Uncategorized

[Resensi[ Mengenal Bumi melalui Buku Seri “Dunia Kita”

Di planet mana kita tinggal?
Mengapa harus bumi dan bukan mars?
Di bumi ada apa saja, sih, Buk?
Bumi itu luas nggak?
Siapa saja yang ada di bumi?Alien nggak ada, ya?
Pertanyaan-pertanyaan semacam itupasti pernah teman-teman dengar dari mulut anak-anak? Benar, kan? Saya punsedang menghadapinya. Rasanya seperti sedang menghadapi ujian, loh! Sekalinya dapatpertanyaan, kayaknyawajib banget menggali informasi untuk mendapatkanjawaban yang tepat.
Apalagi anak-anak sekarangsemakin kritis. Sekali dia mendengar sebuah informasi, berkali-kali merekamenyerang kita minta penjelasan yang detil dan tentu saja mudah diterima logikanya.
Dulu, saat masih bekerja di sekolah.Saya sering mendengar teman-teman pengajar curhat tentang “unik” dan “ajaibnya”pertanyaan dari siswa. Kini, saya mengalami sendiri di rumah. Menjadi orang tuatak hanya harus berhadapan dengan pertanyaan-pertanyaan “ajaib” tapi jugamemaksa kami menjadi “kamus berjalan” anak. Bahkan kalau bisa menjadiperpustakaan pertama. Hem …
Sempat mencari bahan dariinternet untuk menjawab pertanyaan DuoNaj. Menunjukkan gambar miniatur bumitempat tinggal kita, menunjukkan kekayaan alam yang tersimpan di dalamnya.Bahkan kami membawa si kecil mengunjungi beberapa tempat untuk memberikanpengalaman nyata. Seperti ke sawah, untuk hasil alam yang berupahasil panen sayur, buah dan padi sebagai bahan makanan pokok.
Tapi nampaknya anak-anak masihkurang puas. Mereka butuh bahan bacaan yang bisa mereka “sambangi”sewaktu-waktu untuk melihat-lihat kembali. Dan tentu saja  buku bacaan dengan tampilan visual menarik yang mereka butuhkan.
Tentang Buku Seri “Dunia Kita”

Kebetulan sekali, pada saat itu penulisbuku  Seri “ Dunia Kita” sedangmempromosikan buku terbarunya. Saya memang salah satu follower D.K. Wardhani,karena selalu menunggu update buku dan informasi terbaru serta tips dan trik dari beliau yang saya rasasangat bermanfaat. 
Tanpa berpikir panjang, begituada informasi preorder disertai gambaran singkat tentang “Dunia Kita”, saya punlangsung memesannya. Dan tidak disangka harus menunggu restock  karena stok awal langsung ludes terjual.
Seri Dunia Kita adalah bukubergenre nonfiksi anak. Bukunya tidak terlalu tebal, namun sangat komunikatifdan menyajikan visual yang tentu saja memanjakan mata. Saya saja senang melihatdan membacanya, apalagi anak-anak.

Dalam satu seri, terdapat 4 judulyang terbagi dalam 4 buku yang berbeda. Yaitu:
1. Bumi dan Penghuninya .
2. Bumi Penyedia Kebutuhan Kita
3. Bumi Sumber Daya Kita
4. Bumi Tempat tinggal Kita
Buku ini pas banget untukmenjawab pertanyaan “ajaib” anak-anak. Karena mereka tidak hanya akan mencaritahu mengapa kita tinggal di bumi dan bukan mars? Tapi juga, mereka akantahu  di dalam perut bumi itu ada apasaja, sih?
Buku yang rata-rata setebal 36halaman ini dicetak dengan kualitas print yang sangat baik. Full color dantentu saja penuh gambar. Penjelasannya singkat namun mudah dipahamianak-anak. Dilengkapi dengan glosarium dan fakta seru yang membuat anak-anaklebih mudah mengingat hal-hal yang dirasa penting.
Sumber Gambar : D.K. Wardhani
Selain itu, Seri “Dunia Kita” jugadilengkapi dengan halaman aktivitas untuk anak. Misalnya pada buku yangberjudul “Bumi Tempat Tinggal Kita”, anak-anak akan diajak melengkapititik-titik pada proses siklus air. Sehingga anak tidak hanya membaca, namunmengaplikasikan pengetahun baru yang mereka serap dalam kegiatan. Aktivitas inibisa juga orang tua gunakan sebagai bahan kuis dengan anak.  Sehingga anak lebih bersemangat dalam membacadan mendiskusikannya.
Menurut saya pribadi, buku inisangat relevan untuk dibacakan pada anak-anak bahkan untuk batita. Karenasekecil apapun informasi yang mereka serap, kenyataannya dapat meninggalkankesan dan pesan pada diri anak. Perpaduan antara buku dengan tampilan visual menarik dan komunikatif, ditambah gaya penyampaian orang tua yang atraktif. Maka dijamin pesan yang ingin disampaikan lebih mudah “tertinggal” pada memori anak.

Untuk anak-anak yang baru belajarmembaca, jenis buku seperti Seri “Dunia Kita” juga sangat cocok untuk memantikminat baca. Kalimatnya pendek-pendek, tulisannya besar dan disandingkan berbagai gambar berwarna, membuat mereka tak mudah bosan danmenyerah untuk menyusuri halaman demi halaman.
Tentang Penulis
D.K Wardhani adalah seorang homeschooler,author buku anak dan seorang illustrator. Pendiri komunitas Sahabat Alam Cilikini begitu concern dengan isu terkait pelestarian alam untuk menjagakelangsungan kehidupan umat manusia di masa depan.
Salah satu karyanya yang bertemalingkungan adalah “Komik Muslim Cilik Sayangi Bumi”. Tentu saja sudah takterhitung buku dan ilustrasi yang dibuatnya untuk mengkampanyekan isu-isupelestarian bumi dan lingkungan.
Penulis dapat dijumpai di FB : “Dini”Dian Kusuma Wardhani atau IG @dkwardhani. Ada banyak info seputar recycle life,kampanye pelestarian alam, tips-tips menarik dan informatif. Serta tentu sajaaneka buku karya sang penulis.
Secara keseluruhan, saya puas danmerekomendasikan buku ini sebagai salah satu koleksi untuk anak. Sebagai mediabelajar, Seri “Dunia Kita” sangat informatif. Sebagai bahan bacaan,buku ini sangat menarik dan membuat anak tak bosan untuk melihat-lihat gambardi dalamnya.
Pembelian buku ini bisa dilakukansecara online. Teman-teman bisa langsung add social media penulis untukmemperoleh informasi yang lebih mendetil perihal cara pemesanan dan promo yangmungkin ditawarkan.
Bravo, Mbak D.K. Wardhani!😊😘
Seri “Dunia Kita”
1. Bumi dan Penghuninya .
2.  Bumi Penyedia Kebutuhan Kita
3. Bumi Sumber Daya Kita
4. Bumi Tempat tinggal Kita
Penulis : D.K. wardhani
Ilustrator: InnerChild Studio
Penerbit: Tiga Ananda, creativeimprint of Tiga Serangkai
Cetakan pertama : Mei 2017
Jumlah halaman : Rata-rata 36halaman
Harga : Rp. 90.000/ 4 buku#ODOP#day3#bloggermuslimahindonesia

4 thoughts on “[Resensi[ Mengenal Bumi melalui Buku Seri “Dunia Kita””

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *