Uncategorized

Piknik Ala DuoNaj #4 – Edutrip ke Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga di TMII

Sepertinya DuoNaj tak pernah bosan diajak berkunjung ke Taman Mini. Minggu lalu, tepatnya pada tanggal 7 Oktober,  kami sekeluarga kembali melakukan edutrip ke sana. Padahal, kalau tidak salah kami pada tahun 2017 ini kami sudah lima kali mengunjungi tempat wisata kebanggaan Jakarta ini. Entah untuk acara reuni atau piknik yang memang sudah direncanakan, atau secara …

Continue Reading
Uncategorized

Emotional Conversation with Kiddos

Seperti biasa, saya bangun 3 jam lebih awal dari anak-anak. Setelah membuat draft untuk bahan postingan blog pada hari berikutnya, saya bergegas menuju dapur untuk membereskan gelas dan piring kotor bekas makan semalam. Melanjutkannya dengan membereskan rumah yang selalu berantakan karena anak-anak baru berhenti bermain saat jam tidur malam tiba. Segera saya menuju lemari pendingin …

Continue Reading
Uncategorized

Menjelaskan Makna Hari Raya Kurban pada Anak

Pixabay.com “Buk, mengapa kalau hari raya Iduladha itu banyak binatangyang disembelih?.” Begitu tanya Najwa kemarin. “Karena, pada hari raya Iduladha, umat muslim seperti kitadiperintahkan Allah untuk berkurban,” jawab saya padanya. “Ohh, kalau nggak punya duit buat beli kambing atau sapi,gimana, dong?,” tanyanya lagi. “Ya, nggak pa pa, karena perintah ini wajib bagi yang mampuberkurban. Yang …

Continue Reading
Uncategorized

Pameran Lukisan Istana Kepresidenan di Galeri Nasional – “Senandung Ibu Pertiwi”

Mengunjungi Galeri Nasional bisadibilang “langka” bagi kami yang tidak terlalu berdarah seni. Tapi event kaliini terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Kapan lagi bisa nonton koleksilukisan Istana Kepresidenan? Mumpung sedang ada pamerannya, kami pun mengajakanak-anak ke sana.  Itung-itungrefreshing, enaknya lagi gratis dan seperti biasa, selalu ada pengalaman yangingin kami tinggalkan pada anak-anak. Dengan harapan salah …

Continue Reading
Uncategorized

Not A Breastfeeding Father, But He is The Best Father

Setiap calon ibu pasti mengharapkan seorang suami penjaga,ayah siaga bagi diri dan calon bayi yang dikandungnya. Yang siap mendampingi siibu dan janin dalam rahimnya. Menjadi supporter ketika melalui masa-masaberat di trimester pertama. Tertawa bersama ketika kondisi kehamilan mulaimembaik pada trimester kedua. Dan kemudian siaga saat berbagai hal bisa terjadipada saat usia kandungan mencapai trimester ketiga. …

Continue Reading
Uncategorized

Menumbuhkan Konsep BUTUH Beribadah pada Anak

Kali ini saya bikin blog post tentang cerita bahagia yang sebenarnya agak “receh”. Hehe.. Tapi saking senengnya, saya merasa sayang aja kalau nggak diabadikan di “rumah” yang ini.  Ceritanya tentang kebiasaan ngobrol ngalor ngidul sama Najwa. Jadi, ternyata, nih. Kebiasaan ngobrol dengan Najwa ini  membawa hikmah dan model pembelajaran baru buat saya. Misalnya ketikaingin menerapkan …

Continue Reading
Uncategorized

Memilih Sekolah Negeri dan Konsekuensi yang Harus Dijalani Orang Tua

 “Buk, kata Bu Guruku semua anak tidak boleh takut ke sekolah. Karena di sekolah kita akan bermain dan bersenang-senang.” Sudah 5 hari Najwa melalui masa adaptasi di sekolahbarunya.  Selanjutnya KBM langsung aktifdan hampir melewati satu minggu pertama di tahun ajaran 2017/2018. Najwa sangatgembira, begitu setidaknya ekspresi yang dapat saya tangkap darinya. Sepulangdari sekolah, adaa saja …

Continue Reading
Uncategorized

Mengajarkan Anak Cara Mengalokasikan Uang Angpau Lebaran

Lebaran benar-benar membawa berkah bagi anak-anak. Eh, tapi bukan berartikita-kita yang udah nggak imut ini nggak ikutan dapat berkahnya, loh. Cuma beda ajajenis keberkahannya. Kalau anak-anak kan lebih riil bentuknya, hehehe … Matre banget saya. Ya, apalagi kalau bukan uang angpau lebaran. Hampir semuaanak menunggunya. Kalau sudah ramadan, yang ditunggu pasti lebaran dan amplopwarna-warni berisi lembaran …

Continue Reading
Uncategorized

D.I.Y. – Membuat Mainan Anak dari Bahan Bekas di Rumah

“Bermain adalah dunianya, tempat bermain menjadi istananya, sedangkan anak-anak ibarat raja dan ratu penguasanya.”  “Ibuk,astonot ntu apa? Adik au adi astonot!” (“Ibuk,Astronot itu apa? Adik mau jadi astronot!”). Belasan kali kalimat ituterucap dari mulut kecil Najib. Hingga saya mulai kewalahan menjelaskan tentangastronot dan berbagai hal yang ada di ruang angkasa. Tentu saja perasaankewalahan ini  muncul, …

Continue Reading
Uncategorized

Reward Puasa untuk Anak, Yay or Nay?

Mengajarkan puasa pada anak merupakan salah satu cara melatih kejujuran dan ikhlas pada diri mereka www.damaraisyah.com Tadinya saya  berpikir untuk memberikan reward puasauntuk Najwa. Ya, itung-itung biar dia termotivasi dan bangga dengan usahanya meskipun masih dalam tahap belajar. Belumsaya sampaikan sama anaknya, sih. Jadi baru ide saja. Sampai menjelang hari ke-7 Ramadan, Najwanya masih lumayankooperatif. Awalnya, …

Continue Reading