Storytel Audiobook, Sebuah Angin Segar di Dunia Literasi Indonesia

Pada suatu titik, sesuatu pasti berasal dari ketiadaan.(Dunia Sophie, Jostein Gaarder)

Dunia Sophie merupakan buku pertama yang saya pilih untuk mendengarkan aplikasi audiobook Storytel. Karakter suara Dian Sastro yang khas membuka novel fiksi setebal 800 halaman karya Jostein Gaarder ini dengan manis. Membuat saya tak ingin berhenti untuk segera merampungkan beberapa bab awal.

Selain penasaran dengan pengalaman mendengarkan novel filsafat yang dibacakan oleh aktris yang juga mengenyam pendidikan filsafat. Rasa-rasanya, saya juga ingin merasakan imajinasi yang berbeda saat mendengarkan petualangan Sophie dan sebuah surat misterius yang ditemukannya.

Dengan audiobook Storytel rasa penasaran saya terbayar lunas. Storytel berhasil menghadirkan imajinasi mendalam saat saya ingin menyelami sebuah bacaan.

Produktif Mendengarkan Buku dengan Aplikasi Audiobook Indonesia

Setelah merampungkan Dunia Sophie, saya juga mendengarkan buku The Magic Library, novel fiksi yang bercerita tentang sebuah buku yang akan terbit di dunia. Tak lupa saya juga mencoba mendengarkan novel karya penulis kenamaan Indonesia, ada  Divortiare karya Ika Natassa, juga sebuah novel best seller berlatar belakang kehidupan pesantren karya A. Fuadi. Apa lagi jika bukan Negeri Lima Menara.

Belakangan ini saya memang sedang menggandrungi aplikasi Storytel, sehingga lupa menonton drama Korea. Bisa dibilang, saya itu sebenarnya konvensional dalam urusan membaca. Selama ini saya selalu keranjingan membaca buku fisik karena dapat membolak-balik setiap lembar halamannya.

Saya pun sedikit ketinggalan trend membaca menggunakan audiobook yang ternyata mulai diminati para penikmat buku bacaan. Akhirnya, sejak beberapa waktu yang lalu saya memutuskan mengunduh aplikasi Storytel. Kemudian tidak menunda-nunda lagi untuk segera mencobanya.

Bagi saya menggunakan aplikasi audiobook merupakan pengalaman yang menakjubkan karena dapat mendengarkan cerita fiksi di sela-sela waktu luang. Sambil melakukan pekerjaan rumah tangga, atau sesaat sebelum beristirahat di malam hari.

Sebelumnya, pengalaman seperti ini tak pernah terbayangkan karena untuk membaca buku, saya butuh meluangkan waktu secara khusus. Kadang-kadang, saya juga malas membaca karena mata sudah terlalu lelah.

Nah, buat kalian yang belum mengenal aplikasi Storytel, berikut saya tuliskan ulasan singkat mengenai aplikasi audiobook yang memiliki beragam koleksi buku bacaan hingga buku best seller yang siap memanjakan kalian.

Tentang Aplikasi Storytel

Harry Potter Audiobook salah satu koleksi novel fiksi favorti di Storytel

Storytel adalah salah satu layanan streaming buku audio dan e-book berlangganan terbesar di dunia. Storytel berasal dari Swedia dan menawarkan pengalaman baca buku online dengan koleksi judul mencapai 150.000 buku berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Terdiri dari buku non fiksi, novel fiksi, buku pengembangan diri, buku anak ,dan buku islami.

Beberapa buku karya penulis Indonesia seperti; Mariposa dan novel karya Tere Liye yang berjudul Selamat Tinggal juga tersedia di sana. Ada juga novel Dee Lestari yang sempat diangkat ke layar lebar yaitu Filosofi Kopi.

Selain itu terdapat juga rekomendasi buku import seperti; Sapiens karya Yuval Noah Harari. Kalian pasti tidak asing dengan buku fenomenal ini. Ada juga Hunger Games, dan Game of Thrones, serta masih banyak lagi.

Oh ya, bagi teman-teman Potterhead seperti saya, kalian bisa menikmati Harry Potter Audiobook juga, loh. Saya sendiri sudah mencoba mendengarkan tiga judul meskipun belum tamat.

Menikmati kembali cerita di Hoghwarts dengan cara mendengarkan merupakan salah satu cara menghidupkan dunia sihir dalam buku-buku karya JK. Rowling. Selain itu, sensasinya  memang berbeda ketika mendengarkan Harry Potter Audiobooks dibacakan narator dengan aksen british kental. Backsound yang digunakan juga sangat sesuai dan memberikan warna tersendiri bagi imajinasi pendengarnya.

Trend Membaca dengan Audiobook

Mendengarkan audiobook sebenarnya bukan hal baru namun memang baru menjadi trend pada beberapa tahun belakangan.

Menurut pbs.org, format buku audiobook telah dikembangkan sejak tahun 1932 oleh The American Foundation for The Blind. Pada masa itu audiobook dibuat untuk membantu para tuna netra sehingga dapat menikmati isi dari sebuah buku. Kemudian pada tahun 1994, istilah audiobook mulai digunakan dalam standar industri.

Kini, kebiasaan baca buku online dengan audiobook dapat dilakukan oleh siapa saja, dan mulai diminati masyarakat luas. Dilansir dari Statista, total penjualan audiobook di Amerika Serikat mencapai 1,3 miliar dolar pada tahun 2020. Angka ini disebut-sebut meningkat drastis dari tahun sebelumnya.

Trend membaca buku dengan cara mendengar memang menghadirkan pengalaman baru bagi pecinta buku bacaan. Cara membaca ini juga dapat dilakukan siapa saja, dan dari rentang usia berapa saja.

Pengalaman Membaca Dilan: Dia adalah Dilanku (1990) dengan Storytel Audiobook

Sinopsis Dilan: Dia adalah Dialnku (1990) dalam Storytel

Selain Dunia Sophie, The Magic Library dan Harry Potter Audiobook, novel Dilan: Dia adalah Dilanku (1990) merupakan novel fiksi berikutnya yang saya tuntaskan bersama Storytel.

Dilan(1990) memang bukan novel baru. Namun, mendengarkan Dilan melalui audiobook merupakan hal yang baru bagi saya. Novel legendaris karya Pidi Baiq ini dinarasikan dengan apik oleh Sissy Prescilla.

Berikut saya tuliskan sinopsis buku Dilan: Dia adalah Dilanku (1990), khusus bagi kalian yang menyukai novel ringan bertema kisah cinta remaja.

Sinopsis Dilan: Dia adalah Dilanku (1990)

Dilan: Dia adalah Dilanku (1990) berkisah tentang kilas balik Milea di tahun 1990.

Milea adalah seorang remaja SMA, murid pindahan dari Jakarta ke Bandung. Kehidupan Milea sama saja dengan kehidupan remaja putri seumurannya, sebelum hadirnya Dilan yang mengajaknya berkenalan pada suatu siang di jam pulang sekolah.

Cerita bergulir ketika Milea mulai menemukan kejutan-kejutan dalam diri Dilan yang punya banyak cara untuk menyenangkan hatinya. Pertemuan demi pertemuan antara keduanya telah menunjukkan sisi lain Dilan di mata Milea. Tak sekedar dikenal sebagai si Biang Onar dan usil, dalam pandangan Milea, Dilan adalah pemuda yang pemberani sekaligus setia kawan.

Kedekatan keduanya membuat Milea berkesempatan untuk berkenalan dengan keluarga Dilan yang unik. Seperti yang kita ketahui, keduanya pun terlibat dalam percikan asmara khas remaja SMA.

Meskipun tidak menyajikan klimaks dan konflik dalam cerita, menurut saya, Dilan: Dia adalah Dilanku (1990) sangat menghibur karena dibalut dengan percakapan humoris yang romantis.

Ceritanya sederhana dan mudah dipahami. Selain itu cara Sissy Prescilla membacakan noval Dilan dengan sangat renyah dan natural sehingga seperti mendengarkan cerita sehari-hari.

Novel Dilan: Dia adalah Dilanku (1990), merupakan jenis novel yang bisa dinikmati kapan saja, selalu menghibur dan membuat siapapun tersenyum-senyum saat mendengar permainan kata yang disuguhkan Pidi Baiq.

Keunggulan Storytel Audiobook

Cara mendaftar aplikasi Storytel

Mendengarkan buku dengan Storytel Audiobook Indonesia juga memudahkan saya saat menyimpan judul buku yang ingin dibaca atau belum selesai dibaca, karena Storytel menyediakan fitur bookshelf (rak buku) yang berasal dari save book.

Untuk menggunakan fitur tersebut, kita harus mendownload dan menginstall terlebih dahulu aplikasinya.

Ada Aplikasi Storytel untuk iOS dan Aplikasi Storytel untuk Android. Setelah berhasil mendownload dan install, lanjutkan dengan membuka aplikasinya, kemudian buatlah akun Storytel dengan cara berikut ini:

Membuat Akun di Storytel Audiobook

  • Ketuk jelajahi aplikasi
  • Pilih jenis bahasa buku.
  • Memilih 3 atau lebih kategori buku bacaan favorit
  • Membuat akun
  • Mulai berlangganan audiobook dengan harga promo yang sangat terjangkau yaitu Rp39.000. Selain itu kalian bisa dapatkan akses gratis selama 7 hari pertama.
  • Proses selesai dan kalian bisa langsung menikmati berbagai koleksi buku favorit.

Fitur-Fitur Storytel Audiobook

Fitur baca buku online di aplikasi audiobook Storytel

Selain fitur bookshelf, platform Storytel juga menyediakan berbagai fitur, seperti; Listening goal untuk menentukan target membaca, Sleep timer untuk mengatur durasi mendengarkan buku sebelum tidur.

Ada juga fitur Playback speed yang memungkinkan mengatur kecepatan membaca narator. Kita juga bisa mendownload buku di Storytel untuk didengarkan pada kesempatan lain. Jadi, mendengarkan buku di Storytel ini bisa dilakukan baik saat online juga offline, menarik ya?

Oh ya, koleksi buku di Storytel audiobook juga memiliki ikon ‘kacamata’ dan ‘headset’ sebagai penanda apakah buku tersebut bisa didengarkan atau dibaca saja. Namun ada juga buku-buku yang memiliki tanda keduanya.

Kehadiran Storytel menjadi Angin Segar di Dunia Literasi

Rekomendasi buku fiksi koleksi aplikasi Storytel

Storytel menghadirkan pengalaman rekreasi saat mendengarkan sebuah buku dibacakan oleh naratornya. Storytel  juga memungkinkan seseorang memiliki kesempatan lebih banyak untuk menikmati sebuah buku dibandingkan hanya saat membacanya.

Jika selama ini kebanyakan orang merasa tidak memiliki waktu untuk membaca, atau malas membawa buku fisik karena berat, dengan Storytel semua persoalan itu dapat teratasi karena mendengarkan audiobook dapat dilakukan kapan saja, seperti saat mengerjakan pekerjaan rumah tangga, dalam perjalanan ke kantor, atau saat beristirahat.

Mendengarkan buku dengan aplikasi audiobook juga praktis karena memungkinkan seseorang membawa ratusan koleksi buku kesukaan hanya dalam satu gawai saja. Selain tidak menambah beban bawaan, tentunya siapapun tidak bisa dipisahkan dari handphone-nya bukan? Jadi nggak ada alasan lagi untuk tidak membaca.

Manfaat Mendengarkan Buku dengan Audiobook

Selain menghemat waktu, mendengarkan buku dengan Storytel audiobook juga memiliki beberapa manfaat, seperti:

  1. Meningkatkan rentang fokus dan konsentrasi.
  2. Melatih daya ingat dan berpikir kritis.
  3. Menambah kekayaan kosakata bagi anak-anak.
  4. Memperbaiki cara pengucapan, melatih listening, reading dan pronounciation jika membaca buku berbahasa Inggris.
  5. Melatih daya imajinasi dan mengasah empati melalui rasa yang dihadirkan dalam imajinasi cerita.
  6. Menjaga kesehatan mata.
  7. Menjaga kesehatan mental dan sebagai wahana relaksasi.

Buat kalian yang mengaku pecinta buku bacaan pastinya nggak mau melewatkan pengalaman mendengarkan buku dengan cara baru, dong!

Semoga saja kehadiran platform Storytel juga dapat mendongkrak minat baca masyarakat Indonesia. Karena sekarang untuk mendengarkan beragam buku best seller menjadi mudah dengan biaya yang sangat terjangkau.

Yuk, buruan download dan instal aplikasi Storytel di handphone kalian. Jangan lupa untuk pengguna iOS persyaratan minimum iOS13, sedangkan untuk Android hanya bisa digunakan pada Android 5.

Cuss, gak pakek nanti-nanti, ya!

 

 

 

 

 

47 thoughts on “Storytel Audiobook, Sebuah Angin Segar di Dunia Literasi Indonesia”

  1. Kayaknya mendingan aku install storytel aja deh. Soalnya aku punya buku Dunia Sophie udah lamaaa tapi nggak kebaca juga sampai sekarang.

    Reply
  2. Asyik ya sekarang nggak perlu capek baca tulisan satu per satu lagi. Sekarang udah bisa dengerin buku bacaan favorit lewat aplikasi audiobook Storytel. Naratornya juga orang-orang yang berpengalaman dan ada juga public figur, kayak Dian Sastro. Pasti serasa dibacain dongeng, hehehe…

    Reply
  3. Aku udah mengunduh Storytel juga donk. Emang asyik ternyata dengerin audiobook ini ya mbak. Apalagi bagi emak yang punya bayi macam aku, pengen menikmati buku favorit tetep bisa donk

    Reply
  4. Wuih. Aku sempat termehek-mehek sama gombalan ala Dilan ih. Sempat viral kan waktu itu. Hehehe…

    Saat ini aku membaca buku saat ngabuburit juga dengan mendengarkan audiobook, Kak. Asyik banget.

    Aku bisa mendengarkan Pribadi Hebat karya Buya Hamka sambil nyiapin buka puasa. Hehehee

    Reply
  5. Naratornya Harry Potter itu, mantap ya mbak intonasinya.
    Mendengarkan dia itu, udah seperti lagi belajar tata bahasa. Apik pembawaannya

    Reply
  6. Keren banget nih aplikasi audiobook Storytel. Bisa dipakai mendongeng, bisa pula untuk mengisi waktu senggang. Bahkan ketika kita dihadapkan pada tumpukan setrikaan atau pekerjaan rumah yang menumpuk, mendengarkan cerita novel melalui aplikasi ini membuat pekerjaan2 itu terasa ringan. Hidup pun makin bahagia.

    Reply
  7. Ah iya
    Aku senang banget ada aplikasi audiobook Storytel ini mbak
    Bisa mengetahui isi buku tanpa harus membacanya
    Cukup mendengarkannya ya

    Reply
  8. Saya juga pakai Storytel nih tapi belum dengar buku DIlan. Saya banyaknya buat cari buku dongeng anak soalnya suka stuck kalau mau dongengin anak bingung mau dongeng apa karna sayanya aja kadang gak sempat baca referensi buku dongeng

    Reply
  9. yazzz, aku suka banget dengerin audiobook yang naratornya tuh british, berasa seksi banget suaranya, sekaligus latih listening plus belajar pronounciation nih

    Reply
  10. Trend baca buku melalui audio storytel sedang ngetrend memang akhir-akhir ini. Bagaimana tidak nyaman, kita bisa mendengarkan kisah sebuah buku apapun, dengan sambil mengerjakan pekerjaan lain. Kan praktis ya

    Reply
  11. mantap banget ini ya mba. Cara terbaru anti ribet untuk baca. eh bukan baca sih jadinya ini ya tapi mendengarkan ya

    Reply
  12. Aku baca satu novel aja sebulan enggak selesai, kayanya sih mending aku install Storytel aja deh. Bisa aku dengarkan sambil beberes rumah nih…

    Reply
  13. Aku tuh ya, waktu menginstal Storytel di hapeku jadi langsung teringat masa lalu. Masa aktif jadi reader buat teman-teman di panti tunanetra. Dulu belum ada audiobook begini sih, Jadi mereka mesti pasrah dengerin suaraku yang tentu saja nggak semerdu Dian Sastro dan Dee Lestari :))

    Reply
  14. Bisa bikin nagih ya, aplikasi storytel ini. Soalnya daftar buku-bukunya juga banya yang best seller. Enaknya pakai aplikasi ini tuh, bisa disambi pekerjaan lain, karena berasa didongengin. Akh, seru pokoknya

    Reply
  15. Novel panjang dan berseri seri bakal lebih mudah untuk dilahap dan dihabiskan cukpu dengan storytel. Bisa didengar dikala senggang dan dimana saja. Jadi ngga penasaran dong dengan akhir ceritanya

    Reply
  16. kadang malas banget baca, lebih enak dengerin. Apalagi kalau weekend sambil rebahan, endes banget bisa ningkatin literasi sambil dengerin storytel audiobook.

    Reply
  17. Dilan versi audiobooknya belum kudengar nih. Mau ngerampungin Sherlock Holmes dulu.

    Dengan Storytel kini bisa menjelajahi buku-buku di mana pun dan kapanpun. Sambil rebahan, sambil masak, juga sambil nulis. Praktis banget.

    Reply
  18. Aku penasaran dengan nama masriposa. pernah download di aplikasi, tapi belum sempat baca juga. Ini ada Storytel ya, pengin download juga, biar bisa dengerin cerita

    Reply
  19. Audiobook Storytel membantu banget orang ysng tak semoat baca buku ya mba. Tinggal mendengarksn narator membacakan bukunya. Dan langganan pun terjangkau bnget cuma 39 ribu per bulan.

    Reply
  20. Katanya buku itu jendela dunia ya kak. Tapi banyak juga yang males membaca. Tapi kalau ada audiobook semacam storytell, pasti gak males lagi. Karena cukup dengerin aja

    Reply
  21. Ikutan happy ada Storytel jadi ngga memble bisa bacain anak buku heheh si ibu juga jadi bisa baca buku juga meski sambil masakk :))

    Reply
  22. seneng banget nih bisa didongengin buku favoritnya ya, enak banget buat me time nih, jadi penasaran pengen nyobain deh

    Reply
  23. Aku udah download dan langganan Storytel juga mbak. Lagi nyelesein Api Tauhid nih. Durasinya panjang banget karena bukunya juga tebel.

    Tapi nggak berasa tebel kalau didongengin.. tahu2 udah separuh cerita aja. Naratornya juga apik banget bacainnya. Seneng deh ada Storytel.

    Reply
  24. Jadi ingat kalau ada Film Harry Potter 20th Anniversary Return to Hogwarts.
    Saatnya kembali mengenang Harry Potter dari masa ke masa melalui audiobook Storytel.

    Reply
  25. Aku semenjak tau aplikasi ini jadi tertarik. Kayaknya bakal berasa di dongengin. Hehe. Tapi memori hpku euy.

    Reply
  26. Yeaayyy, akhirnyaaa aplikasi yg dinantikan sejuta umat datang jugaa!
    Seru nih, pas bulan puasa bisa menyimak aneka konten buku yg menarik, dan tetep bisa disambi kerjaan setrika, cuci2, masak buka dan sahur, enjoyy banget!

    Reply
  27. Nah iya, dengan Storytel kita bisa jadi lebihproduktif ya Mbak Damar, soalnya bisa sembari mengerjakan apa saja, bisa mendengarkan buku juga.

    Reply
  28. Aplikasi yang wajib di download nih kak. Sekarang kegiatan membaca jadi menyenangkan. Tidak harus pegang bukunya, tapi cukup dengarkan narator membacakan ceritanya. Suit…suit…keren nih Storytel

    Reply
  29. Wah, dari dulu penasaran banget pengen baca Dunia Sophie nih, pastinya makin greget kalo dibacain sama Dian Sastro yaaah. Apa lagi dengerin Harry Potter dibacain pake versi Brittish menarik banget nih.
    Banyak banget waiting list bacaan aku tuh yang gak sempet kebaca, kayaknya harus nyobain Storytel deh

    Reply
  30. dipikir-pikir, dulu ngggak nyangka kalo buku ada versi audionya. ternyata terwujud dengan storytel. menyimak buku jadi menyenangkan dan ehm bisa disambi mengerjakan yang lain.

    Reply
  31. Untuk aku yang kadang males banget baca buku fisik, ini tuh jadi semacam angin surga sih. Karena tinggal download appsnya saja, terus tinggal pilih deh mau dibacain buku apa ya mak? Download dulu ah.

    Reply
  32. Aku baru mulai dengerin Dunia Sophie…asli dengan dibacakan begini, ada sensasi tersendiri. Cara menjiwai si narator membuatku jadi menyelami isi buku plus berimajinasi. Menyenangkan!
    Sungguh Storytel memberi pengalaman baru dalam membaca buku!

    Reply
  33. Aplikasi storytel ini sepertinya jadi favorit baca buku masa kini ya apalagi ada banyak pilihan buku dengan berbagai genre. Bisa dijadikan solusi buat yang nggak suka baca buku nih, duh suka banget nih didongengin sama narator berpengalaman sambil rebahan atau sambil ngerjain pekerjaan rumah.

    Reply
  34. KOleksi bukunya semakin bertambah tentunya dari waktu ke waktu. KOnsep mendengarkan buku ini unik dan pastinya ada banyak yang minati ya mba

    Reply
  35. Beneran deh minat baca bisa jadi nambah nih kalau pake Storytell ..Karena jadi mudah banget ya..gak perlu repot cari2 buku di toko offline..dan bisa disambi juga..

    Reply
  36. Adanya audiobook ini memberi angin segar bagi dunia literasi ya mbak
    Makin banyak orang yang bisa menikmati buku dengan mudah
    Dengan cara mendengarkan audiobook di Storytel ini

    Reply
  37. Aku baru tahu lho Dunia Sophie naratornya Dian Sastro pasti keren banget, suaranya berkarakter aku lagi dengerin novel apa ya judulnya yang bacain Tom Hanks berasa didongengin

    Reply
  38. Akutu punya buku Dunia Sophie. Tapi masih tersegel rapih.
    Huhuu…sedih banget yaah..
    Kini bisa didengarkan di aplikasi audiobook Storytel, semakin seru kalo aku juga baca bukunya yaah.. Mau ikutan dengerin juga.

    Reply
  39. Waah murah banget 39ribuan dengan aplikasi storytell kita bisa mendengarkan isi berbagai macam buku yang kita inginkan.
    Recomended bagi yang mager males membaca.

    Reply
  40. aku ikutan instal Storytel juga nih mba. Jadi lebih praktis baca buku dengan hanya mendengarkan. Bisa dimana saja dan kapan saja yah. Mantul banget

    Reply
  41. Menjelang tidur, tapi gak bisa tidur. Tapi lampu kamar udah dimatikan, gak mungkin baca buku tuh yaa. Paling pas ya dengerin buku lewat aplikasi Storytel. Dan inilah kebiasaan yang saya lakukan beberapa hari terakhir belakangan ini

    Reply
  42. buat aku ini hal baru bangettt seneng apalagi pilihannya banyak banget ya. baru nyobain seputar cerita anak
    pernah penasaran sama pachinko eeeh akunya bingung wkwkwk soale bahasa inggris. tapi anak-anakku sukaaa

    Reply
  43. alhamdulillah ya mbak, bener bener inovasi baru ini, membaca buku menjadi lebih menyenangkan dengan menggunakan aplikasi storytel ini yaa. Semoga dengan demikian bisa mendongkrak gairah membaca warga Indonesia ya mbak

    Reply
  44. Bisa terhanyut ya kalau mendengarkan cerita lewat audio kaya gini,s eru banget, Storytel keren banget punya ide menampilkan buku dalam bentuk audio yang bisa bantu banyak orang juga dalam mencari informasi

    Reply

Leave a Comment