BEAUTY LIFESTYLE MOMMIES WORLD

5 Item Skincare untuk Usia 30-an dan Manfaat dari Setiap Produk

Tahun ini usiaku genap 30+++++ dan baru mulai rutin menggunakan beberapa skincare untuk usia 30-an. Iya, memang sedikit terlambat, karena seharusnya perawatan ini sudah dimulai saat menginjak usia 30 atau bahkan 25-an. Tapi, namanya juga baru mendapat “hidayah”, mau diiming-iming produk sekece apapun, kalau hidayah belum di hati ya mana mungkin tergoda. Adaaa saja alasannya. Yang ribetlah, nambahin bujet bulananlah. Nggak ada waktulah. Wis pokok e ada aja alasannya.

Begitu kondisi kulit terasa lebih kasar, kusam dan muncul garis-garis halus, aku mulai menyadari bahwa performa kulitku menurun seiring bertambahnya usia. Kelembaban alami kulit mulai berkurang, regenerasinya pun melambat, sehingga muncul berbagai permasalahan kulit yang umum terjadi pada perempuan dewasa.

Menjaga kondisi kulit dan tubuh memang tak sebatas pada perawatan luarnya saja. Pada dasarnya memang harus balance antara perawatan luar dan dalam.

Dari dalam, usahakan untuk mulai mencintai diri sendiri. Mampu menerima diri dengan segala kurang lebihnya. Begitu pun dengan asupan, usahakan mengonsumsi makanan tepat nutrisi yang memang dibutuhkan tubuh, bukan hanya dilinginkan lidah.

Namun yang juga tak bisa dipandang sebelah mata adalah perawatan dari luar dengan memanfaatkan beberapa varian skincare yang memiliki manfaat khusus dari setiap kandungannya. Berikut beberapa varian skincare untuk usia 30-an yang mulai menunjukkan hasil positif pada kulitku.

Skincare untuk usia 30-an

Skincare untuk Usia 30-an yang Wajib Kalian Coba!

1. Cleansing wajah

Produk untuk cleansing wajah bisa jadi beragam. Mulai dari cleansing foam, cleansing gel , cleansing lotion hingga cream cleanser. Selain itu masih ada micellar water yang digunakan sebagai makeup remover. Nah lho, kira-kira mana nih yang kita butuhkan?

Kalau aku pribadi, memang menggunakan semuanya. Mulai micellar water, cleansing lotion kemudian cream cleanser/ cleansing foam.

Untuk urutan penggunaannya sendiri:

  • Micellar water digunakan pertama kali karena fungsinya untuk menghapus sisa make up.
  • Cleansing lotion digunakan setelah micellar water untuk mengangkat sisa minyak
  • Terakhir mencuci wajah dengan cleansing foam/ cleansing gel/ cream cleanser, menyesuaikan dengan jenis kulit wajah.

Baca juga: Tips Makeup Anti Ribet untuk IRT

Manfaat utama dari produk cleansing wajah tentu saja untuk membersihkan kulit secara menyeluruh. Baik dari sisa makeup, minyak, debu dan keringat. Di samping itu, sebagian produk juga memberi manfaat melembabkan. Hal tersebut mulai kurasakan sejak menggunakan cream cleanser Safi dari varian Age Defy.

2. Toner

Seringkali kita mengabaikan penggunaan toner dalam rangkaian daily skincare routine kita. Padahal, toner itu termasuk dalam basic skincare, loh, dan meskipun terlihat hanya seperti cairan biasa, tapi manfaatnya jangan diremehkan.

Pengaplikasian toner bisa dilakukan setelah membersihkan wajah dengan cream cleanser/cleansing foam. Jadi, jangan sampai terbalik ya, bukan toner dulu baru mencuci wajah dengan air. Tapi, cuci wajah dulu dengan sabun wajah, baru menggunakan toner.

Toner sendiri bermanfaat untuk mengembalikan pH wajah, menutup pori-pori dan menyiapkan kulit untuk perawatan selanjutnya.

Baca juga: Review Avoskin Exfoliate Toner

 

3. Essence atau serum wajah

Meskipun terdengar  mirip, sebenarnya essence dan serum wajah merupakan dua produk yang berbeda.

Untuk essence sendiri biasanya memiliki tekstur lebih ringan daripada serum. Formulanya bisa berupa gel, krim bahkan cair seperti air.

Formulasinya yang ringan membuatnya cepat terserap ke dalam kulit, mudah diaplikasikan setelah penggunaan toner, dan bekerja efektif menghidrasi kulit dalam waktu yang lumayan lama.

Sedangkan serum biasanya memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dibandingkan essence. Bentuknya biasanya cairan kental dan sedikit lengket. Penggunaannya sendiri sebelum moisturizer atau setelah toner dan essence wajah.

Serum biasanya memiliki manfaat mengatasi permasalahan khusus. Misalnya sebagai anti aging atau pencerah wajah.

Baca juga: Review Essence Gold Water dari Safi

4. Moisturizer/ Pelembab

Moisturizer atau pelembab wajah merupakan skincare yang jamak digunakan kaum perempuan. Formulanya pun beraneka ragam, mulai dari lotion, gel hingga krim. Secara umum, moisturizer bermanfaat untuk mengunci kelembaban wajah.

Jadi, kurang tepat jika kita menghapus penggunaan moisturizer dengan alasan memiliki jenis kulit yang berminyak. Cara yang tepat adalah dengan memilih pelembab yang cocok untuk jenis kulitnya.

Dalam perkembangannya, pelelmbab atau moisturizer seringkali diformulasikan untuk mengatasi masalah tertentu. Seperti halnya serum, beberapa moisturizer sengaja diformulasikan sebagai produk anti aging atau pencerah. Beberapa produk pun mulai membedakan variannya berdasarkan penggunaan untuk pagi atau malam hari.

Baca juga : Review Safi Age Defy Day and Night Cream

5. Sunscreen wajah

Selain melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari, yang dapat mempercepat timbulnya tanda-tanda penuaan dini, sunscreen juga membantu mengurangi timbulnya komedo yang menjadi salah satu pemicu jerawat pada wajah.

Jangka waktu perlindungan sunscreen sendiri beragam, tergantung besaran angka SPF-nya. Nah, untuk lebih detil tentang manfaat dan daya perlindungan sunscreen, Teman-teman bisa baca postingan  Review Sunscreen Emina SPF 30+++

Skincare pertama, kedua hingga seterusnya yang kelima merupakan andalan saya untuk daily treatment. Untuk produknya sendiri bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, kecocokan dan bujet masing-masing, ya. Bisa memakai produk import seperti skincare Korea yang booming abis, dan memang kualitasnya oke punya. Atau produk lokal seperti Wardah, Emina dan Avoskin yang menurutku juga nggak kalah kece.

Nah, dari kelima jenis skincare untuk usia 30-an di atas, mana nih yang sudah rutin teman-teman aplikasikan?

Share, yuk, perubahan apa yang kalian rasakan setelah rutin menggunakannya.

 

 

 

 

 

 

32 thoughts on “5 Item Skincare untuk Usia 30-an dan Manfaat dari Setiap Produk”

  1. Hai, Mbak Damar. Samaan dong ternyata aku pun dapet hidayah skincare ini setelah di usia yang udah mateng, 30 thn. Huhu suka nanya sendiri. Dulu kemana aja, Anyway setelahh sadar pentingnya skincare ini alhamdulillah aku juga sekarang udah mulai rutin melakukan 5 step basic skincare di atas.

  2. Aku yang belum pake essence ama serum aja nih. Tapi gini, untuk bumil sebenarnya boleh pake Skincare gak sihh? Aku agak ragu jadi selama hamil ini aku gak pake Skincare dulu
    Cuma pake sunscreen rutin aja. Hmm

  3. Aku juga telat pake skinker nih huhuhu..tapi lebih baik telat daripada tidak sama sekali ye kan?
    Yang belom kupakai essence..ternyata beda sama serum ya..
    Kalo yang lain sih sudah . Cuma step bersihin wajah kadang gak ketiganya, kalau habis make up lengkap baru. Tapi bagus juga kalau ketiganya ya..
    Wah harus rajin nih aku step skinkernya

  4. Kalo masalah skinker aku mau ngaku dosa hahaha. Soale masih bolong bolong mba, pakenya. Paling mentok pake micellar water, facial foam ama serum. Wes, abis itu tinggal tidoorr. Gak kober pake krim pagi/malem segala. Penyakit males lebih kuat ketimbang semangat berdandan ki… piye jal? Padahal usia terus merayap. Halaah

  5. Aku pernah baca memasuki usia 30-an udah wajib pakai serum wajah katanya. Alhamdulillah. Aku pernah mencobanya. Tapi berhubung setelah tu cekak belum kebeli serum lagi akhirnya cukup puas diri memakai krim wajah. Aku gak bisa keluar rumah tanpa pakai krim wajah sebelumnya. Biar jadi kebiasaan baik

  6. Aku ngacung deh…golongan telat juga bahkan banget. Umur 40 baru rada nggenah skinkernya. Rada…belum bener berarti. Wkwkwk. Untungnya walau ogah-ogahan ngerawat muka, step membersihkan dan setidaknya melembabkan, gak pernah kulewatkan. Jadi masio ndak lengkap2 amat, ya sik tertolong lah.

  7. Aku tuh wajib banget untuk bersihkan wajah setelah beraktifitas. DEbu-debu dan polusi yang nempel tuh bikin wajah cepat kusam. Ntar mau ah nyobain produknya skincare yang mba rekomendasikan 🙂

  8. Aku baru mulai lagi nih setelah capek pasca lahiran hehe. Iya usia 30an ku juga. Tapi udah lebih 2 digit dari kmu mak. Duh menua
    Klo motoran udah pake sunblock dan masker jg. Pdhl deket doang perginyaaa..hehe

  9. Masalahnya juga, rajin beli skinker, taruh di lemari dan..lupa pakai karena ketiduran, enggak inget, kesibukan dan segudang alasan lainnya.
    Besoknya nyesell. Duh! Padahal kalau rutin kan bisa aluuus ke pipinya mbak Damar ya

  10. Yang paling sering kugunakan ya cleanser, toner dan moisturizer. Kalau essence dan serum sering terlewat karena maunya cepat-cepat aja hehehee… Kudu masukin ke daftar skincare rutin nih, agar kualitas kulit wajah tetap terjaga. Biar tetap lembab meskipun usia udah 40 ++ 🙂

  11. Mak jleb baca bagian ini
    =====
    usahakan mengonsumsi makanan tepat nutrisi yang memang dibutuhkan tubuh, bukan hanya dilinginkan lidah
    =====
    Iya, susah ini mengendalikan lidah, pengennya mencecap yang lezat-lezat aja. Padahal asupan makanan juga bisa mempengaruhi kesehatan dan kesegaran kulit ya mbak

  12. Wah iya nih wajib dipakai semua sama ibuk2 usia 30 tahun ke atas ya mbak supaya kulit wajah tetep sehat dan gak muncul tanda penuaan dini. Maunya sih penampilan tetep bisa kyk 20an hahaha ngarep.
    Aku sebelumnya agak bingung beda essence ma toner apaan, skrng lbh paham 😀

  13. Aku mulai perawatan malah pas udah usia 35 plus, hehe.. Kerasa ya kenapa muka tidak secantik dulu. Malah udah banyak juga yang nyinyir, kok jelek sekarang, huhu.. Aku juga pake safi nih, tapi sayang nggak lengkap. Soalnya kantung belum kuat, wkwkw.. Memang safi bagus yaa..

  14. saya juga termasuk yang telat ngurusin wajah mbak hehehe. Semua yang disebutkan pakai plus masker pula. cuma untuk tahapan cleanser, saya kebalikannya, cleanser lotion dulu, facial wash baru micellar water hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *