2 atau AHM Oil khusus untuk motor matic
Gambar milik: grid.oto

Oli mesin ibarat darah pada motor, begitu pun pada motor matic. Lakukan penggantian oli mesin sesuai dengan jadwal yang disarankan produsen motor. Oli mesin sendiri berfungsi sebagai pelumas, mencegah kebocoran gas di ruang boiler, menurunkan suhu mesin, pengendali logam hasil gesekan, dan mencegah karat. Penggunaan oli yang bersih dan berkualitas memiliki peran penting untuk menjaga fungsi kendaraan dengan baik.

Khusus untuk motor matic, gunakan oli mesin yang sesuai spesifikasi pabrik, seperti Oli MPX2 yang dikembangkan oleh Honda Jepang. Dijual dengan nama dagang AHM Oil, oli ini dikhususkan untuk motor matic.

Spesifikasi Oli MPX2

Memiliki spesifikasi SAE 10W-30, API-SL, JASO:M8, Oli MPX2 disebut-sebut sebagai pelumas kendaraan berkualitas dan memiliki daya lindung terhadap motor matic yang baik. Oli MPX2 juga memiliki kemampuan mengefisienkan pemakaian bahan bakar, namun tetap menjaga performa mesin lebih bertenaga. Limbahnya yang dihasilkan aman untuk lingkungan, sehingga kamu tak perlu khawatir menjadi penyumbang pencemaran udara di sekitar.

Harga Oli MPX2 di Bengkel

Oli MPX2 biasa digunakan oleh motor matic merek Honda. Seperti motor Beat yang saya gunakan, Genio, Scoopy, Vario 125, Vario 160, PCX, ADV 160, PCX e-HEV, hingga Honda Forza. Harga Oli MPX2 di bengkel berkisar Rp52.000 untuk ukuran 0,8 liter. Oli MPX2 yang asli dikemas dalam botol dengan stiker berwarna putih dan tutup berwarna biru

2. Pembersihan dan pelumasan rantai

Membersihkan bagian-bagian yang mudah terkena kotoran seperti mesin dan bagian bawah motor penting untuk dilakukan. Selain itu, pelumasan juga perlu dilakukan untuk mencegah rantai aus dan pergerakan tetap lancar. Perawatn ini dapat dilakukan sendiri, namun bisa juga dibantu oleh teknisi bengkel.

3. Mengganti oli gardan

Penggantian oli gardan dapat dilakukan dengan rumus dua kali ganti oli mesin diikuti satu kali penggantian oli gardan. Manfaat dari penggantian oli gardan adalah untuk melumasi gir-gir yang berada dalam rumah CVT motor matic. Continuously Variable Transmission (CVT) sendiri adalah komponen yang memiliki fungsi untuk meneruskan putaran yang dihasilkan oleh mesin motor pada bagian roda ban sehingga motor dapat berjalan.

Oli gardan cenderung lebih awet dibanding penggantian oli mesin. Oleh sebab itu, penggantiannya juga tidak terlalu sering. Namun, jangan sampai lupa, dan hindari menunggu hingga interval batas maksimum yang disarankan perusahaan.

4. Pengecekan kampas rem

pengecekan kampas rem pada motor matic
Gambar milik: Planet Ban

Bagian pengereman sangat penting untuk menjamin keselamatan pengendara. Perawatan rutin pada bagian ini hampir sama pentingnya dengan ganti oli mesin secara rutin. Perawatan rem perlu dilakukan untuk memastikan seluruh komponennya berfungsi dengan baik dalam menghentikan laju kendaraan.

Pastikan kondisi kampas rem baik dan layak pakai, yaitu memiliki ketebalan yang ideal untuk bergesekan dengan cakram atau tromol kendaraan. Segera lakukan penggantian jika dianggap sudah diperlukan. Pastikan minyak rem dalam volume pas dan gunakan kampas minyak rem sesuai spesifikasi dari pabrik.

5. Periksa sistem pendingin

Pastikan sistem pendingin motor matic Anda berfungsi dengan baik. Bersihkan radiator dari kotoran dan debu secara berkala. Jika terdapat tanda-tanda kebocoran atau masalah lain pada sistem pendingin, segera periksakan ke bengkel untuk diperbaiki.

6. Perawatan baterai

Baterai motor matic harus diperiksa secara berkala dengan cara membersihkan kutub baterai dari kotoran dan pastikan kabelnya terhubung dengan baik. Jika baterai terlihat melemah atau tidak dapat menyalakan motor dengan baik, maka pertimbangkan untuk mengganti dengan yang baru.

7. Pengecekan busi

Busi adalah bagian yang berfungsi mengubah aliran listrik dari koil menjadi percikan api. Kondisi busi selain penting untuk menjamin kinerja motor, juga dapat menjadi indikasi kesehatan mesin motor. Menurut penjelasan dari teknisi motor saya, kalau busi motor sudah berwaran hitam pekat dan cenderung kotor, maka sudah saatnya diganti agar motor matic lebih nyaman dikendarai.

Nah, dengan melakukan perawatan rutin seperti yang saya lakukan, motor matic saya cenderung tidak bermasalah meskipun sudah ‘berusia lanjut’. Motor juga selalu dalam kondisi baik meskipun setiap hari saya ajak bekerja keras membelah jalanan Jakarta. Jangan lupa, cek harga oli MPX2 di bengkel langganan kalian.

20 thoughts on “7 Jenis Perawatan Rutin Motor Matic, Jangan Lupa Ganti Oli Mesin!”

  1. Wah ini nih jangan sampai lupa ganti oli mesin motor. Aku kapan terakhir kali ya? Jangan-jangan udah harus ganti oli. Coba entar tanya oli mpx2 di bengkel langganan aku juga ah, thanks infonya kak

    Reply
  2. Saya tuh paling gak ngerti otomotif. Tapi, kalau ganti oli doang tetap rutin bawa ke bengkel yang udah dipercaya. Kan tinggal lihat jadwalnya ganti olinya. Daripada nanti kendaraan sampai rusak karena gak dirawat. Malah lebih mahal biaya perbaikannya.

    Reply
  3. Jangan cuma bisa pakai motor tapi juga harus tau cara merawatnya, setidaknya melakukan service motor dengan rutin supaya motor tetap awet & bisa digunakan. Kalau diservice pasti nanti dilakukan pengecekanoleh teknisi saat ada yang perlu diganti jadi ketauan

    Reply
  4. Untuk sehari-hari, aku gunakan motor matic juga mba. Dan merasa terbantu karena menurutku perawatannya mudah. Nah soal pengecekan baterai, aku kurang ngeh soal ini. Kayaknya harus lebih melek deh informasinya

    Reply
  5. Ganti oli ini emang penting banget ya, mak. Istilahnya perawatan motor paling basic ya ganti oli. Kalau rajin ganti setidaknya tarikan mesin tetap oke.

    Reply
  6. Duh, jadi keingetan nih kapan ya terakhir kali ganti oli? Huhu.. punya motor itu emang kek punya anak, mesti ada budget khusus untuk perawatannya.

    Reply
  7. printhilan seputar oli nih kadang bikin cewek angkat tangan
    padahal.perlu juga utk dipahami, ya mba.
    makasiii sharing nya yah

    Reply
  8. Noted, ketujuh perawatan motor matic ini memang perlu di perhatikan dan dijalankan demi kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Terutama ganti oli nih, sering sekali orang menyepele kan padahal itu urgensinya penting banget.
    Jadi paham juga spesifikasi Oli MPX2.

    Reply
  9. Kalau bilang servis motor urusan kaum Adam aja, itu mahhh duluuu. Aku juga selalu bergantung ama suami dulu. Tapi sekarang kita harus bisa mandiri buat ngecek motor berkala. Perawatan rutin penting banget buat menjaga kinerja dan masa pakai motor matic tentunya. Ganti oli, cek aki, cek kampas rem tuh pentingg!!

    Reply
  10. bisa nih tipsnya direkomendasikan untuk adekku yang ada di luar kota. ngekos sendirian sehari2 kerja pakai motor ya mesti jangan lupa diservis juga motornya.

    Reply
  11. Plus pengecekan ACCU juga Kak Damar. Soalna kebanyakan motor matic kan menggunakan double stater ya, jadinya wajid banget mengecek keadaaan ACCU kering kita.

    Reply
  12. Baca ini jadi keinget kalau udah jadwal ganti oli mesin. Oli gardannya sih udah pas dulu ganti. Menurut Bengkel yang pernah ngerjain, 2x ganti oli mesin, 1x oli gardan. Oh jangan lupa cek-cek lainnya biar pakai motor tetap nyaman

    Reply
  13. Perempuan tu jaraaang banget inget kalo motor ngga cuma butuh bensin, tapi juga butuh oli. Di sosmed sering banget lihat video-video yang bahas ini. Bahkan ada videonya Komika Bintang Emon yang bahas ini juga. Wkwkwk…

    Kalau saya mah, yang penting rutin ke bengkel langganan, gitu aja. Biar dicek semuanya.

    Reply
  14. Tahu kapan di ganti biar performa mesin motor bagus dan jago di jalan tanpa adanya mogok lagi. Brem.. brem

    Reply
  15. Setuju banget sih mba…motorku usianya dah 10 th lebih karena rutin,, ganti oli smp sekarang aman2 belum cona nih varian Oli MPX2 selama ini percaya aja sm oli bengkel next mau coba juga AHM Oil

    Reply
  16. Menurutku para emak-emak wajib tau nih tentang bagaimana merawat motor secara rutin termasuk dengan mengganti oli agar mesin menjadi prima. Untung sekarang sudah banyak tempat service motor, jadi tinggal bawa ke sana.

    Reply
  17. Motor matic banyak dipakai oleh kaum wanita yg biasanya gak tahu soal permesinan. Revarasi ke ahlinya pasti jadi pilihan ya
    Apalagi soal oli,wah kudu ke mekanik langsung ya

    Reply
  18. Meskipun kendaraan sudah ‘berusia lanjut’ tapi kalau rajin diservice, mesin kendaraan akan terawat baik dan nyaman digunakan.
    Service kendaraan di Planet Ban memang jadi pilihan banyak orang yaa… Memuaskan hasilnya.

    Reply
  19. Hiks rasanya jleb banget betapa pentingnya ganti oli motor buat pengendara terutama perempuan. Apa2 tuh meskipun mesin tua tapi tenaganya masih bagus kalo dirawatnya lewat planet ban ya kak

    Reply
  20. Wah bener banget, pernah oli lama ga diganti ampe pas ganti oli, oli motor udah kering gak ada, untungnya masih selamet, mesin motor gak kena
    Abis itu gak lagi-lagi deh ntar sok ntar sok ganti oli klo udah waktunya

    Reply

Leave a Comment