BEAUTY REVIEW REVIEW SKINCARE WOMEN CORNER

[Update]Review ELFormula Whitening Serum-Pemakaian 28 Hari

Selain essence, serum merupakan varian skincare yang mulai tidak bisa kutinggalkan. Apalagi sejak usia terus merangkak mendekati kepala empat. Kulit wajah nggak hanya butuh dirawat dan dibersihkan. Tapi seperti halnya tubuh, kulit pun butuh dinutrisi untuk menjaga kelembaban, elastisitas, juga mencegah pengaruh buruk radikal bebas.

Serum wajah merupakan jawaban atas semua kebutuhan tersebut. That’s why seperti yang kubilang di awal tadi, pemakaian serum sudah seperti satu step wajib yang nggak bisa kutinggalkan. Kalau sampai lupa nggak pakai pun, aku sering merasa ada yang kurang dengan “proteksi” di area kulit wajah.

Tentang Element Formula

Kurang lebih dua tahun terakhir ini aku rutin menggunakan vit-c serum dari salah satu brand lokal. Awalnya karena nge-endorse saja sih. Eh, lha kok cocok, ya sudah keterusan. Tapi baru-baru ini aku mulai ganti haluan dari vit-c serum ke whitening serum. Tepatnya ketika aku berkenalan dengan Elformula Whitening Serum yang diproduksi oleh brand Element Formula.

Mungkin teman-teman masih merasa asing dengan brand skincare yang satu ini. Wajar, karena Element Formula yang kemudian dikenal Elformula memang baru berdiri pada tahun 2018. Di Indonesia sendiri, Elformula baru memperkenalkan produknya yang berupa serum dengan varian Acne dan Whitening. Sedangkan di negara asalnya di Korea, Elformula telah meracik dan memasarkan berbagai varian skincare seperti masker dan juga essence.

Di samping itu,  Elformula yang dikembangkan oleh Elf Lab telah melalui serangkaian penelitian dan uji lab yang dilakukan tim R&D yang berasal dari Korea juga Amerika. Mengusung tagline “Simple and Effective skincare ingredients” Elformula juga telah melalui uji non-irritation experiment yang dilakukan di Korea.

Nah, seperti apa penampakan serum wajah dari brand Korea ini? Apa saja kandungan di dalamnya? Bagaimana packaging dan tekstur produknya? Dan yang terpenting, bagaimana kesanku setelah menggunakannya selama kurang lebih 21 hari? Yuk, langsung saja pada review produknya.

Review Elformula  28 Days Miracle Whitening Serum (pemakaian 21 hari)

 

Kandungan Utama Elformula Whitening Serum

Buatku pribadi, penting banget untuk mengetahui kandungan utama dalam setiap varian skincare. Apalagi kulitku lumayan sensitif, jadi memang harus hati-hati. Kandungan yang kumaksud di sini juga bukan full ingredients-nya, yang apalah aku juga nggak paham. Tapi lebih pada “hero ingredients-nya”.

Nah, kalau dalam Elformula whitening serum ini, niacinamide, arbutin dan zinc yang menjadi “hero ingredients-nya”. Teman-teman sudah nggak asing dong, dengan manfaat niacinamide yang belakangan ini mulai booming sebagai bahan pencerah warna kulit?

Ternyata, niacinamide nggak cuma membantu mencerahkan warna kulit, lho. Tapi efektif juga untuk memperbaiki kondisi kulit setelah berjerawat. Begitu juga dengan arbutin dan zinc. Masing-masing memiliki manfaat yang saling mendukung untuk memperbaiki tampilan dan kondisi kulit secara mendalam.

Berikut aku sertakan beberapa manfaat dari ketiga kandungan bahan di atas.

Whitening serum Elformula

Manfaat Niacinamide dalam Elformula 28 Days Miracle Whitening Serum

  • Mencerahkan wajah
  • Menyamarkan bekas jerawat
  • Meredakan peradangan pada jerawat
  • Memperbaiki tekstur kulit
  • Mengatasi hiperpigmentasi

Manfaat Arbutin dalan Elformula  Whitening Serum

  • Memudarkan flek hitam pada wajah
  • Menjaga kelembaban wajah
  • Menghambat produksi melanin
  • Mencerahkan dan melembutkan kulit wajah

Manfaat Zinc dalam Elformula 28 Days Miracle Whitening Serum

  • Mengontrol sebum pada wajah
  • Mengurangi peradangan pada wajah
  • Membantu mengobati jerawat
  • Menstimulasi sel-sel kulit baru
  • Memperbaiki jaringan kulit yang rusak

Selain tiga kandungan utama yang sangat menggoda, rupanya Elformula Whitening Serum ini juga tidak mengandung alkohol dan fragrance free sehingga sangat toleran untuk pemilik kulit sensitif.

Meskipun kandungan utama dari Elformula  28 Days Miracle Whitening Serum memiliki khasiat untuk penyembuhan jerawat. Tapi, serum ini disarankan untuk tidak digunakan saat berjerawat atau pada bagian kulit wajah yang terdapat luka.

Kemasan Produk

Selain kandungan utama yang begitu menggoda, Elformula 28 Days Miracle Whitening Serum ini juga sangat memikat dari segi kemasannya. Diwadahi dalam box tebal berwarna putih, packaging-nya terlihat kokoh bergaya modern minimalis. Bukaan kardusnya pun dari samping sehingga terlihat rapi dan berestetika tinggi. Seluruh keterangan produk juga tertera pada bagian belakang box-nya. Baik petunjuk pemakaian, full ingredients, barcode juga tahun kadaluarsa.

Untuk serumnya sendiri diwadahi dalam botol kaca bening berukuran 10 ml. Sedangkan aplikatornya berbentuk corong panjang kecil, berbahan dasar karet bening dengan tutup ulir di bagian ujungnya.

Aku sangat suka dengan ide pengemasan serum yang dibuat minimalis yaitu hanya kurang lebih 10 ml per botol. Cara ini bisa dibilang sangat efektif menjaga produk tetap higienis dan mudah dibawa bepergian karena kemasannya mungil. Begitu pun dengan aplikatornya yang sangat memudahkan saat pengaplikasian serum pada wajah.

 

Oh ya, PAO serum ini hanya 6 bulan sejak segelnya dibuka. Jadi, pas banget kan, dengan volume produknya yang sengaja dibuat minimalis? Konsumen nggak perlu khawatir dengan produk yang terpaksa harus dibuang percuma hanya karena PAO-nya telah berakhir sedangkan isinya masih luber-luber.

Untuk cara pemakaiannya sendiri sangat mudah dan cenderung aman.

Pertama, buka segel pada penutup botolnya. Kemudian langsung pasangkan aplikatir yang sudah disediakan. Selanjutnya, serum bisa digunakan dengan meneteskan cairan serumnya melalui aplikator langsung ke area kulit wajah. Menurutku cara ini sangat aman, efisien dan higienis tentunya.

Tekstur Elformula Whitening Serum

Whitening serum Elformula

Untuk tekstur serumnya sendiri cair tapi tidak sampai secair air. Ya, sedenganlah, karena nggak kental juga. Cairannya bening seperti terlihat dalam kemasan botolnya. Sangat cepat menyerap dan tidak lengket saat diaplikasikan. Ringan di wajah dan memberikan hasil matte yang nyaman di wajahku yang sedikit berminyak. Oh ya, sekilas ada sedikit aroma asam tapi hanya sesaat saja.

Kesan setelah Penggunaan Selama 21 Hari

Jujur, sebetulnya aku termasuk telat mencoba serum ini karena saat produknya datang aku sedang berada di luar kota. Nah, begitu balik ke Jakarta lagi kulit wajahku pas bermasalah karena jerawat akibat hormon bulanan sedang banyak-banyaknya. Akhirnya aku pun menunda pemakaiannya sampai kondisi kulitku benar-benar netral.

Terhitung sejak awal Januari 2020 aku mulai rutin menggunakannya. Awalnya aku melakukan patch test sesuai petunjuk pada kemasan produknya. Karena nggak ada reaksi seperti perih atau gatal, maka malam berikutnya aku langsung mencoba mengaplikasikannya ke seluruh wajah.

Note: serum ini boleh digunakan setelah kondisi kulit benar-benar bersih ya. Jadi jangan lewakan step cleansing dan pemakaian toner wajah. Biasanya aku pakai antara 3 sampai 4 drop saja untuk seluruh wajah hingga leher.

Seminggu pertama aku hanya menggunakan Elformula Whitening Serum ini tanpa essence atau pelembab yang biasa kugunakan setelah pengaplikasian serum wajah. Lagi-lagi sepertinya tidak ada masalah yang berarti, maka aku melanjutkan dengan meningkatkan intensitas penggunaannya pada pagi hari sebelum pemakaian pelembab dan sunscreen.

Setelah pemakaian selama 14 hari

Nah, setelah melewati minggu pertama dan kedua ini aku merasakan muncul masalah pada kulit wajah. Jerawat di area pipi kanan dan dagu mulai bermunculan. Aku sendiri belum bisa memastikan apakah penyebabnya karena pemakaian serum ini atau masalah hormon bulanan seperti biasanya. Jadi, pada hari ke-16 aku memutuskan menghentikan pemakaiannya untuk sementara waktu hingga kondisi jerawat sembuh total.

Elformula whitening serum
Kondisi kulit biasa saja, jerawat di pipi kanan mulai memudar

Pemakaian pada minggu ketiga

Setelah jeda kurang lebih 5 hari, aku kembali menggunakan serum ini seperti biasa. Kali ini aku menghindari pemakaian pelembab pada pagi hari. Jadi setelah serumnya aku hanya mengaplikasikan sunscreen saja.

Sampai pemakaian kurang lebih 21 hari—setelah jeda 5 hari—kulitku cenderung baik-baik saja. Tidak ada reaksi negatif yang berulang, tapi juga tidak ada perubahan signifikan sesuai klaim produknya.

Warna kulitku masih seperti sebelumnya—sawo matang—hanya saja memang sedikit cerah. Sedangkan tektur kulit memang sedikit lebih moist. Dan memang benar serum ini lumayan membantu memperbaiki kondisi kulit setelah berjerawat.

[Update] Pemakaian Hingga Hari Ke-28

Nah, sekarang waktunya update untuk 28 hari pemakaian Elformula Whitening Serum. Lumayan lama dari review sebelumnya yang telah kubuat setelah hari ke-21. Waktu itu aku sempat berhenti memakai serum ini karena lagi-lagi jerawat kembali datang tanpa undangan. Akhirnya molor deh. Baru akhir-akhir ini aku pakai lagi selama kurang lebih 3 minggu.

Honestly, aku ngerasa kayak ngulang dari awal lagi. Karena memang selama jerawatan itu aku nggak berani pakai sama sekali dan nggak ada perubahan juga pada kondisi kulitku.

Setelah pemakaian tahap terakhir—kita anggap saja melengkapi 28 hari pemakaian—efek whitening-nya tetap tidak terasa di kulitku. Hanya saja memang setiap rutin memakai Elformula Whitening Serumaku merasakan kulit semakin kenyal dan moist.

Sempat lumayan galau karena hubunganku sama Elformula Whitening ini tuh semacam benci tapi rindu. Iya, rindu sama efek bright dan kenyal di wajah. Tapi benci karena jerawatku jadi rajin nongol.

Sepertinya sih aku harus pakai varian acne serum-nya karena lebih cocok untuk kulitku yang kombinasi cenderung be

Oh ya, kali ini aku sekalian mau jawab dua pertanyaan yang sempat ada di kolom komentar.

Tanya-Jawab Seputar Elformula Whitening Serum

Whitening serum Elformula

1. Apakah Elformula Whitening cocok untuk kulit kombinasi?

Menurutku tergantung kondisi kulitnya karena skincare itu kan masalah cocok-cocokkan. Di kulitku yang cenderung berminyak banget memang berhasil mengurangi kusam, membuat semakin moist tapi klaim whitening-nya belum terbukti.

2. Apakah kemasan 4 botol x 10 ml digunakan untuk 28 hari?

Di petunjuk produknya sendiri tidak disebutkan berapa banyak untuk 28 hari. Tetapi, menurut pengalamanku sendiri tidak sampai 4 botol. Sekedar info saja untuk pemakaian kurang lebih 40 hari, dengan 2-3 drop setiap kali pakai, aku baru menghabiskan 2 botol alias 20 ml. Jadi menurutmu masih irit.

Plus Minus Elformula Whitening Serum

Elformula Whitening Serum

 

Menurutku, untuk kelebihan dari produk ini terletak pada kemampuannya membuat kulit jadi moist, sedikit membantu mencerahkan wajah. Kemasannya yang higienis, modern dan minimalis. Serta tekstur produk yang cair sehingga terasa ringan di wajah, cepat menyerap dan matte finishing.

Untuk kekurangannya sendiri lebih pada kulit wajah yang menjadi sering berjerawat. Seperti yang kubilang di atas tadi, sepertinya memang aku lebih cocok dengan varian acne serum ketimbang varian whitening. Jadi kembali lagi, cocok-cocokkan sama jenis dan permasalahan kulitnya.

Legaaa, akhirnya nggak punya hutang update, hehehe. Sebenarnya aku lumayan suka sama serum ini, seperti yang Teman-teman lihat banyakan poin plusnya kan ketimbang minusnya?

Tetapi aku nggak mau maksain jadi untuk sementara aku stop dulu pemakaian Elformula Whitening Serum sampai masalah jerawat di kulit benar-benar beres, baru setelah itu kemungkinan kupakai lagi.

Buat Teman-teman yang penasaran sama review lainnya, kalian bisa search aja,udah banyak yang nge-review, kok. Atau kalau mau lebih detil, langsung saja chat admin IG Elformula ya, biar makin yaqin.

So, thanks for reading, ya. Sekali lagi mohon maaf karena update-nya lama. See you!

Info Produk

Whitening serum Elformula

Nama produk: Elformula 28 Days Miracle Whitening Serum

Nama Brand: Element Formula (Elformula)

Berat bersih produk: 10mlx4

Tahun kadaluarsa: 2022

Harga: antara 270.000-290.000

Toko yang menjual: @elformula.id atau Shopee

Sosial media : @elformula.id, www.elformula.com

 

 

 

33 thoughts on “[Update]Review ELFormula Whitening Serum-Pemakaian 28 Hari”

  1. Ku tunggu update pemakaiannya ya Mba Damar. Kebetulan aku lagi cari skincare juga, cari yang bisa buat kulit sensitif. Kalo baca review Mba Damar disini, ElFormula ini tidak mengandung alkohol dan fragranc free. Sepertinya akan cocok untukku.

  2. Kulit wajah memang sensitif ya,makanya harus pilih produk yang benar-benar pas. Saya justru punya masalah dengan flek hitam karena salah pilih skin care. Akhirnya sekarang malah cari skin care yang bisa untuk hilangkan flek itu. Baca review seperti ini tuh bisa nambah referensi, kali aja cocok, hehe…

  3. Kebetulan yuni lagi cari serum untuk perawatan sih. Benar kata Mbak Damar, kulit juga butuh nutrisi, nggak cukup cuma dibersihkan.

    Jadi, yuni bisa pakai tulisan ini buat referensi. Hehehe

  4. Kemasannya mungl ya, bikin neggak lupa dibawa kalau bepergian. Dan, suka dengan hero ingridientsnya. buka bermaksud pengin cerah dengan segera. Tapi manfaat lain dari Niacinamide ini yang kuperlukan. Buat menyamarkan jerawat. Karena aku jerawatan sepanjang tahun…duh!

  5. Semoga produknya cocok ya, mba. Boleh juga nih buat referensi kebetulan masih nyari produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kantong. *Eh….

  6. Jadi 10X4 ampul itu harus habis 28 hari atau gimana? Pakainya engga malem aja ya berarti. Aku perlu nih u menyamarkan flek-flek. Mulai ada hyperpigmentasi.
    Tunggu updatenya aja ah…

  7. Packagingnya lucuk, mungil tapi manfaatnya buat kulit luar biasa serum ini, bikin kulit kenyal2 yaaa?
    Alhamdulillah kalo produk cocok tuh yaaa, ga khawatir lagi.

  8. Hmmm menurutku siih emang tidak ada perubahan berarti pas pake ini mbak,
    mending di “setrika’ wajah yang menggunakan produk NU skin (tapi yang ngerjain salon yaaa)

    ini lebih memuaskan

  9. asyiknya jerawat bs memudar saya jd pengen pakai jg deh. apalagi jg bs kontrol sebum woaaa, gak terlalu banyak minyak dan berkeringat di wajah

  10. Aku belum memasuki kepala 4 tapi masalah kulit udh banyak yang muncul . Oleh karenanya memang lagi kepikiran sih untuk menggunakan serum, masih cari yang cocok dan pas Sama permasalahan kulit
    Dan tulisan mba Damar bisa jadi refrensi nih. Thanks ya

  11. Desain botolnya lucu, ya. Handy pula alias ringan mudah dibawa kemana-mana. Buatku yang warna kulitnya kek sawo matang skin care itu salah satunya harus yang mencerahkan, Ga putih gpp tapi jangan blewuk alias kusam hihihi
    Senengnya ya nemu skin care yang cocok

  12. Menunggu update an setelah 28 hari mba, penasaran, apalagi bikin kulit mois hihi
    Edisi kulit waktunya dirawat eh masih bingung mo pakai apa

  13. Lagi butuh nih rangkaian produk skincare terutama essence atau serum. Soalnya yang paling efektif buat saya ya yang seperti ini. Ditunggu review finalnya setelah sebulan penuh.

  14. Aku baru tau ada produk ini mbak dan baru denger juga merknya bisa jadi referensi ya nanti kalau misal butuh

  15. Zuzur.. baru tau produk ini mba. Aku lihat kandungannya mantap sekali. Manfaat untuk meredakan peradangan jerawatnya ini yang bikin aku tertarik, karena bulan ini jadwal haidku maju banget jadi jerawat muncul sebulan 2x. Aku pengen banget deh cobain serum ini pasca berjerawat ini.

  16. Ini work gak mba buat kulit tipe kombinasi? Kulit aku nih agak kusam. Pengen sunscreen yg efek brighteningnya ekstra. Hihi. Tp aku jg kadang males sih pake serum. Suka lupa. Huhu

  17. Pake skincare memang harus berani mencoba dan telaten ya kak. Semoga lancar terus sampai produknya abis yaa ngga jerawatan lagi.

  18. Kulit wajahku tuh gampang berubah ke arah gelap, butuh skincare yang ada kandungan arbutinnya agar pertumbuhan melanin terhambat. Gampang gosyong, tapi susaaah banget balikin ke arah kondisi warna cerah. Bisa untuk pilihan menjaga warna kulit agar tetap cerah.

  19. Wow whitening jd bs mencerahkan kulit wajah ya? Kmrn sempat bermasalah krn wajahku kusam, ngga rajin perawatan & bersihin wajah btw kalau udah cerah wajahnya apakah bs berenti pakai apa harus terus pake produk ini?

  20. Ditunggu updateannya lg. Kalau pakai produk pencerah wajah emang kudu bebas jerawat dan konsisten makainya ya jadi hasilnya bisa bener bener terlihat baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *