GADGET LIFESTYLE TIPS

Rekomendasi Smartphone Sesuai Budget dan Kebutuhan

Benar kiranya jika perkembangan teknologi digital tak hanya mendekatkan jarak tapi juga memudahkan segala urusan. Sebut saja untuk urusan belanja dan transaksi pembayaran. Orang zaman now pasti lebih suka melakukannya secara digital melalui berbagai aplikasi yang ter-instal di telepon pintar mereka.

Tak perlu menanggung risiko karena harus selalu memegang cash.  Transaksi lebih cepat karena tak perlu berurusan dengan uang kembalian. Belum lagi, aneka promo menarik yang ditawarkan dari berbagai jenis aplikasi pembayaran digital.

Hal ini juga yang kemudian menyebabkan manusia seolah tak bisa hidup tanpa smartphone.  Tidak ada uang tidak masalah, yang penting smartphone lengkap dengan paket data ada dalam genggaman.

Segala hal yang berkaitan dengan komunikasi, pekerjaan, transaksi pribadi dan bisnis, bahkan sebagai media meng-entertain diri, semuanya bisa dihadirkan melalui smartphone yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan spesifikasi dari masing-masing brand penyedia.

Pemilihan Smartphone Berdasarkan Kebutuhan

Tingginya tingkat kebutuhan terhadap smartphone ini juga yang kemudian mendukung brand terus menghadirkan produk-produk jagoannya.  Sebut saja Samsung, yang tak diragukan lagi tingkat performa dan inovasinya. Atau Xiaomi yang kini mulai diminati konsumen dari berbagai rentang usia.

Mengingat semakin gencarnya persaingan inovasi antar brand, maka ada baiknya sebagai konsumen lebih bijak menentukan skala prioritas. Salah satunya dengan membeli smartphone berdasarkan budget dan kebutuhan.

Misalnya, bagi pelajar yang kebutuhannya masih sebatas komunikasi dan searching sederhana, maka smartphone berspesifikasi “sedang” layak untuk diperhitungkan karena dari segi harga lebih terjangkau.

Lain halnya dengan mahasiswa yang dari segi kebutuhan lebih kompleks, tetapi belum memiliki penghasilan sendiri. Maka memilih smartphone berspesifikasi “menengah” cukup untuk memenuhi kebutuha namun tak sampai membuat kantong kebobolan.

Nah, lain halnya dengan golongan professional yang mengandalkan smartphone sebagai salah satu virtual office. Smartphone berspesifikasi “premium” layak mereka pilih untuk menunjang performa pekerjaan atau bisnis yang mereka jalankan.

Baca juga: Rekomendasi Smartphone untuk Fotografi Minim Cahaya

Rekomendasi Smartphone Berdasarkan Budget dan Kebutuhan

 Tak bisa dimungkiri bahwa semakin tinggi spesifikasi smartphone yang kosumen butuhkan, maka semakin besar juga budget yang harus dianggarkan.

Sebagai contoh sederhana saja, untuk membeli smartphone dengan kapasitas 16 GB tentu budget yang dianggarkan berbeda dengan smartphone dengan memori 32 GB. Itu baru dari segi memori, belum dengan berbagai spesifikasi lainnya seperti kamera dan prosesornya.

Nah, berikut beberapa rekomendasi smartphone sesuai budget yang mungkin bisa dipertimbangkan

Xiaomi Redmi 4A

Xiami Redmi 4A rasanya layak diperhitungkan. Dengan kisaran harga 1,5 juta rupiah, bahkan beberapa toko online menjual di angka satu jutaan, smartphone ini rasanya sayang jika tidak dijadikan pilihan.

Xiaomi Redmi 4A mampu memenuhi kebutuhan dasar smartphone bagi orang zaman now, tapi dengan bujet yang sangat bersahabat. Selain kamera yang mumpuni dan berlayar besar, desainnya juga menarik dan yang pasti enggak malu-maluin.

Body-nya sendiri memang tidak terlalu tipis tapi masih mengedepankan gaya elegan dan minimalis. Sedangkan pilihan warnanya juga berkelas dengan sentuhan matte finishing dan berbahan plastik.

Untuk “dalamannya” sendiri, Xiaomi Redmi 4A ditenagai prosesor snapdragon 425 64-bit quad-core. Dengan baterai sebesar 3030 mAh, smartphone ini sangat mampu meng-entertain dan handal untuk komunikasi dan searching sederhana.

Berat smartphone sendiri masih ringan hanya sekitar 131,5 gram dengan layar 5 inchi sehingga nyaman digenggam, juga pas untuk dimasukkan ke dalam kantong. Untuk kameranya sendiri sebesar 13 Mp dengan kualitas kamera jernih dan mampu menghadirkan bidikan gambar serta video berkualitas tajam.

Oh ya, Xiaomi Redmi 4A juga dilengkapi MIUI 8 yang merupakan sistem operasi terbaru Xiaomi Indonesia dan diklaim mudah dioperasikan oleh siapapun. Salah satu kelebihan dari sistem operasi ini adalah kemampuannya mendeteksi foto. Juga mampu mengklasifikasi foto dan video sesuai tanggal pengambilan.

Masih kurang puas dengan spesifikasi smartphone berbanderol satu jutaan ini? Oke, lanjut lagi, ya.

Xiaomi Redmi 4A ini juga menyediakan 2 slot untuk 2 kartu SIM. Selain itu, kalian bisa menggunakan 2 akun untuk berbagai aplikasi sosial media seperti Facebook, Whatsapp dan lain sebagainya.  Hm, bisa makin eksis ini mah!

Baca juga: Rekomendasi Smartphone Gaming  Kelas Menengah

Samsung Galaxy A50

Sampai hari ini, Samsung masih menduduki peringkat teratas untuk kategori piranti android. Ya, setidaknya beberapa sumber menunjukkan data serupa. Selain merajai pasar smartphone di dunia, bahkan di Indonesia, Samsung juga dikenal sangat rajin merilis seri-seri terbarunya.

Smartphone Samsung yang populer dengan nama Samsung Galaxy juga memiliki berbagai series dengan berbagai klasifikasi spesifikasi dan harga. Sebut saja Samsung Galaxy A series yang dibanderol dari harga 1,8 juta rupiah hingga 7 jutaan untuk spesifikasi teratas. Atau Samsung Galaxy S Series yang masuk dalam jajaran smartphone premium dan cocok untuk kalian yang membutuhkan piranti penunjang profesionalisme kerja.

Untuk spesifikasinya sendiri kita ambil contoh Samsung Galaxy A50 yang menduduki smartphone kelas menengah dengan harga kisaran 3 hingga 4,5 jutaan tergantung besarnya memori.

Performanya mumpuni karena ditenagai prosesor octa-core dari chipset Exynos 9610 dengan kapasitas RAM 4 GB atau 6GB.

Untuk internal storage-nya sendiri hadir dalam dua pilihan, yaitu RAM 4GB yang berpasangan dengan storage 64GB dan 6GB dengan storage 128GB. Sedangkan untuk eksternalnya sendiri masing-masing ditopang memori sebesar 512GB.

Desain smartphone-nya sendiri sangat elegan  dengan body 3D Curved Edge yang sangat ciamik dengan perpaduan material plastik dan kaca berdimensi 158,5 x 74,7 x 7,7 mm, berbobot 266 gram yang artinya masih nyaman dalam genggaman.

Nah, kalau urusan kamera, rasanya Samsung tak perlu diragukan lagi, ya. Karena untuk Galaxy A50 ini pun disematkan 3 lensa yang dipasang secara vertikal di bagian belakang. Masing-masing beresolusi 25MP untuk kamera utama, 5 MP depth camera dan 8 MP untuk wide camera. Dengan kemampuan kamera seperti tersebut di atas,  Samsung Galaxy A50 tidak hanya jago dalam memotret tapi juga handal untuk urusan selfie.

Kapasitas baterai juga besar karena Samsung Galaxy A50 dibekali baterai 4000 mAH dengan teknologi fast charging. Dengan smartphone ini, kalian tidak hanya maksimal dalam bekerja, tapi juga puas bermain dengan berbagai aplikasi entertain.

Nah, ternyata pemilihan smartphone tidak hanya didasarkan pada selera atau trend yang sedang berkembang, ya. Tapi masalah bujet dan kebutuhan harus dipertimbangkan, agar fungsinya optimal dan tidak mengganggu anggaran lainnya.

Untuk pembeliannya pun, kalian tidak perlu terpaku pada outlet offline, karena kini semakin banyak penawaran melalui toko online yang memberikan keleluasaaan bagi konsumen untuk menemukan smartphone sesuai budget dan kebutuhannya.

 

Referensi:
Website resmi Samsung (https://www.samsung.com/id/)
Website resmi Xiaomi (https://mobile.mi.co.id/id/)
Website iPrice (https://iprice.co.id/harga/xiaomi-redmi-4a/)

 

 

 

 

 

14 thoughts on “Rekomendasi Smartphone Sesuai Budget dan Kebutuhan”

  1. Salam kenal mba Damar, mau nambahin dikit untuk yang lebih fokus ke hasil kamera tapi dengan harga yang relatif terjangkau, ada saran dari teman yang satu grup di pepotoan, mendingan pilih Xiaomi., harga 2,5 juta gitu, tapi aku lupa serie berapa…hehe

  2. Sejak ngeblog kebutuhan memori hapeku meningkat pesat. Solusinya ya kalau penuh pindahin laptop sih, tapi terus laptopnya yg berat, hehe.

    Samsung dan Xiaomi memang lagi ngehitz ya sebagai merk hape yang cocok buat segala kalangan.

  3. Benar banget Mbak, memilih smartphone sesuai kebutuhan dan budget juga menjadikan kita lebih efektif dan efisien dalam mengelola keuangan. Jadi kita juga bisa benar2 tahu apa yang kita butuhkan untuk menunjang aktivitas kita. Tidak hanya sekedar ikut-ikutan trend, tapi kurang maksimal dalam penggunaan.

  4. Bener banget, smartphone tuh memang jadi benda maha penting dala kehidupan sehari-hari. Mending ketinggalan handphone daripada dompet. Eh, aku nggak punya dompet, ding …

    Sebagai penggunai Xiaomi juga, aku malah baru tahu lho kalau Redmi 4A bisa digunakan di dua akun medsos. Haduh, satu akun aja udah ngeksis terus sih, nih.

    Makasih rekomendasi smartphone, Mbak Damar …

  5. Samsung A50 emang udah ngincer mba, cuma ya itu belum ada buat tambahannya hehe. Fast charging plus fitur kameranya oke punya. Aku sih jujur semenjak kenal smartphone, aku pilih android dan selalu pake samsung, ga bisa aku pindah ke lain hati, hehe

  6. Saya juga pakai samsung mbak, setia deh… belum pernah pakai android lain. Soalnya saya tinggal pakai saja. Sementara yang beliin samsung-minded banget. Padahal kadang pengen juga nyoba HP yang ada kamera jahad nya ..hahahah

  7. Lho, kok pas banget ini. Saya pemakai Xiaomi yaitu Redmi Note 7. Hihi, langsung sebut saja deh. Dikasih hadiah sama misua sih ceritanya. Menurut beliau, saya butuh yg kapasitas memory internalnya besar dan kamera yg cukup bagus. Jadinya dipilihin yg itu. Lumayan lah dapet 64 GB. Alasan lain adalah karena ponsel yg saya pake ini diproduksi di Batam sana. PT-nya deket dengan tempat saya kerja dulu, hehe.

    Nah, sebenarnya saya pun cukup jika dikasih hadiah ponsel seperti rekomendasi ponsel di atas. Spesifikasinya oke dan harganya emang ramah di kantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *