Uncategorized

Taman Lapangan Banteng – Taman Sejarah dan Area Hijau di Pusat Kota Jakarta

Kalau pas main ke Jakarta Pusat,bolehlah sesekali mampir ke Taman Lapangan Banteng yang terletak berdekatandengan Gereja Katedral. Dari Masjid Istiqlal pun tidak terlalu jauh,karena  masjid yang menjadi salah satu simbolkerukunan antar umat beragama ini terletak hanya berseberangan dari areagereja.
Dulu, taman yang lebih dikenaldengan sebutan Lapangan Banteng ini bernama Lapangan Singa. Ini dikarenakanpada bagian tengah lapangan terpancang tugu peringatan atas kemenangansebuah pertempuran. Tugu itu didirikan pada 1828 untuk mengenang pertempuranWaterloo.
Libur lebaran kemarin, saya dankeluarga sengaja menghabiskan waktu di sana. Mumpung Jakarta lagi sepi danminim polusi, maka sayang rasanya jika hanya berdiam di dalam rumah saja. Makaarea hijau di seputaran Jakarta menjadi tujuan yang tak kami lewatkan. Selaingratis, anak-anak bisa mengeluarkan seluruh energinya untuk bermain danbarlarian di area rumput yang begitu luas tanpa khawatir kendaraanberlalu-lalang.
Memasuki area Taman LapanganBanteng,  kami dimanjakan denganpepohonan yang rindang, tanaman rambat di kanan dan kiri jalan setapak ber-cor semen, rumput yangmenghampar di hampir sebagian besar wilayah taman. Semilir angin terus membuai,dan kami pun semakin terlena dengan gemericik suara air mancur dari beberapapatung burung yang ada di sana.
Saya tidak pernah menduga, bahwadi area hijau yang seluas ini pernah berdiri terminal vital yang menyokongtransportasi di wilayah pusat Jakarta. Semuanya sudah begitu berubah, taktersisa sedikit pun hiruk pikuk dan tumpukan sampah yang kerap kali kita jumpaidi area terminal.
 Lapangan Banteng terus mengalami revitalisasisebagai salah satu wilayah hijau di kota Jakarta. Tak hanya area berumput yangmendominasi wilayah ini,  Lapangan Basketdan Sepak Bola pun disediakan untuk memfasilitasi pengunjung yang sengajadatang untuk “mencari keringat”.
Buat Temans yang hobi ber-swafoto seperti halnya saya dan keluarga, maka sayang rasanya jika melewatkanpublic area yang satu ini. Sembari bersantai menghabiskan waktu bersamakeluarga atau teman. Maka mengambil gambar di beberapa lokasi yanginstagramable bisa dilakukan untuk sekedar memuaskan hobi atau mengasahketerampilan fotografi.
Oh ya, kalau tidak salah, saatini sedang digelar Pameran Flora dan Fauna yang mengambil tema “Jadikan JakartaSebagai Sahabat Alam Kita” Pameran ini digelar mulai tanggal 21 Juli hinggananti 21 Agustus 2017. Kami belum sempat pergi ke sana untuk yang kedua kali.Berhubung sedang ada event, maka  bisajadi kami agendakan lagi di pertengahan Agustus nanti. Pas banget ada libur Hari Kemerdekaan.
Nah, buat teman-teman yang hobihunting foto, wisata murah, atau sekedar mencari area terbuka hijau untuk menghabiskan akhirpekan. Taman Lapangan Banteng sepertinya cocok dimasukkan dalam list tujuanwisata keluarga. Selain mendapatkan suasana sejuk dan hening untuk melepaspenat, kita pun dapat memanfaatkannya untuk mengajak anak bermain lebih dekatdengan alam. Yang saya rasa agak susah didapat untuk kami yang tinggal ditengah padatnya Jakarta.
#ODOP
#day6
#bloggermuslimahindonesia

6 thoughts on “Taman Lapangan Banteng – Taman Sejarah dan Area Hijau di Pusat Kota Jakarta”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *