BEAUTY HEALTHY LIFE LIFESTYLE TIPS

Tips Perawatan Kulit saat Musim Hujan, Sederhana tapi Sering Dilupakan!

Perawatan kulit saat musim hujan

Hujan turun tiga kali selama seminggu terakhir. Sepertinya kemarau panjang memang segera berakhir, digantikan musim penghujan yang telah lama kita nanti-nantikan. Hm… sudah saatnya, nih, memperhatikan perawatan kulit saat musim hujan.

Musim kemarau tahun ini memang durasinya lumayan lama. Beda dengan tahun-tahun sebelumnya—yang biasanya hanya enam bulan saja. Jadi, kayaknya musim penghujan tahun ini tuh benar-benar dirindukan. Bukan hanya oleh Pak Tani loh, tapi bagi siapa saja yang hidup dalam kenangan. Etdah!

Biasanya nih, perubahan musim sedikit banyak akan mengubah pola aktivitas dan kebiasaan kita. Maklum, namanya juga penghujan, seiring cuaca yang semakin sejuk, bahkan dingin, enaknya memang bermalas-malasan di rumah. Mau keluar malas karena basah. Mau mandi juga seringnya malas, karena merasa enggak berkeringat dan takut kedinginan. By the way yang terakhir itu aku, karena memang suka malas mandi saat musim hujan.

Kondisi Kulit Cenderung Kering saat Musim Hujan

Perawatan kulit saat musim hujan

Menurut pengalamanku pribadi, musim penghujan kayak gini memang seringkali membuat malas merawat diri, khususnya perawatan kulit.

Iya, karena berasa enggak berkeringat tadi. Jangankan untuk melakukan ritual eksfoliasi, cuci muka biasa aja kadang-kadang sering malas.

Padahal nih, ketika musim hujan tiba biasanya kelembaban udara cenderung lebih tinggi. Hal tersebut bisa menyebabkan kondisi kulit menjadi lebih kering dari sebelumnya. Apalagi jika kalian memiliki jenis kulit yang sensitif, kondisi kulit yang kering dikhawatirkan dapat memperburuk kondisinya.

So, itu sebabnya ya, meskipun dingin dan mager, perawatan kulit tidak boleh diabaikan. Enggak usah yang neko-neko, deh. Yang penting rutin dan gunakan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.

Nah, apa saja perawatan yang harus kita lakukan selama musim hujan? Beberapa tips berikut pastinya sangat sederhana, tetapi sering kita lupakan!

Tips Perawatan Kulit saat Musim Hujan

Perawatan kulit saat musim hujan

1. Tetap gunakan Tabir Surya

Matahari memang sering malu-malu saat musim penghujan tiba, tetapi bukan berarti tidak ada. Selama musim penghujan memang sepertinya matahari tidak terasa menyengat, namun itu bukan alasan untuk meninggalkan step pengaplikasian sunscreen atau tabir surya. Jadi tetap seperti biasa untuk menjaga kelembaban dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Oh, ya. teman-teman sudah tahu, kan, takaran penggunaan tabir surya yang tepat? Yup, takaran yang tepat adalah sepanjang dua jari kita untuk pengaplikasian seluruh wajah hingga leher.

Baca juga: Rekomendasi Sunscreen SPF 50++

2. Jangan berlebihan memakai sabun wajah

Meskipun kulit terasa lebih kering dari biasanya, tetapi bukan berarti tidak ada kotoran di wajah.

Tetap lakukan step mencuci wajah secara rutin yaitu dua kali dalam sehari. Namun, perhatikan pemilihan jenis sabun wajah dan takaran penggunaanya. Sebaiknya sih tidak usah berlebihan agar kondisi kulit tidak semakin kering. Di samping itu usahakan memilih sabun pembersih wajah yang minim kandungan deterjent atau yang berbahan alami.

3. Jangan malas memakai pelembab

Seperti yang disebutkan di awal tadi, udara dingin dan angin cenderung menyebabkan kondisi kulit menjadi kering karena kelembabannya terus berkurang. Apalagi jika teman-teman rutin terpapar AC, pemakaian pelembab sudah tidak bisa ditawar lagi.

Untuk itu jangan malas menggunakan skincare yang satu ini ya. Mau yang jenisnya lotion, krim atau gel, pokoknya pelembab is a must!

Baca juga: Rekomendasi Pelembab untuk Kulit Dewasa

Perawatan kulit saat musim hujan

4. Tetap lakukan eksfoliasi

Untuk step eksfoliasi sendiri jangan sampai ditinggalkan ya. Jangan hanya karena kondisi kulit menjadi lebih kering trus enggak berani eksfoliasi. Jangan! Karena eksfoliasi sangat penting untuk membantu penyerapan skincare di atasnya.

Nah, agar kulit tidak semakin kering nih, ada baiknya teman-teman mengurangi jadwal eksfoliasi. Misalnya, jika teman-teman biasa melakukan eksfoliasi 3 kali dalam seminggu, maka dikurangi saja menjadi 2 atau 1 kali jika kondisi kulit benar-benar kering. Usahakan juga memilih eksfoliator yang ramah kulit. Misalnya yang butirannya lembut jika berbentuk eksfoliator fisik, atau yang kandungan bahan kimianya ringan jika menggunakan eksfoliator kimia.

Baca juga: Perbedaan Eksfoliasi Fisik dan Eksfoliasi Kimia

5. Gunakan Toner non-alcohol

Perawatan kulit saat musim hujan

Perawatan dengan toner yang sepertinya sederhana saja ternyata sangat membantu menjaga kondisi kulit agar senantiasa lembab, bersih, segar dan bebas jerawat. Menurut para ahli di bidang kecantikan, toner dianggap sebagai perawatan yang bertujuan mempersiapkan kondisi kulit untuk menerima perawatan lanjutan. Selain tentu saja untuk mengangkat kotoran yang masih tertinggal setelah step mencuci wajah.

Penggunaan toner juga dipercaya memberikan hasil maksimal untuk step perawatan selanjutnya. Jadi, kalau teman-teman ingin skincare yang digunakan memberikan hasil nyata, kalian tidak boleh meninggalkan perawatan yang satu ini.

Untuk mencegah kekhawatiran atas kondisi kulit yang semakin kering, ada baiknya menggunakan toner yang tidak mengandung alkohol. Atau, jika teman-teman inign yang alami, kalian bisa gunakan Air Mawar yang cenderung lebih netral.

6. Tetap minum air putih meskipun tidak merasa haus.

Meskipun dingin dan tidak terasa haus, konsumsi air putih tetap 2,5 hingga 3 liter, ya. Catet!

Iya, perawatan yang satu ini memang sangat sering kita lupakan, padahal sangat mudah dan murah.

Seperti yang kita ketahui, 60% dari struktur kulit kita tersusun atas air. Sehingga, kekurangan asupan air merupakan satu ancaman terhadap kondisi kulit. So, jangan sepelekan perawatan sederhana yang satu ini.

Perawatan kulit saat musim hujan

7. Bakso dan coklat hangat boleh-boleh saja. tetapi sayur dan buah jangan absen!

Siapa yang suka makan anget-anget kalau lagi hujan? Cung!

Aku cung dong, karena memang punya kebiasaan tersebut, haha.

Enggak masalah, boleh aja kok makan atau mimun yang anget-anget. Apalagi bakso pedas dan coklat panas itu nikmat banget. Tetapi, jangan lupakann konsumsi sayur dan buah ya, karena manfaat keduanya tidak bisa digantikan oleh dua makanan tadi. Apalagi jika kulit benar-benar sudah terasa kering. Wah, sudah tidka bisa ditunda lagi nih! Bakso oke, tapi sayur dan buah segar harus mendominasi.

Nah, mudah saja kan merawat kulit di musim penghujan ini? Selain sederhana, ternyata juga murah saja kok, karena enggak butuh perawatan ekstra. Yang penting rutin dan jangan malas melakukannya.

Jadi, jangan banyak alasan lagi ya. Yuk, biar kulit enggak semakin kering dan kusam!

 

 

50 thoughts on “Tips Perawatan Kulit saat Musim Hujan, Sederhana tapi Sering Dilupakan!”

    1. Betul. Aku pun ngerasa gitu. Makanya kusiasati dengan botol air minum di tempat-tempat yang terlihat. Seperti meja kerja atau meja tamu

  1. Nomer 6 setuju banget Mbak. Jangan mentang-mentang udara dingin, jadi kurang minum. Saya juga masih rutin untuk mengoleskan pelembab, karena wajah saya cenderung berminyak. Pokoknya kalau masalah perawatan kulit tetap nomer wahid deh.

  2. Banyak juga ya PR jaga kulit di musim hujan, tapi emang sih kulit berasa lebih kering apalagi kulit aku emang kering gitu mbak. Efek mager musim hujan harus dilawan nih.

  3. Aku banget itu, males perawatan apalagi cuaca dingin. Makin mager deh. Btw, makasih tipsnya mbak. Harus maksain ah sekarang mah, biar kulit ngga kering.

  4. Iya nih, musim ujan kok kulit jadi cepel gini rasanya, lengket. Raup facewash enak, tapi udahnya kerasa kering. Bener yah…malah harus hatiยฒ merawatnya. Hum…aku belum lagi tuh pilihยฒ exfoliasi, enaknya pakai apa…

    1. Kalau belum berani yang kimia, pakek model scrub atau masker aja Mbak. Scrub alami pakek kopi, lemon atau gula putih oke juga.

  5. tipsnya sangat bermanfaat mak. Minum jangan nunggu haus ya hehehe. kadang tuh kalau sibuk aku lupa minum. Jadi saat nulis ya harus didampingi dengan sebotol air minum. Kalau enggak gitu bisa lupa minum deh, huhhuh.

  6. Bakso palingan sebulan sekali. Haha… buah tak pernah absen. Sekarang aku disiplin skinkeran lo Mbak Damar. Qiqiqi (BANGGA) mbasio sing rutin mek cleansing-toning mari ngunu pelembab ama tabir surya. Aku gak telaten pake esen, lan lya liyane.

  7. Banyak minum air putih ini kadang ke skip…lha piye, di luar hujan deres, terasa enggak haus sih. Akhirnya bablas lupa minum lagi.
    Yang lain-lain ya pernah lupa juga sih. Mentang-mentang hujan, ga pakai pelembab hihi
    Reminder ini

  8. Memang kerasa banget akhir-akhir ini cuaca sangat labil, kadang panasnya mencrong banget eh tiba-tiba dua jam kemudian hujan…deras lagi, ngak hanya tubuh yang harus fit, wajah juga harus ditreatment nih biar ngak kering soalnya aku juga kerasa kulit wajah akhir-akhir nih agak kering. Setuju banget mbak, pelembab meskipun hanya beraktivitas di rumah, wajib banget.

  9. Saat musim hujan bukan berarti absen pelembab n tabir surya, aku ya begitu. Sebab panasnya biasanya menyengat sesudahnya hujan. Jadi semangat merawat diri nih after baca tipsnya, tq mb

  10. Kalau lagi hujan dan cuaca dingin kadang jadi suka males minum. Padahal kebiasaan itu bisa buat kulit kita jadi kering ya…
    Selain itu, merasa gak ada sinar matahari malah gak pakai tabir surya. hihihi
    Harus diubah kebiasaannya nih :))

  11. Nah ini yang aku sering kelewatan saat berangkat kerja dan cuaca hujan, suka malas pakai pelembab padahal produk pelembab tersedia di rumah.

  12. Kulitku kering dan susah banget minum air putih . Minumnya teh dan kopi . Jadi tambah kering deh ini kulit.

    Trus karena seringnya gak kemana mana kalau pagi suka susah pakai palembab. Tambah kering deh…Tengkyu tips nya ya. Jadi mengingatkan buat melembabkan kulit .

  13. Kulitku kering dan susah banget minum air putih . Minumnya teh dan kopi . Jadi tambah kering deh ini kulit.

    Trus karena seringnya gak kemana mana kalau pagi suka susah pakai palembab. Tambah kering deh…Tengkyu tips nya ya. Jadi mengingatkan buat melembabkan kulit .

  14. Bener banget. Sedingin apapun cuaca. Jangan pernah tinggalkan skincare utama. Cleansing, toner, moisturizer, dan sunscreen. Akutuh yg kadang lupa ya exfoliating. Susah nyari waktunya. Haha. Paling ya seminggu sekali.

  15. Iya aku juga merasakan nieh kalau musim hujan kulit aku jauh lebih kering dari sebelumnya dan mesti banyak minum air putih deh

  16. Wah iya, kemarin beberapa hari kulit saya macam mengelupas gitu. Keknya saling panasnya, pelembab yang biasa saya pakai sudah nggak mampu lagi menanggungnya. Akhirnya beli pelembab lai,n, alhamdulillah sekarang kulit nggak kering lagi dan terasa kenyal.

  17. kalo aku pribadi itu tantangannya ada di rajin minum air mineral yang kadang suka k skip, karena nunggu haus dulu baru minum. Padahal itu ngaruh banget terhadap kulit kita nanti ya, kalo aku sih type nya oily skin, tapi ada kalanya merasa kering banget gitu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *