HEALTHY LIFE LIFESTYLE

Tangkal HOAX Informasi Kesehatan dengan SehatQ.com

Sehatq.com website kesehatan

Teman-teman pasti pernah, dong, mendapat pesan whatsApp yang isinya berbagai informasi kesehatan? Sebenarnya informasi seperti ini memang perlu sih, agar kita lebih mawas diri. Sayangnya, banyak informasi yang cenderung menakutkan, atau kadang malah “ajaib”. Iya, “ajaib” alias tidak masuk akal.

Di samping itu, tak banyak dari pengirim pesan whatsApp ini yang mau bersusah payah untuk mengkroscek kebenaran info yang terus disebarkannya. Asal mendapatkan pesan yang menurutnya bermanfaat, dengan judul-judul yang “wow”, langsung saja di-forward ke semua grup yang diikutinya. Duh, bete banget, kan, kalau kebetulan kita berada di beberapa grup yang sama?

Baca juga: Pentingnya Memiliki Asuransi Sejak Dini

Maraknya Hoax Informasi Kesehatan

 

Sehatq.com website kesehatan
SehatQ.com menyediakan fitur tanya jawab dengan ahli kesehatan.

 

Cerita di atas memang berdasarkan pengalaman pribadi. Hampir setiap hari, aku menerima pesan WA tentang informasi kesehatan yang lumayan “ajaib” seperti yang kusebutkan tadi. Enggak cuma 1atau 2, kadang pesan serupa bisa muncul di beberapa grup secara bersamaan. Ah, pokoknya bikin malas membuka beberapa grup di WA.

Memang, ada kalanya informasi kesehatan seperti ini bermanfaat. Tetapi sayang karena seringnya malah menakut-nakuti. Misalnya saja jika ada pesan yang judulnya saja seperti ini, ” 5 Lubang di Tubuh Gadis ini Keluar Darah karena Melakukan Kebiasaan ini!” Wew, dari judulnya saja sudah serem banget, kan? Ogah banget buat baca.

Tidak bisa dimungkiri, salah satu tantangan hidup di zaman digital ini memang cepatnya arus komunikasi, yang berakibat pada banjir informasi. Susah memang, membedakan mitos, fakta atau hoax. Apalagi kalau pesan-pesan semacam itu diterima oleh orang-orang yang memang mulai lebih memperhatikan kesehatan tubuhnya (baca: orang tua), maka tingkat kepercayaannya menjadi semakin tinggi. Dan, besar kemungkinan bagi mereka untuk ikut menyebarkan informasi serupa.

Baca juga: Penyebab Terlambat Datang Bulan

SehatQ.com Asisten Kesehatan Keluarga

 

SehatQ.com website kesehatan
Tersedia fitur booking dokter

 

Memang, segala hal yang menyangkut urusan kesehatan itu terasa sangat krusial, apalagi ketika kita sudah berkeluarga. Dulu, zaman masih lajang, boro-boro mikirin warna urine. Begitu punya anak, semua-semua diperhatikan. Yang suara napasnya, yang suhu tubuhnya, warna fesesnya, asupannya, pokoknya segala hal yang berkaitan dengan kondisi kesehatan keluarga jadi sangat penting.

Itu sebabnya akses terhadap informasi kesehatan juga semakin penting. Entah dengan bertanya langsung pada ahlinya melalui pertemuan tatap muka. Sharing di milis kesehatan. Atau sekedar googling dan membaca berbagai artikel yang berterbaran di dunia maya.

Nah, urusan googling ini yang enggak boleh sembarangan. Karena bisa jadi artikel atau informasi yang kita baca itu tidak ditulis oleh ahlinya, Atau minimal, oleh orang yang memiliki pengalaman terhadap permasalahan kesehatan tertentu.

Dari segi keamanan, kenyamanan dan akurasi data,  SehatQ.com website kesehatan  layak menjadi rujukan bagi siapapun yang gemar mencari informasi kesehatan di dunia maya.

Enggak hanya menyediakan berbagai informasi mengenai bermacam-macam penyakit yang bisa menyerang tubuh dari ujung kepala hingga kaki, SehatQ.com juga menyediakan informasi mengenai obat, tempat praktik dokter bahkan bisa membuat janji kunjungan. Dan yang tak kalah menarik, teman-teman bisa memperkaya informasi melalui artikel kesehatan yang ditulis dengan sangat informatif dan mudah dipahami.

Baca juga: Persiapan Melahirkan Caesar

 

SehatQ.com website kesehatan
Akun sosial media SehatQ.com menyediakan berbagai informasi kesehatan

 

SehatQ.com perlu dijadikan rujukan bagi siapapun yang mengaku peduli dengan kesehatan keluarga dan tak mau termakan hoax. Akses informasinya pun tidak terbatas pada situs website-nya saja, ya, tapi teman-teman yang hobi bermain media sosial bisa dengan mudah mengaksesnya di instagram @sehatq_id. Bagi pengguna facebook pun tak perlu khawatir karena SehatQ.com bisa diakses melalui laman FB : SehatQ. Sedangkan kalian yang hobi nge-tweet, berbagai cuitan kesehatan bisa kalian ikuti di twitter: @sehatq.

Nah, kalau sudah ada rujukan yang valid gini enggak khawatir termakan hoax lagi, dong. Syukur-syukur teman-teman bisa menjadi salah satu pihak yang ikut membagikan informasi kesehatan pada masyarakat. Tapi wajib info yang benar, ya. Teman-teman harus setuju dan say no untuk menyebarkan hoax apapun jenis informasinya!

 

20 thoughts on “Tangkal HOAX Informasi Kesehatan dengan SehatQ.com”

  1. Naah ebner mbaa..
    pengalaman aku ya klo ada masalah eksehatan yg ditanya pertama ya google hehehe
    cuma ya gitus eirng bingung kok dapet jawaban beragam dan ebda dan gak jarang hoax
    bagus ya sehatQ ini krn selalu ada sumber referensi untuk setiap info dan artikelnya

  2. Betul… Banyak sekali info yang mesti dikroscek kebenarannya. Tapi kadang kalau sudah viral itu yg menjadi patokan dan dianggap benar. Apalagi macam-macam info yg belum ada analisis pastinya..
    Perlu cek n ricek

  3. Bener banget niiii…informasi kesehatan melalui WA, duuuh. Apalagi teman-teman ya sepantaran aku kan. Hehe… Masing-masing dengan keyakinannya, diet ini itu. Belum lagi segala macam suplemen. Lebih dokter daripada dokter sesungguhnya. Cape deh…
    Dah…ke link SehatQ aja jelas, ada ahlinya…

  4. Jaman now ki emang buanyaak banget info yang betebaran di mana mana yo mba.. dapet berita dikit langsung ngesyerr padahal blm tau bener enggaknya. Kalo aplikasi kayak gini kayane lebih akurat. Cuss ahh tak liat di playstore dulu.

  5. Warna web sama medsosnya itu lho aku suka banget 😀
    udah coba baca2 sih tapi belum experience lebih sama website SehatQ ini. Enak kalau yang mengasuh websitenya emang org yang paham soal kesehatan gini ya, jdnya tulisan ttg kesehatannya bisa dipercaya.

  6. Artikel kesehatan memang katanya salah satu sumber hoax terbesar, Ngeri sih sebetulnya karena seperti main-main sama kesehatan manusia. Mending cari info dari sumber terpercaya yaitu SehatQ

  7. Hoax soal kesehatan itu Paling bikin bingung. Ngeri soalnya Kan. Penting juga Ada Sehatqu ini buat preventif. Kita bisa nanya dan janjian langsung dgn dokter supaya lebih pasti

  8. Mengenai kelengkapan informasi di situs SehatQ ini saya sangat mengapresiasi, luar biasa dari ujung kaki hingga ujung rambut. Dri A sampai Z.

  9. buat mitos dan fakta seputar kehamilan, aku cek lewat website SehatQ supaya enggak kemakan hoax. Eh fitur Forumnya juga oke lho, bisa nanya ke dokter secara online.

  10. Tagline nya unik ya mba, asisten kesehetan keluarga. Btw zamannya sekarang bahkan sejak beberapa tahun me belakangan memangbterbukti banget hoax tentang kesehatan. Suka kesel sendiri Kalo Masih Ada Yang nyebar2in, haha

  11. Bener banget. Paling pas bertanyalah pada ahlinya
    Jangan hanya modal berselancar di internet lalu baca dari sumber-sumber tak jelas yang gak bisa dipertannggungjawabkan deh. Bukannya sehat , malah makin parah
    Bersyukur sekarang ada aplikasi SehatQ ini
    Memudahkan kita untuk konsultasi online

  12. Ahh, benar banget Mba. Dengan mencari referensi artikel dan bisa diskusi langsung lewat app, ngga ada lagi deh kena hoax yang berseliweran di luar sana.
    Baru banget kemarin sore aku baca, anaknya sakit, ada tetangga yang suruh minum (maaf) pipis hewan buat obatnya. Ya ampunnnn. Bersyukur banget ada SehatQ deh buat bisa nangkal info2 sesat seperti ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *