HEALTHY LIFE LIFESTYLE REVIEW

Ikhtiar Sehat Fisik dan Mental dengan YOFORIA Fresh Yoghurt

Tahun 2019 ini rasanya cepaattt sekali berlalu. Seingatku baru kemarin aku heboh dengan berbagai resolusi di awal tahun. Beberapa resolusi bahkan baru dimulai dan masih jauh dari target pencapaian. Eh, lha kok, tiba-tiba sudah di penghujung tahun lagi. Apa kabar resolusi hidup sehat yang pernah kubuat?

Memiliki kehidupan yang seimbang, sehat “luar dan dalam” memang menjadi salah satu resolusi yang kubuat di awal tahun 2019 kemarin. Bukan resolusi yang menakjubkan memang, karena pada dasarnya setiap orang pasti ingin sehat. Siapa sih, yang mau sakit-sakitan? Meskipun ada BPJS dan berbagai asuransi kesehatan, tetapi tetap saja, kan, sakit itu enggak enak!

Apalagi, sekarang kita hidup di zaman yang semuanya menuntut serba cepat. Mau tak mau kesehatan harus menjadi prioritas karena godaan gaya hidup dan pola pikir yang rentan mendapat tekanan.

Iya, seperti kata sebuah peribahasa latin, “Men Sana In Corpore Sano”, teman-teman pasti sudah tak asing lagi dengan artinya bukan? Bahwa “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Sehat itu harus seimbang antara “luar” dan “dalam”. Mengusahakan kesehatan fisik jangan sampai membuat lupa bahwa kesehatan mental juga tak kalah penting, karena keduanya saling berkaitan.

Berikut ini beberapa fakta tentang keterkaitan keduanya yang umum kita jumpai dalam aktivitas kita sehari-hari:

Fakta Sehari-hari tentang Keterkaitan Kesehatan Fisik dan Mental

Beristirahat bukan hanya tentang  mengistirahatkan fisik dengan cara tidur cukup atau sekedar bersantai, namun juga mengistirahatkan pikiran, melepaskan sejenak beban dan tanggungan sehingga otak lebih fresh untuk melakukan pekerjaan selanjutnya.

Sebuah penelitian di salah satu universitas Wales di Inggris bahkan menyatakan bahwa, “tidak ada perbedaan antara fungsi detak jantung dan otot tubuh, saat yang lelah mental atau pikiran kita”.

Maksudnya, kondisi mental yang kelelahan justru sangat memengaruhi cara pandang kita terhadap suatu beban pekerjaan. Jika pikiran sudah tidak jernih alias kelelahan, maka pekerjaan seringan apapun akan terasa berat. Sebaliknya, kondisi mental yang tenang dengan pola pikir jernih merupakan sebuah energi untuk menyelesaikan pekerjaan seberat apapun.

Masih berdasarkan penelitian, seorang lanjut usia dengan kondisi fisik yang fit memiliki ukuran hippocampus 40% lebih besar dibandingkan  teman sebayanya yang memiliki permasalahan kesehatan fisik.

Kegiatan sehari-hari seperti berolahraga, mempelajari suatu hal baru, juga beberapa aktivitas yang berhubungan dengan ingatan merupakan cara sederhana untuk memperbesar ukuran hippocampus yang berkaitan erat dengan aktivitas memori manusia.

Pada dasarnya Hippocampus seseorang memang akan semakin kecil atau mengerut seiring bertambahnya usia. Namun dengan menjaga kondisi fisik tetap fit, melakukan aktivitas fisik yang tepat seperti berolahraga, pengerutan ini bisa diperlambat.

Maka tidak heran ya, banyak nenek-nenek atau kakek-kakek yang tetap aktif berolahraga pada usia lanjut biasanya lebih mandiri, terhindar dari pikun dan tetap berjiwa muda. Ibarat sebuah ungkapan, “usia hanyalah angka!” Tapi fisik dan pikiran, tetap dong, nggak mau kalah dari yang muda-muda? Eciyeh, aku mau juga.

Pola makan yang baik tidak hanya memngaruhi kesehatan fisik, tetapi juga berpengaruh terhadap mood atau suasana hati. Pola makan yang seimbang memungkinkan tubuh dan otak mendapatkan asupan lengkap dan dalam jumlah tepat. Selain protein, serat dan karbohidrat komplek, bahan makanan kaya prebiotik juga perlu dimasukkan dalam asupan harian.

Ikhtiar Sehat dengan Olahraga dan Mengatur Pola Makan

Nah, berarti enggak salah dong, resolusi yang sudah kubuat sejak awal tahun kemarin? Karena nyatanya sehat “luar dalam” alias kesehatan fisik dan mental itu sebaiknya seimbang dan saling memengaruhi. Untuk itu, aku pun mulai serius mengusahakannya dengan dua cara.

Yang pertama dengan rutin berolahraga. Sedangkan yang kedua dengan mengatur pola makan, serta memerhatikan asupan harian.

Memilih Olahraga yang Mampu Menyelaraskan Kesehatan Fisik dan Mental

Untuk olahraga yang kupilih, dan sekarang sedang kutekuni adalah yoga dan berenang.

Yoga sendiri telah terbukti efektif meningkatkan kebugaran dan elastisitas tubuhku. Di samping itu, yoga juga membantu memperkuat otot, memperbaiki postur tubuh dan melatih keseimbangan. Yoga juga membantu men-detox energi negatif dalam tubuh serta memberikan ketenangan.

Bagi perempuan se-usiaku, yoga merupakan salah satu olahraga dengan paket komplit, karena tak hanya tubuh yang diolah, tapi jiwa kita pun senantiasa diajarkan untuk pasrah, ikhlas dan merasakan penerimaan penuh syukur atas kehidupan yang kita miliki.

Sedangkan untuk berenang, aku memang masih dalam tahap belajar. Tetapi, setelah berkali-kali melakukan gerakan renang yang sesuai petunjuk dari ahlinya, efek yang terasa pada tubuh memang berbeda. Misalnya seperti pernapasan yang  lebih panjang. Selain itu  berenang sangat ampuh untuk me-refresh suasana hati dan meringankan pikiran.`

Mengatur Pola Makan dan Menambahkan Yoghurt dalam Asupan Harian

Untuk asupan sehari-hari memang perubahannya belum terlalu signifikan. Hanya saja aku mulai membatasi konsumsi nasi putih, gula dan santan. Sedangkan gorengan masih sering kukonsumsi meskipun dalam jumlah yang sangat terbatas. Sedangkan konsumsi protein dan serat selalu diusahakan dalam jumlah cukup, bahkan bisa dibilang mendominasi asupan harian.

Selain beberapa jenis asupan di atas, aku pun mulai mengonsumsi  yoghurt sebagai sumber asupan probiotik untuk usus dan otak. Karena faktanya probiotik tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan menjaga saluran pencernaan, namun juga berkhasiat menjaga kesehatan otak.

Manfaat Probiotik untuk Kesehatan Tubuh dan Organ Usus

  • Membantu meredakan diare
  • Meringankan sindrom iritasi pada usus
  • Meringankan gejala penyakit radang usus
  • Mencegah influenza dan alergi
  • Membantu menjaga kesehatan saluran kemih
  • Meringankan masalah kesehatan kulit
  • Menjaga kesehatan mulut
  • Menurunkan risiko infeksi pernapasan

Manfaat Probiotik untuk Kesehatan Otak/ Mental

  • Mengurangi gejala stres, cemas dan emosi
  • Memperbaiki mood atau suasana hati. Probiotik dapat menaikkan suasana hati dan semangat seseorang yang berada pada level rendah.
  • Memengaruhi aktivitas otak, karena cara kerja usus dan otak saling berkaitan

YOFORIA Fresh Yoghurt Melengkapi Ikhtiar Sehat Fisik dan Mental

Untuk asupan yoghurt-nya sendiri aku memilih YOFORIA fresh yoghurt dengan live probiotics. Yoforia  adalah yoghurt yang dibuat dari buah dan susu segar,  serta tanpa bahan pengawet. Di samping itu YOFORIA mengandung probiotik dalam jumlah besar, yang berupa bakteri Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus dan Streptococcus thermopillus, yang siap membantu menjaga kesehatan organ pencernaan dan  otak.

Rasanya ringan, segar dan tidak terlalu masam, sehingga cocok dikonsumsi kapan saja. Aku sendiri lebih suka mengonsumsinya pada pagi hari saat sarapan, beberapa saat setelah berolahraga, atau untuk dibawa sebagai teman beraktivitas.

Fakta Unik Tentang YOFORIA Fresh Yoghurt

Selain mengandung live prebiotics dalam jumlah miliaran, YOFORIA adalah fresh yoghurt yang tidak melalui proses apapun setelah perubahan menjadi yoghurt selesai. Tanpa melalui proses pemanasan atau UHT, sehingga memungkinkan bakteri di dalamnya tetap hidup dan manfaatnya  pun lebih terjaga.

Penggunaan live probiotics tertentu rupanya juga memengaruhi rasa dari fresh yohurt yang satu ini. Selain creamy, rasanya pun tidak terlalu asam sehingga sangat nyaman untuk dijadikan asupan harian.

Kabar gembira untuk teman-teman yang sedang berusaha diet, seperti halnya aku, hahaha. Ternyata YOFORIA juga mengandung dietary fiber dari jeruk alami yang  menghasilkan tekstur yoghurt yang lembut dan tentu saja cocok untuk program diet sehari-hari.

Wow, siapa yang enggak mau diet dengan minuman sesegar ini. Yang ada malah ketagihan, dong!

YOFORIA tersedia dalam berbagai varian rasa yang unik. Varian Coffee Cream sangat cocok untuk kalian yang tidak bisa meninggalkan kopi dalam pola makan sehatnya. Berry Smooth, Blueberry Good, Peach Delight dan Soursop Bliss untuk rasa-rasa buah yang sangat menyegarkan. Sedangkan yang terakhir Authentique untuk rasa yoghurt asli.

Varian Lychee Blast merupakan varian terbaru dari YOFORIA. Rasanya sangat segar dengan sensasi nyaman di mulut. Rasa asam dari yoghurt YOFORIA  yang sedang-sedang saja berpadu sempurna dengan manis lychee yang memiliki aroma khas.

YOFORIA Berry Smooth dan Lychee Blast Sukses Jadi Varian Favoritku

Nah, dari sekian banyak varian yang pernah kucoba, aku paling suka YOFORIA Berry Smooth karena sangat nyaman di perut dan sesuai seleraku.

Rasa asam manis buah berry yang bercampur dengan creamy yoghurt-nya selalu berhasil memperbaiki suasana hatiku. Selain memberikan efek nyaman di dalam perut, rasanya ada sensasi tersendiri yang dapat membangkitkan semangat.

Sedangkan untuk varian terbarunya, yaitu Lychee Blast, rasanya pun tak kalah unik dan enak dibandingkan varian favoritku sebelumnya.

Kalau harus memilih salah satunya, sih, jujur aku enggak bisa. Karena keduanya punya ciri khas tersendiri. Jika Berry Smooth memberikan sensasi rasa segar, aroma Lychee Blast benar-benar menggairahkan. Bagiku keduanya mampu memberikan efek bahagia.

Diwadahi dalam botol plastik dengan kemasan handy, membuat YOFORIA Fresh Yoghurt mudah dibawa ke mana-mana. Selain aman karena tidak gampang tumpah, yoghurt ini juga mudah dikonsumsi langsung dari botolnya.

Kesan setelah Mengonsumsi YOFORIA sebagai Pelengkap Asupan Sehari-Hari

Secara keseluruhan aku suka YOFORIA Fresh Yoghurt, baik dari segi rasa, kemasan apalagi manfaatnya. Efek yang kurasakan setelah rutin melakukan olahraga dan mengonsumsi fresh yoghurt ini secara rutin di antaranya:

  1. Pencernaan lancar dan perut tidak begah.
  2. Tubuh terasa lebih ringan karena YOFORIA telah menggantikan konsumsi minuman manis dalam kemasan.
  3. Nafsu makan terkendali karena YOFORIA mampu memberikan rasa kenyang yang lumayan lama
  4. Membantu memperbaiki mood karena sensasi segar perpaduan buah dan fresh yoghurt-nya

Setelah mulai rutin berolahraga dan berkenalan dengan YOFORIA Fresh Yoghurt sebagai pelengkap asupan harian, aku pun semakin optimis resolusi “sehat luar dalam” yang pernah kutuliskan di awal tahun 2019 bisa terealisasi.

Sekali lagi karena sehat itu tidak hanya fisik yang kuat saja, tetapi harus dilengkapi dengan mental positif dan suasanan hati yang bahagia. Sehingga ikhtiar sehat tak boleh hanya difokuskan pada olah tubuh saja, tanpa memberikan perhatian terhadap asupan dan olah jiwa.

Buat teman-teman semua, jaga kesehatan dan selalu jaga asupan, ya. Jangan lupa berolahraga, bahagia dan mengasup bahan makanan yang tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, tetapi juga untuk otak.

Happy Healthy Life!

Ikuti website dan sosial media YOFORIA untuk berbagai informasi menarik

  • Website: https://yoforia.id
  • Facebook: https://facebook.com/yoforiaid
  • Intsgram: @yoforiaid
  • Twitter: @yoforiaID

Referensi:

  1. Website YOFORIA (yoforia.id)
  2. Website Alodokter (alodokter.com)
  3. Website Halodoc (halodoc.com)
  4. Website Pijar Psikologi (pijarpsikologi.com)

8 thoughts on “Ikhtiar Sehat Fisik dan Mental dengan YOFORIA Fresh Yoghurt”

  1. Yang rasa coffee bakal jadi paporit akoohhh, kak.
    aku lagi ngurangin kopi, tapi ya gimana yaaaa, udah kadung cinta *ceileh
    untung deh, ada Yoforia rasa coffee.
    semoga makin sehaaaatt ya

  2. Kemarin waktu belanja bulanan tuh ada mbak-mbak di depanku yang belanja Yoforia banyak banget loh Mbak, ternyata emang manfaatnya juga banyak banget ya. Jadi ga kaget kalau banyak yang suka mengkonsumsi Yoforia

  3. Sungguh aku tak sabar nih buat nyobain Yoforia mba. Lagi butuh minuman yang menyehatkan dan menyegarkan ini. Aku lagi pengen yoga juga mba tapi belum kesampaian nih 🙂

    Plus pengen renang biar badan slalu sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *