Uncategorized

Yang Asyik dari “Energy of Asia” – Official Album Asian Games 2018

Theme Song Asian Games 2018
Selain Bhin-bhin, Atung dan Kaka, 3 maskot Asian Games 2018 yang begitu menggemaskan serta menarik perhatian. Official Album Asian Games 2018 merupakan satu bagian lain yang patut diapresiasi dalam perhelatan pesta olahraga kali ini. Album yang dirilis dengan tajuk “Energy of Asia” ini berisikan 13 lagu hasil duet penyanyi dan musisi dari berbagai genre di Indonesia.

Misalnya lagu Janger Persahabatan yang aransemennya merupakan perpaduan antara pop, beat, elektrik dan gamelan Bali. Lagu yang dibawakan Ariel Noah dan Dea ini diciptakan oleh seniman kawakan yang juga merupakan putra Presiden RI yang pertama yaitu Guruh Sukarnoputra. Lagu yang dalam pengerjaannya menggandeng musisi Nev+  ini  sangat rancak dan mampu memacu semangat kita. Lagu ini terdengar Indonesia banget dan termasuk salah satu lagu yang saya suka dalam album Energy of Asia.
Theme Song Asian Games 2018
Begitu pula dengan lagu Non Political ‘Asian Dance’ yang dibawakan Slank feat Dipha Barus. Lagu ini khas Slank baik lirik maupun aransemen musiknya. Liriknya singkat tapi kental dengan semangat persatuan dan kesatuan. Ditambah dengan koreografi sederhana yang kemudian disebut Asian Dance,  membuat lagu ini mudah diingat dan ditirukan.
Buat teman-teman yang ngaku Isyanation. Maka kalian harus ikut berbangga, karena suara khas Isyana Sarasvati dapat kalian dengarkan dalam lagu Asia’s Who We Are. Lagu yang dibawakan dengan lirik bahasa Inggris ini juga khas Isyana Sarasvati. Easy listening, meskipun bagi saya kurang bersemangat untuk sebuah perhelatan olahraga.
Theme Song Asian Games 2018

Lalu yang mana dong yang rancak?

Kalau saya pribadi, tentu saja lagu Meraih Bintang yang dibawakan Via Vallen yang paling asyik, hehehe. Meskipun saya bukan seorang Vyanisti (sebutan untuk fans Via Vallen),  tapi saya tahulah satu atau dua lagunya. Terutama lagu Sayang dan Bojo Galak yang udah nge-hits banget bahkan disukai berbagai kalangan. Lagu Meraih Bintang ini kemudian dipilih sebagai Theme Song Asian Games 2018, bahkan konsernya yang bertajuk serupa telah digelar pada H-50 kemarin.
Lagu ini terdengar sangat Via Vallen. Musiknya asyik, koreografinya pun apik. Perpaduan pop, dangdut dan RnB dalam satu lagu yang easy listening dan mampu membangkitkan semangat siapapun yang mendengarnya. 
Video klip-nya pun seru, bikin siapapun kepengin ikut bergoyang. Padahal kalau penyanyinya sendiri termasuk sangat pelit goyang. Tapi entah kenapa lagu-lagu Via Vallen selalu enak untuk bergoyang.
Pemilihan Via Vallen sebagai penyanyi theme song Asian Games 2018 sendiri diklaim telah melalui survey dan diskusi dengan berbagai pihak. Setelah melakukan pengamatan sejak sekitar Januari 2016, survey dan diskusi dengan berbagai expert di industri musik Indonesia. Maka nama Via Vallen lah yang kemudian terpilih untuk menyanyikannya. Begitu pernyataan salah satu perwakilan dari INASGOC yang saya kutip dari KOMPAS.com
“Memang lagu ini (Meraih Bintang) sudah dipersiapkan dari awal tahun ini, kira-kira dari Januari. Dari hasil diskusi, survei dengan beragam expert (ahli) di industri musik Indonesia, maka lagu ini dinyanyikan oleh Via Vallen,” ujar Syanda Kunto.Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Alasan INASGOC Pilih Via Vallen Bawakan Theme Song Asian Games 2018”, https://bola.kompas.com/read/2018/07/20/16100088/alasan-inasgoc-pilih-via-vallen-bawakan-theme-song-asian-games-2018. Penulis : Arin NabilaEditor : Aloysius Gonsaga AE
“Memang lagu ini (Meraih Bintang) sudah dipersiapkan dari awal tahun ini, kira-kira dari Januari. Dari hasil diskusi, survei dengan beragam expert (ahli) di industri musik Indonesia, maka lagu ini dinyanyikan oleh Via Vallen,” ujar Syanda Kunto.Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Alasan INASGOC Pilih Via Vallen Bawakan Theme Song Asian Games 2018”, https://bola.kompas.com/read/2018/07/20/16100088/alasan-inasgoc-pilih-via-vallen-bawakan-theme-song-asian-games-2018. Penulis : Arin NabilaEditor : Aloysius Gonsaga
Buat teman-teman yang belum sempat intip video-nya bisa intip di sini ya. Bolehlah sambil joged-joged sebentar, itung-itung bakar lemak, hehehe.

Nah, untuk liriknya di sini ya,

Lirik Meraih Bintang Setiap saat setiap waktuKeringat basahi tubuhIni saat yang kutungguHari ini ku buktikanKu yakin aku kan menangHari ini kan dikenangSemua doa kupanjatkanSejarah kupersembahkanTerus fokus satu titik, hanya itu titik ituTetap fokus kita kejar lampaui batasTerus fokus satu titik, Hanya itu titik ituTetap fokus kita kejar dan raih bintangYo yo ayo… yo ayo Yo yo ayo… yo ayoYo yo ayo… yo ayo Yo yo.. ooo…oooYo yo ayo… yo ayo Yo yo ayo… yo ayoYo yo ayo.. kita datang kita raih kita menangKalau menang berprestasiKalau kalah jangan frustasiKalah menang solidaritasKita galang sportifitasTerus fokus satu titik, hanya itu titik ituTetap fokus kita kejar dan raih bintang

Gimana, asyik juga kan ikutan goyang sama theme song Asian Games yang satu ini? Harapannya memang begitu, sih. Biar semakin banyak yang tertarik sama lagunya, ikut goyang, tapi jangan lupa tetap kasih dukungan. Karena event ini kan termasuk pesta olahraga terbesar kedua setelah Olimpiade. Apalagi tahun ini Indonesia yang jadi tuan rumahnya. So, kita harus bangga dan wajib banget dukung bersama meskipun sekecil ikut mempromosikan dan memberi support melalui sosial media.
Nah, dari tiga belas lagu dalam album kompilasi ini, kira-kira lagu mana yang paling teman-teman suka?
Artikel ini dibuat untuk memenuhi challenge dari Mak Nurin Ainistikmalia dalam rangka #KEBloggingCollab Kelompok Sri Mulyani dengan tema Asian Games 2018.

9 thoughts on “Yang Asyik dari “Energy of Asia” – Official Album Asian Games 2018”

  1. Terus fokus satu titik, hanya itu titik ituTetap fokus kita kejar lampaui batasTerus fokus satu titik, Hanya itu titik ituTetap fokus kita kejar dan raih bintangAsyik lagunya Meraih Bintang, tapi rasanya kurang ngebeat lagi gitu Hihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *